Kekuatan Sepenuh Hati

Oleh: Prof Dr Roy Sembel, (www.roy-sembel.com), Sandra Sembel, pemerhati dan praktisi pengembangan SDM (ssembel@yahoo.com) Gajah mati meninggalkan gading, harimau mati meninggalkan belang. meninggalkan nama: nama baik, nama buruk, nama harum, dan nama busuk. Yang mana yang kira-kira akan Anda tinggalkan? Pernahkah hal itu terpikirkan oleh Anda? Lalu apa hubungan hal ini dengan judul artikel kali ini? Ya, salah satu cara untuk meninggalkan nama baik adalah dengan memanfaatkan kekuatan sepenuh hati secara konsisten di setiap pekerjaan yang kita lakukan, di mana pun kita berada. Simak yang berikut. Manfaat Sepenuh Hati Apa manfaatnya bagi kita dan orang-orang di sekitar kita jika kita melakukan pekerjaan kita dengan sepenuh hati? Kualitas Prima Siapa yang tidak kenal dengan Mozart, si genius dalam musik klasik yang karyanya sampai saat ini pun masih bisa dimainkan dan dinikmati banyak orang di seluruh dunia. Menjelang akhir hidupnya, Mozart kehilangan penglihatannya. Namun, karena ia selalu melakukan pekerjaannya dengan sepenuh hati, ia pantang menyerah. Ia tetap berkarya, dan hasilnya pun luar biasa. Jadi, bisa kita lihat bahwa segala sesuatu yang dikerjakan dengan sepenuh hati pastinya akan membuahkan hasil yang “sepenuh hati” juga, yaitu hasil yang terbaik yang bisa kita persembahkan. Layanan Prima Lain Mozart, lain pula dengan Ibu Teresa dan Florence Nightingale. Kedua ibu ini juga mendedikasikan seluruh hidup mereka dengan sepenuh hati untuk melayani banyak orang. Ibu Teresa melayani kaum papa di Asia Selatan, sedangkan suster Florence memberikan perawatan kepada para korban yang luka dalam perang. Melalui kesungguhan mereka memberikan layanan, mereka berhasil membuat perubahan di dunia yang mereka layani. Mereka juga berhasil mengukir “nama baik” karena layanan sepenuh hati yang mereka berikan. Solusi Prima Bagaimana dengan Thomas Alva Edison si penemu bola lampu listrik? Tahukah Anda berapa kali percobaan yang harus ia lewati untuk sampai pada penemuan spektakuler tersebut. Ya, Anda benar, ia harus melewati bukan sepuluh kali kegagalan, bukan juga 100 kali kegagalan, melainkan mendekati 1.000 kegagalan dulu sebelum akhirnya berhasil.

makanan apa yang akan kita sajikan. Semakin terperinci tujuan dari tiap pekerjaan tersebut. Bahkan para pelanggan tersebut juga membawa pelanggan lain untuk mencoba sop ikan di restoran ini. melainkan oleh semua orang di seluruh dunia. bagaimana caranya? Tujuan Untuk melakukan pekerjaan sepenuh hati. Cara agar Sepenuh Hati Jika Anda sudah mengetahui beberapa manfaat utama dari bekerja dengan sepenuh hati. kita perlu tahu dengan terperinci apa hasil akhir yang ingin kita dapatkan dari tiap pekerjaan yang kita jalankan. semakin baik. dan ingin mulai melakukan pekerjaan dengan sepenuh hati. dan menjadi pelanggan loyal. Lalu. Akhirnya begitu resep didapatkan. namun sop ikan yang selama ini ia temukan tidak pas di lidah. ia mulai mencoba dan menawarkannya pada pelanggan. Sehingga ia akhirnya mencoba menemukan resep sop ikan sendiri yang sesuai dengan apa yang diinginkannya dan dibayangkannya sebagai sop yang paling enak. tetapi terutama adalah diri kita sendiri. suasana yang bagaimana yang akan kita bangun. pelanggan puas. apa yang mereka sukai. Keuntungan Prima Sebuah tayangan televisi swasta tentang sebuah rumah makan yang menyajikan sop kepala ikan di Singapura memperlihatkan wawancara televisi tersebut dengan si pemilik restoran. Kepuasan inilah yang bisa menjadi “vitamin” dan penambah semangat untuk melakukan pekerjaan berikutnya dengan sepenuh hati juga. serta bertahan sampai solusi terbaik ditemukan.Ia belum puas ketika belum menemukan solusi yang terbaik dari apa yang dicarinya. Hasilnya. karena semakin jelas bagi kita untuk melakukan persiapan dan memilih strategi yang tepat untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut dengan hasil yang spektakuler. Ketulusan . Kita akan bangga dan puas melihat hasil karya kita dan melihat orang lain puas menikmati hasil karya kita. Kepuasan ini juga mendorong orang lain untuk “mencari” kita dan “mengandalkan” kita dalam segala hal yang kita lakukan. Ternyata keberhasilan ini tidak hanya bisa dimanfaatkan oleh dirinya sendiri. Keinginannya untuk bekerja sepenuh hati inilah yang mampu mendorongnya untuk terus berusaha dan bangkit kembali dari kegagalan. Tentu saja hal ini meningkatkan keuntungan si pemilik restoran. Sang pemilik mengatakan bahwa ia sendiri memang sangat menyukai sop ikan. ia pun melakukan berpuluh-puluh kali percobaan guna mendapatkan resep yang paling enak. siapa yang akan kita layani. sehingga ia harus menambah jam layanan dan menambah pegawai untuk melayani para tamu yang datang. Kepuasan Prima Siapa yang senang jika pekerjaan yang dilakukan dengan sepenuh hati berhasil dengan baik? Pastinya tidak hanya orang lain saja yang puas menikmati hasil karya kita tersebut. Jika kita akan memulai usaha di bidang makanan.

sebaiknya kita tidak melakukan pekerjaan tersebut dan mencari pekerjaan lain yang bisa kita lakukan dengan ketulusan. pastikan dalam tiap pekerjaan. namun jika tidak ada peluru. Ini perlu untuk membangkitkan rasa cinta dan semangat terhadap pekerjaan. seperti pengetahuan. Namun. Peluru ini senantiasa harus diperbaharui dan ditingkatkan agar hasil bidikan berikutnya menjadi lebih baik dan lebih mantap dari yang sebelumnya. n C o p y r i g h t © S . Semangat Hal berikut yang perlu kita perhatikan dalam melakukan pekerjaan dengan sepenuh hati adalah “passion” atau semangat yang berbaur dengan kecintaan pada tiap pekerjaan yang kita jalankan. melainkan terutama adalah persiapan nonfisik. sayangnya kita tidak selalu mendapatkan pekerjaan yang sepertinya kita sukai. keterampilan. dan ternyata tugas tersebut sepertinya tidak menarik. sia-sia saja. Jadi. Nah. kita melakukannya dengan tulus. sikap mental dan emosional. sarana dan prasarana. Persiapan Selanjutnya. Ketulusan juga membuat kita mampu menghadapi berbagai kendala dan kegagalan dan mengubahnya menjadi pelajaran menuju sukses. Pekerjaan yang dilakukan dengan sepenuh hati dengan semangat dan kecintaan yang tinggi akan memberikan hasil yang luar biasa. Jadi. jika kita bekerja dengan sepenuh hati. Hasil karya terbaik membutuhkan persiapan yang saksama dan matang. dan keterampilan). Jika kita tidak bisa tulus dalam melakukan pekerjaan. Ketulusan membuat kita mampu bertahan terhadap berbagai kritik pedas dan mengubahnya menjadi masukan bermanfaat. mungkin kita bisa memikirkan manfaat dari tugas tersebut. maupun dampak positif tugas tersebut bagi orang lain. Anda. pengetahuan. sehingga kita akan dengan senang hati melakukannya.Yang sangat penting untuk dimiliki dalam melakukan pekerjaan dengan sepenuh hati adalah ketulusan. apakah Anda sudah melakukan pekerjaan yang menjadi tanggung jawab Anda dengan sepenuh hati atau masih separuh hati? Mungkin sudah saatnya Anda mencoba melakukan perubahan dengan menerapkan kekuatan bekerja sepenuh hati. pasti kita punya keinginan untuk mempersembahkan hasil karya terbaik. coba temukan hal-hal yang bisa kita sukai/minati. baik bagi diri sendiri (menambah pengalaman. Jika kita mendapat tugas ke luar kota. begitu kita harus melakukan sesuatu. Persiapan ini sangat penting karena merupakan “peluru” kita dalam membidik sukses. Walaupun kita sudah membidik dengan benar. Persiapan tidak hanya menyangkut persiapan fisik.

i n a r H a r a p a n 2 0 0 3 .