MAKALAH MICRO TEACHING MOBILE TECHNOLOGY

Disusun oleh Rizky Prabowo, S.Kom.

Sebagai salah satu syarat pengajuan beasiswa S2

Pogram Studi Ilmu Komputer Fakultas Matematika dan ilmu Pengetahuan Alam Universitas Lampung 2011

Keyword: mobile technology. Kata kunci: mobile technology. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya pengguna telepon selular. teknologi komunikasi juga mengalami perkembangan yang sangat pesat. maka fungsi dan kecepatannya akan semakin komplek. Terutama teknologi kamunikasi bergerak atau biasa disebut dengan mobile communication technology.Abstrak Makalah ini membahas tentang teknologi bergerak (mobile technology) yang berisi perkembangan dari generasi awal hingga generasi terakhir saat ini. operating system. sistem operasi. the function and the speed will be more complex. Perkembangan mobile generation dimulai dari generasi 0 hingga terakhir saat ini generasi 4. The development of mobile generation starts from generation 0 to the last current generation 4. Abstract This paper focuses on mobile technology which contains the development of the early generations up to the last generation of today. mobile generation. The higher mobile generation. Semakin tinggi generasi mobile. mobile generation Pendahuluan Sejalan dengan kemajuan zaman. Perkembangan generasi ini juga diikuti oleh perkembangan sistem operasi untuk perangkat mobile agar mempermudah pemakaian perangkat mobile. The development of this generation is also followed by the development of the operating system for mobile devices in order to facilitate usage of mobile devices. .

radio. Contohnya penyaluran sinyal televisi. Hal ini membuat Indonesia menjadi peringkat ke lima pengguna internet di Asia.5 persen dari pelanggan layanan seluler (republika. Berdasarkan kemampuan menyalurkan informasi. Hingga Juli.co. Komunikasi symplex yaitu penyaluran informasi yang hanya dapat dilakukan satu arah saja.id. Komunikasi Full Duplex yaitu penyaluran informasi yang dapat dilakukan dua arah secara bersamaan Contohnya telepon. Oleh karena itu pada makalah ini akan dibahas mengenai perkembangan teknologi bergerak (mobile). tetapi sebagian masyarakat belum mengetahuinya seperti apa pemakaian istilah generation pada teknologi mobile. sistem transmisi dapat dibedakan menjadi 3 yaitu: 1. Contohnya walkie . disini akan diperkenalkan tentang dasar sistem komunikasi sehingga lebih mudah dimengerti bagaimana sistem kerja suatu alat. Komunikasi Half Duplex yaitu sistem penyaluran informasi dua arah tetapi secara bergantian. 2.talkie 3. Hal ini ditandai dengan istilah generation. Seperti yang telah dijelaskan diatas. 2010). jumlah pengguna internet bergerak di Indonesia diperkirakan mencapai 40 juta atau sekitar 10. Pembahasan Sebelum memasuki pembahasan mengenai teknologi mobile. perkembangan teknologi atau yang biasa disebut dengan evolusi kini berkembang dengan sangat pesat. Berikut ini adalah penjelasan tentang istilah generation dari awal hingga terakhir pada saat ini. .Perkembangan teknologi selular saat ini memungkinkan pada beberapa telepon selular dapat melakukan akses internet.

5G merupakan perkembangan dari teknologi 2G dan ini merupakan penyempurnaan dari teknologi sebelumnya. generasi 1. karena merupakan teknologi analog yang kemudian di gantikan oleh generasi 2 yang sudah berbentuk digital. “telepon radio mobil”) Generasi Pertama (1G) Hampir semua teknologi pada awalnya digunakan untuk keperluan militer yang kemudian dipergunakan untuk umum.5. generasi 1G hanya digunakan dalam waktu yang singkat.5G dan 4G. generasi 2. AMTS (Advanced Mobile Telephone System) 3. Beberapa contoh yang termasuk dalam generasi awal antara lain: 1. 3G. Generasi Awal / Zero Generation (0G) 0G merupakan generasi permulaan untuk teknologi selular. Pada 1G hanya dapat mengirimkan suara sedangkan pada 2G selain mengirimkan suara juga dapat mengirimkan data berupa short massage service. generasi 3. Generasi Kedua (2G) Perbedaan yang paling utama antara 2G dengan 1G adalah pada 1G menggunakan teknologi analog sedangkan pada 2G sudah menggunakan teknologi digital. Penyempurnaan dilakukan pada .Perkembangan teknologi bergerak (mobile) dimulai dari generasi 0. 2G. PTT (Push to Talk atau Press-to-Transmit) 2. Teknologi generasi 2.5 dan generasi 4 atau biasa disebut 0G. Pada perkembangan teknologi mobile. 3. generasi 2. generasi 3.5 (2. 1G. Teknologi ini menggunakan jaringan gelombang radio khusus dengan jangkauan terbatas. ARP (Autoradiopuhelin.5G) Teknologi 2.

3.bagian aplikasi data. pertukaran email dan pesan instan.5G atau HSDPA (High-Speed Downlink Packet Access) adalah protokol dalam telepon mobile berbasis jaringan UMTS 3G yang menyediakan transfer data yang lebih cepat. Mbps 900 & 1800 MHz atau 850 & 1900 MHz . 9. UMTS (3GSM) (Universal Mobile Telecommunications System) menggunakan W-CDMA di bawah standar 3GPP. Teknologi generasi 3 (3G) Perbedaan dasar dengan generasi sebelumnya dapat dirasakan pada kecepatan transfer data yang simultan baik data voice maupun non-voice seperti download informasi.6 MHz.6.8 Mbit/s sampai 3. W-CDMA (Wideband Code Division Multiple Access Tabel 1. meskipun dalam perkembangannya yang disebarkan ke user dalam jaringan performanya hanya mencapai 384 kbit/s. Standar 3G termasuk didalamnya 1. UMTS mempunyai layanan data secara teori sampai 11 Mbit/s. Sekarang HSDPA yang dipasang mendukung 1. 56 atau 180 kbps Typical Data Speed 600 -1200 bps 900 & 1800 MHz atau 850 & 1900 MHz 3G Voice & Data Digital 400 & 450 384 kbps. 1.2 Mbit/s. Untuk kedepannya direncanakan mencapai 7.6 Mbit/s saat downlink. Perbandingan setiap generasi mobile (handoko. Pada generasi ini telah dilengkapi dengan GPRS ( General Packet Radio Services). 2.8 atau 3. 2011) Generation 1G Type Voice Typical Frequency Digital 150 & 900 Mhz 2G Voice & Data Digital 400 & 450 MHz. 3.

5 G atau disebut juga super 3G merupakan peningkatan dari teknologi 3G. Teknologi generasi 4 (4G) Menurut Onno W. Sistem operasi BlackBerry 5.Teknologi generasi 3.5 (3. terutama dalam peningkatan kecepatan transfer data yang lebih dari teknologi 3G (>2 Mbps) sehingga dapat melayani komunikasi multimedia seperti akses internet dan video sharing. Windows mobile 3. Beberapa contoh mobile system operation diantaranya adalah: 1. Mobile linux 4. Purbo (http://www. SIP menjadi standar yang ‘open’ sehingga semua SDM di seluruh dunia dapat mengambil source code. Symbian merupakan perusahaan independen hasil kolaborasi vendor-vendor raksasa pada masa itu yakni Ericsson. Nokia. Motorola. Teknologi SIP ini dikembangkan oleh Internet Engineering Task Force (IETF). Selain perkembangan generasi.html) Salah satu ciri khasi teknologi 4G ini adalah seluruh jaringan sudah akan berbasis IP. yang dirancang untuk digunakan peralatan bergerak (mobile). Symbian 2. dan Psion. dan mengimplementasikannya secara langsung secara gratis. Sistem operasi palm Sistem operasi Symbian adalah sistem operasi yang dikembangkan oleh Symbian Ltd.kucoba. Contoh yang nyata dari implementasi sentral telepon 4G ini adalah VoIP Rakyat.com/2010/01/kecepatan-akses-4g. perkembangan teknologi mobile juga didukung oleh perkembangan sistem operasi untuk beberapa jenis perangkat mobile. Teknologi yang dipakai adalah teknologi internet telepon menggunakan Session Initiation Protocol (SIP).5G) Teknologi 3. .

3 ini akan lebih mempercepat. Pocket PC 2002 3. Sistem operasi BlackBerry dikembangkan oleh perusahan telekomunikasi asal Canada. dan sekarang blackberry berubah menjadi smartphone yang memiliki berbagai fungsi seperti. Windows Mobile 2003 4. Symbian menyatakan bahwa versi 9. MobileLinux pertama diluncurkan oleh Motorola pada bulan Februari 2003. Sistem operasi Windows Mobile dimulai dari 1. Windows Mobile 6 Versi terbaru yang sedang dikembangkan Microsoft adalah Photon. Windows Mobile 5 5. RIM sebagai developer untuk sistem operasi blackberry telah mengeluarkan sistem operasi baru dengan salah satu aplikasi yang tertanam didalamnya adalah Document to Go versi trial buatan DataViz. Reserch in Motion (RIM). Pocket PC 2000 2. Sistem operasi berbasis Linux yang dikembangkan oleh Google adalah Android. mempermurah dan mempermudah para vendor handphone. suatu aplikasi yang memiliki fungsi . internet mobile.3.0 dan diharapkan dapat mengintegrasikan versi smartphone dan Pocket PC. yang didasarkan pada Windows Embedded CE 6. Windows Mobile adalah sistem operasi seluler yang ditawarkan oleh Microsoft. perusahaan ini membuat terobosan baru dengan menciptakan pearangkat Blackberry yang terkenal dengan layanan pushemail. serta dapat mengakses Wi-FI. Motorola seri A760 yang dirilis pertama kali di Cina ini menggunakan OS kombinasi dari kernel Linux yang didistribusikan oleh software Silicon Valleybased Monta Vista dan software lainnya dari bahasa pemrograman Java Sun Microsystems. GPS.Symbian telah mengeluarkan Operating System untuk smartphone terbarunya yaitu versi 9.

ac.4.blog. 312MHz. Versi yang digunakan adalah system operasi Palm OS 5.9 dengan prosesor Intel PXA270. PDF viewer. dan Document To Go (kurniawan.republika. Pocket Tunes. Beberapa fitur yang ditawarkan adalah Pocket Express. Palm files. 2009). Jika masyarakat dapat memanfaatkannya maka perkembangan tersebut dapat membantu kehidupan masyarakat.ugm. Kesimpulan Perkembangan teknologi mobile dari generasi awal hingga terakhir saat ini mengalami evolusi yang sangat pesat terutama dilihat dari segi kecepatan transfer data serta fungsinya.id/berita/trendtek/telekomunikasi/10/08/27/132065indonesia-peringkat-ke-lima-pengguna-internet-di-asia . Daftar Pustaka http://danykurniawan.wordpress.html http://www. Presenter to Go yang otomatis memiliki Sheet to Go sebagai aplikasi Spreadsheet.com/sejarah-3-5g/ http://www. Microsoft Media Player. eReader.com/2010/01/kecepatan-akses-4g. Sistem operasi palm ditanamkan pada Treo 680 Smartphone.id/2009/02/27/sistem-operasi-pada-ponselmobile-operation-system/ http://handoko89. Adobe Acrobat reader.co.office seperti Word to Go.kucoba.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful