KATA PENGANTAR

Puji Syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa. karena berkat rahmat dan hidayah-Nya penyusun menyelesaikan tugas makalah PENIPUAN INTERNET MARKETING dalam waktu yang telah di tentukan. Maksud dan tujuan dari penyusunan makalah ini adalah sebagai salah satu tugas mahasiswa dan mahasiswi khususnya di dalam mata kuliah E-COMMERCE. Penyusun menyadari bahwa dalam penyusunan makalah ini masih banyak terdapat kesalahan-kesalahan,baik dari segi pengetikan, maupun materi yang di sajikan oleh sebab itu, saran dan kritik dari semua pihak yang terkait sangat di harapkan. Akhir kata semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi semua pihak yang memerlukannya. Tidak lupa pula penyusun haturkan permohonan maaf sebesar-besarnya apabila dalam penyusunan makalah ini terdapat kata-kata yang salah dan tidak sesuai.

Madiun ,

januari 2012

Penyusun

Untuk memaksimalkan delivery service. Salah satu layanan yang sering digunakan adalah SMS (Short Message Service). Selain itu dengan adanya integrasi penerapan teknologi SMS dan . Dengan adanya penerapan algoritma ant colony untuk penentuan jarak terdekat. aplikasi ini mampu meminimalkan biaya pemasaran dan meningkatkan efektifitas sumber daya yang dimiliki oleh restoran. Algoritma ant colony menggunakan jejak intensitas pheromone semut untuk menemukan titik-titik jalur yang harus dilalui sehingga menghasilkan blocking titik-titik yang merupakan rute terpendek yang bisa dilalui. diperlukan suatu pemetaan lokasi untuk menemukan lokasi customer dan rute terpendek yang dapat ditempuh.APLIKASI PENENTUAN JARAK TERDEKAT UNTUK DELIVERY SERVICE RESTORAN CEPAT SAJI MENGGUNAKAN METODE ANT COLONY STUDI KASUS RESTORAN X ABSTRAK Telepon seluler saat ini telah menjadi media untuk berkomunikasi bagi masyarakat pada umumnya. Algoritma ant colony merupakan solusi yang ditawarkan untuk mengatasi masalah tersebut. Penemuan rute terpendek dengan menggunakan metode ini mampu memberikan perbedaan yang signifikan. Layanan ini sudah menjadi sebuah kebutuhan dan gaya hidup populer. Restoran makanan cepat saji banyak menawarkan delivery service sebagai nilai tambah. salah satunya industri restoran makanan cepat saji. Hal ini pulalah yang memicu industri-industri untuk menggunakan SMS Gateway sebagai salah satu media pemasaran.

seperti penggunaan telepon. Dari uraian tersebut diharapkan. serta meningkatnya tuntutan selera konsumen terhadap produk dan jasa yang ditawarkan. metodologi pelaksanaan serta sistematika penulisan buku tugas akhir ini. permasalahan. tujuan dan manfaat. batasan masalah. jarak terdekat (shortesth path) PENDAHULUAN Dalam bab ini dijelaskan beberapa hal dasar yang meliputi latar belakang. Kata Kunci : sms gateway. . Informasi telah berubah bentuk menjadi suatu komoditi yang dapat diperdagangkan sehingga mengakibatkan semakin tingginya tingkat persaingan dalam dunia usaha. gambaran umum permasalahan dan pemecahan yang diambil dapat dipahami.algoritma ant colony untuk system delivery service. semakin singkatnya siklus hidup barang dan jasa yang ditawarkan. faksimili. algoritma ant colony. sebagian besar masyarakat merasakan informasi telah menjadi salah satu kebutuhan pokok. semakin kerasnya persaingan bisnis. LATAR BELAKANG Seiring dengan perkembangan era globalisasi yang semakin pesat. dan satelit dalam berbagai aktivitas sarana berkomunikasi perusahaan. layanan ini mampu memberikan kepuasan tersendiri bagi customer. Dan tidak dapat dipungkiri bahwa pengaruh kemajuan teknologi informasi sudah tidak dapat dihindarkan lagi. Teknologi informasi muncul sebagai akibat semakin merebaknya globalisasi dalam kehidupan organisasi. komputer. Untuk mengantisipasi semua ini. perusahaan harus mencari berbagai terobosan baru dengan memanfaatkan teknologi informasi yang memungkinkan manusia untuk memperoleh informasi dari tempat yang berjauhan dalam waktu yang singkat dan dengan biaya yang murah.

Faktor ini dapat menghambat pengiriman barang yang nantinya akan berdampak pada ketidakpuasan calon pembeli. yaitu : 1.Salah satu penerapan teknologi informasi dan komunikasi di bidang pemasaran produk atau jasa yaitu penggunaan telepon seluler. Untuk meminimalkan biaya pemasaran dan demi efektifitas. PERUMUSAN MASALAH Berdasarkan latar belakang yang telah dijelaskan diatas. Salah satu layanan yang sering digunakan adalah SMS (Short Message Service). salah satunya yaitu industri restoran makanan cepat saji. maka dapat dirumuskan masalah dalam Tugas ini. Layanan ini sudah menjadi sebuah kebutuhan dan gaya hidup yang populer. Hal ini pulalah yang memicu perusahaan kecil dan menengah untuk menggunakan layanan SMS sebagai media pemasaran produknya. selama ini layanan pemesanan yang dikembangkan hanya sebatas melalui telepon dan menggunakan sumber daya manusia sebagai media pengolah informasi. Telepon seluler atau lebih dikenal dengan ponsel saat ini telah menjadi media atau saluran untuk berkomunikasi bagi masyarakat pada umumnya. Di satu sisi. dimana pemilik restoran harus melihat peta secara manual dan menentukan lokasi restoran mana yang paling dekat dengan customer. Bagaimana membuat aplikasi yang bisa menangani pemesanan online dari customer melalui sms gateway? . dirasa perlu untuk menerapkan teknologi komunikasi seluler yang sudah ada. Karena faktor-faktor inilah yang mendorong penulis untuk merancang tugas dengan judul Aplikasi Penentuan Jarak Terdekat Untuk Delivery Service Restoran Cepat Saji Menggunakan Metode Ant Colony dengan studi kasus Restoran X. Selain itu ada kalanya layanan pengiriman makanan ini terhambat dengan factor informasi lokasi customer.

Beberapa batasan masalah tersebut antara lain: 1. tidak untuk Sistem Informasi Inventory. Aplikasi ini bukan merupakan Sistem Informasi Geografis ataupun bagian dari SIG. . 2. tidak dengan nomor. Bagaimana mencari dan menentukan posisi customer di peta berdasarkan sms yang dikirim ke server? 3. Sehingga jalur terpendek ditentukan berdasarkan jarak terpendek antar titik. Aplikasi ini hanya difokuskan pada sms gateway dan penentuan jarak terdekat antara lokasi restoran dengan posisi pembeli.2. tetapi hanya menggunakan pemetaan sebagai sebagai fungsi utama dalam aplikasi ini. sehingga studi kasus yang diambil adalah restoran X yang bukan merupakan restoran sebenarnya. RT RW. 7. dengan pertimbangan data koordinat lokasi yang disediakan pada peta terbatas pada nama jalan utama atau protokol. 5. Aplikasi ini merupakan simulasi. 4. 6. 8. blok. Aplikasi ini dibuat berbasis desktop dengan menggunakan bahasa Java sebagai bahasa pemrograman. Aplikasi ini menggunakan peta madiun yang merupakan peta opensource dengan keterbatasan resolusi. 3. Layanan pengantaran diasumsikan menggunakan kendaraan roda dua atau sepeda motor sehingga faktor kemacetan tidak diperhitungkan. Bobot antar titik yang ditentukan hanyalah bobot jarak. dengan mengabaikan bobot-bobot lainnya. nama perumahan maupun gang-gang kecil. Alamat customer hanya terbatas pada nama jalan. Bagaimana mendapatkan jarak terdekat antara lokasi restoran dengan customer berdasarkan optimasi algoritma ant colony? BATASAN MASALAH Pada pembuatan aplikasi ini perlu didefinisikan batasan masalah mengenai sejauh mana pembuatan aplikasi ini akan dikerjakan.

Tidak mengarah tepat pada lokasi jalan yang dimaksud. Mengimplementasikan algoritma Ant Colony dan sms gateway untuk studi kasus jarak terdekat antar dua lokasi dengan menggunakan bahasa pemrograman Java. . Petugas pengantaran dapat menghemat waktu karena aplikasi penentuan jarak terdekat ini memberikan jarak tempuh minimal. MANFAAT Adanya tugas akhir ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi customer dan pemilik restoran. Routing yang dilakukan dimulai dari ujung jalan yang berbatasan dengan intersection jalan lain. 2. Customer dapat melakukan pemesanan dengan mudah menggunakan fasilitas sms gateway. 2. TUJUAN Tujuan dari membuat Aplikasi Penentuan Jarak Terdekat Untuk Delivery Service Restoran Cepat Saji Menggunakan Metode Ant Colony dengan studi kasus Restoran X adalah sebagai berikut : 1. yaitu diantaranya: 1.9. Untuk menghasilkan jarak terdekat antara lokasi restoran dengan customer sehingga proses pengantaran memiliki waktu tempuh minimal.

Juli 2009. Aplikasi Sistem Informasi Geografis Dalam Penelitian Perikanan dan Kelautan. . Proyek akhir PENS-ITS Surabaya. [3] Muhammad Kamal Izzi. Universitas Hasanuddin Makassar. MSc. [2] Agus Sulistyowati. Ir. September 2006. Mukti Zainuddin. Proyek akhir PENS-ITS Surabaya.DAFTAR PUSTAKA Dr. GIS Pemetaan Berbasis Web (WebGIS) Untuk Pemetaan Industri di Kabupaten Tuban. GIS Potensi Daerah Kabupaten Gresik. Juli 2009.