I.

LATAR BELAKANG Kerja praktek merupakan salah satu mata kuliah dari Program Studi Teknik

Kimia UNLAM yang wajib diikuti oleh setiap Mahasiswa Program Studi Teknik Kimia UNLAM sebagai syarat untuk kelulusan. Kerja Praktek (KP) merupakan kegiatan Mahasiswa yang sangat penting, dimana Mahasiswa dituntut untuk dapat mengaplikasikan ilmu yang diperoleh selama di bangku kuliah dengan keadaan lapangan yang sebenarnya. Penerapan ilmu yang diperoleh di bangku kuliah tersebut sering mengalami kendala dikarenakan terbatasnya ilmu yang diperoleh di Perguruan Tinggi yang bersangkutan, baik terbatas sarana dan prasarana sebagai penunjang kuliah yang disediakan oleh pihak Perguruan Tinggi maupun kemampuan dari Mahasiswa itu sendiri. Keterbatasan inilah yang diantisipasi dengan diharuskannya Mahasiswa melaksanakan KP. Selain itu, dengan adanya KP Mahasiswa diharapkan bisa memperoleh ilmu yang tidak didapat di bangku kuliah sekaligus memperoleh pengalaman yang nantinya bisa menjadi bekal setelah lulus dan mempunyai kualitas dalam bersaing di dunia kerja. Perusahaan yang ditunjuk untuk kegiatan KP adalah perusahaan yang diharapkan mampu membina dan mengarahkan serta bersedia memberikan pengalaman ilmu teori dan praktek secara langsung dilapangan kepada Mahasiswa yang melaksanakan praktek. Hal ini penting diperhatikan, karena melalui praktek lapangan diharapkan sumber daya manusia meningkat hingga mendapatkan pengalaman kerja yang dapat berguna nantinya pada masa mendatang serta dapat memberikan masukan kepada pihak perusahaan terhadap segala analisa yang akan dilakukan. Sesuai dengan alasan inilah yang menjadi dasar Mahasiswa memilih tempat Kerja Praktek pada PT. SMART, Tbk (Unit Pengolahan Kelapa Sawit & Refinery)TARJUN. Adapun topik yang Mahasiswa ajukan adalah: PENGOLAHAN CPO (Crude Palm Oil) DAN REFINERING PADA PT. SMART, Tbk (Unit Pengolahan Kelapa Sawit & Refinery) TARJUN KAB. KOTABARU.

Dapat mempraktikkan langsung teori yang didapatkan di bangku kuliah sehingga dapat mengetahui kendala-kendala apa saja yang dihadapi dilapangan. Tbk (Unit Pengolahan Kelapa Sawit & Refinery) TARJUN sebagai salah satu perusahaan terkemuka yang bergerak dibidang kelapa sawit yang berada di Kalimantan Selatan. namun Mahasiswa tidak keberatan jika pihak perusahaan memberikan kebijakan perubahan judul yang lebih sesuai. III. terutama tentang proses pengolahan Crude Palm Oil dan Refinery maupun aspek-aspek terkait lainnya yang berhubungan dengan peningkatan kualitas CPO dan produk akhir. SMART. Dapat memiliki kemampuan dalam mengolah kelapa sawit menjadi Crude Palm Oil (CPO) dan proses Refinery. II. Adapun latar belakang dalam pemilihan judul ini adalah keinginan Mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman dan mengetahui lebih lanjut tentang pengolahan kelapa sawit yang dilakukan diperusahaan PT. Kotabaru Kal-sel . Tbk (Unit Pengolahan Kelapa Sawit & Refinery) TARJUN Alamat : Desa Tarjun Kec. 2. TUJUAN Tujuan dari Kerja Praktek (KP) ini adalah : 1. demi kemajuan ilmu dan bertambahnya pengalaman Mahasiswa. IV. RUANG LINGKUP KEGIATAN Dalam kegiatan praktek lapangan ini masalah yang dipelajari dan dibahas yaitu sesuai dengan judul yang disetujui.Meskipun Mahasiswa mengajukan topik KP di atas. SMART. Mengetahui dan mempelajari mengenai proses pengolahan kelapa sawit menjadi Crude Palm Oil (CPO) serta proses Refinery. Kelumpang hilir Kab. 3. PELAKSANAAN Tempat : PT.

PESERTA Peserta adalah Mahasiswa jurusan Teknik Kimia Fakultas Teknik Universitas Lambung Mangkurat berjumlah 2 orang atas nama: Chandra Deasy K. Latar Belakang 1. 2. VII.Waktu : 30 Juni 2011 s/d 6 Agustus 2011 V. Wawancara dengan pembimbing yang bertugas dalam praktek kerja tersebut.1. METODE PENGAMBILAN DATA Adapun metode pengambilan data yang akan digunakan dalam Praktek Kerja ini antara lain : 1.W Sasqia Orina Safitri (H1D108012) (H1D108015) VI. Tujuan . VIII. Oleh karena itu sebagai wujud nyata. Observasi secara langsung di lapangan. khususnya terhadap hal-hal yang berhubungan dengan disiplin ilmu yang Mahasiswa pelajari dan bentuk kegiatan Mahasiswa ini disesuaikan dengan kebijaksanaan di perusahaan. SMART. BENTUK KEGIATAN Dalam proses Kerja Praktek di PT. Mahasiswa ingin terjun langsung dalam proses tersebut sehingga Mahasiswa dapat mengetahui secara langsung bagaimana bentuk dunia kerja sebenarnya.2. RENCANA PENYUSUNAN KERANGKA LAPORAN BAB I PENDAHULUAN 1. Tbk (Unit Pengolahan Kelapa Sawit & Refinery) TARJUN Mahasiswa ingin mengetahui secara langsung proses pengolahan CPO dan proses Refinery serta sebagai bahan perbandingan terhadap apa yang telah Mahasiswa pelajari dalam perkuliahan.

1.4 2. Uraian Kegiatan selama Kerja Praktek BAB IV ANALISA DATA DAN EVALUASI BAB V PENUTUP IX. SMART.2.3 2. Mahasiswa menyampaikan terima kasih atas bantuan dan kerja sama semua pihak yang terkait dalam melancarkan terwujudnya kerja praktek ini. Organisasi dan Manajemen Pabrik (lokasi pemasaran dan lain-lain) BAB III LAPORAN KEGIATAN 3.5 Sejarah Singkat Perusahaan dan Perkembangan Perusahaan Uraian Proses Produksi Uraian Peralatan Proses (Alat Utama dan Alat Penunjang) Uraian Utilitas dan Fasilitas Penunjang Aspek Ekonomi. Tbk (Unit Pengolahan Kelapa Sawit & Refinery) TARJUN.1. PENUTUP Mahasiswa menyusun proposal kerja praktek ini dengan harapan dapat memberikan gambaran singkat dan jelas tentang tujuan untuk melakukan kerja praktek di PT.1 2. .3. Metode Penulisan 1. Jadwal Kerja Praktek 3. Batasan Masalah BAB II TINJAUAN UMUM PERUSAHAAN 2.4.2 2.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful

Master Your Semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master Your Semester with a Special Offer from Scribd & The New York Times

Cancel anytime.