Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Sekolah Mata Pelajaran Kelas / Semester Pokok Bahasan Alokasi Waktu : SDN Lidah Wetan III : PKn : VI (Enam) / 1 (Satu) : Nilai Juang Tokoh Perumus Pancasila : 2 x 35 menit

A. STANDAR KOMPETENSI 1. Menghargai nilai-nilai juang dalam proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara.

B. KOMPETENSI DASAR 1.3. Meneladani nilai-nilai juang para tokoh yang berperan dalam proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara dalam kehidupan sehari-hari.

C. INDIKATOR a. Kognitif 1. Menyebutkan tokoh-tokoh yang berperan dalam proses perumusan Pancasila. 2. Menjelaskan nilai-nilai juang para tokoh yang berperan dalam perumusan Pancasila. 3. Menjelaskan manfaat nilai-nilai juang para tokoh perumus Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. 4. Mengidentifikasi sikap-sikap yang bisa diteladani dari para tokoh perumus Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

6 Rencana Pelaksaan Pembelajaran (RPP)

Afektif 1. Psikomotor 1. siswa dapat dinilai membuat kemajuan dalam menunjukkan karakter jujur.b. 4. Diberikan ilustrasi. siswa dapat menjelaskan nilai-nilai juang para tokoh yang berperan dalam perumusan Pancasila dengan tepat sesuai dengan kunci LKS 2. Afektif 1. siswa dapat menjelaskan manfaat nilai-nilai juang para tokoh perumus Pancasila dalam kehidupan sehari-hari dengan benar sesuai dengan kunci LKS 3. Keterampilan Sosial Bertanya. siswa dapat mengidentifikasi sikap yang dapat diteladani dari para tokoh perumus Pancasila sesuai dengan kunci LKS 4. tanggung jawab dan bekerjasama dengan baik. D. Diberikan ilustrasi. tanggung jawab dan bekerjasama dengan baik. TUJUAN PEMBELAJARAN a. Diberikan beberapa gambar sikap-sikap dalam kehidupan. Menerapkan nilai-nilai juang para tokoh perumus Pancasila dalam kehidupan seharí-hari. 2. b. 7 Rencana Pelaksaan Pembelajaran (RPP) . Kognitif 1. siswa dapat menyebutkan tokoh-tokoh yang berperan dalam proses perumusan Pancasila dengan benar sesuai dengan kunci LKS 1. 3. Diberikan ilustrasi. c. Karakter Terlibat langsung dalam proses belajar mengajar. berpendapat atau mengemukakan ide dan menjadi pendengar yang baik. 2. Karakter Jujur.

MATERI Nilai Juang para Tokoh Perumus Pancasila F. menjadi pendengar yang baik dan aktif dalam pembelajaran maupun diskusi dalam kelompok. Psikomotor 1. siswa dapat dinilai membuat kemajuan dalam menunjukkan keterampilan bertanya. diskusi.2. LCD 4. Metode Pembelajaran : Kooperatif tipe STAD : ceramah. siswa dapat mendemonstrasikannya dengan baik. Keterampilan Sosial Terlibat langsung dalam proses belajar mengajar. c. ALAT DAN BAHAN 1. mengemukakan pendapat atau menyatakan ide. E. MEDIA PEMBELAJARAN Video nilai juang para tokoh perumus Pancasila Gambar perbuatan yang mencerminkan nilai juang 8 Rencana Pelaksaan Pembelajaran (RPP) . Laptop H. Buku 3. tanya jawab. role play. Disediakan video tentang sikap-sikap yang bisa diteladani dari para tokoh perumus Pancasila. MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN 1. Model Pembelajaran 2. Pensil / bolpoin 2. G.

Menggali informasi dengan meminta siswa menyebutkan sikap-sikap yang dapat diteladani dari gambar yang telah diberikan sebelumnya. Kegiatan Pendahuluan ( 10 menit) Memberi motivasi anak dengan mengajak bernyanyi Garuda Pancasila dan meneriakkan yel-yel. Garuda Pancasila Akulah pendukungmu Patriot Proklamasi Sedia berkorban untukmu Pancasila Dasar Negara Rakyat adil makmur sentosa Pribadi bangsaku Ayo maju maju Ayo maju maju Ayo maju maju - Mengkomunikasikan tujuan pembelajaran yang akan dilaksanakan. PROSES BELAJAR MENGAJAR 1.I. - Guru membagikan lembar kerja siswa pada masing-masing kelompok dan memberikan penjelasan tentang cara mengerjakan lembar kerja siswa. - Siswa mengamati gambar yang diberikan oleh guru. 2. Guru menyampaikan garis besar materi yang akan dipelajari pada hari ini. 9 Rencana Pelaksaan Pembelajaran (RPP) . Kegiatan Inti ( - 45 menit ) Guru memberikan bermacam-macam gambar sikap yang dapat diteladani dari para tokoh perumus Pancasila dalam kehidupan seharihari. - Membagi siswa dalam beberapa kelompok dengan nama pahlawan dan tiap kelompok terdiri dari 5-6 anggota yang heterogen.

- Mengecek pemahaman siswa dengan meminta siswa mengerjakan tes hasil belajar secara individu. Guru mendampingi siswa dalam berdiskusi. Kegiatan Penutup - 15 menit Memberikan penghargaan kepada individu dan kelompok yang kinerjanya baik. - Membimbing siswa menyumbang ide untuk membuat rangkuman pelajaran dan meminta siswa mencatat hasil rangkuman secara individu (melatih tanggungjawab dan kejujuran). Diharapkan kelompok lain untuk mendengarkan dengan baik dan mengajukan pertanyaan apabila ada sesuatu yang tidak jelas. 3. - Melakukan evaluasi formatif dengan meminta perwakilan kelompok melaporkan hasil kinerjanya (melatih tanggungjawab) dan ditanggapi oleh kelompok lain.- Masing-masing kelompok mengerjakan lembar kerja siswa sesuai dengan instruksi yang diberikan oleh guru. - Guru memberikan kuis berupa pertanyaan kepada siswa untuk mengecek pemahaman siswa. - Mengingatkan siswa untuk mempelajari nilai juang para tokoh dalam perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara. 10 Rencana Pelaksaan Pembelajaran (RPP) .

Silabus : Nilai Juang Para Tokoh Perumus Pancasila 2. Buku Siswa : Nilai Juang Para Tokoh Perumus Pancasila 3. LP 2 dan Kunci LP 2 : Pengamatan Perilaku Berkarakter 7. Lembar Penilaian 6.. Mengetahui. LKS “Nilai Juang Para Tokoh Perumus Pancasila” 4. Tabel Spesifikasi Lembar Penilaian 5. SUMBER PEMBELAJARAN 1.J. NIP. Kepala Sekolah Guru 2011 …………………. LP 3 dan Kunci LP 3 : Pengamatan Berketerampilan Sosial Surabaya. NIP. ……………………. 11 Rencana Pelaksaan Pembelajaran (RPP) .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful