MANFAAT PKL DI HOTEL TIRTA SANITA DAPAT MENGEMBANGKAN SDM SMK MULTIGUNA Diajukan Untuk Memenuhi Tugas Individual

Dalam Pembuatan Laporan Prakerin

DI SUSUN OLEH KELAS

: POPI ANGGRAENI : XI - AP

DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN SUMEDANG SMK MULTIGUNA DARMARAJA 2011/2012

M. MARET 2012 Pembimbing Walikelas Elis Susilawati.S.S.Pd NUPTK . Suryana. M.H.Pd NUPTK Kepala Sekolah SMK MG Drs.Pd NUPTK Elis Susilawati.DISETUJUI DAN DI SAHKAN OLEH: DARMARAJA.

Ku persembahkan kelpada : Ayah dan ibunda tercinta serta kekasih. kecuali ia yang selalu mengoreksi diri dan memberikan kebenaran orang lain atas kekeliruan diri sendiri. .MOTO Manusia tak selamanya benar dan tidak selamanya salah. kakak dan adik tersayang yang telah memberikan dorongan perhatian pengertian dan selalu memberikan semangat.

Pd sebagai Kepala Sekolah SMK MULTIGUNA 2.S. Perhatian do’a restu dan kasih sayang yang sangat dalam terhadap penulis selesainya laporan ini. Teman – teman khususnya di kelas XI_AP yang telah memberikan sumbangan fikiran serta dorongan hingga terselesaikan laporan ini. “Manfaat PKL di HOTEL TIRTA SANITA dapat mengembangkan SDM SMK MULTIGUNA” Adapun dalam penyusunan laporan ini tidak sedikit kesulitan yang penulis alami namun atas Ridho ALLAH SWT.Suryana. serta kakak dan adik tersayang yang telah memberikan pengertian. Ayah dan ibunda tercinta.Pd sebagai Pembimbing yang telah memberi dorongan dan semangat dalam penyusunan laporan ini. Yth.M. Bapak Drs H. . 6. Berkat rakhmat taufik dah hidayah-nya tersusunlah laporan ini guna memenuhi salah satu tugas individu prakerin judul laporan ini. Segenap Guru dan Stap TU yang telah memberika pengarahan dan bekal ilmu selama Studi di SMK MG 5. Yth Pihak HOTEL TIRTA SANITA Sebagai Penyedia Tempat Prakerin 3.KATA PENGANTAR Puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat allah SWT.M. Serta bantuan dari berbagai pihak akhirnya selesai jugalah laporan ini. Yth Ibu Elis Susilawati. Maka pada kesempatan ini penulis ingin menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar – besarnya kepada : 1. 4.

Dengan ketulusan hati akhirnya penulis mohon kepada allah SWT semoga segala amal saleh amal baik dari semua pihak yang telah membantu penulis hingga selesainya laporan ini mendapatkan pahala yang setimpal. Akhirnya berharap semoga laporan ini memberikan manfa’at bagi penulis khususnya dan kepada semua pihak umumnya. Darmaraja. amin. Maret 2012 Penulis .

clear up dsm 09-02-2012 Food & beverage Shet up ulang. Polishing taking order 02-02-2012 03-02-2012 Food & beverage Food & beverage Handle breakfast. clear up polishing 11-02-2012 Food & beverage Shet up ulang untuk lanch. clear up Polishing. dsm. sdm. polesing taking order by telephone 05-02-2012 06-02-2012 07-02-2012 Food & beverage Food & beverage Food & beverage Day of Day of Clear up. polishing dsm 12-02-2012 13-02-2012 Food & beverage Food & beverage Day of Handle breakfast. dsm Handle lanch. clear up. shet up ulang untuk lanch . shet up ulang 08-02-2012 Food & beverage Handle breakfast. clear up. polishing. taking order by spa polishing 04-02-2012 Food & beverage Handle breakfast. clear up. polishing 10-02-2012 Food & beverage Handle coffe break.DAFTAR TABEL Tanggal 01-02-2012 Bidang Pekerjaan Food & beverage Uraian Kerja Handle breakfast.

.. Daftar gambar .Daftar grafik Acan di buku diceklis kang.

Jawa Barat. Keberhasilan sebuah SMK bukan hanya dilihat dari banyak lulusannya. Sampai 29 Februari 2012 di HOTEL TIRTA SANITA yang terletak di jl raya panawuan No 98 Sangkanurip Kuningan Cirebon .1 LATAR BELAKANG Pelaksanaan prakerin merupakan program yang harus dilaksanakan oleh setiap sekolah menengah kejuruan khususnya di SMK MG yang melaksanakan prakerin di Smester 2 tepatnya mulai 28 Desember 2011. Apakah peranan PKL di HOTEL TIRTA SANITA yang terdiri dari Housekeeping dan F & B service dapat meningkatkan kualitas Siswa SMK MULTIGUNA? . Prakerin di HOTEL TIRTA SANITA terdiri hari H.K dan F&B service dari kebanayakan tugas yang di kerjakan banyak murid – murid yang belum memahami tugas di atas teori dari sekolah tidak sama persis dengan di hotel karena sarana dan prasarananya kurang memahami. tetapi juga sejauh mana para sertanya dalam kegiatan PKL para siswa yang akan menyelesaikan studinya di harapkan mengetahui secara langsung bagaimana keadaan dalam sebuah hotel dari setiap hari dan semua kegiatan.2 PERUMUSAN MASALAH Sesuai dengan uraian yang telah penulis kemukakan padra latar belakang masalah di atas.BAB 1 PENDAHULUAN 1. di sekkolah banyak teori dan di hotel banyak praktek maka dari itu saya mengambil judul “PERANAN PKL DI HOTEL TIRTA SANITA DAPAT MENINGKATKAN KUALITAS SISWA SMK MULTIGUNA” 1. masalah penelitian ini dapat penulis m\rumuskan sebagai berikut: 1.

Memperkokoh dan mendekatakan keberadaan SMK MG Darmaraja dalam sebuah Hotel.4 TUJUAN DAN MANFAAT TUJUAN Tujuan PKL di SMK MULTIGUNA DARMARAJA memiliki tujuan yaitu : memberikan pendidikan pelengkap bagi siswa dan meningkatkan kualitas siswa dalam pendidikan Secara khusus peran kegiatan PKL bagi siswa adalah: 1. 2. Mempunyai keterampilan f. perumusan. mendewasakan kepribadian siswa mematangkan wawasan dan menambah wawasan atas Problematik lapangan yang Faktual.1. Mempunyai pengalaman belajar & bekerja sebagai kadar pembangunan .3 PEMBATASAN MASALAH Untuk menghindari perluasan masalah penulis membatasi masalah yaitu “ Apakah peranan PKL di HOTEL TIRTA SANITA (housekeeping) dapat meningkatkan kualitas siswa smk multiguna? 1. MANFAAT Manfaat PKL yang diperoleh dari kegiatan PKL SMK MG di antaranya SBB: 1. & Pemerintah di Lokasi PKL. Meningkatkan daya nalar siswa dalam melakukan penelaahan. pemecahan masalah e. Memahami kesulitan yang di hadapi selama PKL d. Meningkatkan kemampuan cara berpikir intendisipliner sehingga mereka dapat menayari adanya ketergantungan/keterikatan & perhitungan kerja sama b. Memberikan pendidikan dan pengalaman yang nyata kepada siswa dalam lingkungan pekerjaan dan dalam bermasyarakat. Masyarakat. Bagi Siswa : a. Dapat memanfaatkan ilmu pengetahuan yang dipelajari di SMK MG c.

memperluas & menjalin kerja sama dengan hotel melalui program PKL. Dapan menelaah & merumuskan keadaan/ kondisi nyata (objektif) yang berguna bagi pengembangan ilmu yang dipelajari d.2. c. Memperoleh berbagai kasus yang berharga yang dpaat di gunakan sebagai contoh dalam memberikan materi pelajaran dan menemukan berbagai masalah. Meningkatkan. b. Bagi Sekolah a. Memperoleh umpan balik sebagai hasil pengitegrasian siswa dengan hotel sehingga kurikulum yang di berlakukan dapat selalu di sesuaikan dengan tuntutan nyata. .

Ambilah tempat yang terjauh dahulu. MERAPIKAN TEMPAT TIDUR (MAKINGBED) Pada dasarnya cara merapikan tempat tidur (making bed) untuk semua jenis tempat tidur sama. Tetapi ada 2 (dua) cara dalam menyusun jumlah sheet (seprai) yang dibutuhkan ketika merapikan tempat tidur. yaitu : 1. THE FLOOR Perhatikan arah dari mana pertama kali membersihkan lantai. 2. MAKING THE BED Dusting Bersihkan debu mulai dari bagian – bagian yang ada di atas. 3. Jangan lupa bersihkan sudut – sudut dan kolong – kolong sekaligus untuk melihat apakah ada barang – barang kecil milik tamu yang terjatuh.BAB II KAJIAN PUSTAKA Department Housekeeping terdiri dari seksi – seksi pada setiap seksi mengemban tugas dan fungsi masing – masing 1. baru kemudian bagian bawah. Perhatian bingkai – bingkai pintu dan jendela. juga semua furniture kamar. MAKING BED DENGAN DUA SHEET Susunan tempat tidur dengan dua sheet terdiri dari : Pertama (paling bawah) Kedua Ketiga Keempat Kelima Keenam Ketujuh Kedelapan Kesembilan (paling atas) : Spring Bed : Bed Skirt : Mattress (Kasur) : Bed Pad : Sheet I : Sheet Ii : Blanket : Pillows & Pillow Cases : Bed Cover (Bed Spread) .

C. A. Sheet II Cara memasang harus terbalik yaitu bagian kasar yang menghadap ke keluar. MAKING BED DENGAN TIGA SHEET Cara sama dengan making bed dua sheet. B. tidak langsung dilapisi bed cover akan tetapi dilapisi dulu dengan sheet iii. Spring Bed Tempat tidur yang memakai roda. dan memiliki kegunaan serta fungsi yang berbeda satu sama lain.2. susunan sebagai berikut Pertama (paling bawah) Kedua Ketiga Keempat Kelima Keenam Ketujuh Kedelapan : Spring Bed : Bed Skirt : Mattress (Kasur) : Bed Pad : Sheet I : Sheet II : Blanket : Sheet III (Top Sheet/Crinkle Sheet) 4. F. tujuannya agar bagian halus yang mengenai badan tamu. warnanya disesuaikan dengna interior. Mattress Bahannya bisa bermacam – macam : busa. KEGUNAAN FUNGSI PERLENGKAPAN TEMPAT TIDUR Setiap kelengkapan tempat tidur hotel disediakan untuk tujuan kenyamanan tamu. Bed Skirt Penutup spring bed. dsb. ini dimaksudkan agar bulu – bulu dari . cuma sedikit beda yaitu pada setelah blanket (selimut). gunakan untuk memudahkan roomboy/roommaid bekerja. gunanya untuk melapisi selimut dari sebelah bawah. kapur. Sheet I Untuk membungkus mattress secara keseluruhan. Bed Pad (Bed Protector) Untuk menahan keringat supaya tidak langsung membasahi mattress. E. air. D.

Perhatikan seluruh kamar sekali lagi apakah ada hal – hal yang kurang atau salah. makanya sering juga disebut crinkle sheet. Bed Cover (Bed Spread) Biasanya warna dan ornament disesuaikan dengan interior kamar. Blanket Gunanya untuk menahan hawa dingin. tutup jendelan dan periksa ac. Sheet III Gunanya untuk membungkus blanket dari arah luar. Karena letaknya paling atas dari sheet yang lain maka disebut juga top sheet. Dilihat dari segi biaya. 5. Matikan lampu.selumut tidak langsung mengenai tamu yang mungkin saja bisa menimbulkan reaksi alergi seperti gatal dsb. G. Jika ada kerusakan. isi trouble report/ooo report. Adakalanya bahan sheet iii ini berbeda dengan sheet i maupun sheet ii. mencuci sheet akan lebihmurah daripada mencuci blanket. TAKE A LAST LOOK Sebelum meninggalkan kamar. lap pintu kamar tidur bagian luar. Keterampilan dan kecekatan roomboy dalam melaksanakan making bed sangat diperlukan karena hal ini menyangkut efisiensi tenaga dan waktu untuk mencapai hasil yang optimal. Tutup pintu dan yakinkan bahwa benar – benar telah terkunci. . kedudukannya sama dengan sheet ii. Jika dilihat dari segi biaya. I. H.