Biaya-biaya Lain yang Serupa dengan Biaya R&D Banyak Biaya yang memiliki karakteristik serupa dengan

biaya peneliatian dan pengembangan, seperti: 1. 2. 3. 4. Biaya start-up operasi baru. Kerugian operasi awal Biaya iklan Biaya perangkat lunak computer. Biaya Start-Up Biaya Start-Up (start-up costs) dikeluarkan dalam satu kali aktivitas unutk memulai operasi baru. Contohnya mencakup penbukuan pabrik baru, memperkenalkan produk atau jasa baru, atau menjalankan bisnis di daerah baru atau dengan kelas pelnggna baru. Biaya start-up mencakup biaya organisasional (organizational cost) yaitu biaya yang dikeluarkan untuk mengorganisasikan entitas baru,, seperti berbagai jenis biaya Pemerintah Daerah. Akuntansi untuk biaya start-up bersifat langsung : bebankan biaya start-up ketika dikeluarkan. Profesi akuntan mengakui bahwa biaya-biaya ini di keluarkan dengan harapan pendapatan akan dihasilkan di masa depan atau akan diperoleh peningkatan efisien. Untuk mengilustrasikan jenis biaya yang harus dibebankan sebagai biaya start-up, asumsikan bahwa Hilo Beverage Company yang berpusat di Amerika Serikat memutuskan untuk membangun sebuah pabrik baru di Brazil. Hal ini merupakan intervensi pertama Hilo ke pasar Brazil. Sebagai bagian dari keseluruhan strateginya, Hilo bermaksud meperkenalkan merek utama perushaan Amerika Serikat ke Brazil , atas dasar produksi lokal. Berikut ini adalah beberapa biaya yang mungkin terkait dalam aktivitas star-up ini. 1. Biaya yang berhubungan dengan perjalanan; biya yang berhubungan dengan gaji karyawan, dan biaya yang berhubungan degan studi kelayakan, akuntansi, pajak, serta urusan pemerintah. 2. Pelatihan karyawan local yang berhubungan dengan produk, pemeliharaan system Komputer, keuangan, dan operasi. 3. Perekrutan, pengorganisasian dan pelatihan yang berhubungan dengan penetapan jaringan kerja distribusi. Biaya strat-up biasanya tejadi pada waktu yang sama dengan aktivitas lain, seperti akuisisi atau pengembangan aktiva. Sebagai contoh, ketika mengeluarkan biaya startupnuntuk pabrik barunya, peralatan, persediannya. Biaya-biaya aktiva ini tidak boleh dibebankan secara langsung. Aktiva ini harus dilaporkan dalam neraca dan dibebankan ke operasi dengan menggunakan pedoman pelaporan prinsip-prinsip akuntansi yang diterima umum secara tepat. Kerugian Operasi Awal Beberapa akuntan berpendapat bahwa kerugian operasi yang terjadi didalam memulai suatu bisnis harus dikapitlasasi, karena hal itu tidak dapat dihindari dan merupakan biaya untuk memulai bisnis. Sebagai contoh asumsikan bahwa Hilo telah kehilangan uang dalam tahun pertama operasinya dan ingin mengkapitalisasi kerugian itu dengan alas an bahwa perusahaan

2. Bagaimana biaya iklan yang berhubunga dengan bintang pop ini harus dilaporkan ? biaya-biaya ini dapat dibebankan dengan barbagai cara: 1. Leased. seperti Britney spears dan Beyonce untuk mengiklankan produknya. Ketika bintang pop tersebut telah menyelesaikan tugasnya. 3. Dengan suatu cara yang tepat kepada masing-masing dari tiga periode diidentifikasikan di atas. Biaya Perangkat Lunak Komputer Timbul suatu masalah khusus dalam membedakan antara biaya R & D dengan aktivitas administrasi dan penjualan. Biaya Iklan Baru-baru ini. Pertama kali iklan mulai ditayangkan. Pendeknya akuntansi dan standar pelaporan tidak boleh berbeda antara perusahaan yang mencoba untuk membangun sebuah bisnis baru dengan perusahaan lainnya. Selama estiamsi masa manfaat iklan. Perusahaan ini dapat dibeli atau diciptakan untuk penggunaan eksternal (misalnya. Sebagai contoh. or Otherwise Marketed. 86. aplikasi spreadsheer seperti Excel atau Lotus 1-2-3) atau penggunaan internal (mialnya untuk membentuk sistem akuntansi internal yang lebih baik). FASB menerbitkan Statement of Financial Accounting Standard No. “Accounting for the Costs of Computer Software to Be Sold.akan semakin menguntukan yang akan mengoffset kerugian tersebut di periode masa depan. Selama periode pendapatan yang diharapkan akan dihasilkan.  Posisi Profesi Dalam usaha untuk menyelesaikan masalah ini (setidaknya untuk perusahaan yang menjual perangkat lunak Komputer). biaya perangkat lunak yang dikeluarkan oleh suatu maskapai penerbangan dalam meningkatkan system pemesanan terkomputersasi. PepsiCo memperkerjakan bintang pop.” Rekomendasi utama dari pernyataan ini adalah: . 5. 4. Prinsip Akuntanasi yang Diterima Umum menyatakan bahwa kerugian operasi tidak boleh dikapitalisasi selama tahun-tahun pertama. Perkembangan produk perangkat lunak Komputer menjadi semakin penting sejalan dengan terus berubahnya perekonomian dari yang berorientasi pada proses manufaktur (output berwujud) menjadi yang berorientasi pada arus informasi (output tak berwujud)  Keragaman Dalam Praktek Perangkat lunak komputera dapat dibeli atau diciptakan oleh sebuah perusahaan. atau biaya yang dikeluarkan selama pengembangan sistem informasi manajemen bukan merupakan biaya peneliatian dan pengembagan.

Biaya perangkat lunak yang belum diamortisasi. yang diestimasi memiliki umur ekonomis 4 tahun. Metode garis lurus selama sisa manfaat aktiva (pendekatan garis-lurus) sebagai dasar amortisasi. jika ada. Selain pengungkapan yang biaya untuk biaya R & D. AT&T mengantisipasi laba sebesar $16 juta sebagai tambahan pendapat masa depan dari produk ini.000). dilease atau dipasarkan dengan cara lain kepada pihak ketiaga (miasalnya. Dengan menggunakan pendekatan persentase pendapatan. Pertama.000 x $4. Sebagai gambaran. pendekatan garis lurus akan dingunakan karena menghasilkan beban amortisasi yang lebih besar.000. Sebagai dasar untuk amortisasi. maka hal itu dapat dikapitalisasi.  Pelaporan Biaya Perangkat Lunak FASB menunjukan bahwa kapitalisasi biaya perangkat lunak harus dinilai pada salah satu yang terendah antara biaya yang belum diamortisasi (nilai buku) atau nilai realisasi bersih. Jika nilai realisasi bersih lebih rendah. asumsikan bahwa AT&T mengkapitalisasi biaya perangkat lunak sebesar $10 juta dan pendapatn berjalan dari penjualan produk ini (tahun pertama) adalah $4 juta. Dua hal tambahan yang harus ditekankan. Jadi. jika perangkat lunak dibeli dan memiliki kegunaan alternatife di masa depan. hal-hal berikut harus dilaporkan dalam laporan keuangan. untuk penggunaan eksternal). Kedua. Biaya yang dikeluarkan untuk menciptakan produk perangkat lunak Komputer harus dibebankan ke beban penelitian dn pengembngan pada saat terjadi hingga kelayakan teknologis (technological feasibility) ditetapkan untuk produk ini.000/$20. nillai realisasi. satu dari dua jumlah yang digunakan yaitu: a.1. 2. nilai tersebut tidak dapat dikurangi. 1. Rasio pendapatan berjalan terhadap pendapatan berjalan dan yang diantisipasi (pendekatan prensentasi pendapatan) atau b.000. Kelayakan teknologis ditetapkan melalui penyelesaian rancangan program atau model kerja yang terinci. dengan menggunakan garis lurus.000/ 4 tahun). standar ini hanya dapat diaplikasikan pada pengembangan perangkat lunak yang akan dijual.000. Jumlah total yang dibebankan ke beban dan jumlah yang diturunkan. . amortisasi akan mencapai angka $2. maka pola amortisasi yang tetap untuk biaya ini harus ditetapkan.  Akuntansi untuk Biaya Perangkat Lunak yang Dikapitalisasi Jika biaya perangkat lunak dikapitalisasi. Setelah diturunkan. 2. maka kapitalisasi biaya perangkat lunak harus diturunkan ke nilai ini.000.5 juta ($10. amortisasi tahun berjalan (pertama) akan sebesar $2 juta ($10.

kata direktur keuangan IBM. $1.223 1.417 Kebijakan akuntansi yang signifikan Kapitalisasi biaya perangkata lunak: perusahaan mengkapitalisasi biaya pengembangan perangkat lunak yang terjadi setelah penetapan kelayakan teknologis melalui peluncuran perangkat lunak menurut SFAS No.502 1.339.565 9. Leased. Akan tetapi.  Penetapan Standar untuk Akuntansi Perangkat Lunak Adalah tidak layak untuk membebankan semua biaya perangkat lunak.050 6. bersih Investasi dan uang muka perusahaan afiliasi Kapitalisasi perangkat lunak. bersih Goodwill Aktiva tak berwujud.708 3.339 2.926 14.813.903 83. Analogi Corporation (dalam ribuan) Aktiva lancar total Properti. yang ditetapkan setelah penyelesaian rancangan program atau model kerja yang terinci. yang diambil dari laporan tahunan Analogic Corporation.616 $452.801.772 dan sudah termaksud dalam biaya penjualan produk.  Pertanyaan Konseptual Persyaratan bahwa semua biaya penelitian dan pengembangan (dan biaya lainnya yang telah disinggung dalam bagian sebelumnya) yang terjadi secara internal harus dibebankan dengan segera merupakan suatu pemecahan konservatif dan praktis.967 9.502 dan $6.121 91. Sekarang anda harus mendefinisikan titk tersebut .” FASB mendefinisikan titik ini sebagai kelayakan teknologis. 86 “Accounting for the Costs of Computer Software to be Sold.” Biaya yang dikapitalisasi diamortisasi secara garis lurus sepanjang umur ekonomis produk terkait.071 2003 $335.185 $457. dan tidak masuk akal untuk mengkapitalisasi semua biaya perangkat lunak. Saldo kapitalisasi perangkat lunak yang tidak diamortisasi pada 31 Juli 2004 dan 2003 berturutturut adalah $9. biayasanya selama tiga tahun. $1.2003. Beban amortisasi pada tahun fiscal 2004. bersih Aktiva lainnya Aktiva Total 2004 $328. “ Jika anda setuju dengan dua pernyataan tersebut. or Ortherwise Marketed.Contoh pengungkapan biaya pengembangan perangkat lunak. yang memastikan konsistensi dalam prektek dan keseragaman diantara perusahaan. maka kemudian dapat diketahui bahwa terdapat sesuatu diantara saat pengembangan berakhir dan kapitalisasi dimulai.306 11. dan 2002 berutut-berturut adalah $1. dan peralatan.077 10. pabrik. praktek penghapusan .

Penyajian Aktiva Tak Berwujud Pada neraca. perusahaan harus menampilkan baban amortisasi dan kerugian penurunan nilai untuk aktiva tak berwujud selain goodwill sebagai bagian dari operasi berjalan. . Pada laporan Laba-Rugi. kecuali jiak penurunan goodwill tersebut terkait dengan operasi yang sudah tidak lagi berjalan. jika ada. Menghindarkan semua kapitalisasi pengeluaran R & D akan menghapus dari neraca sesuatu yang mungkin merupakan aktiva perusahaan yang paling berharga. seperti yang ditunjukan dalam ilustrasi 1216.pengeluaran secara langsung yang dilakukan dengan harapan bermanfaat diperiode masa depan tidak dapat dibenarkan.. Merck & Co.. Inc. Penyajian Biaya Penelitian dan Pengembangan (R & D) Praktek akuntansi yang dapat diterima menyatan bahwa perusahaan harus mengungkapkan dalam laporan keungan (biasanya dalam bentuk catatan) mengenai total biaya R & D yang dibebankan ke beban setiap periode dimana laporan laba rugi disajikan . suatu perusahaan penelitian farmasi global melaporkan baik penelitian dan pengembangan yang diperoleh melalui akuisis maupun secara internal Dalam laporan laba-rugi terakhirnya. baik dicatat sebagai beban atau dikapitalisasi dan kemudian diamortisasi karena sifat berkelanjutan dari kebanyakan aktivitas R & D perusahaan. pengungkapan ini sangan bermanfaat bagi para pemakai neraca. Kritik berwujud yang berhubungan dengan pengeluaran yang memiliki manfaat masa depan. perusahaan harus melaporkan semua aktiva tak berwujudnya selain goodwill sebagai pos terpisah. Goodwill harus dilaporka secara terpisah. Jumlah biaya R & D yang dibebankan ke beban setiap periode akuntansi kurang lebih akan sama. Kerugian penurunan nilai goodwill harus ditampilkan dalam pos terpisah dalam bagian operasi berjalan. PENYAJIAN POS-POS TAK BERWUJUD DAN POS-POS YANG BERHUBUNGAN I. Ilustarsi 12-15 menunjukan jenis pengungkapan yang dibuat terkait dengan aktiva tak berwujud dalam laporan pengungkapan yang dibuat terkait dengan Harbaugh Company. FASB meyimpulkan bahwa karena goodwill dan aktiva tak berwujud lainnya sangan berbeda dengan aktiva yang lain. II.

560 $(100) (310) (10) $(420) $380 46 $3.317 Godwill yang diakuisisi Selama tahun tersebut 189 115 304 Kerugian penurunan nilai (46) (46) Saldo per 31 Desember 2007 $1.300 400 $1. Segemen segmen (ribuan $) Teknologi Komunikasi Total Saldo per 1 januari 2007 $1.602 $973 $2575 Segmen komunikasi mengalami pengujian penurunan nilai pada kuartil ketiga.840 2. Berdasarkan pada tren tersebut.413 $904 $2.000 500 60 $2.700 $380 $200 90 70 60 50 . setelah proses perkiraan forecasting process) tahunan.Ilustrasi 12-15 Harbaugh Company Neraca (parsial) (dalam ribuan) Aktiva tak berwujud (Catatan C) Goodwill (Catatan D) Laporan Laba-Rugi (persial) (dalam ribuan) Sebagai bagian dari operasi berjalan Beban amortisasi Kerugian penurunan nilai (Goodwill) Catatan C: Aktiva Tak Berwujud yag Diakuisis Per 31 Desember 2007 Jumlah Tercatat Kotor Akumulasi Amortisasi Aktiva tak berwujud yang diamortisasi Merek dagang Daftar pelanggan Lain-lain Total Aktiva yang tak berwujud yang tak diamortisasi Lisensi Merek dagang Total Beban Amortisasi Keseluruhan Untuk tahun yang berakhir 31 Des ’07 Estimasi Beban Amortisasi Untuk tahun yang berakhir 31 Des ’08 Untuk tahun yang berakhir 31 Des ’09 Untuk tahun yang berakhir 31 Des ’10 Untuk tahun yang berakhir 31 Des ’11 Untuk tahun yang berakhir 31 Des ’12 Catatan D : Goodwill Perubahan jumlah terdapat goodwill untuk tahun yang berkahir 31 Desember 2007 adalah sebagai berikut. Nilai wajar unit pelaporan itu diestimasi dengan memaki nilai sekarang yang diharapkan dari arus kas masa depan. Karena meningkatka persaingan pada industri kabel di Texas dan Lousisiana. kerugian penuruan goodwill sebesar $46 diakui dalam unit laporan komunikasi. Pada bulan September 2007. $2.575 $1. perkiraan laba selam 5 tahun ke depan direvisi. laba operasi dan arus kas lebih kecil daripada yang diharapkan pada kuartal keempat 2006 dan pada kurtal pertama dan kedua 2007.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful