MAKALAH KEWARGANEGARAAN

tentang

IDENTITAS NASIONAL

Disusun oleh : 1. 2. 3. 4. NIM : NIM : NIM : NIM : Fakultas Pertanian

FAKULTAS FILSAFAT UNIVERSITAS GADJAH MADA

sister pemerintahan. bahasa. Apabila dalam penulisan makalah ini ada kekurangan kami mohon maaf. . Makalah ini disusun oleh kelompok kami yang beranggotakan : 1. NIM : NIM : NIM : NIM : Semoga dengan dibuatnya makalah ini dapat memberikan pencerahan kepada masyarakat luar khususnya para mahasiswa mengenai Identitas Nasional. kita dapat membelanya dengan kekuatan keyakinan akan dasar berdirinya bangsa ini. 4. sehingga harapannya dengan kami menulis sebuah makalah ini tentang Identitas Nasional menjadi refleksi bagi semua pembacanya yang sekarang ini tidak sedikit yang sudah melupakan akan jati dirinya sebagai warga negara Indonesia dengan hak dan kewajibannya. semoga makalah ini dapat memberikan banyak manfaat. Sehingga bagi kami menganggap makalah ini sangat berguna untuk bahan pengingat akan Identitas bangsa kita sehingga apabila ada sesuatu yang terjadi pada negara kita. 3.. Parameter Identitas Nasional dan Unsur – unsu pembentuk Identitas Nasional yang meliputi suku bangsa. Di dalam makalah ini aka di bahas mengenai pengertian Identitas Nasional. pola hidup. sejarah. agama. kami mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari pembaca. dan kritik/saran yang membangun dalam pembuatan makalah ini. Abdul Malik 2.TAHUN 2012 PENGANTAR Segala Puji bagi Allah SWT yang telah mencurahkan begitu banyak nikmatnya sehingga kami dari kelompok 1 ( satu ) dapat menyelesaikan makalah kami yeng berjudul Identitas Nasional. Dan kami mengeucapkan trimakasih atas bantuan.

Diletakkannya dalam konteks Indonesia maka Identitas Nasional itu merupakan manifestasi nilai-nilai budaya yang sudah tumbuh dan bekembang sebelum masuknya agama-agama besar dibumi nusantara ini dlaam berbagai aspek kehidupan dari ratusan suku yang kemudian dihimpun dalam satu kesatuan Indonesia menjadi kebudayaan Nasional dengan acuan Pancasila dan roh . Jadi Identitas Nasional bangsa adalah sebuah kesatuan yang terikat dengan wilayah dan selalu memiliki wilayah ( tanah melimpah darah mereka sendiri ). kesamaan sejarah. sumber kekayaan alam Indonesia. dan pertahanan keamanan. agama. Identitas Nasional pada hakikatnya juga merupakan manifestasi nilai nilai budaya yang tumbuh dan berkembang dalam berbagai aspek kehidupan. ciri-ciri serta karakter dari bangsa tersebut. suatu bangsa berbeda dengan bangsa lain dalam hiudup dan kehidupannya. Dengan ciri ciri khas tersebut. suatu bangsa berbeda dengan ciri-ciri khas tersebut. Suatu bangsa dengan ciri-cirinya khas. ideologi. sistem hukum atau perundang undangan.I. Sehingga mempunyai persamaan watak dan karakter yang kuat untuk bersatu dan hidup bersama serta mendiami suatu wilayah tertentu sebagai suatu ketentuan Nasional. hak dan kewajiban serta pembagian kerja berdasarakan profesi . demografi atau kependudukan Indonesia. Berdasarkan pengertian yang dimiliki ini maka setiap bangsa didunia ini akan memiliki identitas sendiri – sendiri sesuai dengan keunikan sifat. ekonomi. PENDAHULUAN Identitas Nasional bangsa adalah suatu ciri yang dimiliki oleh suatu bagsa yang secara filosofis membedakan bangsa tersebut dengan bangsa lain. politik negara. Contoh Identitas Nasional Bangsa meliputi segenap yang dimilki bangsa Indonesia yang membedakannya dengan bangsa lain seperti kondisi gfeografis. Berdasarkan hakikat pengertian Identitas Nasional bangsa sebagaimana dijelaskan diatas maka Identitas Nasional suatu bangsa tidak dapat dipisahkan dengan jati diri suatu bangsa atau lebih populer disebut kepribadian suatu bangsa atau dapat diartika sebagai sekolompok besar manusia yang mempunyai persamaan nasib dalam proses sejarahnya.

PENGERTIAN IDENTITAS NASIONAL Sebagai sebuah istilah. identitas adalah sifat khas yang menerangkan dan sesuai dengan kesadaran diri pribadi sendiri. atau Negara sendiri. tanda atau jati diri.Bhineka Tunggal sebagai dasar dan arah pengembangan dalam kehidupan berbangsa dan benegara. komunitas. dan dengan yang khas tadi suatu bangsa berbeda dengan bangsa lain dalam kehidupannya”. yaitu “identitas” dan “nasional”. kelompok. Identitas nasional merupakan sesuatu yang terbuka untuk diberi makna baru agar tetap relevan dan fungsional dalam kondisi aktuall yang berkembang dalam masyarakat. Sedangkan ”nasional” dalam konteks pembahasan ini berarti kebangsaan (identitas bangsa). Dalam terminologi antropologi. dan dengan ciri-ciri yang khas tadi suatu bangsa berbeda dengan bangsa lain dalam kehidupannya. Definisi Identitas nasional. Menurut Koenta Wibisono (2005) pengertian Identitas Nasional pada hakikatnya adalah “manifestasi nilai-nilai budaya yang tumbuh dan berkembang dalam aspek kehidupan suatu bangsa (nasion) dengan ciri-ciri khas. Jadi. identitas nasional dibentuk oleh dua kata. Identitas nasional secara terminologis adalah suatu ciri yang dimiliki oleh suatu bangsa yang secara filosofis membedakan bangsa tersebut dengan bangsa lain. identitas nasional dapat diartikan sebagai suatu ciri yang dimiliki oleh suatu bangsa yang secara filosofis membedakan bangsa tersebut dengan bangsa lainnya. Dengan demikian. Identitas (identity) yang dapat diartikan sebagai ciri-ciri. golongan. secara garis besar “Identitas nasional” adalah identitas suatu kelompok masyarakat yang memiliki ciri dan melahirkan tindakan secara kolektif yang diberi sebutan nasional. Pengertian identitas nasional pada hakikatnya adalah manifestasi nilainilai budaya yang tumbuh dan berkembang dalam aspek kehidupan suatu bangsa (nation) dengan ciri-ciri khas. Berdasarkan pengertian yang demikian ini . II.

2. Alat – alat perlengkapan yang dipergunakan untuk mencapai tujuan seperti bangunan. sesuatu yang alami atau cirri yang sudah terbentuk seperti geografis. ciri-ciri serta karakter dari bangsa tesebut. Identitas ini menyangkut adat – istiadat. III. Identitas nasional menggambarkan pola perilaku yang terwujud melalui aktivitas masyarakat sehari – harinya. PARAMETER IDENTITAS NASIONAL Parameter identitas nasional adalah suatu ukuran atau patokan yang dapat digunakan untuk menyatakan sesuatu adalah menjadi cirri khas suatu bangsa. 3. Ramah tamah. Lambang – lambang Negara ini biasanya dinyatakan dalam undang – undang seperti Garuda Pancasila. bahasa. bahasa. Lambang – lambang yang merupakan ciri dari bangsa dan secara simbolis menggambarkan tujuan dan fungsi bangsa. Unsure – unsure pembentuk identitas nasional berdasarkan ukuran parameter sosiologis adalah suku bangsa. bendera.maka setiap bangsa di dunia ini akan memiliki identitas sendiri-sendiri sesuai dengan keunikan. Identitas yang berasal dari alat . dan gotong royong merupakan salah satu identitas nasional yang bersumber dari adat – istiadat dan tata kelakuan. dan lagu kebangsaan. hormat kepada orang tua. adat istiadah dan teknologi. Sesuatu yang terjadi dalam suatu masyarakat dan mencari ciri atau identitas nasional biasanya mempunyai indicator sebagi berikut : 1. tata kelakuan. kebudayaan. teknologi. Demikian pula hal ini juga sangt ditentukan oleh proses bagaimana bangnsa tersebut terbentuk secara historis. dan bahasa maupun fisik seperti kondisi geografis. Sesuatu yang diukur adalah unsure suatu identitas seperti kebudayaan yang menyangkut norma. dan kebiasaan. sifat. dan peralatan manusia. Berdasarkan hakikat pengertian “identitas nasional” sebagaimana dijelaskan di atas maka identitas nasional suatu bangsa tidak dapat dipisahkan dengan jati diri suatu bangsa atau lebih popular disebut sebagai kepribadian suatu bangsa.

2. Bali (1. Wilayah Geografis.yakni Sriwijaya danMajapahit. sebagian Thailand. STRUKTUR PEMBENTUK IDENTITAS NASIONAL Adapun unsur pembentuk identitas nasional bangsa Indonesia. suku makassa-Bugis (3. Suku Bangsa Identitas nasional dalam aspek suku bangsa adalah adanya suku bangsa yang majemuk ( aneka ragam).Malaysia. Aceh (1. Batak (2.04%). Suku bangsa askriptif dan kelompok migran. secara politik para pendiri negara menetapkan bahwa wilayah geografi yang menjadi identitas negara Indonesia adalah seluruh wilayah nusantara yang meliputi seluruh bekas jajahan Belanda. 4. sedangkan kelompok migran adalah . dan teknologi.4%). Singapura. sampai ke Filipina. Ketika bangsa Indonesia menyatakan diri menjadi bangsa yang merdeka. Tujuan yang ingin dicapai suatu bangsa.88%). Identitas yang bersumber dari tujuan ini bersifat dinamis dan tidak tetap seperti budaya unggul. seperti. dan suku-suku lainnya.8% tetapi menyebar ke seluruh wilayah bangsa Indonesia dan mayoritas mereka bermukim di perkotaan. Populasinya menurut data BPS tahun 2003 adalah berjumlah 210 juta jiwa. prestasi dalam bidang tertentu. yaitu suku bangsa askriptif dan kelompok migran. Suku bangsa askriptif adalah suku bangsa yang sudah ada diwilayah geografi nusantara. yaitu 1. Dari jumlah tersebut diperkirakan separuhnya atau 50% adalah suku etnis jawa. seperti di Indonesia dikenal dengan bulu tangkis. peralatan manusia. Sedangkan suku bangsa atau etnis tionghoa hanya berjumlah 2. berdaulat. Wilayah geografi Indonesia secara historis adalah wilayah yang semulam enjadi wilayah kekuasaan dua kerajaan besar. IV. bersatu. Suku bangsa sebagai unsur pembentuk identitas nasional dibagi ke dalam dua kelompok.perlengkapan ini seperti bangunan yang merupakan tempat ibadah. Majemuk atau anekaragamnya suku bangsa dimaksud adalah terlihat dari jumlah suku bangsa lebih kurang 300 suku bangsa dengan bahasa dan dialek yang berbeda. Sisanya adalah suku bangsa yang mendiami wilayah Indonesia di luar Jawa. me liputi seluruh wilayah nusantara.68%).

Bagi bangsa Indonesia. Akal Budi . peradaban ( civility) dan pengetahuan (knowledge) a. ideologi dan dasar negara. Oleh karena itu. Aspek kebudayaan yang menjadi unsur pembentuk identitas nasional meliputi 3 unsur. Secara keseluruhan. bangsa Indonesia terbentuk dari ras dan suku bangsa yang majemuk. Amerika serikat ). Jerman. migran dari Afrika ( Mesir.mereka yang telah menyatakan diri menjadi warga negara dan setia terhadap pancasila sebagai pandangan hidup bangsa. yaitu: akal budi. Itali ). Kelompok migran di Indonesia meliputi migran Asia ( Tionghoa. migran dari Amerika ( kanada. kemajemukan dalam beragama merupakan anugerah dari TYME yang wajib disyukuri dan dikelola secara wajar. yang secara sadar bersama-sama membangun hubungan yang rukun antar umat seagama dan antar umat beragama. migran dari Eropa ( Belanda. bersikap. dan bertindak sesuai dengan lingkungan yang diahapi. Arab. Sebagai upaya mencegah resiko konflik antar umat beragama diantaranya adalah saling mengakui secara positif keberadaan agama dan para pemeluk serta saling menghormati prinsip satu sama lain 4. sebagian besar termasuk suku bangsa askriptif. Nigeria ). di Indonesia terdapat lebih kurang 300 suku bangsa dengah bahasa dan dialek yang berbeda 3. Kebudayaan Kebudayaan menjadi unsur pembentuk identitas nasional karena realitas bahwa kebudayaan yang dipelihara dan berkembang didalam lingkungan setiap suku bangsa berisi nilai nilai dasar yang secara kolektif digunakan oleh para pendukungnya untuk menafsirkan dan memahami lingkungan serta digunakan sebagai pedoman berfikir. Agama Agama menjadi unsur pembentuk identitas nasional berdasarkan realitas bahwa bangsa Indonesia tergolong sebagai rakyat agamis. dan India ).

Dalam interaksi antar suku bangsa yang mendiami kepulauan nusantara. Prestasi Anak Bangsa dalam menjuarai lomba olimpiade Fisika dan Kimia. ekonomi (usaha kecil dan koperasi). Peradaban miliki oleh bangsa Indonesia dalam interaksinya antara sesama (horizontal) atau secara Dapat dilihat dari beberapa aspek meliputi aspek ideologi ( sila-sila dalam pancasila ). Karya anak bangsa dalam bidang teknologi pesawat terbang. dan sosial ( semangat gotong royong adalah sikap ramah tamah. setia kawan ). bahasa melayu telah menjadi bahsa penghubung ( linguafranca ) jauh sebelum kemerdekaan. Dalam fungsinya sebagai bahasa penghubung itulah bahasa melayu kemudian ditetapkan oleh para pemuda dari sabang sampai merauke sebagai bahasa persatuan dalam ikrar Sumpah Pemuda. 6.Akal budi adalah sikap dan perilaku yang di sebaliknya (vertikal). Sejarah Sejarah paham kelahiran nasionalisme : . murah senyum. 5. Bahasa Bahasa Indonesia yang sekarang digunakan sebagai bahasa pemersatu bangsa Indonesia berawal dari bahsa melayu. Ilmu Pengetahuan Pengetahuan yang menjadi unsur pembentuk identitas nasional meliputi: Prestasi anak bangsa dalam bidag olahraga bulutngkis sedunia. c. Karya anak bangsa dalam bidang teknologi kapal laut. politik (demokrasi langsung dalam pemilu langsung presiden dan wakil presiden serta kepala daerah tingkat I dan II kabupaten/kota. b.

1913. 1915. i. Trikoro Dharmo Sebagai Emberio Yong Java 1918 Yong Java 1926. Nahdatoel Oelama (Nu)Dari Sub Kultur Santri Dan Ulama Serta Pergerakan Lain Seperti Sub Ethnis Jong Ambon. . 1911 Sarikat Dagang Islam Kaum Entrepeneur Islam Bersifat Ekstrovert Dan Politis c. Indische Party Dari Sub Kultur Campuran. Jong Selebes Yang Melahiorkan Pergerakan Nasionalisme Yg Berjati Diri Indonmesianess j. Muhammadiya Dari Subkultur Islam Modernis Bersifat Introvert Dan Sosial d.” Dalam UUD 1945 menyatakan bahwa bangsa Indonesia berjuang dan mengembangkan dirinya sebagau bangsa yang merdeka. 1908 Budi Oetomo Berbasis Sub Kultur Jawa b. 1912. berdaulat. mengapa kita tidak bisa. Yg Memncerminkan Elemin Politis Na-Sionalisme Non rasial dg selogan “ TEMPAT YANG MEMBERI NAFKAH YANG MENJADIKAN INDONESIA SEBAGAI TANAH AIRNYA” e. 1912. bersatu. Jong Sumatwera. Manifisto Politik 7. Budaya Unggul Budaya unggul adalah semangat dan kultur kita untuk mencapai kemajuan dengan cara “kita harus bisa. 1931. 1928 .a. kita harus berbuat terbaik kalau orang lain bisa. Indische Social Democratiche Vereniging Mengejawantahkan Nasionalisme Politik Radikal Dan Berorientasi Marxist. Indonesia Muda h. Soempah Pemoeda 28 Okt 1928 k. f. 1925. g.

b. konsekuen. Parameter artinya suatu ukuran atau patokan yang dapat digunakan untuk menyatakan sesuatu itu menjadi khas. . kebudayaan. lagu kebangsaan. prestasi di bidang tertentu. Dimana Parameter identitas nasional itu antara lain: a. b. V. Tujuan yang dicapai suatu bangsa: budaya unggul. yaitu: a. makmur serta adil atau berkesejahteraan untuk mencapai kualitas hidup demikian. Pola perilaku yang nampak dalam kegiatan masyarakat: adat-istiadat. suku bangsa. Nilai kemanusiaan. demokrasi dan keadilan dijadikan landasan ideologi yang secara ideal dan normatif diwujudkan secara konsisten. c. 2. Lambang-lambang yang menjadi ciri bangsa dan negara: bendera. peralatan manusia. KESIMPULAN Dari uraian yang telah dijelakan sebelumnya dapat kami simpulkan bahwa : 1. kreatif dan bukan indoktriner. kebiasaan. dinamis. dan teknologi. Alat perlengkapan yang digunakan untuk mencapai tujuan: bangunan. c. 3. Identitas Nasional bangsa adalah suatu ciri yang dimiliki oleh suatu bagsa yang secara filosofis membedakan bangsa tersebut dengan bangsa lain.maju. Unsur-unsur pembentuk identitas nasional berdasarkan ukuran parameter sosiologis. bahasa. d. tata kelakuan. bahasa.

Wilayah Geografis . Kebudayaan c. Budaya Unggul d. Sejarah b. kondisi georafis 4. Bahasa g. Suku Bangsa: keragaman/majemuk e. Unsur – unsur pembentuk Identitas Nasional a.d. Agama: multiagama f.

29 Maret 2012 Pukul 22.DAFTAR PUSTAKA Rahman. 29 Maret 2012 Pukul 22.Srijanti A.shvoong.com/doc/61589348/16/Unsur-Pembentuk-Identitas-Nasional.com/writing-and-speaking/2180006-pengertian-identitas-nasional-danparameternya/#ixzz1qViNeypZ.Jakarta http://yanel.00 WIB .00 WIB http://www. diunduh pada hari Kamis. diunduh pada hari Kamis. 29 Maret 2012 Pukul 22.wetpaint. diunduh pada hari Kamis. diunduh pada hari Kamis.scribd.com/page/Identitas+Nasional..00 WIB http://id. 29 Maret 2012 Pukul 22.2007.Salemba.00 WIB http://id.shvoong.com/social-sciences/political-science/2116855-pengertian-identitasnasional/#ixzz1qUW7PNi2.Etika Berwarga Negara Edisi 2.

diunduh pada hari Kamis. 29 Maret 2012 Pukul 22.http://kelompokdoea.com/2010/03/09/identitas-nasional-kewarganegaraan/ diunduh pada hari Kamis.com/2010/08/parameter-identitas-nasional. 29 Maret 2012 Pukul 22.html.00 WIB .blogspot.00 WIB http://binsangadjitar. .wordpress.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful