Tugas Optoelektronika

Kusnanto Mukti W/ M0209031

MACH-ZEHNDER SENSOR SEBAGAI APLIKASI DALAM BIDANG AKUSTIK

I.

PENDAHULUAN Fiber sensor dalam bidang akustik telah dikembangkan selama dua dekade untuk projeknya digunakan dalam beberapa aplikasi, termasuk dalam bidang eksplorasi minyak, smart wells, geophysics, monitoring pelabuhan dan Bandar udara, serta pengembangan dalam bidang militer yaitu dalam pembuatan kapal selam khusus perang. Aplikasi fiber optic dalam bidang akustik salah satunya diwujudkan dalam project Mach-Zehnder sensor.

II.

CARA KERJA S e n s o r

M a c h Z e h n Pada Mach-Zehder, sensor-sensor dikalikan(multiplexed) diatas sepasang fiber yang umum menggunakan basic ladder tropology yang ditunjukkan padagambar 1a dan skema perkalian (multiplexing) dikenal sebagai time-domain multiplexing. Setiap jenjang dalam

The Paper: Acoustics Fiber Sensor Arrays. Kino Edward L. C.F. Setiap sinyal yang masuk dimodulasi oleh gelombang akustik oleh sensor tersebut. Standford University.Vakoca.J. . DAFTAR PUSTAKA M.S. G. Digonnet.Tugas Optoelektronika Kusnanto Mukti W/ M0209031 ladder mengandung Mach-Zehnder interferometer sensor yang terdistribusi diatasnya. B.W.J. Hodgson. Sinyal pulsa dari sumber optic melalui bawah ke atas fiber bus ke first fiber coupler. III.

Pendahulan Fiber optik sudah digunakan secara luas. Terdapat bebagai jenis penghubung fiber optik sesuai dengan kebutuhan dilapangan. Connector Adalah ujung dari fiber optik. 2. pigtail. dan lain-lain Aksesoris ini sebagai penunjang fiber optik yang digunakan dalam media transmisi. II.Tugas Optoelektronika Kusnanto Mukti W/ M0209031 AKSESORIS FIBER OPTIK I. 1. perangkat jaringan. . dan lain-lain. maupun dari perangkat switch ke router. fiber optik dilengkapi dengan aksesoris pendukung untuk menjalankan fungsinya tersebut. Kabel optik yang juga merupakan salah satu aksesoris dari fiber optik saat ini marak digunakan didalam perkantoran contohnya untuk sebagai koneksi Trunk dari perangkat switch ke switch. patch cord. Berfungsi sebagai konektor antar sambungan fiber optik. baik dibidang telekomunikasi. Selain itu aksesoris berupa fusion splicer yang digunkan sebagai penyambung fiber optik sudah banyak dimanfaatkan. Aksesoris Fiber Optik Aksesoris fiber optik terdiri atas connector. Sebagai media transmisi. Biasanya kabel pigtail di instal di OTB (optikal Distribution Box) dan di sambung dengan tarikan kabel Optik yang glondongan (gulungan). Pigtail Pigtail adalah sepotong kabel yang hanya memiliki satu buah konektor diujungnya. pigtail akan disambungkan dengan fiber yang belum memeliki konektor.

FISIKA untuk Sains dan Tekhnik. 4. III. Patch cord Patch cord adalah kabel fiber optik yang pada dua sisi ada konektor. Joint Closure Joint Closure adalah titik sambung dari fiber optik. 6.xml . 7. Daftar Pustaka Serwey. Salemba Tekhnika: Jakarta.com/2011/03/08/mengenal_fiber_optik. Dalam penyambungan fiber optik diperlukan alat khusus yaitu splicer. 2009. Fusion splicer Penyambungan kabel optik dikenal dengan istilah splicing. 5. Optikal Termination Box (OTB) Optikal Termination Box (OTB) adalah terminasi fiber optik yang ada pada rak atau boks. Terdapat 2 metode dalam penyambungan optik yaitu : fusion splicing dan mechanical splicing. Wall-Mount Wall-mount adalah terminasi fiber optik yang menempel di dinding. Jewett.Tugas Optoelektronika Kusnanto Mukti W/ M0209031 3.vembazax. Patch cord digunakan untuk menghubungkan device atau dikenal juga dengan optik jumper. http://www.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful