Definisi/Pengertian Laut, Jenis/Macam Laut & Fungsi/Peran/Manfaat Laut

Mon, 06/04/2009 - 12:10am — godam64 Dari sisi Bahasa Indonesia pengertian laut adalah kumpulan air asin dalam jumlah yang banyak dan luas yang menggenangi dan membagi daratan atas benua atau pulau. Jadi laut adalah merupakan air yang menutupi permukaan tanah yang sangat luas dan umumnya mengandung garam dan berasa asin. Biasanya air mengalir yang ada di darat akan bermuara ke laut. Indonesia memiliki wilayah perairan laut yang sangat luas dan kurang terjaga sehingga mudah mendatangkan ancaman sengketa batas wilayah dengan negara tetangga. Untuk landas kontinen negara kita berhak atas segala kekayaan alam yang terdapat di laut sampai dengan kedalaman 200 meter. Batas laut teritorial sejauh 12 mil dari garis dasar lurus dan perbatasan laut zona ekonomi ekslusif (ZEE) sejauh 200 mil dari garis dasar laut. Laut memiliki banyak fungsi / peran / manfaat bagi kehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya karena di dalam dan di atas laut terdapat kekayaan sumber daya alam yang dapat kita manfaatkan diantaranya yaitu : 1. Tempat rekreasi dan hiburan 2. Tempat hidup sumber makanan kita 3. Pembangkit listrik tenaga ombak, pasang surut, angin, dsb. 4. Tempat budidaya ikan, kerang mutiara, rumput laun, dll. 5. Tempat barang tambang berada 6. Salah satu sumber air minum (desalinasi) 7. Sebagai jalur transportasi air 8. Sebagai tempat cadangan air bumi 9. Tempat membuang sampah berbahaya (fungsi buruk) 10. Sebagai objek riset penelitian dan pendidikan 11. Tempat cewek matre berada (sori bercanda...), dan lain-lain. Macam-Macam / Jenis-Jenis Laut : A. Jenis/Macam Laut Berdasarkan Sebab Terjadinya : 1. Laut Ingresi : Adalah laut yang terjadi karena penurunan dasar laut dengan kedalaman 200 meter lebih. 2. Laut Transgresi : Adalah laut yang terjadi karena terjadi peninggian permukaan air laut yang memiliki kedalaman kurang dari 200 meter. 3. Laut Regresi : Adalah laut yang ada karena proses sedimentasi lumpur daratan yang masuk ke laut akibat erosi daratan. B. Jenis/Macam Laut Berdasarkan Letak Laut : 1. Laut Tepi : Adalah laut yang ada di tepi benua. 2. Laut Pedalaman : Adalah laut yang dikelilingi oleh daratan benua yang hampir seluruhnya

5% garam.69%). Di dunia terdapat empat samudra. Perbedaan Laut dan Samudra Pengertian laut berbeda dengan samudra. Zat-zat yang ada dalam garam air laut adalah sebagai berikut. Karena itu. Artinya. C. CaSo4 (3. Samudra Pasifik .46%). Samudra Hindia. CaCo3 dan garam-garaman lain (0.21%). Laut merupakan bagian dari samudra. Di antara keempat samudra tersebut. Laut Zona Litoral : Adalah laut yang berada di batas antara garis pasang surut air laut yang bisa kering dan bisa tergenang air laut. sehingga disebut juga lautan. Samudra adalah laut yang sangat luas. Susunan Kimiawi Air laut Selain air murni (H2O).terkepung benua. 4. dan Samudra Arktik. setiap samudra adalah laut. Ada juga yang berpendapat laut adalah sekumpulan air yang sangat luas di permukaan bumi yang memisahkan atau menghubungkan suatu benua atau pulau dengan benua atau pulau lainnya.75%). Laut Tengah : Adalah laut yang ada di tengah-tengah antara benua. tetapi tidak semua laut adalah samudra. Samudra Atlantik. 2. air laut mengandung garam. Jenis/Macam Laut Berdasarkan Kedalaman Laut : 1. rasanya menjadi asin. Dengan demikian. Laut Zona Batial : Adalah laut yang memiliki kedalaman laut antara 200 hingga 1800 meter. K2So4 (2. Rata-rata air laut mengandung 3. Definisi samudra adalah bentangan air asin yang menutupi cekungan yang sangat luas.73%).        NaCI (77. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Keempat (2008) pengertian laut adalah kumpulan air asin (dalam jumlah yang banyak dan luas) yang menggenangi dan membagi daratan atas benua atau pulau-pulau. MgSo4 (4. yaitu Samudra Pasifik. MgCI2 (10. 3.78%). Laut Zona Neritik : Adalah laut yang mempunyai kedalaman kurang dari 200 meter. Laut dan samudra dapat dibedakan berdasarkan luasnya. 3. Laut Zona Abisal : Adalah laut yang memiliki kedalaman yang lebih dari 1800 meter. MgBr2 (0. dalam setiap 1 kg air laut terkandung garam 35 gram.34%).

  Adapun menurut letaknya.800 meter dan 5. yaitu daerah pantai yang terletak di antara garis pasang naik dan pasang surut. yaitu wilayah laut yang memiliki kedalaman antara 1. Zona batial (wilayah laut dalam).000 meter. yaitu sebagai berikut. Zona abisal (wilayah laut sangat dalam). yaitu sebagai berikut.adalah yang terluas. Sekitar 79. Laut regresi (laut yang menyempit).    . Kedalaman Laut Kedalaman dasar laut tidak sama. yaitu penyempitan laut yang terjadi karena adanya pengendapan oleh batuan (pasir. yaitu laut yang terjadi karena adanya penurunan dasar laut dengan kedalaman lebih dari 200 meter. laut dibedakan menjadi tiga. Laut transgresi (laut yang meluas). yaitu wilayah laut yang memiliki kedalaman antara 150 meter dan 1.800 meter. Jenis Laut Menurut cara terjadinya.  Zona litoral atau pesisir.  Laut ingresi. Tingkat-tingkat kedalaman dasar laut dibedakan ke dalam bagian-bagian wilayah (zona) berikut. dan lain-lain) yang dibawa oleh sungai-sungai yang bermuara di laut tersebut. Laut pedalaman adalah laut yang yang hampir seluruhnya dikelilingi oleh daratan benua . ada tiga jenis laut. yaitu laut yang terjadi karena adanya peninggian permukaan air laut dengan kedalaman kurang dari 200 meter. Zona neritik (laut dangkal). Laut pertengahan adalah laut yang berada di antara benua-benua. lumpur.    Laut tepi adalah laut yang berada di tepi benua. Luas keseluruhan laut dan samudra kurang lebih 361 juta kilometer persegi.8% dari permukaan bumi yang luasnya 510 juta kilometer persegi merupakan wilayah laut dan samudra. yaitu dari batas garis pasang surut sampai kedalaman 150 meter. Luas Laut dan Samudra Bumi yang kita huni dipenuhi air.

.000 meter. Zona hadal (wilayah laut paling dalam). yaitu wilayah laut yang kedalamannya lebih dari 5.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful