ANALISIS /PEMETAAN SK, KD, INDIKATOR, MATERI POKOK, DAN TAHAPAN BERPIKIR Mata Pelajaran Kelas

SK(*) 1. Menganalisis gejala alam dan keteraturannya dalam cakupan mekanika benda titik

: FISIKA : XI IPA
Tahapan Berpikir C3 Indikator (***) 1. Menganalisis gerak lurus, gerak melingkar dan gerak parabola dengan menggunakan vector 2. Menganalisis besaran perpindahan, dan kecepatan pada gerka parabola dengan menggunakan vektor. 3. Menganalisis besaran kecepatan dan percepatan pada gerak melingkar dengan menggunakan vector 4. Menentukan persamaan fungsi sudut, kecepatan sudut dan percepatan sudut pada gerak melingkar 5. Menganalisis vektor percepatan tangensial dan percepatan pada gerak melingkar Tahapan Berpikir C3 Kinematika dengan analisis vektor Materi Pokok Pengembangan Ruang Lingkup 2 Alokasi Waktu 18 jam Ketera ngan

KD (**) 1.1 Menganalisis gerak lurus, gerak melingkar dan gerak parabola dengan menggunakan vektor

C3

C3

C3

C3

4. C2 C3 Hukum gravitasi Newton 2 Percepatan Gravitasi Aplikasi hukum gravitasi Newton Hukum Keppler 16 jam C3 C3 1.1. Menganalisis pengaruh gaya pada sifat elastisitas bahan C3 o Mendeskripsikan karakteristik gaya pada benda elestis berdasarkan data percobaan o Membandingkan tetapan gaya berdasarkan datas pengamatan C2 Benda elastis C3 2 6 jam 1. Menganalisis hubungan antara gaya dengan gerak getaran C2 o Menganalisis susunan pegas seri dan paralel o Mendeskripsikan karakteristik gerak pada getasran pegas o Menjelaskan hubungan antara periode getaran dengan massa beban berdasarkan data pengamatan C2 2 C2 C2 Gerak harmonis 10 jam .2 Menganalisis keteraturan gerak planet dalam tatasurya berdasarkan hukumhukum Newton C3 o Menganalisis hubungan antara gaya gravitasi dengan massa benda dan jaraknya o Menghitung resultan gaya gravitasi pada benda titik dalam suatu sistem o Membandingkan percepatan gravitasi dan kuat medan gravitasi pada kedudukan yang berbeda o Menganalisis gerak planet dalam tata surya berdasarkan hukum Keppler.3.

dan kecepatan pada gerak benda 5. dan daya ke dalam bentuk persamaan o Menunjukkan kaitan usaha dengan perubahan energi kinetik o Memformulasikan konsep daya ke dalam bentuk persamaan dan kaitannya dengan usaha dan energi 6.o Menganalisis gaya. usaha. C3 C2 Usaha dan Energi 2 10 jam C3 C2 C3 Hukum kekekalan energi C3 2 10 jam o Menerapkan hukum kekekalan energi mekanik dalam persoalan sehari hari C3 . perubahan energi dengan hukum kekekalan energi mekanik o Memformulasikan hubungan antara gaya. Menganalisis hubungan antara usaha. simpangan. energi. Menerapkan hukum kekekalan energi mekanik untuk menganalisis gerak dalam kehidupan sehari-hari o Merumuskan hubungan medan konservatif dengan energi potensial dan hukum kekekalan energi mekanik o Merumuskan hukum kekekalan energi mekanik pada medan gaya konservatif.

19560606 198703 1 011 (Astin Maliku.19710219 199512 2 002 .H. SPd ) NIP.7. Juli 2011 Guru Mata Pelajaran ( Drs. C3 Momentum dan impuls C3 2 14 jam C3 Mengetahui Kepala Sekolah Pontianak. o Merumuskan hukum kekekalan momentum untuk sistem tanpa gaya luar. Menunjukkan hubungan antara konsep impuls dan momentum untuk menyelesaika n masalah tumbukan o Memformulasikan konsep impuls dan momentum serta keterkaitan antara keduanya.Nurali.MMPd) NIP. o Mengintergrasikan hukum kekekalan energi dan kekekalan momentum untuk berbagai peristiwa tumbujkan.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful