MAKALAH ILMU KALAM

Tentang ALIRAN AHMADIYAH

Oleh: Indra Putra Via Nurlianti Aaswinda Yunita Sari Idrus wandi : 310. : 310. 256 : 310. : 310.

Dosen pembimbing: Aulia Fahmi, M.Ag

JURUSAN MUAMALAT FAKULTAS SYARIAH INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) IMAM BONJOL PADANG 1432 H/2011 M

Tentang penghapusan kewajiban berjihad Munculnya ajaran dan gerakan ahmadiyah di india ini meskipun dikemudian hari menyebar hampir keseluruh dunia sudah barang tentu dilatarbelakangi oleh situasi dan kondisi indiapada masa mirza ghulam ahmad.BAB I PENDAHULUAN Ahmadiyah adalah nama ajaran dan gerakan yang ditokohi oleh mirza ghulam ahmad (1839-1908)di qadian.ajaran ahmadiyah umumnya dianggap menyimpang adalah terutama mengenai tiga hal.yaitu: a. . Penyaliban isa al masih b. Al mahdi yang di janjikan akan muncul diakhir jaman c.punjab dan india.

Disini mirza ghulam ahmad yang mengaku telah diangkat sebagai al-mahdi dan al-masih oleh Tuhan. dan oleh karnanya didepan nama keturunan keluaraga ini terdapat sebutan mirza. Menurut riwayat nenek moyangnya berasal dari Samarkand yang pindah ke india pada tahun 1530. 1994. dan meninggal 26 mai 1906 di india . mereka tinggal di gundaspur. Ia dilahirkan di qadian tahun 1835.Drs Muslim Fathoni M. situasi umat muslim yang melatarbelakangi munculnya gerakan mahdiisme ahmadiyah. Latar Belakang Sejarah Lahirnya Ahmadiyah Lahirnya aliran Ahmadiyah merupakan serentetan peristiwa sejarah dalam islam.BAB II PEMBAHASAN ALIRAN AHMADIYAH B. 1 . tidak terlepas dari sejarah mirza ghulam ahmad sendiri sebagai pendiri aliran ini. punja-india. disitu mereka membangun kota qadian. seperti yang disinggung dimuka.yang mana di mulai dari tahun 1883 yang kemudian terus berkembang dan mempunya pengikut . bahwa kemahdian ahmadiyah berorientasi pada pembaharuan pemikiran.1 Pertumbuhan dan Perkembangan Ahmadiyah Sejarah perkembangan ahmadiyah. Menurut sustu keterangan family ghulam murtada masih keturunan haji barlas dari dinasti mughal. merasa mempunyai tanggung jawab moral untuk memejukan islam dan ummat muslim dengan member interpretasi baru terhadap ayat-ayat al-quran sesuai dengan tuntunan zamannya sebagai yang diilhamkan tuhan kepadanya. Motif mirza ini tampaknya didorong oleh gencarnya serangan kaum misionaris Kristen dan propaganda kaum hindu terhadap ummat muslim saat itu.Gravindo Persada. Faham Mahdi Syari’ah Dan Ahmadiyah Dalam Prespektif. Ahmadiyah juga berkembang sampai ke Indonesia. Hlm. yang kemunculannya tidak terlepas dari situasi dan kondisi umat islam pada saat itu. Jakarta: Pt. ayahnya bernama mirza ghulam murtada. yaitu sewaktu pemerintahan dinasti mughal. 51.A.

maka yang dimaksud tidaklah ia mesti mempunyai hubungan darah dengan nabi. .kalimamtan dan lain-lain. Akan tetapi sesudah mirza menyatakan menerima wahyu dan telah diangkat oleh Tuhan sebagai al-masih dan al-mahdi.ibid. masyarakat berbalik memusuhi dan .karenanya ia merasa terpanggil untuk mengadakan pembaharuan dalam masyarakat.taat. dan mereka tafsirkan sesuai dengan paham mereka. terutama dengan hadist-hadist yang berhubungan dengan turunnya ‘isa al-masih dan hadist-hadist mahdiyyah yang relavan dengan prinsip keyakinan diatas. Demikian pula dengan hadist-hadist nabi.k daerah-daerah di lur jawa seperti di Sumatra. mereka menggunakan ayat-ayat al-quran yang berkaitan dengan tanda-tanda hari kiamat. mirza ghulam ahmad adalah realitas ‘isa almasih dan al-mahdi yang dijanjikan kemunculannya diakhir zaman. yang mereka tafsirkan dan sesuaikan dengan peristiwa-peristiwa alamiah. akan tetapi dari Persia yang tidak ada hubungannya sama sekali dengan keturunan rasulullah.di Indonesia pusatnya berada di bogor. 54-58. Pada awal kegiatannya ia diterima oleh masyarakat luas termasuk pada kalangan masyarakat islam ortodoks.bait.sulawesi.dan setia kepada nabi.id . Untuk meneropong keyakinan kebenaran itu. Bagi kaum ahmadiyah. Menurut paham pengikut Ahmadiyah. muncul setelah ia melihat kemunduran islam dan ummat muslim di satu pihak. Keyakinan ini mereka jadikan sebagai prinsip akidah dan sekaligus merupakan ciri khas teologi aliran tersebut.ahmadiyah mempunyai banyak jaringan yang berkembang di setiap daerah.menghinanya.aliranahmadiyah. dan gencarnya serangan – serangan kaum arya samaj.3 2 3 www. untuk memperkuat signifikasi keyakinan tersebut sebagai ramalan orang suci atau wali. akan tetapi boleh jadi ia seorang yang saleh. bukanlah berasal dari mekah atau madinah. hlm. Kalaupun ahmad itu harus dari ahlul. al-mahdi yang dimaksud dalam hasist-hadist mahdiyyah.2 Semangat pembaharuan al-mahdi ahmadiyah ini. Selain itu.co. dan kaum misionaris Kristen terhadap islam dipihak lain.yang banyak.

Lebih besar dari pada kitab suci al-quran. Timbulnya reaksi keras tersebut amatlah mungkin. Salain itu disaat yang sama. Oleh karena itu. agar merekadapatmenerima penjelasannya akan kebenaran yang di nyakininya itu. 2) Mereka meyakini bahwa kitab suci tadzkirah sama sucinya dengan kitab suci al-quran. kemudian wahyu -wahyu itu dikumpulkan seluruhnya.4 1. Pokok-pokok ajaran Ahmadiyah 1) Mirza ghulam ahmad mengaku dirinya nabi dan rasul utusan tuhan. airan dan paham sesat. Sudah tentu. bahwa mirza dalam 1880. keyakinan dan ajaran islam yang didakwahkannya tidak jauh berbeda yang dikenal dan diketahui oleh ummat muslim pada umumnya. ia juga aktif berdakwah dengan mengadakan pembaharuan pemahaman keagamaan dikalangan masyarakat luas. karena ia merasa telah di tunjuk oleh tuhan untuk mempertahankan islam. Dalam hubungan ini al-maududi menjelaskan. kerena pernyataannya yang di pandang aneh oleh masyarakat yaitu: bahwa untuk menbangun suatu ummat yang telah mengalami kemunduran sebangaimana yang ia hadapi waktu itu masih di perlukan wahyu tuhan( yang baru).hartono ahmad jaiz. .Mirza ghulam ahmad sebangai pendiri aliran ahmadiyah. sehingga mengundang reaksi yang sangat keras. tetapi tuhan tetap berfirmankepada siapa saja yang dipilih-Nya sampai hari ini. pernah menyatakan dirinya sebangai wali Allah yang paling utama bagi ummat saat itu. Ia berusaha menakwilkan pernyataannya itu. kemudian ia kembali meredam kemarahan mereka. Kitap suci yang dinyakinin ahmadiyah ada lima yaitu: 4 . ia pun menyatakan bahwa dirinya adalah mujaddid atau renovator abad ke-14 H. ia menyatakan bahwa wahyu itu tidak terbatas di masa lamoau saja. mulai aktif menangkis serangan-serangan kaum propagandis hundu dan kaum misionaris Kristen terhadap islam. sehingga merupakan sebuah kitab suci dan di beri nama kitab suci tadzkirah. Dia mengaku menerima wahyu yang turunnya di india. Di samping itu. karena sama-sama wahyu dari tuhan.

a. 7) Tidak boleh bermakmum (di belakang) imam yang bukan ahmadiyah.di India. Kitab ai-quran diturunkan kepada nabi Muhammad saw. tetapi laki-laki ahmadiyah boleh kawin dengan perempuan yang bukan ahmadiyah. Fatah .yaitu nama bulan : a. Ikha k. Dan sertifikat kavling surga tersebut dijual kepada jamaahnya dengan harga yang sangat mahal. Kitab injil diturunkan kepada nabi isa. d. 6) Wanita ahmadiyah haram menikah dengan laki-laki yang bukan ahmadiyah. Kitab taurat diturunkan kepada nabi musa. 5) Mereka mempunyai surga sendiri yang letaknya di qadian dan rabwah. Kitab at-tazkirah diturunkan kepada Mirza ghulam ahmad. Nubuwah l. Suluh b. Zuhur i. Tabligh c. 3) Wahyu tetap turun sampai hari kiamat begitu juga nabi dan rasul tetap diutus sampai hari kiamat juga. Wafa h. Hijrah f. b. 4) Mereka mempunyai tempat suci sendiri yaitu : qadian dan rabwah. Syahadah e. 8) Ahmadiyah mempunyai tanggal. dan tahun sendiri . c. Aman d. Kitab zabur diturunkan kepada nabi dawud. e. bulan. Ikhsan g. Tabuk j.

Demikian juga seperti wahyu yang diterima oleh kaum hawari(murit-murit nabi musa) atau oleh kaum laki-laki lain. sebab mahdi ahmadiyah. sedangkan al-masih yang siberitahukan dalam hadist sahih. Dari belakang hijab atau tirai. Dengan ru’yah salihah (mimpi baik). Mereka membagi cara-cara tuhan menyampaikan firman-Nya. di akhir zaman. tidak di khususkan untuk para nabi saja. bukan wahyu mutlaq.57. Dengan jalan ilham. sebangai mana yang di ungkapkan dalam al-quran sebangai berikut: a. tidak saja membawa pertentangan di kalangan masyarakat islam. sebangaimana yang yang diterima nabi sewaktu mi’raj. akan tetapi juga di berikan kepada selain mereka. tetapi juga mereka pengikut ahmadiyah sendiri.2005. Munculnya paham kewahyuan ahmadiyah. . seperti petunjuk yang diterima oleh ibu nabi musa. yang maliputi: 1. dan wahyu yang berhenti itu hanyalah wahyu tasyri’I atau wahyu syari’at. musa di sungai nil. hlm. 5 . wahyu tuhan tidak terputus setelah rasulullah wafat. Dengan kasysyaf seperti petunjuk yuhan yang dialami oleh maryam(ibu nabi isa) sewkatu berdialok dengan malaikat jibril. 2. menurut mereka. 3. wahyu ini menurut mereka diteriama dengan keadaan setengah sadar. juga mengaku sebagai al-masih.Hartono Ahmad jaIz.9) Sedangkan nama tahun mereka adalah Hijri Syamsyi (disingkat HS)5 10) Masalah wahyu Kemahdian Ahmadiah tidak bisa dipisahkan dengan masalah wahyu. Wahyu yaitu isyarat cepat yang merupakan petunjuk tuhan yang masuk kedalam hati seseorang. agar menghanyutkan peteranya. b. akan turun kembali ke dunia dan dia adalah seorang nabi yang di tugaskan oleh tuhan untuk membunuh dajjal. Pustaka Jakarta: al-Kautsar. Aliran Dan Paham Sesat. Selanjutnya dijelaskan bahwa yang dimaksud wahyu terakhir ini.

6 11) Masalah nubuwwat atau kanabian dan khatamul anbiya’ Bagi ahmadiyah masalah kenabian ini ada dua versi: a. Dua macam jihad dalam islam dikenal dengan jihadul-asgar(jihad kecil) yaitu berperang melawan musuh.Yokyakarta :PP Yayasan perguruan Islam . Sedangkan wahyu jenis lain tetap berlangsung sampai kapan saja. sedangkan jihad kecil memiliki beberapa syarat dan berlaku secara insidentil. wahyu yang seperti ini yang telah berhenti. 6 . akan tetapi para orientalis barat menyelewengkan pengrtian jihat tersebut. 12) Masalah jihad Sebangaimana di ketehui. b.dan para sahabatnya adalah berperang dijalan Allah untuk menhadapi ancaman dari musuh. Nubuwwah gair tasyri’iyyah(kenabian tampa menbawa syari’at).musuh ummat islam. Alqur'anul karim 2. Diistilahkan sebangai nubuwwah tasyri’iyyah(kenabian yang menbawa sari’at). wahyu yang disampaikan jibril ini dikenal dengan wahyu nibuwwah (wahyu kenabian ).sebangai suatu alternative untuk menbela dan menpertahankan diri.jihad dalam islam di lakukan oleh nabi saw. At-tazkirah. yaitu sebuah buku yang memuat sajak-sajak buatan mirza ghulam ahmad yang diyakini para pengikutnya sebagai alqur'an atau kitab suci yang diterima ghulam ahmad dari Allah swt.71-72. Gerakan Pembaharuan Dalam Islam.c. Jihad besar dan yang paling besar terus berjalan sepanjang masa. Aliran ini mengaku bahwa dirinya bersumber dari: 1. Mengutus jibril.karena mirza ghulam ahmad mengaku dirinya menerima wahyu dari Allah swt.hlm. Ali Yasir.1978. Selain dua jihad diatas menurut ahmadiyah ada satu lagi jihad yang diistilahkannya dengan jihadul kabir(jihad paling besar)yaitu tablig dan dakwah. Dan jihad jihadul akbar(jihad besar) yaitu berperang melawan hawa nafsu. untuk merusak citra islam. .

halalharam.diantaranya ada palsukannya.selain di mekkah juga di rubwah dan qadyan di india.namun mereka meyakininya sebagai hadis. 5.dll.yang semuanya adalah perkataan mirza ahmad ghulam.perintah-perintah.mereka juga meyakini bahwa nabi-nabi akan teris berlanjut dan tak akan pernah berhenti sampai hari kiamat. Petunjuk huzur.tapi menurut ahmadiya nabi yang di yakini ada sebanyak 26 orang.dan dikatakan sebagai wahyuwahyu yang di turunkan allah kepadanya. Hadis Nabi saw 4. Hadis muatan mirza ghulam ahmad yang berisi petunjuk- petunjuk.3.larangan-larangan.lalu dimasukkan ke dalam sajak-sajaknya. .yaitu petunjuk khalifah ahmadiyah al qadiyan Jemaaat ahmaditah alqadiyan berkeyakinan bahwa yanah suci dan tempat menunaikan ibadah haji.hukum-hukum.selain itu mirza ghulam ahmad juga banyak 339 melakukan surat yang pemalsuan di terhadap Alquran.

b. f. Kesimpulan 1. Mereka meyakini bahwa kitab suci tadzkirah sama sucinya dengan kitab suci al-quran. Mirza ghulam ahmad merupakan nabi dan rasul utusan tuhan. bulan. dan tahun sendiri . d. karena sama-sama wahyu dari tuhan. Wanita ahmadiyah haram menikah dengan laki-laki yang bukan ahmadiyah. Ahmadiyah mempunyai tanggal. Wahyu tetap turun sampai hari kiamat begitu juga nabi dan rasul tetap diutus sampai hari kiamat juga. Pokok-pokok ajaran ahmadiyah. a. Mereka mempunyai tempat suci sendiri yaitu : qadian dan rabwah. e. Mereka mempunyai surga sendiri yang letaknya di qadian dan rabwah.di India. h. Tidak boleh bermakmum (di belakang) imam yang bukan ahmadiyah. c.BAB III PENUTUP A. Dan sertifikat kavling surga tersebut dijual kepada jamaahnya dengan harga yang sangat mahal. tetapi lakilaki ahmadiyah boleh kawin dengan perempuan yang bukan ahmadiyah g.

Muhammad.co. (Jakarta: PT. Muslih.Grafindo persada) 1994 www.id Iqbal. Islam Dan Ahmadiyah.DAFTAR PUSTAKA Fathoni. Faham Mahdi Syi'ah Dan Ahmadiyah Dala Perspektif. Aliran Dan Paham Sesat Di Indonesia. (Jakarta:Bumi Aksara) 1991 Ahmad Jaiz. Hartono. (Jakarta: Pustaka alKautsar) 2002 .aliranahmadiyah.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful