Bhinneka.

com Analisis SWOT adalah analisis kondisi internal maupun eksternal suatu organisasi yang selanjutnya akan digunakan sebagai dasar untuk merancang strategi dan program kerja. Analisis internal meliputi peniaian terhadap faktor kekuatan (Strength) dan kelemahan (Weakness). Sementara, analisis eksternal mencakup faktor peluang (Opportunity) dan tantangan (Threaths).  Strengths (kekuatan) Merupakan kondisi kekuatan yang terdapat dalam organisasi, proyek atau konsep bisnis yang ada. Kekuatan yang dianalisis merupakan faktor yang terdapat dalam tubuh organisasi, proyek atau konsep bisnis itu sendiri. • Weakness (kelemahan) Merupakan kondisi kelemahan yang terdapat dalam organisasi, proyek atau konsep bisnis yang ada.Kelemahan yang dianalisis merupakan faktor yang terdapat dalam tubuh organisasi, proyek atau konsep bisnis itu sendiri. • Opportunities (peluang) Merupakan kondisi peluang berkembang di masa datang yang terjadi. Kondisi yang terjadi merupakan peluang dari luar organisasi, proyek atau konsep bisnis itu sendiri. misalnya kompetitor, kebijakan pemerintah, kondisi lingkungan sekitar. • Threats (ancaman) Merupakan kondisi yang mengancam dari luar. Ancaman ini dapat mengganggu organisasi, proyek atau konsep bisnis itu sendiri. Berikut adalah analisis SWOT terhadap e-bisnis bhinneka.com:  Strengths (kekuatan) (1) Tren internet Internet telah banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia. Masyarakat Indonesia telah banyak menggunakan fasilitas jejaring internet seperti facebook, twitter, google++, dan sebagainya. Bhinneka.com merupakan situs e-commerce yang telah terhubung dengan situs-situs jejaring sosial tersebut sehingga memungkinkan banyak orang dapat melakukan transaksi via jejaring sosial tersebut. Selain itu, masyarakat Indonesia telah terbiasa mencari referensi apapun pada website-website yang tentunya diakses melalui google, yahoo, dsb. Hal ini membuktikan bahwa Bhinneka.com telah terkoneksi dengan banyak link dan memudahkan masyarakat melihat iklan Bhinneka dan terhubung dengan website Bhinneka. (2) Jumlah penduduk Indonesia cukup besar Jumlah penduduk Indonesia merupakan bilangan yang cukup besar dan memberikan kekuatan kepada Bhinneka.com untuk dapat memperoleh keuntungan yang besar. (3) Kenyamanan e-transaksi Tidak dapat dipungkiri bahwa seseorang yang sibuk dan memiliki keterbatasan waktu dan ruang gerak pasti akan memilih transasi elektronik. Hal ini juga menyangkut faktor jarak tempuh, sehingga manusia lebih memilih duduk manis dan menunggu barang yang dipesan sampai. Inilah kelebihan Bhinneka.com yang memberika fasilitas e-transaksi selain dengan membuka showroom yang ada di beberapa tempat di wilayah Jakarta. Pelanggan tidak perlu datang ke toko, tawar menawar harga, menanyakan fitur-fitur barang, karena semua database tentang produk ditampilkan secara lengkap pada website Bhinneka.com. (4) Harga bersaing

Mayoritas masyarakat masih menggantungkan pada uang cash dan transaksi melalui bank (bukan ATM). sementara yang diperjualbelikan oleh Bhinneka.Harga di Bhinneka. bebas dari penipuan dan menjamin kerahasiaan data pelanggan. Kesenjangan sosial masih begitu tinggi. (5) Penggunaan kartu kredit masih minim Belum seluruh masyarakat Indonesia menggunakan kartu kredit.com hanya melakukan transaksi jual beli perlengkapan elektronik. Dalam kurun waktu yang singkat barang telah sampai tujuan dibandingkan dengan pengiriman pos biasa. namun di daerah lain masih kesulitan untuk dapat menggunakan fasilitas internet. terutama JNE dan TiKi. • Weakness (kelemahan) (1) Varian produk yang diperjualbelikan Sampai dengan saat ini Bhinneka. Daerah perkotaan masih memungkinkan masyarakat untuk menjamah fasilitas teknologi dengan sangat mudah. Belum semua gadget yang dimiliki oleh masyarakat dapat terhubung dengan internet. tergantung pada kemampuan ekonomi masyarakat. Bhinneka. (6) Verisign sebagai CA Transaksi elektronik tentu terjadi karena dasar saling percaya. (3) Daya beli masyarakat Masyarakat indonesia merupakan negara berkembang dengan pendapatan per kapita yang masih dianggap di bawah rata-rata pendapatan per kapita negara maju di dunia. Belum semua masyarakat Indonesia mampu memenuhi kebutuhan sekundernya.com telah menggunakan root CA verisign sebagai pihak ketiga terpercaya yang dapat memberikan jaminan bahwa transaksi yang dilakukan dengan Bhinneka merupakan transaksi yang terjamin kepastiannya. tidak perlu agen eceran untuk mendistribusikan barang hingga ke pembeli. (2) Euforia masyarakat . (5) Pengiriman barang dalam negeri Bisnis pengiriman barang kilat telah populer di kalangan masyarakat.com tentu saja dapat dikatakan bersaing karena merupakan salah satu supplier alat elektronik terbesar di Indonesia terlengkap. • Opportunities (peluang) (1) Sedang berkembangnya online shop di Indonesia Jumlah online shop di Indonesia masih sangat terbatas. dengan ongkos kirim yang terjangkau pula.com memiliki uang aktif lebih banyak karena tidak perlu membuka showroom di seluruh daerah di indonesia. mulai dari gadget hingga perlengkapan elektronik rumah tangga. Inilah yang membuat e-transaksi terkendala. (2) Infrastruktur internet dan SDM gagap teknologi Infrastruktur internet di Indonesia belum merata. Inilah yang dapat menjadi peluang bagi Bhinneka. Padahal kebutuhan masyarakat sangat bervariasi.com yang telah lama dibangun untuk mencuri start untuk menjadi situs e-bisnis yang paling kompetitif dibandingkan dengan situs e-bisnis yang baru dibangun.com merupakan barang kebutuhan sekunder. Oleh karena itu Bhinneka. (4) Pengiriman barang ke luar negeri Pengiriman barang menjadi kendala perusahaan untuk melayani customer di luar negeri karena biaya pengiriman dapat mencapai U$S 40/kg untuk ke Inggris dengan FedEx.

Berdasarkan pada uraian analisis SWOT tersebut maka strategi yang dapat ditempuh berdasarkan perbandingan antar S-W-O-T adalah sebagai berikut: 1) Sosialiasi internet (S1. (3) Black market Meskipun harga di Bhinneka.5 Rata1. maka daya beli masyarakat yang baru akan berkembang bisa surut kembali. namun tidak dapat dipungkiri bahwa ancaman keamanan internet terus berkembang.com tergolong low price.83  y Berdasarkan perhitungan di atas diketahui bahwa posisi SWOT pada diagram cartesius ada pada kuadran I yaitu progresif. Meskipun dari sisi hukum black market tersebut tergolong ilegal namun belum ada kekuatan hukum yang kuat untuk mengendalikan pertumbuhan black market. O2) 3) Meningkatkan keamanan situs Bhinneka.16  x  Faktor Eksternal Maka O-T = 1. artinya organisasi dalam kondisi prima dan mantap sehingga sangat dimungkinkan untuk terus melakukan ekspansi. T2) 4) Meningkatkan manajemen profit (S4. perhitungannya sebagai berikut: Strength Bobot Weakness Bobot Opportunity Bobot Threats Bobot (1) 5 (1) 4 (1) 4 (1) 2 (2) 3 (2) 3 (2) 3 (2) 1 (3) 3 (3) 3 (3) 2 (4) 4 (4) 1 (5) 2 (5) 4 (6) 2 Rata3.com yang kuat dan berpeluang.Masyarakat Indonesia sudah mulai mengadopsi pola hidup masyarakat modern yang menjadikan gadget sebagai salah satu penunjang untuk meningkatkan nilai dan prestise. • Threats (ancaman) (1) Kondisi perekononomian dan politik Jika kondisi menjadi kembali tidak stabil.67 rata S W rata T Berdasarkan pada tabel di atas:  Faktor Internal Maka S-W = 0. Rekomendasi strategi yang diberikan adalah Progresif. (2) Serangan keamanan internet Meskipun Bhinneka. T3) 5) Mengembangkan iklan (S2.com (S6. memperbesar pertumbuhan dan meraih kemajuan secara maksimal.com telah menggunakan bantuan pihak ketiga terpercaya (Trusted third party) dalam transaksinya. Posisi ini menandakan Bhinneka. W3) .16 Rata-rata 3 Rata-rata O 3. Berdasarkan pada uraian faktor-faktor SWOT di atas. namun demikian hal tersebut tidak dipungkiri tersaingi dengan harga barang dari black market. W2) 2) Mengembangkan varian produk yang diperjualbelikan (W1.

buka outline cabang di mall target pd thn 2012 2. buka sistem franchise target 2012 3. rekrut SDM lebih banyak target 2014 S+T Strategi : Fokus pd 1 produk Pemesanan melalui sms / delivery order budget yg hrs dikeluarkan brp ? Politik Ekonomi Sosial Teknologi Culture .Strengh : kemampuan untuk bersaing S+O Strategi expansi : 1.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful