ICLONE 4

[ICLONE 4]

DIBUAT OLEH NUR HUDA

1

ICLONE 4

Pendahuluan Puji syukur terhadap Allah SWT yang memberikan rahmat dan juga hidayahnya sehingga saya bisa menyelesaikan buku ini dan saya ucapkan terima kasih banyak terhadap pihak-pihak yang mendukung shingga buku ini bisa selesai saya berharap dengan adanya buku ini semakin banyak orang yang bisa membuat imajinasinya menjadi nyata

2

ICLONE 4

Bab 1 Jenis-jenis Film Film Horor Film horror adalah sebuah film yang menggunakan cerita-cerita seram yang bisa meningkatkan rasa takut penonton hingga puncaknya biasanya film-film horror mempunyai suasana yang gelap dengan efek-efek suara yang menegangkan sehingga seolah-olah penonto masuk kedalamnya. Film Action Film yang bertema laga dan mengisahkan perjuangan hidup biasanya dibumbui dengan keahlian toko untuk bertahan hingga akhir cerita ide dasar dari film ini adalah penonton seolah dibuat masuk ke dalam film kita dan merasakan ketegangan yang kita sajikan. Film Komedi Film komedi adalah sebuah film yang lebih mengandalkan pada lelucon yang sudah disiapkan genre jenis ini biasanya paling disukai dan bisa meramba usia segmentasi penonton. Film Roman Roman adalah genre film yang paling popular di kalangan masyarakat karena factor perasaan dan realitas yang ditawarkan menjadikan simpati dan empati penonton terhadap tokoh yang diceritakan Membuat Konsep Film 1. Konsep awal – Ide Dasar – Draft scenario awal – Penyusunan Kru – Membuat Formulir Produksi 1. Pengerjaan Film – Pembagian Tugas – Pembuatan Jadwal Kegiatan Produksi – Casting 1. Finishing

3

ICLONE 4 BAB 2 APLIKASI Karena animasi sekarang sudah tidak asing lagi bagaimana kalau kita mencoba membuat sebuah animasi dengan mempelajari aplikasi – aplikasi dibawah ini Crazy Talk Crazy talk adalah sebuah aplikasi yang digunakan untuk membuat animasi 2 dimensi yang menggunakan foto dengan merekam suara dan mengimportnya pada Crazy Talk kita langsung bisa membuat foto yang kita import bergerak sesuai dengan suara yang kita masukan. Selain itu kita bisa menambahkan special efek dasar dan juga memperukat emosi karakter yang sedang berbicara selain itu software ini mudah digunakan untuk orang awam sekalipun. 4 .

Selain kita bisa melakukan customize di dalam karakter kita juga bisa melakukan customize terhadap stage. Jika semua customize kita sudah selesai kita tinggal melakukan export ke dalam format yang kita inginkan yaitu (AVI. 5 .3gp dan lain-lain) jadi orang awam pun sekarang bisa membuat film indie yang menggunakan animasi 3d maupun 2d.ICLONE 4 Tampilan dari aplikasi Crazy Talk ICLONE 4 Iclone adalah sebuah aplikasi yang digunakan untuk membuat film yang menggunakan animasi yang bisa kita customize sesuai keinginan kita jadi di dalam software ini sudah disiapkan karakter yang akan digunakan kita tinggal melakukan fitting seperti crazy talk maka wajah kita pun akan masuk ke dalam karakter yang akan kita gunakan. background animasi bahkan pada versi terbaru kita bisa menambahkan special efek yang bisa dengan mudah kita gunakan Untuk memberikan audionya kita bisa langsung melakukan recording dari aplikasi ini atau kita bisa mengimport file audio WAV ke dalam aplikasi ini maka sejarah ajaib aplikasi ini akan melakukan sinkronasi dan langsung membuat animasi lips sesuai dengan suara yang kita masukan.

ICLONE 4 Tampilan aplikasi Iclone 3D Exchange 3d exchange adalah sebuah aplikasi yang digunakan untuk mengkonversi file format 3d kedalam VNS yang digunakan untuk membuat stage tambahan untuk aplikasi Iclone jadi fungsi utama aplikasi ini kita bisa membuat stage maupun property tambahan yang bisa kita gunakan agar film yang kita buat dengan aplikasi ini bisa lebih kreatif. 6 .

ICLONE 4 Tampilan 3d Exchange Sony Vegas Sony Vegas adalah sebuah aplikasi video editing yang sangat popular karena kemudahannya untuk digunakan dalam mengedit video selain itu tool-tool yang ditawarkan juga sangat lengkap sehingga pengaplikasian dari aplikasi ini sangat mudah untuk digunakan bahkan untuk orang awampun bisa membuat sebuah video yang professional. 7 .

ICLONE 4 Tampilan dari Sony Vegas 3DS MAX 3ds max adalah salah satu aplikasi 3d desainer yang popular karena aplikasi ini cukup mudah untuk digunakan karena kelengkapan tool yang disediakan sehingga untuk pemula pun juga bisa membuat desain animasi 3d sendiri aplikasi ini nanti 8 .

ICLONE 4 akan kita gunakan sebagai membuat stage atau property tambahan yang nanti akan kita konveersi menggunakan aplikasi 3d exchange Tampilan 3ds Max BAB 3 Penggunaan Aplikasi Crazy Talk Workspace 9 .

Kolom untuk melakukan setting tambahan untuk membuat wajah semakin realistis 9. Kolom untuk melakukan edit ulang terhadap model yang sudah dilakukan fitting 4.ICLONE 4 Keterangan : 1. Kolom tampilan lembar kerja (preview) 6. Kolom untuk mengatur seberapa kuat hasil dari animasi yang digunakan Fitting 10 . Kolom tool bar yang digunakan untuk melakukan fitting ulang dan juga mengimport file baru yang akan digunakan untuk model baru 5. Kolom template beberpa conoth file yang siap untuk digunakan 7. Kolom out put untuk memilih extensi file yang akan digunakan 3. Kolom Controler yang digunakn untuk melakukan tes play 8. Kolom edit untuk memilih tampilan edit model dan juga edit script 2.

Klik icon import image untuk mencari gambar yang akan dimasukan 2.ICLONE 4 Fitting adalah sebuah proses importing image/gambar untuk dijadikan model dalam crazy talk 1. Mencari tempat penyimpanan gamba yang akan dimasukan 3. Klik open untuk membuka file gambar tersebut 11 .

ICLONE 4 4. Klik next untuk melangkah ke menu selanjutnya 5. Posisikan fit seperti di gambar di bawah ini 12 .

Klik tombol untuk melakukan editing lebih detail 13 . Klik OK Setelah tombol menekan ok maka proses fitting sudah selesai maka kita pun sudah siap untuk melangkah ke materi selanjutnya MENGATUR ACCESORIES 1.ICLONE 4 6.

Klik tombol untuk mengatur warna dalam mulut 14 . Pilih jenis mata yang ingin andah gunakan 3.ICLONE 4 2. Klik tombol untuk memilih jenis gigi yang akan anda gunakan 4.

Klik tombol untuk mengatur bentuk bibir yang akan digunakan Jika sudah selesai dengan bentuk aksesori yang akan digunakan pada wajah model yang anda edit lalu klik ok untuk melihat hasilnya. 15 .ICLONE 4 5.

Untuk masuk kedalam script mode cuku klik script view untuk masuk kedalam 16 .ICLONE 4 Hasil setelah dilakukan pada pengaturan advance facial setting Script Script view adalah sebuah tampilan dimana kita bisa mengatur untuk memasukan suara maupun mengatur bentuk emosi dari model yang kita gunakan serta untuk menambahkan berbagai special eek sederhana yang bisa kita gunakan dengan mudah.

Editing bar = kumpulan bebera toolbar yang berfungsi untuk mengatur dari efek suara dan juga untuk melakukan navigasi pada timeline Membuat suara baru menggunakan Text to speech 1.ICLONE 4 Keterangan : 1. Timeline = garis waktu yang berfungsi untuk mengatur berbagai efek dan juga durasi berapa lama dari masing-masing efek itu sendiri. Lalu akan muncul sebuah menu untuk melakukan save dan pilih no 17 . Klik icon untuk mengaktifkan aplikasi text to speech 2. 2. Emotive = emotive adalah kumpulan jenis-jenis ekspresi muka pada saat senang sedih ataupun sedang marah atau yang disebut ekspresi emosi 3.

pada panel timeline ada kolom bernama face 18 .ICLONE 4 3. lalu akan muncul tampilan seperti dibawah ini 4. ketikan teks yang ingin diomongkan pada pada crazy talk lalu klik ok Memberikan sentuhan emo icon 1.

kilk ganda pada area yang kosong 3. klik ok jika sudah selesai 19 . pilih jenis ekspresi yang akan digunakan dan seberapa kuat ekspresi tersebut 4.ICLONE 4 2.

Klik ganda pada kolom SFX 2.ICLONE 4 Hasil dari penggunaan ekspresi pada model MENAMBAHKAN AKSESORIS TAMBAHAN DENGAN SPECIAL EFEK 1. Lalu pilih jenis item yang akan digunakan 20 .

1. Pada kolom timeline klik ganda pada kolom head 2. 2. Lalu atur movement setting 21 .ICLONE 4 3. Klik ok Jika sudah menemukan item yang cocok Mengatur Durasi SFX Setelah kita memberikan SFX pada objek / model kita sekarang kita mencoba untuk mengatur durasi dari efek tersebut. MENAMBAHKAN GERAKAN KEPALA 1. Setelah itu anda bisa menggeser ke kanan untuk memperlama durasi dari FX tersebut dan kekiri untuk sebaliknya. Pada kolom efek setelah diberikan sentuhan efek akan muncul bentuk persegi seperti dibawah ini. Klik pada ujung sebelah kanan kolom hingga kursor berubah 3.

Pada panel timeline klik ganda pada kolom eye 2. Klik ok jika sudah selesai mengatur head movement Setelah pengaturan head movement selesai maka akan muncul sebuah node yang ada di kolom head jadi pada satu scene kita juga bisa menambahkan pergerakan pergerkan head movement yang lain agar animasi kita menjadi lebih realistis.ICLONE 4 3. Klik ganda pada kolom eye 22 . MEMBUAT PERGERKAN MATA 1.

ICLONE 4 3. Klik ok jika sudah selesai Menambahkan suara dengan melakukan recording Jika tadi kita belajar memasukan suara dengan text to speech kali ini kita akan mencoba dengan menggunakan suara kita lngasung yang akan kita masukan dengan cara merekan suara kita dengan mikrofon agar hasilnya lebih bagus. Pada panel timeline klik ganda pada kolom shoulders 2. 23 . Klik ok jika sudah selesai Pergerakan bahu 1. Pilih arah pergerakan mana yang akan anda gunakan 4. Atur sebrapa kuat animasi dari shoulder 3.

Klik icon pada timeline untuk mengimport sound 2. Klik icon yang ada di panel timeline untuk melakukan recording 2.ICLONE 4 1. Jika sudah selesai anda bisa menekan tombol 5. Klik tombol untuk melakukan perekaman 4. Klik ok untuk memasukan suaranya Menambahkan suara dengan cara mengimport : 1. Lalu akan muncul menu seperti di bawah ini. Klik open untuk membuka dan memasukan file suara yang diinginkan Mengexport 24 . 3. Cari file suara yang berformat wav 3.

ICLONE 4 Export adalah sebuah perintah agar file yang kita buat tadi bisa dilihat oleh orang lain tanpa menggunakan aplikasi crazy talk dan bisa langsung dinikmati karena formatnya bisa video ataupun yang lain Exporting 1. Pilih jenis tampilan yang inginkan 4. Klik tombol Package untuk melakukan eksekusi 5. Pada kolom output pilih jenis file yang akan gunakan 2. Klik dari salah satu format yang ingin anda gunakan contoh (messenger) 3. Pilih tempat untuk melakukan save file 25 .

ICLONE 4 6. Selamat mencoba 26 . Jika sudah tenak Save 7. Tunggu loading hingga selesai Hasil dari file yang kita buat tadi kalian juga bisa mencoba format file yang lain yang sesuai dengan kebutuhan kalian.

membuat projek baru dan melakukan save.ICLONE 4 ICLONE Pada bab sebelumnya kita sudah mempelajari aplikasi Crazy Talk untuk membuat foto kita bisa berbicara pada materi ini kita akan mempelajari aplikasi bernama ICLONE yang berfungsi untuk membuat animasi 3d yang cukup realistis dan bisa digunakan untuk orang awam sekalipun Bahan untuk versi terbaru yaitu Iclone 4 kita bisa menjalankan actor seperti kita bermain game jadi untuk membuat sebuah scenarioupun semakin mudah. Workspace Iclone 4 Tampilan workspace Main Menu Bar Main menu bar adalah sebuah kumpulan perintah yang berfungsi untuk memberikan actor mengatur export. 27 .

Command Bar Adalah sebuah perintah-perintah yang sudah dikelompokan dan akan berubah isinya sesuai dengan main menu yang sedang aktif Content Adalah kumpulan property maupun template yang disediakan oleh iclone maupun yang dibuat oleh user sendiri atau custom. Scene Manager Scene manager berfungsi untuk memberitahukan objek apa saja yang sudah ada dalam workspace kita 28 .ICLONE 4 Tools Button Tools button adalah berisi sebuah sekumpulan perintah yang ada di main menu bar yang diringkas menjadi sebuah menu drop down.

ICLONE 4 Controler Bar Controler bar digunakan untuk melakukan preview animasi ataupun untuk melakukan record animasi. Navigation Bar Navigasi bar digunakan untuk mengatur tampilan pada workspace atau lembar kerja Object editing bar Digunakan untuk mengatur objek yang kita masukan kedalam scene 29 . Modify Adalah sebuah menu yang digunakan untuk melakukan pengaturan terhadap semua objek yang kita masukan kedalam lembar kerja.

ICLONE 4 View Change Digunakan untuk mengatur tampilan yang akan digunakan untuk melakukan preview Change mode Change mode digunakan untuk membuat sebuah tampilan reality Time Line Digunakan untuk mengatur durasi sebuah animasi Scene / Lembar Kerja Scene atau lembar kerja adalah tempat dimana kita akan menempatkan objek dan juga tempat yang gambarnya akan kita ambil. 30 .

Home Digunakan untuk mengatur tampilan pada daerha utama 31 .ICLONE 4 NAVIGASI DI ICLONE Pada materi kali ini kita akan mempelajari bagaimana melakukan navigasi di dalam iclone supaya kita bisa mengatur objek ataupun berbagai property dengan muda.

ICLONE 4 Center Home Zoom Digunakan untuk melakukan zooming perbesaran atau memperkecil stage atau scene Sebelum di zoom Sesudah Zoom Pan Digunakan untuk menggeser layar ataupun kamera agar posisinya sesuai dengan keinginan 32 .

ICLONE 4 Sebelum dilakukan Pan Sesudah dilakukan Pan Rotate Digunakan untuk memutar area scene agar sesuai dengan keinginan Sebelum di rotate Sesudah di rotate Camera View Digunakan untuk melakukan reset pandangan seolah kamera di depan actor Sebelum digunakan camera view Setelah menggunakan camera view 33 .

Klik kanan pada actor klik kanan pada property mobil Select Digunakan untuk memilih ataupun membuat area blok terhadap objek yang ingin anda edit Prose seleksi objek 34 .ICLONE 4 Special Menu Menu khusus akan keluar jika anda melakukan klik kanan kedalam scene akan muncul beberapa perintah yang bisa anda gunakan untuk mengatur settingan terhadap actor ataupun property yang ada didalam scene.

ICLONE 4 Move Move digunakan untuk melakukan pemindahan terhadap objek yang anda pilih Sebelum dipindahkan Sesudah dipindahkan Rotate Digunakan untuk memutar actor ataupun objek yang sedang aktif Sebelum di rotate Sesudah di Rotate Scale Digunakan untuk merubah ukuran objek tetapi tidak berlaku untuk actor 35 .

ICLONE 4 Sebelum di scale Sesudah di Scale Time Line Tome line digunakan untuk mengatur durasi animasi yang ada di dalam scene Mengaktifkan time line : Pada controller bar anda klik icon Fly mode Digunakan untuk melihat sekeliling scene dengan tampilan seolah kita terbang di dalam scene yang kita buat. 36 .

Preview Digunakan untuk melakukan rendering dalam mode still image (gambar tidak bergerak) 37 .ICLONE 4 Walk Mode Hampir sama dengan Fly Mode tetatp walk mode akan menggunakan tampilan seolah kita berjalan di dalam scene yang kita buat.

ICLONE 4 Tampilan gambar setelah di render Full Screen Digunakan untuk merubah tampilan viewport menjadi full screen 38 .

ICLONE 4

Tampilan Full Screen

Perintah – perintah Project =proyek New Project Membuat Project Baru 39

ICLONE 4
Open Project Save Project Membuka Project yang sudah di save Menyimpan Project

Stage= untuk menambahkan objek 2d Background Image Layer 3d Scene Atmosphere Fog Camera Light Membuat latar belakang 2 dimensi Membuat Lapisan Gambar Menempatkan sebuah scene Membuat efek atmosphere Membuat efek kabut Membuat camera baru Membuat pencayahan baru

SET Property Tree Grass Particle Terrain Menempatkan objek baru Menempatkan Pohon Baru Menempatkan RUmput Menempatkan efek particle Menempatkan bukit atau gunung Water Sky Music Video Menempatkan objek air Menempatkan objek Langit Menempatkan suara Menempatkan Video

Actor Avatar Memilih Bentuk tubuh Persona Postur actor

40

ICLONE 4
yang akan digunakan Hair Lower Body Shoes Memilih jenis Rambut Upper Body Memilih tubuh bagian atas Memberikan aksesoris sarum tangan pada aktor Memilih aksesoris apa yang akan kita gunakan

Memilih bentuk tubuh Gloves pada bagian bawah Memilih sepatu yang Accsseso akan digunakan untuk ris actor Memilih warna kulit yang akan digunakan

Skin

Head Load Image Untuk mencari Texture wajah yang akan dilakukan fitting Untuk memilih Eye wajah yang akan anda gunakan Untuk memilih bentuk gigi yang mau anda gunakan Untuk mengatur warna tekstur yang anda gunakan Untuk memilih jenis mata yang akan anda gunakan

Face

Mouth

Animation Motion Perintah untuk Facial animation membuat animasi baru ataupun untuk mengambil dari template yang sudah ada Untuk membuat/meng atur animasi pada wajah

41

Penyiapan Karater dan juga perannya 42 . MEMBUAT PROJEK BARU Penyiapan cerita dan Skenario Sebelum kita membuat sebuah animasi alangkah baiknya sebelumnya kita harus membuat cerita atau scenario untuk film yang akan kita buat fungsinya agar pembuatan film ini sesuai dengan harapan maka dari itu dibutuhkan sebuah rencana yang cukup matang.ICLONE 4 Hands Untuk mengatur Path dan memberikan animasi pada tangan Untuk membuat jalur animasi yang akan dilewati objek maupun aktor Export Image Mengexport menjadi gambar scene Video sebuah Mengexport scene menjadi video Untuk mengexpor scene menjadi file widget Image Sequence Mengexport scene Widget menjadi gambar untuk diedit lagi Pada kolom diatas merupakan daftar perintah-perintah yang ada di Iclone 4 yang digunakan untuk mengatur objek di dalam scene pada materi selanjutnya kita akan mencoba bagaimana cara membuat projek baru dan semua isinya yang kita butuhkan untuk membuat sebuah film animasi.

Pada tab Main menu bar klik project 2. Pada tab command klik New Project Maka project Barupun akan terbuat Menempatkan Stage Setelah kita membuat projek baru kita akan mencoba menempatkan sebuah stage pada projek kita 43 .ICLONE 4 Selain cerita dan juga scenario kita juga membutuhkan karakter atau actor yang diceritakan pada film yang kita buat. Membuat Projek Baru 1. Membuat Dialog percakapan Setelah membuat scenario dan juga stagenya saatnya kita membuat rancangan dialog percakapan untuk masing-masing karakter agar bisa disesuaikan dan cerita ataupun scenario yang kita buat. Let’s Build This movie Jika semua persiapan sudah kita lakukan maka sekarang kita akan membuat scene agar untuk pengambilan gambar. Penyiapan Stage dan Property Jika scenario dan karakter sudah komplit maka sekarang kita harus membuat tempat atau lokasi pengambilan gambar biasanya desain tempat itu disesuaikan dengan ceritaa atau scenario yang kita buat dengan cara seperti ini seolah film kita benar-benar realistis.

Lihat pada kolom content manager aka nada beberapa resource yang ssudah disediakan bisa anda pilih salah satu 4. Jika sudah anda drag maka scenepun akan masuk kedalam workspace 44 . Pada tab Main menu bar klik 2. Maka command bar akan berubah setelah itu klik 3d Scene 3. pilih salah satu lalu anda drag kedalam scene Proses dragging 5.ICLONE 4 1.

1. Pilih salah satu actor yang anda inginkan dengan cara melakukan dragging 45 . Pada tab Main menu bar klik actor 2. 3. Maka pada content manager akan berubah dan berisikan beberapa actor yang siap anda gunakan.ICLONE 4 Gambar setelah scene di drag kedalam lembar kerja Menambahkan actor Tadi kita sudah mencoba untuk membuat scene kedalam lembar kerja sekarang kita akan mencoba memberikan sebuah actor (pemain) kedalam lembar kerja.

Pastikan actor sedang aktif (jika ada sebuah garis kuning yang mengitari) 2. Pada tab main menu klik animation 46 .ICLONE 4 Proses Draging 4. Maka actorpun akan berada di dalam secene Actor berada di dalam scene Meberikan Animasi dengan Path Tadi kita sudah mencoba memasukan actor kedalam scene atau lembar kerja sekarang kita mari mencoba membuat animasi dasar terhadap actor kita dengan menggunakan Path 1.

Drag jenis path yang anda inginkan path siap digunakan didalam scene 6. Kilk kanan pada actor akan muncul perinta-perintah khusus 8. Jika anda sudah memilih salah satu lalu anda klik path yang ditujukan 10. Anda klik perintah Move  Walk atau run anda bisa menggunakan salah satu 9. Klik actor sehingga actor akan menjadi aktif 7. Pada tab command anda klik Path 4.Klik icon pada controller bar maka sang actor akan mengikuti path yang anda masukan Mendesain Path Tadi kita sudah mencoba memberikan Path yang disediakan oleh Iclone sekarang kita akan mencoba membuat path Sendiri disini saya praktek dengan membuat scene yang kosong tetapi cara ini juga bisa digunakan jika anda suda menempatkan scene pada workspace 1. Pada content manager disini kita juga disediakan template path yang siap untuk digunakan 5. Tempatkan sebuah actor kedalam scene 47 .ICLONE 4 3.

Klik kanan maka akan muncul perintah-perinta khusus klik move  Walk 8. Pada tab main menu bar klik animation 3.ICLONE 4 Actor di dalam scene 2. Klik actor sehingga actor menjadi aktif 7. Buatlah path anda dengan cara menekan klik kiri jika sudah selesai anda klik kanan Path yang sudah dibuat 6. Pada tab command bar klik Path 4. Klik pada path yang anda inginkan 48 . Pada Tab Modify klik Create Path 5.

Pada tab Modify kita atur setting untuk video yang akan kita buat 4. Output range adalah jumlah Frame yang akan kita render 8.anda klik Save 49 .Lalu pilih alamat dimana anda akan menyimpan video tersebut dan anda berikan namanya 11. Output size adalah resolusi video yang akan anda buat misalkan 640 x 480 pixels 6. Jika semua setting sudah siap anda klik tombol Export 10. Pada tab Main menu bar klik Export 2. Frame rate adalah kecepatan gambar yang kita gunakan 9. Format anda bisa menggunakan Avi ataupun wmv 5. Pada tab command bar klik Video 3. Render quality kita pilih Final 7.ICLONE 4 Actor mengikuti Path Melakukan Export ke Video 1.

Jika sudah selesai aka nada pilihan apakah anda ingin membuka file yang sudah anda Export 15.Anda bisa memilih dengan bebas apakah anda ingin membukanya atau tidak PAda materi diatas merupakan dasar – dasar penggunaan iclone pada materi berikut kita akan mencoba bagaimana kita membuat sebuah custumize terhadap karakter atau actor yang akan kita masukan 50 .Setelah itu anda tunggu loading yang sedang berjalan 14.ICLONE 4 12.Akan muncul menu untuk memilih codec yang akan digunakan anda klik OK 13.

ICLONE 4 MENGATUR TAMPILAN ACTOR Pada materi kita kali ini kita akan mengatur tampilan actor yang akan kita gunakan pada film pendek Merubah wajah dengan photo kita 1. Cari foto yang ingin anda masukan klik open jika sudah menemukan gambar yang inginkan 51 . Pada tab main menu bar Klik Head 3. Pada tab Command anda klik load image (untuk mengambil wajah yang akan kita gunakan) 4. Tempatkan satu actor pada lembar kerja 2.

Klik Next untuk melanjutkan ke menu selanjutnya untuk mengatur area lingkar wajah 52 . lalu anda drag area Gambar area yang diklik 6.ICLONE 4 5. Setelah melakukan import fhoto akan menu baru untuk melakukan cropping terhadap area gambar yang anda inginkan klik icon yang diinginkan.

ICLONE 4 7. Atur lingkar wajah agar sesuai dengan wajah yang sudah anda masukan Hasil dari mengatur lingkar wajah 8. Klik next untuk masuk ke menu selanjutnya masuk kedalam menu pengaturan garis wajah Hasil dari pengaturan garis wajah 53 .

Lalu pada tab command anda klik Skin 3.Jika sudah selesai anda klik Ok Maka proses fitting up sudah selesai 11. Pastikan actor yang akan kita ganti kulitnya sedang aktif lalu pada Tab Main menu bar anda klik actor 2.Lalu anda save file tersebut dengan nama yang anda inginkan Mengatur Texture Tadi kita sudah mempelajari bagaimana cara melakukan fitting up tetapi kadang kita akan mengalami dengan bentuk kepala seprti dibawah ini: Bagaimana caranya untuk memperbaiki maslah diatas nah untuk itu kita harus melakukan perubahan terhada texture.ICLONE 4 9. Klik Next untuk masuk kedalam menu vertex wajah Hasil dari pengaturan vertex wajah 10. Pada kolom content maangaer double klik salah satu warna kulit yang sudah disediakan 54 . 1.

Pada tab main menu Klik head 55 . Pada tab main menu bar anda klik Head 3. Pastikan actor yang akan diedit sudah aktif 2.ICLONE 4 Hasil dari setelah warna kulit diganti Mengganti Mata Tadi kita sudah mengganti warna kulit sekarang kita mari mencoba mengganti jenis mata yang akan kita gunakan 1. Pada tab command anda klik eye (untuk memilih jenis mata yang akan digunakan) 4. Pastikan actor yang akan diedit sudah aktif 2. Pada content manager sudah disediakan jenis-jenis mata yang ingin anda gunakan Hasil dari setelah jenis mata dirubah Mengganti Jenis Mulut Sekarang mari kita coba mengganti jenis mulut yang akan digunakan oleh sang actor 1.

Pada tab command klik Mouth 4. Pada tab modify anda bisa memilih jenis tubuh yang ingin anda gunakan ataupun anda bisa melakukan pengaturan bentuk tubuh anda sendiri. 56 . Pada tab command klik Avatar 4. Pada tab main menu klik actor 3. Maka pada content manager akan muncul jenis gigi-gigi yang bisa anda gunakan Hasil setelah jenis gigi sang actor dirubah Mengatur Avatar Pada materi sebelumnya kita baru memodifikasi actor pada area wajah saja kali ini kita akan mencoba mengedit custom yang digunakan dan juga menambahkan aksesoris pada sang actor Mengatur Bentuk Tubuh Pada langkah ini kita akan mencoba menentukan bentuk tubuh yang digunakan untuk actor 1.ICLONE 4 3. Pastikan actor yang akan diedit sudah aktif 2.

Pada menu drop down pilih bentuk tubuh mana yang ingin anda rubah ukurannya atau dengan melakukan klik pada gambar dummy 57 . Tool Propotion Mengatur proposion Tadi kita sudah mengganti jenis tubuh dengan template yang sudah disiapkan tetapi pada materi kali ini kita akan mencoba membuat pengaturan sendiri terhadap proposinya Jika kita ingin mengatur proposi actor kita kita tinggal melihat tool adjust propotion 1.ICLONE 4 Average Miniature Strong Plump Slim Cartoon Pada kolom diatas merupakan jenis-jenis tubuh yang bisa anda gunakan pada aplikasi iclone atau jika anda ingin melakukan customize anda bisa melakukan pada kolom dibawahnya Adjust Propotion.

Pada main menu bar Klik actor 3. 1. Ataupun anda menggeser meternya 4. Anda tinggal memasukan nilai yang menurut anda pas hingga sesuai dengan bentuk tubuh actor yang anda inginkan 3.ICLONE 4 2. Jika anda ingin mengedit bagian tubuh tangan ataupun kaki saya sarankan anda mengaktif check box mirror dengan begitu pada bagian tangan atau kaki sebelahnya akan berubah secara otomatis Dengan begini anda bisa mengatur sendiri bentuk tubuh yang sesuai dengan yang anda inginkan Mengganti Bentuk Rambut Pada materi sebelumnya kita sudah mempelajari bagaimana cara merubah propotion tubuh untuk sang actor kali ini kita akan mencoba mengganti rambut yang akan digunakan sang actor. Pada tab command klik Hair 4. Aktifkan Actor yang ingin anda edit 2. Maka pada tab content akan muncul jenis rambut yang siap digunakan untuk sang actor Aktor yang bentuk rambutnya dirubah 58 .

Pada tab modify akan ada menu seperti dibawah ini 3. Pada ta Command klik Upper Body 4. Aktifkan actor yang ingin anda edit 2. Pada tab main menu anda klik Aktor 3. Pada content manager sudah disediakan custom-custom yang siap dipakai 59 .ICLONE 4 Mengganti Warna Rambut Untuk mengganti warna rambut kita bisa dengan mudah melakukannya dengan cara sebagai berikut : 1. 1. Anda tinggal menggeser tab –tab yang akan bisa menghasilkan warn-warna yang sesuai dengan keinginan anda Sebelum Sesudah Mengganti Baju Bagian Atas Pada materi sebleumnya kita sduah membahas bagaimana cara mengganti rambut dan juga warnanya sekarang kita akan mencoba bagaimana cara merubah baju atau custom yang ingin digunakan untuk sang actor. Pastikan tab command yang masih aktir adalah hair 2.

Maka pada Content manager akan ditampilkan celana-celana yang siap untuk anda pakai Actor yang celananya sudah diganti Menambahkan Sarung Tangan ke Aktor 1.ICLONE 4 Mengganti Celana Sang Aktor Pada materi kali ini kita akan mengganti jenis celana yang akan digunakan sang actor 1. Pastikan actor yang akan anda edit sudah aktif 2. Aktifkan actor yang ingin anda edit 2. Pada tab main menu klik Actor 3. Maka di tab Content manager akan muncul jenis – jenis sarung tangan yang bisa anda gunakan untuk actor 60 . Pada tab command klik Gloves 4. Pada tab Main menu bar klik actor 3. Pada Tab Command klik Lower Body 4.

Pada tab command klik Accssessories 4. Aktifkan actor yang ingin anda edit 2. Pada tab main menu klik Actor 3.ICLONE 4 Sarung tangan yang dipasangkan kedalam actor Mengganti jenis Sepatu 1. Maka pada content manager akan disediakan bebera aksesoris yang bisa anda gunakan 61 . Maka pada content manager akan muncul jenis sepatu yang anda inginkan Menambahkan Aksesoris 1. Pada Tab Command klik Shoes 4. Pada tab main menu klik Actor 3. Aktifkan actor yang akan anda edit sudah siap 2.

ICLONE 4 Baik pada materi kali ini kita sudah mempelajari bagaimana cara melakukan pengaturan terhadap tampilan sang actor pada materi selanjutnya kita akan mempelajari bagaimana mendesain sebuah stage atau tempat pengambilan gambar Membuat Stage dengan Background 2 Dimensi Kali ini kita menggunakan stage dengan background 2 dimensi Untuk membuat Background 2 dimensi kita ikuti langkah-langkah berikut : 1. Maka content akan menampilkan background-background digunakan yang siap 62 . Pada tab command klik 2d Background 3. Pada tab main menu Klik Stage 2.

Pada tab main menu bar klik 2.ICLONE 4 Image Layer Image layer adalah sebuah tampilan yang pada bagian atas gambar ada objek gambar tambahan Langkah-langkah memberikan image layer : 1. Pada tab command klik Image layer 3. Maka pada content manager akan beberapa jenis image layer yang siap digunakan Hasil dari image layer Membuat Stage Full 3D Pada materi kali ini kita akan latihan menempatkan sebuah stage 3 Dimensi 63 .

Pada tab main menu Klik Stage 2. Pada tab command Klik 3D Scene 3.ICLONE 4 1. Pada Tab Command klik Atmosphere 3. Maka di content akan muncul scene-scene yang bisa anda gunakan Penggunaan 3d Scene Mengatur Atmosphere Atmosfir sering digunakan untuk membuat area shooting agar suasana udaranya lebih real 1. Pada Content Manager anda bisa memillih atmosphere mana yang ingin anda gunakan Penggunaan Atmosphere horror jadi tampak agak seram 64 . Pada Tab Main Menu klik Stage 2.

ICLONE 4 Camera Kamera adalah sebuah alat yang digunakan untuk melakukan pengambilan gambar pada stage 1. Pada Tab Command Klik prop 3. Maka di content manager akan ditampilkan property-property yang bisa anda gunakan 65 . Pada content manager anda bisa memilih jenis kamera yang ingin anda gunakan Menggunakan kamera long shot Menambahkan property (objek tambahan) Pada materi sebelumnya kita sudah mempelajari untuk memasukan scene kedalam project kita kali ini kita akan belajar menambahkan property atau objek – objek untuk film kita Menambahkan property 1. Pada Tab Command anda klik Camera 3. Pada tab main menu klik Stage 2. Pada Tab Main Menu klik Set 2.

Pastikan pohon yang akan anda edit sudah aktif 2. Rubah nilai pada kolom Scale anda bisa merubahnya sesuai keinginan anda 66 .ICLONE 4 Sebuah property Mobil Menambahkan Tree (Pohon) 1. Maka pada tab Modify akan diberitahu kan keterangan dari objek pohon yang sedang aktif 3. Pada Tab Main Menu klik Set 2. Maka di content manager akan ditampilkan Pohon-pohon yang bisa anda gunakan Objek pohon dengan karakter Mengatur ukuran pohon 1. Pada Tab Command Klik Tree 3.

rumput yang bisa anda gunakan Scene yang ditambahkan dengan objek rumput atau Grass 67 . Pada Tab Main Menu klik Set 2.ICLONE 4 Hasil dari setelah ukuran pohon dirubah Menambahkan Grass (Rumput) 1. Maka di content manager akan ditampilkan Rumput . Pada Tab Command Klik Grass 3.

Pada Tab Command Klik Terrain 3. Pada Tab Main Menu klik Set 2.ICLONE 4 Menambahkan Particle 1. Pada Tab Command Klik Particle 3. Maka di content manager akan ditampilkan Particle-particle yang bisa anda gunakan Penambahan efek particle pada Scene Menambahkan Bukit (Terrain) 1. Pada Tab Main Menu klik Set 2. Maka di content manager akan ditampilkan Bukit-bukit yang bisa anda gunakan 68 .

ICLONE 4 Bukit yang sudag dimasukan Menambahkan Air (Water) 1. Maka di content manager akan ditampilkan Jenis Air yang bisa anda gunakan Menambahkan Langit 69 . Pada Tab Command Klik Water 3. Pada Tab Main Menu klik Set 2.

Pada Tab Main Menu klik Set 2. Maka di Modify akan tool untuk melakukan Browser Menambahkan Video 1. Pada Tab Command Klik Video 3.ICLONE 4 1. Pada Tab Main Menu klik Set 2. Pada Tab Command Klik Music 3. Maka di content manager akan ditampilkan Video .Video yang bisa anda gunakan 70 . Pada Tab Command Klik Sky 3. Maka di content manager akan ditampilkan Langit yang bisa anda gunakan Menambahkan Music 1. Pada Tab Main Menu klik Set 2.

ICLONE 4 Menambahkan Animasi Pada Karakter 1. Pastikan actor yang akan anda berikan sudah aktif 2. PAda tab Main menu bar Klik Animation 3. Pada content manager akan disediakan motion-motion yang sudah disiapkan Content manager Membuat motion Sendiri Actor yang diberikan animasi Pada Saat tab command yang aktif Motion maka pada modify aka nada toolbar seperti dibawah ini Import = Digunakan untuk mengambil file animasi yang sudah disimpan dalam computer Edit Motion Layer = Digunakan untuk membuat sendiri bentuk animasi yang ingin anda gunakan Launch = DIgunakan untuk melakukan converse animasi agar bisa digunakan untuk iclone 71 . Pada Tab Command Klik Motion 4.

Untuk mengaktifkannya pastikan pada tab command yang aktif adalah motion 2. Pada modify anda klik edit motion layer Tampilan Edit Motion Layer Pada tampilan body anda klik salah satu bagian tubuh Maka secara otomatis tubuh pada actor juga akan aktif 72 .ICLONE 4 Edit Motion Layer Edit Motion Layer digunakan untuk mendesain sebuah pergerakan animasi sendiri 1.

ICLONE 4 Lengan actor yang diaktifkan dari edit motion layer Jika sudah aktif anda klik icon Move untuk menggerakan posisi tangan Sebelum Tangan dirubah Sesudah tangan dirubah Menggerakan kedua tangan secara bersamaan Jika kita ingin menggerakan kedua tangan secara bersamaan Kita bisa mengaktifkan mirror agar kedua tangan maupun kedua objek yang berlainin akan bergerak dengan nilai yang sama 73 .

ICLONE 4 Tanpa mirror Menaktifkan mirror dengan Mirror Untuk mengaktifkan mirror pada panel edit motion layer anda klik tanda centang mirror Lock Digunakan untuk mengunci posisi tulang dan apabila anggota badan yang lain digerakan dia akan tetap pada posisinya 74 .

Pada finger panel anda klik salah satu jari 75 . Panel saat lokc aktif Hasil dari Tampilan Fingger Mengatur gerakan jari tangan 1.ICLONE 4 Tangan sebelum di lock tangan yang di lock Fingger Motion Fingger motion digunakan untuk melakukan animasi pada jari tangan actor untuk mengeditnya juga sama kita menggunakan tab edit motion layer.

ICLONE 4 Tampilan jari yang aktif 2. Klik icon rotate untuk memutar jari Sebelum Facial Animation Sesudah Facial animai adalah sebuah pergerakan pada wajah actor pada aplikasi iclone kita disediakan 3 jenis animasi yaitu sbb : 1. Record = membuat facial animasi dengan cara melakukan record lalu dari hasil record tersebut dibuatlah animasi pada bibir sanga actor selain itu pada record juga disdiakan emoicon yang berfungsi untuk mengatur raut wajah yang akan digunakan Tampilan Record emoicon Hasil 76 .

Pada main menu klik animation 3. Text to speech =hampir sama dengan record tetapi kalau text to speech kita akan membuat suara dengan cara mengetikan kata-kata yang ingin diucapkan oleh sang actor pada kolom yang di sediakan Kolom Text to speech 3. Puppet = Puppet adalah sebuah tool untuk membuat animasi wajah yang hampir sama seperti boneka dengan tali tetapi kita menggunakan mouse untuk menghasilkan animasi tersebut. Maka akan muncul panel Puppet 77 . Pastikan sang actor sudah aktif 2. Pada tab Command klik Facial Animation 4. Tampilan setting Puppet Membuat Puppet animasi 1. Pada tab modify anda klik Puppet 5.ICLONE 4 2.

Untuk mencoba kita klik Preview 8. Jika sudah dimulai coba anda gerakan mouse anda dan lihat pada sang actor Sang actor akan mengikuti gerakan mouse Pada Puppet animasi ini anda bisa mencoba-coba untuk bagian wajah mana yang ingin anda gerakan Live Action 78 . Pilih area wajah yang ingin anda gerakan Areah wajah yang aktif akan berwarna orange 7.ICLONE 4 6. Tekan Space untuk memulai Preview 9.

ICLONE 4 Salah satu kelebihan iclone 4 adalah live action live action adalah sebuah perekaman animasi pada sang actor dengan cara kita menggerakannya seoalah kita bermain game Menggunakan Live Action 1. Maka akan muncul panel baru lalu anda klik action 3. Pada control bar klik icon Mode Switch 2. Maka tampilan viewport akan berubah dan anda siap untuk melakukan gerakan animasi seperti bermain game. Tampilan Viewport 79 .

maya ataupun blender pada kali ini saya akan menggunakan aplikasi 3ds max untuk membuat objek meja untuk iclone 1. Jika sudah selesai anda bisa menekan tombol pause di control bar 5. Coba and tekan tombol play di control bar maka sang actor akan bergerak sesuai dengan yang lakukan pada saat di live action Mode Membuat Property baru Pada materi sebelumnya kita sudah mempelajari bagaimana cara menggunakan aplikasi iclone untuk membuat film animasi kali ini kita akan membuat objek baru untuk sebagai pelengkap pada aplikasi iclone Jika disini anda ingin membuat objek baru untuk pelengkap animasi anda saya sarankan anda juga bisa menggunakan aplikasi 3d seperti 3ds max. Anda klik icon mode switch untuk kembali ke editor semula 6. Buka aplikasi 3ds max klik start  All Program  Discreet  3ds max 7 80 .ICLONE 4 Gambar panduan control yang digunakan untuk menggerakan sang actor 4.

6 W = 3 H = 25 81 . Buat sebuah box dengan ukuran L = 60 W = 30 H = 4 2.ICLONE 4 Tampilan aplikasi 3ds Max 7 Membuat objek meja 1. Buat lagi sebua box dengan ukuran L= 3.

Klik box kedua lalu tahan shift di keyboard lalu geser posisi box kedua nanti muncul pilihan 4. Pilih instance dan klik ok lakukan cara tadi hingga seperti gambar dibawah ini 5. Jika sudah anda blok klik File  Export 82 . Jika sudah anda blok semua objek tadi 6.ICLONE 4 3.

Buka aplikasi icnolen 3d exchange klik file  All program  iclone 3d exchange Tampilan dari Iclone 3d exchange 83 .ICLONE 4 Tampilan melakukan export jangan lupa save as typenya yaitu 3ds Jika sudah melakukan tadi sekarang kita akan melakukan konversi agar objek yang telah kita buat tadi bisa digunakan di iclone dengan menggunakan iclone 3d exchange 1.

Lalau anda tentukan jenisnya mau anda jadikan apa objek yang tadi anda buat Tampilan export 84 . Maka objek yang anda masukan aka nada didalam viewport 4. Jika sudah anda bisa mengexportnya kedalam iclone dengan cara klik file  export 5. Klik file  open untuk membuka objek yang ingin anda konversi 3.ICLONE 4 2.

Pada tab modify anda klik import 6. Pada tab command klik property (karena waktu tadi saya export saya jadikan untuk prpoperty) 4. Pada tab main menu anda klik set 3. Buka aplikasi iclone 2. Anda cari file yang anda converse tadi 85 .ICLONE 4 Memasukan Kedalam Iclone Untuk memasukan objek yang baru kita buat tadi kedalam iclone caranya sebagai berikut : 1. Pada Content manger anda klik Custom 5.

ICLONE 4 7. Anda klik open maka objek yang tadi anda konversi akan masuk kedalam content dan juga scene 86 .

ICLONE 4 Mengedit Video Dengan Sony Vegas Tadi kita sudah mempelajari tentang aplikasi Iclone dan juga bagaimana cara membuat property dengan 3ds max dan juga iclone 3d exchange sekarang kita akan mempelajari aplikasi sony vegas untuk mengatur sequence (urutan ) dari animasi yang kita buat Akan terasa kurang jika film belum ada transisi ataupun credit yang meunjukan bahwa film yang kita buat tadi adalah buatan kita baik sekarang kita coba untuk membuat sebuah title dan juga memberikan lagu pada animasi yang kita buat menggunakan iclone Membuka Sony Vegas 1. Klik Start  All program  sony vegas 87 .

ICLONE 4 Tampilan Sony Vegas Mengenal Sony Vegas Main Menu Bar Digunakan untuk melakukan save edit dan semacamnya karena main menu berisi perintah-perintah utama Shortcut Bar Kumpulan icon-icon yang mewakili beberapa perintah yang ada di main menu Time line berfungsi untuk mengatur urutan video dan juga mengatur volume suara 88 .

play dan tombol – tombol yang berfungsi untuk mengatur preview Explorer Panel Digunakan untuk menempatkan objek ataupun file-file yang ingin anda composite (gabungkan) di vegas Volume Control Digunakan untuk mengatur volume untuk film yang akan anda composite Panel preview 89 .ICLONE 4 Control Panel Digunakan untuk melakukan perintah record.

ICLONE 4 Digunakan untuk melihat hasil sementara sebelum di render ke hasil akhir Membuat Title Untuk membuat title di dalam sony vegas ikuti langkah berikut 1. Anda pilih salah satu bentuk credit yang ingin anda gunakan Tampilan media generator 4. Pada panel explorer anda klik media generator 2. Anda klik Credit Roll 3. Anda drag salah satu jenis credit kedalam time line 90 .

ICLONE 4 5. Pada area yang diblok anda hapus dengan klik kanan  delete rows dan ganti masing-masing text seperti dibawah ini 7. Akan muncul panel baru seperti dibawah ini 6. Untuk mengatur durasinya anda bisa merubahnya dari kolom length 8. Jika sudah anda klik tombol Close 91 .

Lalu anda cari di mana tempat anda menyimpan filenya 3.ICLONE 4 Memasukan File Movie Tadi kita sudah belajar memasukan file movie sekarang kita akan mencoba memasukan film yang kita buat kedalam time line : 1. Drag file yang ingin anda masukan ke dalam time line Tampilan explorer Tampilan setelah dua file film dimasukan kedalam time line 4. Pada Panel Explorer anda klik Tab Explorer 2. Jika anda sudah memasukan file yang ingin anda masukan coba anda klik Play untuk melihat hasilnya di panel preview 92 .

Cari file lagu yang ingin anda masukan ke dalam film anda 3.ICLONE 4 Menambahkan Soundtrack Tadi kita sudah menambahkan file video kedalam timeline sekarang kita akan mencoba memasukan suara kedalam sony vegas 1. Jika sudah ketemu lalu anda drag kedalam timeline Tampilan exloper mencari lagu Setelah lagu di drag kedalam time line 93 . Pada panel Explorer anda klik Explorer 2.

ICLONE 4

Mengatur durasi Lagu Seperti contoh diatas lagu yang kita masukan terlalu panjang untuk memperpendeknya kita ikuti langkah berikut 1. Jika anda menggunakan mouse yang ada rodanya tinggal ke belakang dan pada saat anda melakukannya pastika kursor berada pada time line

Tampilan yang sudah di zoom out 2. Arahkan kursor ke akhir lagu hingga muncul icon seperti dibawah ini

3. Anda drag hingga sesuai dengan panjan movie

94

ICLONE 4

Merender Kedalam Video Pada materi sebelumnya kita sudah mempelajari membuat title memasukan video dan juga memasukan lagu sebagai soundtrack film kita sekarang kita akan melakukan langkah terakhir yaitu rendering agar film kita bisa dilihat oleh semua orang 1. Klik file  render as 2. Tentukan tempat penyimpanan

3. Klik save 4. Tunggu loading hingga selesai

95

ICLONE 4
Jika loadingnya sudah selesai anda bisa menikmati film yang sudah anda edit dan jangan lupa untuk selalu berlatih didalam membuat film ya mungkin anda mencoba menggabungkan video dari crazy talk dan juga iclone atau mungkin dengan video anda yang penting anda hanya perlu berimajinasi ya see you later

96

Dengan ikut mengamen bersama marjuki kadang di lampu merah kadang di angkot walaupun begitu marjuki sangat menyayangi Nina dia selalu memperhatikan kebutuhan nina dan selalu memberikan sebuah kasih sayangnya terhadap nina.ICLONE 4 PROJECT NINA NINA Nina adalah seorang perempuan yang energik dia selalu menghadapi dunia dengan senyuman nina adalah seorang reporter di BU TV Nina cukup terkenal diantara teman-temannya karena dia terkenal pegawai yang paling iseng tetapi walaupun begitu tak ada yang membenci Nina walaupun dia suka iseng tetapi dia adalah seorang teman yang penuh dengan perhatian dan juga baik hati. Sejak Kecil nina sudah dibuang oleh orang tuanya entah kenapa nina hingga dibuang seperti itu lalu dia diasuh oleh seorang pengamen bernama Marjuki Pada saat nina berumur 7 tahun dia sudah disuruh bekerja sewaktu pulang sekolah untuk menambah pendapat Marjuki. Pada suatu hari nina terdiam dibawah pohon sambil menangis lalu ada seorang anak kecil yang menghampirinya dan menyapanya tetapi nina tetap diam saja lalu bocah itupun mendekati nina sambil bertanya kenapa kamu menangis tetapi nina malah membuang mukanya tiba-tiba bocah tersebut memberikan sesuatu untuk nina. Kalau anda mengenal Nina sekarang anda mungkin tidak akan percaya bagaimana kehidupan nina pada saat masih kecil. Kata bocah tersebut ini untukmu kamu jangan menangis lagi yak arena kata ibuku kalau menangis itu Cuma untuk anak kecil ya lalu nina pun menerima pemberian dari bocah itu lalu dia bertanya kenapa kamu baik sama aku ? 97 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful