Laporan Hasil Pengamatan Membran Sel dan Proses Osmosis pada Telur Puyuh

Nama Kelompok : 1. Adhy Nova Ifadah (29) 2. Dayan Rizal P.P (33) 3. M.Firdaus (34) 4. M.Salman Al Farisi (35) Tahun Pelajaran 2011/2012

Air keran. Biarkan selama kurang lebih 3 hari. ambil telurnya dan di tusuk dengan jarum peniti.Mengamati membran sel dan osmosis pada telur puyuh (sel berukuran besar) Dasar teori : Membran sel adalah fitur universal yang dimiliki oleh semua jenis sel berupa lapisan antarmuka yang disebut membran plasma. Letakkan kedua telur (telur tanpa kulit dan telur yang masih utuh) ke dalam gelas yang berisi air kran dan tutuplah dengan plastik untuk mengurangi penguapan. keluarkan isinya yang ada di dalam telur puyuh tersebut. Setelah kulit telur mengelupas. Setelah di cuci. Cara kerja : Membran sel : Letakkan satu telur puyuh ke dalam gelas plastic. 3.Tujuan : . 2. Osmosis : Letakkan satu butir telur puyuh ke dalam gelas plastik yang berisi cuka. Penggaris. 4. melalui membrane semipermeabel. Setelah 3 hari. Telur puyuh tiga buah (berukuran sama). yang memisahkan sel dengan lingkungan di luar sel. Gelas plastic tiga buah. Alat dan bahan : 1. Lalu di ambil dan di cuci bersih. - . 5. Osmosis adalah pergerakan molekul air dari larutan dengan konsentrasi tinggi (potensial air lebih tinggi) ke larutan dengan kensentrasi rendah (potensial air lebih kecil). terutama untuk melindungi inti sel dan sistem kelangsungan hidup yang bekerja di dalam sitoplasma. Setelah itu di beri air vuka. Cuka dua buah 25%. ambil dan ukurlah panjang dan lebar telur tersebut. dan biarkan selama 1 jam sampai kulit telur mengelupas. dan biarkan hingga kulit telur mengelupas. ambil dan bandingkan ukuran kedua telur tersebut. Setelah di tusuk dengan jarum peniti.

Osmosis : Telur yang direndam terlalu lama di air akan menjadi besar. . itu di akibatkan telur yang tidak mempunyai kulit yang kulitnya sudah terkelupas mempunyai celah untuk jalan masuknya air. Pembahasan : Membran sel : Telur yang direndam terlalu lama di dalam air cuka membuat kulit telur terkelupas. sedangkan telurnya menjadi lunak. Sedangkan telur yang direndam di air kran akan membuar telur itu menjadi busuk Kesimpulan : Membran sel : “ Telur yang tidak mempunyai kulit karena di rendam di dalam air cuka akan menjadi lunak dan bila di tusuk akan menjadi lapisan tipis. Sehingga telur tersebut mempunyai ukauran yang lebuh besa daripada telur yang kulitnya masih utuh. Sehingga telur tersebut mempunyai ukuran yang lebih besar daripada telur yang kulitnya masih utuh. Apabila telur di tusuk dengan peniti akan menyusut menjadi lapisan tipis. Sedangkan telur yang sudah tidak mempunyai kulit mengalamai perubahan panjang dan lebarnya. Osmosis : “ Telur yang tidak mempunyai kulit atau yang kulitnya sudah terkelupas mempunyai celah untuk jalan masuknya air. Apabila telur di tusuk dengan peniti maka telur akan menyusut dan menjadi lapisan tipis.Hasil pengamatan : Membran sel: Sel telur yang direndam di dalam air cuka mengelupas. Osmosis : Telur yang masih mempunyai kulit tidak mengalamani perubahan.

BIOLOGI SMA. JAKARTA. dkk. 2006. Diah.Daftar pusaka Aryulina. . Esis.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful