PROPOSAL

PRAKTIK KERJA INDUSTRI
SMK NEGERI 6 MALANG

PEMERINTAH KOTA MALANG DINAS PENDIDIKAN SMK NEGERI 6 MALANG
Jl. Ki Ageng Gribig 27 Malang Telp. 0341-722216 Fax. 0341-720138

2012

Dalam upaya mewujudkan kesesuaian mutu tamatan yang meliputi kemampuan kerja. etos kerja. data industri. I NIP 19610531 198803 1 003 BAB I PENDAHULUAN . Malang. yang di dalamnya mencakup pendataan jumlah peserta. Proposal pelaksanaan Prakerin ini disusun dengan harapan agar pihak yang ikut bertanggung jawab di dalamnya dapat memberikan kontribusi yang nyata dalam pelaksanaan Prakerin sehingga dapat berjalan dengan baik sesuai yang diharapkan. Wadib Su’udi. disiplin kerja dan untuk menuju sikap profesional maka perlu dilaksanakan Link and Match antara sekolah dengan Dunia Usaha/Industri yang diwujudkan melalui Praktik Kerja Industri (Prakerin). situasi dan kondisi masing-masing maka diperlukan suatu perencanaan yang matang dalam bentuk Program Praktik Kerja Industri. guru pembimbing.KATA PENGANTAR Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa. atas segala rahmat dan karunia-Nya sehingga Proposal Praktik Kerja Industri (Prakerin) ini dapat diselesaikan dengan baik. Mengingat pelaksanaan Praktik Kerja Industri melibatkan Dunia Usaha/Industri yang berbeda tempat. H. MM Pembina Tk. 17 Januari 2012 Kepala SMK Negeri 6 Malang Drs. Akhirnya kami sampaikan ucapan terima kasih yang sedalam-dalamnya kepada semua pihak yang turut membantu dalam kelancaran pelaksanaan Prakerin SMK Negeri 6 Malang. dan jadwal pelaksanaannya.

Latar Belakang SMK Negeri 6 Malang adalah Sekolah Menengah Kejuruan yang menyelenggarakan pendidikan di bidang Teknologi Industri yang meliputi Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan. Teknik Ototronik. Teknik Rekayasa Perangkat Lunak. Teknik Gambar Bangunan. Teknik Pemanfaatan Tenaga Listrik. dengan prakerin dilaksanakan di DU/DI. Pelaksanaan Prakerin ini diharapkan memberikan nilai tambah yang sangat berarti baik bagi sekolah maupun individu. Teknik Permesinan. SMK Negeri 6 Malang merencanakan pelaksanaan kegiatan Prakerin dengan mengirimkan siswa untuk mengikuti proses kerja di DU/DI dengan maksud meningkatkan Kompetensi. Bagi sekolah. 39 tahun 1992 tentang Peranan Masyarakat dalam Pendidikan Nasional. Sebagai Sekolah Menengah Kejuruan. maka SMK Negeri 6 Malang berkewajiban untuk menyelenggerakan Pendidikan Sistem Ganda. Siswa yang ditempatkan di DU/DI dengan mengikuti segala peraturan dan ketentuan yang berlaku serta mengabdikan sebagaimana layaknya karyawan perusahaan untuk memperoleh keterampilan kerja yang memungkinkan untuk bekal kelak setelah menamatkan pendidikan di sekolah untuk terjun di dunia kerja yang sebenarnya. Teknik Komputer dan Jaringan. sesuai UU No. . saling mengisi dan saling melengkapi untuk keuntungan bersama. Memasuki tahun ke-9 sebagai Sekolah Kejuruan. maka sarana praktik tersedia di industri dengan kualitas dan kuantitas yang efektif dan effisien. Siswa akan terlibat langsung dalam proses kerja sesungguhnya. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. dan Teknik Alat Berat. Penyelenggaraan PSG diantaranya dilaksanakan melalui Praktik Kerja Industri (Prakerin) yang melibatkan Dunia Usaha / Dunia Industri (DU/DI) sebagai Institusi Pasangan dengan prinsip saling membantu. Sebaliknya bagi pihak industri akan mendapatkan lulusan yang terampil sebagai tenaga kerja produktif yang siap pakai. dan Kepmendikbud No. guna terciptanya tenaga kerja tingkat menengah yang profesional. 323/ U/ 1997 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Sistem Ganda pada Sekolah Menengah Kejuruan. PP No.

berkomunikasi dan memiliki rasa tanggung jawab dan disiplin yang tinggi. 5. 4. 6. Menghasilkan tenaga kerja yang memiliki keahlian memadai dan sikap profesional.Tujuan Tujuan dari pelaksanaan Prakerin ini adalah sebagai berikut : 1. bekerja dalam suatu team (kelompok) serta mengembangkan potensi dan kreativitas sesuai dengan minat dan bakatnya masing-masing. sehingga mereka mampu berinteraksi. Memberi kesempatan dan jaminan bagi siswa yang berpotensi untuk menjadi tenaga kerja terampil dan produktif. keterampilan dan etos kerja yang sesuai dengan tuntutan dunia kerja. Meningkatkan efisiensi pendidikan dan pelatihan tenaga kerja yang berkuatilas. Mempersiapkan siswa untuk belajar bekerja secara mandiri. Melaksanakan Link and Match antara sekolah dengan DU/DI. adalah sejumlah 37 siswa. dengan tingkat pengetahuan. Meningkatkan status dan kepribadian siswa. BAB II PELAKSANAAN Peserta Prakerin Peserta Prakerin Tahun Pelajaran 2012/2013 untuk Kompetensi Keahlian Teknik Alat Berat kelas XI. 3. 2. .

Berangkat pada awal semester ganjil 2012-2013 (semester 3) D. 4.d 1 Juni 2012 b. tgl. Trackindo.d. United Tractor) akan dilakukan secara berkala baik melalui kunjungan langsung kelapangan atau komunikasi melalui E-mail/fax. PT.d. Pembekalan : a. 11 Januari 2013.d. Untuk seluruh siswa kelas XI Pembekalan Pedoman Teknis Prakerin tanggal 13 Juni s. PT. Tanggal 11 s. Altrak 1978. Program Prakerin 1. 18 Januari 2013 (semester genap) 3. Tanggal 11 s.A. maka siswa akan dipanggil ke sekolah bersama dengan orang tua/wali murid untuk proses pembinaan. Waktu pelaksanaan. bilamana ditemui ada siswa yang bermasalah dalam Prakerin. Pola Penyelenggaraan Prakerin Durasi prakerin di DU/DI dilaksanakan selama 6 bulan (satu semester). Untuk orang tua/wali murid Pelaksanaan tanggal 30 Mei s. dengan pola sebagai berikut: Program 6 bulan : Siswa kelas XI Teknik Alat Berat. 11 Juli 2012 s. Pembinaan siswa Hasil dari setiap kali pelaksanaan monitoring oleh guru pembimbing sekolah pada DU/DI akan dievaluasi oleh pengurus Prakerin. Pengantaran Monitoring : a. Monitoring bagi siswa Teknik Alat Berat (Prakerin di PT. Hasil dari pembinaan siswa ini diharapkan adanya perubahan sikap pada siswa tersebut. Tempat Prakerin Siswa Kompetensi Keahlian Teknik Alat Berat (TAB) akan melaksanakan prakerin di PT.d 16 Juli 2012 (semester ganjil) b. United Tractor. . 14 Juni 2012 2.

Evaluasi Prakerin Data-data yang diperoleh secara berkala dari hasil monitoring oleh guru pembimbing di DU/DI akan dikonfirmasikan / digabungkan dengan hasil pengisian angket yang dibagikan kepada seluruh siswa kelas 3 pada saat kegiatan Reorientasi Sekolah. Dengan kegiatan Reorientasi ini siswa dipersiapkan kembali setelah sekian lama berada di DU/DI untuk bersikap sebagai pelajar yang wajib mematuhi Tata Tertib Sekolah. setelah siswa menyelesaikan Prakerin di tiap DU/DI dalam suatu periode. wajib mengikuti Reorientasi Sekolah. tetapi dikumpulkan di masing-masing guru Pembimbing untuk diarsip di kantor Kompetensi Keahlian masing-masing untuk pendataan. Laporan Prakerin. 6. Penyerahan Buku Jurnal Harian. Salinan/ foto copy Sertifikat sebanyak 2 lembar ( untuk arsip Prakerin dan lampiran rapor). setelah disahkan oleh DU/DI dan sekolah. Reorientasi Sekolah Siswa yang telah kembali dari Prakerin. baik pada semester gasal maupun semester genap (saat kenaikan kelas). Prestasi hasil pelaksanaan Prakerin tercantum pada Surat Keterangan/ Sertifikat Prakerin. Laporan Prakerin dan Sertifikasi Setelah berakhirnya Prakerin.5. 7. Buku Laporan bukan untuk disimpan siswa. Surat Keterangan/Sertifikat asli dibagikan kepada siswa pada saat penerimaan rapor. Seluruh data tersebut akan diadministrasikan agar dapat . siswa diberikan motivasi agar bersemangat tinggi dalam belajar sehingga dapat berhasil dalam menyelesaikan studi di tingkat akhir. 8. bahan penilaian Prakerin dan sebagai arsip. Penjemputan : setelah siswa selesai melaksanakan prakerin maka akan dilakukan penjemputan oleh pihak sekolah sesuai dengan kesepakatan baik waktu maupun teknisnya. siswa wajib menyerahkan Buku Jurnal Harian.

digunakan selanjutnya. untuk Evaluasi Prakerin dalam rangka perbaikan Program Prakerin .

.

yaitu :  Guru Pembimbing Sekolah  Instruktur/Pembimbing dari DU/DI  Orang Tua/ Wali Murid  Sekolah  Dunia Usaha/ Dunia Industri Diperlukan adanya konsep yang disepakati bersama dalam pembinaan siswa agar selama Pelaksanaan Prakerin. siswa dapat memiliki etos kerja dan meningkatkan kompetensi untuk dapat melaksanakan tugas sebagaimana yang diharapkan oleh Dunia Usaha dan Dunia Industri. .BAB III PENUTUP Keberhasilan siswa dalam Pelaksanaan Prakerin tergantung pada kepedulian dan peran serta seluruh unsur yang terkait.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful