RPP BK / bimbingan karir (oleh: Dra.Hj.

Suharti)
February 18, 2008 at 9:45 am Leave a comment

RENCANA PELAKSANAAN PEMELAJARAN ( SKENARIO LAYANAN BIMBINGAN ) Mata pelajaran : Bimbingan konseling Jenis layanan : Bimbingan karir Kelas / Smester : II / 3 Pertemuan ke : ____________________ Alokasi waktu : 1 x 40 menit Standart Kompetensi : Pemahaman potensi diri Komprtensi dasar : Potensi diri Indikator : Sehat jasmani dan rokhani 1.Tujuan Pembelajaran : Memiliki pemahaman yang mantap tentang pentingnya kondisi yang sehat dalam pengembangan karir II. Materi Ajar : Pemahaman potensi diri secara psikologis dan fisiologis III Metode Pembelajaran : - Diskusi - Pemberian tugas IV.Langkah-langkah Pembelajaran A. Kegiatan Awal : – Guru mengecek presensi siswa. : – Guru menyampaikan tujuan pembelajaran : – Guru menyampaikan materi yang akan disajikan. : – Guru menyampaikan metode yang akan digunakan : – Guru menyuruh siswa untuk membuat kelompok, setiap kelompok terdiri dari 4 anak, kemudian menunjuk salah seorang diantaranya untuk menjadi ketua kelompok. Lalu ketua kelompok menunjuk salah satu diantara temannya untuk menjadi seorang sekertaris.

Siswa membuat simpulan yang dibimbing oleh guru. penuh kebimbangan. Secara sosial posisinya marginal dan oleh masyarakat mereka belum diperlakukan sebagai .Ketua kelompok menunjuk salah seorang teman dari kelompoknya untuk menjadi sekertaris B. Ini merupakan masa transisi . Anda tahu apa yang dimaksud dengan potensi diri ? 2. Kegiatan Akhir : – Masing. Dapat berkembangkah orang yang memiliki potensi diri. Potensi apa yang anda miliki ? 3.masing ketua kelompok menyampaikan hasil diskusi didepan kelas secara bergantian. penuh badai dan topan ( storm and stress ). . namun jasmaninya dinyatakan tidak sehat ? Apa alasannya ? 5. .OHP dan transparan VI. .Siswa berdiskusi dipimpin oleh ketua kelompoknya masing-masing.Siswa yang lain diberi kesempatan untuk bertanya / memberikan sanggahan terhadap pendapat masing-masing kelompok. . . V.Materi / bahan diskusi. dipimpin oleh guru. Dapat berkembangkah orang yang memiliki potensi diri. C. namun rokhaninya tidak sehat ? Apa alasannya ? MATERI DISKUSI : POTENSI DIRI Sebagai remaja. Penilaian A. Kegiatan inti : – Guru menyerahkan materi kepada masing-masing ketua kelompok yang selanjutnya materi didiskusikan didalam kelompoknya ..Pulpen . dan penuh dengan kegoncangan. kemuadian ber – musyawarah untuk menentukan ketua kelompok.Siswa mebuat kelompok . Apa kaitannya potensi diri dengan kesehatan jasmani dan rokhani anda ? 4. Jangka pendek : Penilaian awal : test lisan Penilaian akhir : test lisan Instrumen Penilaian : SOAL : 1. mereka sudah bukan kanakkanak lagi tetapi belum pula dewasa. siswa SLTA berada pada tahap perkembangan jiwa yang pada umumnya sulit. Alat/ Bahan/ Sumber Belajar : – Kertas folio bergaris .

C. menyanyi. memmunculkan ide-ide atau pembaharuan. Pemberian wawasan pada mereka tentang pilihan – pilihan karir dimasa depan . Orang punya bakat menyanyi. menjelaskan ide-ide kepada orang lain . Potensi diri tersebut tidak akan bisa berkembang dengan baik bila tidak ditunjang dengan kesehatan jasmani dan rohani. bekerja di luar rumah. otomatis tidak akan bisa berkembang potensi/ bakatnya tersebut. A. Sebutkan program diklatnya ! B. Atau dibidang ketrampilan ( menggunakan mesin atau peralatan. menari). Atau dibidang komunikasi ? ( menolong orang yang menghadapi masalah . adaptif atau produktif ? . mendiskusikan ide-ide dengan orang lain). tenis meja. memecahkan masalahsecara praktis. membuat sistem bekerja dengan lebih baik. gaya hidup yang anda harapkan dengan tetwujutnya cita-cita). namun dia mengalami gangguan sakit jiwa. Makin maju dan makin kompleks kehidupan masyarakatnya makin sukar tugas remaja untuk mempelajari tanggung jawabnya. melakukan perhitungan dengan angka-angka. basket. Prestasi dalam bidang akademis : Program diklat yang mana yang paling baik nilainya. dan mendorong mereka untuk mempelajari hal-hal penting untuk menjalani tugas – tugas sebagai manusia dewasa. bela diri. Oleh karena itu remaja harus tahu potensi dirinya. cepat menerti persoalan-persoalan minat.alasan mengapa anda memilih cita-cita itu. usaha untuk mencari potensi diri ini kemudian memberikan prestise tertentu terhadap dirinya. mengurus keuangan . memperhatikan orang lain. tenes. bise ball ). volly. sepak bola. Bakat/potensi/kemampuan di bidang keahlian apa yang ada pada diri anda ? apakah dibidang : olah raga ( lari. Kegiatan ekstra kurikuler apa yang anda ikuti ? . kenali dulu bakat/ potensi/ kemampuan anda. dan menyusun strategi untuk meraihnya. catur. . menjual barang / jasa ). atau menderita penyakit struk. lempar lembing. Pada masa ini remaja perlu mempelajari berbagai macam tugas untuk menyiapkan diri memikul tanggung jawabnya nanti dalam masa dewasa. Pekerjaan apakah yang anda inginkan setelah menamatkan sekolah ? Apa cta-cita anda ? Adakah usaha untuk pencapiannya ? Tulis karangan dengan judul Cita-citaku ( karangan hendaknya berisi tentang makna cita-cita anda ditinjau dari anda dan orang tua . bulu tangkis. menemukan ide-ide baru. golf. Atau dibidang organesasi ? ( mengorganisir orang untuk berbuat sesuatu) . jenis-jenis profesi akan sangat membantu mereka merumuskan cita-cita. Atau dibidang kesenian ( menggambar. melukis atau menulis. musik. pemanah. mengadakan pencatatan dan pembukuan. Dibidang normatif.manusia dewasa. senam.

Suharti Disyahkan oleh : Koordinator BK SMK Muhammadiyah 1 Kediri Dra. Guru BK SMK Muhammadiyah 1 Kediri Dra. . SUYITNO MPd. Hj. Hj. Jangka Panjang : Observasi terhadap perkenbangan potensi yang dimiliki oleh masing-masing siswa. VII. TINDAK LANJUT : Membimbing perkembangan potensi masing-masing siswa . Suharti Mengetahui : Kepala SMK Muhammadiyah 1 Kediri Drs. I.B.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful