You are on page 1of 7

Perang Vietnam

Perang Vietnam, juga disebut Perang Indochina Kedua, adalah sebuah perang yang terjadi antara 1957 dan 1975 di Vietnam. Perang ini merupakan bagian dari Perang Dingin antara dua kubu ideologi besar, yaitu Komunis dan Liberal. Dua kubu yang saling berperang adalah Republik Vietnam (Vietnam Selatan) dan Republik Demokratik Vietnam (Vietnam Utara). Amerika Serikat, Korea Selatan, Thailand, Australia, Selandia Baru dan Filipina bersekutu dengan Vietnam Selatan, sedangkan USSR dan Tiongkok mendukung Vietnam Utara yang merupakan negara komunis. Jumlah korban yang meninggal diperkirakan adalah 280.000 di pihak Selatan dan 1.000.000 di pihak Utara. Perang ini mengakibatkan eksodus besar-besaran warga Vietnam ke negara lain, terutamanya Amerika Serikat, Australia dan negara-negara Barat lainnya, sehingga di negara-negara tersebut bisa ditemukan komunitas Vietnam yang cukup besar. Setelah berakhirnya perang ini, kedua Vietnam tersebut pun pada akhirnya bersatu pada tahun 1976. Salah satu korban paling terkenal dari Perang Vietnam adalah Kim Phuc

Latar belakang
Vietnam dijajah oleh Tiongkok sejak tahun 110 SM sampai mencapai kemerdekaan pada tahun 938. Setelah bebas dari belenggu penjajahan Tiongkok, Vietnam tidak berhenti menentang serangan pihak asing. Pada abad ke-19, Vietnam menjadi wilayah jajahan Perancis. Perancis menguasai Vietnam setelah melakukan beberapa perang kolonial di Indochina mulai dari tahun 1840-an. Ekspansi kekuasaan Perancis disebabkan keinginan untuk menyaingi kebangkitan Britania Raya dan kebutuhan untuk mendapatkan hasil bumi seperti rempah-rempah untuk menggerakkan industri di Perancis untuk menyaingi penguasaan industri Britania Raya. Semasa pemerintahan Perancis, golongan rakyat Vietnam dibakar semangat nasionalisme dan ingin kemerdekaan dari Perancis. Beberapa pemberontakan dilakukan oleh banyak kelompokkelompok nasionalis, tetapi usaha mereka gagal. Pada tahun 1919, semasa Perjanjian Versailles dirundingkan, Ho Chi Minh meminta untuk bersama-sama membuat perundingan agar Vietnam dapat merdeka. Permintaannya ditolak dan Vietnam serta seluruh Indochina terus menjadi jajahan Perancis. Kelompok Viet Minh akhirnya mendapat dukungan populer dan berhasil mengusir Perancis dari Vietnam. Selama Perang Dunia II, Vietnam dikuasai oleh Jepang. Pemerintah Perancis Vichy bekerjasama dengan Jepang yang mengantar tentara ke Indochina sebagai pasukan yang berkuasa secara de facto di kawasan tersebut. Pemerintah Perancis Vichy tetap menjalankan pemerintahan seperti biasa sampai tahun 1944 ketika Perancis Vichy jatuh setelah tentara sekutu menaklukan Perancis dan jendral Charles de Gaulle diangkat sebagai pemimpin Perancis.

11 FebrPerang Vietnam Bagian dari Perang Dingin Desa Viet Cong setelah diserang. Ho Chí Minh kembali ke Vietnam untuk membebaskan negaranya agar tidak dijajah oleh kekuasaan asing. Banyak bangunan diserahkan kepada kelompok-kelompok nasionalis. Pihak Jepang menangkap pemerintah Perancis dan memberikan Vietnam satu bentuk “kemerdekaan” sebagai bagian dari rancangan Jepang untuk "membebaskan" bumi Asia dari penjajahan barat. Tanggal Lokasi Hasil Perubahan wilayah • 1957 – April 30. tetapi keberhasilan itu hanya berlangsung sebentar. Pada akhir Perang Dunia II. pergerakan Viet Minh di bawah pimpinan Ho Chí Minh berhasil membebaskan Vietnam dari tangan penjajah. [sunting] Beberapa peristiwa • • • 9 Februari 1965 . 1975 Asia Tenggara Kekalahan politis dan militer Amerika Serikat Bersatunya Vietnam. Pada akhir Perang Dunia II.Serangan Tet 5 Februari 1968 .Setelah pemerintah Perancis Vichy tumbang. Ia menerima bantuan kelompok OSS (yang akan berubah menjadi CIA nantinya). Pihak yang terlibat Republik Vietnam Amerika Serikat Korea Selatan Thailand Australia Selandia Baru Filipina Republik Demokratik Vietnam . pemerintah Jepang menggalakkan kebangkitan pergerakan nasionalis di kalangan rakyat Vietnam. Vietnam diberikan kemerdekaan oleh pihak Jepang. 30 Januari 1968 .Pertempuran Khe Sanh dimulai.Pasukan kombat Amerika Serikat pertama dikirim ke Vietnam Selatan.

5. Taktik perang gerilya yang diterapkan oleh sang pemimpin setelah terinspirasi perjuangan Rakyat Indonesia yang merdeka melawan penjajah dengan kekuatan sendiri.000 (1968) Jumlah korban RV tewas: 230. kesudahan perang menunjukan AS lah yang justru mengalami kekalahan.000uari 1973 . 29 Maret 1973 .209 terluka: 153. . selain untuk pengobatan juga dipergunakan untuk mengatasi stress dan bersenang-senang / mabok. 2.000 terluka: 600. Dimana sang pemimpin pernah datang ke Indonesia pada tahun 1960-an. Mengapa terjadi demikian ? Berikut 10 fakta nya : 1.303 Korea Selatan tewas: 5. Frustasi tentara AS atas perang yang berlarut-larut tanpa ada hasil sama sekali. 27 Februari 1973 .000 Australia tewas: 520 RDV/FNKV tewas: 600.200.100 terluka: 4.000 Republik Rakyat Cina tewas: 1. Tentara VC mendapat dukungan rakyatnya serta moral tempur yang tinggi. 3. 4.000 (1968) ~520. Fakta Kenapa AS kalah dalam Perang Vietnam PERANG VIETNAM ( 1959 – 1972 ) “KEKALAHAN TERBESAR AS DALAM SEJARAHNYA“ Mungkin benar bahwa dalam perang Vietnam ( 1959-1972 ) tentara AS selalu menang dalam setiap pertempuran besar melawan Viet Cong atau disingkat VC .200 Sipil (warga Vietnam): 1.000.rata masih muda ( 22 tahun ) atau disebut GI .belum berpengalaman berperang. bahkan kekalahan perang terbesar sepanjang sejarahnya.000 terluka: 11.000 Amerika Serikat tewas: 58.Tahanan perang Amerika Serikat • • pertama dibebaskan oleh Viet Cong.Persetujuan Damai Paris secara resmi mengakhiri Perang Vietnam.Viet Cong Republik Rakyat Cina Korea Utara Uni Soviet Kekuatan ~1. Namun Tragisnya. Tentara AS mengkonsumsi obat bius secara berlebihan.000 terluka: 300.Pasukan terakhir Amerika Serikat meninggalkan Vietnam Selatan. Tentara AS yang rata .

000 tentara AS tewas atau Killing In Action ( KIA ) 1.6. Alasannya adalah : pada waktu itu lebih dari 180. 20 November 1953. 9. malaria . 58. Viet Minh menambah serangan mereka terhadap kekuatan kolonial Perancis dan memasangnya juga di bagian Selatan dan Utara Vietnam. Tentara VC yang sangat mudah menyamar dan menyatu dengan rakyat biasa dan membaur bila dalam pengejaran tentara AS. Atau VC jauh lebih menguasai medan pertempuran baik secara topografi dan geografis. 8. Lintah. 10. Dari Dien Bien Phu. Tantangan Alam yang ganas bagi prajurit muda AS atau biasa disebut GI seperti Hujan lebat. Hal ini telah terjadi. Taktik tidak membunuh tapi melukai terbukti sangat efektif.000 tentara AS hilang atau Missing In Action ( MIA ) 150.000 tentara AS terluka atau Injured In Action ( IIA ) Hasil fantastis ini belum termasuk bagi pasukan AS yang terkena gangguan jiwa setelah tertawan dan disika oleh pasukan VC. 7. memutuskan untuk bernegosiasi dengan Perancis. peraturan di daerah pedalaman makin bertambah karena Viet Minh. Pada tahun 1946. Efisiensi dan efektif memanfaatkan lorong bawah tanah ( Tunnel Rat ) yang hanya bisa dimasuki oleh pasukan VC yang bertubuh kecil. Ketika Perancis berhasil dalam menahan kota dibawah kekuasaan mereka. bermula tepat setelah deklarasi kemerdekaan tersebut. Ketika para komunis di Vietnam Selatan Viet Minh mengikutsertakan pemerintahan kolonial Perancis pada perang gerilya. 10 fakta diatas berbanding terbalik dengan pasukan AS. 1 tentara terluka + 2 tentara yang menyelamatkan dengan tandu darurat dengan dua tangan. setelah Perancis membangun kembali pemerintahan kolonial mereka di Vietnam. Ho Chi Minh secara umum mendeklarasikan kemerdekaan Vietnam. Kecakapan perwira VC dalam memahami psikologi GI yang suka terburu-buru dan cepat turun moril tempurnya. Hal ini dianggap perlu karena Viet Minh melakukan pergerakan komunis dilengkapi . para nasionalis Cina setuju diberlakukannya kembali pasukan Cina dari Vietnam. sehingga menimbulkan hasil yang fantastis bagi pasukan AS yaitu . kekuatan kolonial Perancis menempatkan sebanyak 16. Viet Minh di Vietnam Utara merasa secara simultan liberalisasi mereka untuk melawan kekuatan dari kolonial Perancis dan pasukan Cina. Sejarah Perang Vietnam Asiamaya. yang membuat mereka sulit istirahat di malam hari yang parahnya serangan VC seringkali terjadi pada malam hari. Perancis bermaksud untuk mengawasi daerah perbatasan di antara kedua negara. yaitu sebuah lembah pegunungan di sepanjang perbatasan Vietnam Utara dan Laos Utara.000 pasukan nasionalis Cina di Vietnam Utara. pada posisinya sebagai pemimpin pergerakkan kemerdekaan di Vietnam Utara. Ho Chi Minh.000 pasukannya di Bien Phu. Melukai satu orang tentara AS membuat 3 Tentara tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya.com-Pada tanggal 2 September 1945 di Hanoi.

negosiator Viet Minh dan Perancis setuju membagi Vietnam menjadi dua negara bagian : komunis Vietnam Utara dan kapitalis Vietnam Selatan. telah menelan korban jiwa yang sangat besar. menyiapkan penyerangan ke Dien Bien Phu.000 orang Viet Minh dan lebih dari 3. mengirimkan 100 penasihat militernya yang pertama bersama dengan satu unit khusus dengan 400 tentara ke Vietnam.000 anggota pasukan kolonial Perancis telah kehilangan nyawanya.000 orang Perancis terbunuh dalam pertempuran di Dien Bien Phu. Pasukan Australia. yang dibawa melalui jalan-jalan kecil Ho Chi Minh di wilayah Laos dan Kamboja. 9. Pada tahun 1961. Sekitar tiga setengah tahun kemudian. 200. aman dari serangan Viet Minh. Lebih dari satu juta warga sipil. Pada tahun 1959-1963. pemerintahan komunis Vietnam Utara mengendalikan jalannya konfrontasi militer. Viet Minh mengatur pengangkutan artileri berat ke gunung-gunung yang mengelilingi lembah Dien Bien Phu. Militer Perancis percaya bahwa Lembah Dien Bien Phu yang memiliki panjang 19 kilometer dan lebar 13 kilometer. Pada bulan Maret 1954. pesawat tempur AS memulai Operation Rolling Thunder. Selandia Baru. Namun pada minggu-minggu dan bulan-bulan berikutnya. Pada tanggal 20 Juli 1954 di Jenewa. Puncak Perang Vietnam pada tahun 1968. Pada bulan Maret 1965. Pada tanggal 2 Agustus 1964. Untuk mengurangi pembangunan industri dan penduduk negara. Perang antara Viet Minh dengan Perancis yang berlangsung selama sembilan tahun. Viet Minh memulai penyerangan mereka terhadap pasukan Perancis di Dien Bien Phu. Hanya saja pada tahun 1971. dua kapal pesiar Amerika di tembaki oleh kapalkapal patroli Vietnam Utara di Teluk Tonkin. bom-bom dijatuhkan di sekitar Vietnam Utara yang jumlahnya dua kali lebih banyak dari jumlah bom yang dijatuhkan pada Perang Dunia II. Dengan bantuan lebih dari 200. Pathet Lao. setelah gerilya komunis Vietnam Selatan dapat menjatuhkan pemerintahan Diem. Lebih dari 40. presiden AS yang baru dipilih. Pada tanggal 7 Mei 1954. Dan saat itu . Korea Selatan. Ini merupakan kekalahan paling buruk dalam sejarah pasukan kolonial Perancis. dan memberikan persenjataan dan amunisi kepada komunis Vietnam Selatan. Pada tahun berikutnya.000 tentara. AS menambah jumlah pasukannya di Vietnam menjadi 11. Lebih dari 20. yaitu saat AS mengirimkan hampir setengah juta tentaranya ke Vietnam.000 orang kuli pengangkut barang. Filipina dan Thailand semuanya berjumlah 90.000 hingga 300. diketahui bahwa dua kapal perang Amerika telah melanggar daerah perairan Vietnam Utara.500 anggota pasukan kolonial Perancis ditangkap. Amerika bersikeras bahwa kapal-kapal pesiar itu berada di perairan internasional.dengan persenjataan di Laos. Vietnam Utara memberlakukan desentralisasi total ekonomi dan evakuasi sejumlah orang dari kota-kota. pasukan Vietnam dibawah pimpinan Jenderal Giap.000 gerilya Vietnam Utara masuk ke wilayah selatan.000 orang.000 orang Viet Minh dan lebih dari 95. pemboman besar-besaran terhadap Vietnam Utara. mereka berhasil menaklukan pusat komando Perancis. Kennedy. Dan menjadikan peristiwa itu sebagai alasan untuk membom Vietnam Utara untuk pertama kalinya.

persenjataan telah makin berkembang termasuk penggunaan pesawat-pesawat tempur jet yang bahkan telah memasuki era jet supersonik. AS mulai menarik kembali pasukan-pasukannya dari Vietnam. Walaupun Vietkong berhasil dipukul mundur dan mengalami kekalahan (kecuali di Hué). Pada bulan Maret 1973. Melalui operasi militer AS. Disamping itu dalam Perang Vietnam inilah dikembangkan sistem pengisian bahan bakar pesawat di udara oleh pesawat terbang tanker sebagai upaya AS dalam meningkatkan radius of action serta kemampuan manuver pesawat-pesawat .5 juta orang. Juga roket baik yang air-to-air maupun yang air-toground.000 orang dari Vietnam. AS. serangan Tet ini merupakan saat yang menentukan dalam Perang Vietnam. Vietnam Utara dan Vietkong melakukan negosiasi untuk menarik seluruh pasukan AS dari Vietnam. Pengeboman yang dilakukan secara terus-menerus oleh pesawat tempur AS.tentara Vietnam Selatan berjumlah 1. kekuatan Tentara Pembebasan Nasional memulai serangan Tet ke 105 kota-kota di Vietnam Selatan. Pada tanggal 1 Februari 1968. Serangan Tet mengakibatkan perubahan sikap AS. Tanggal 30 Maret 1972. Vietnam Utara dan kekuatan komunis Selatan memulai serangan dengan maksud untuk menguasai negara Vietnam Selatan. Pada tahun 1972. pemerintahan AS tidak tertarik lagi ingin memenangkan perang. Tapi mereka hanya tidak ingin kehilangan reputasinya sebagai kekuatan militer terhebat. Beberapa minggu kemudian. AS menggunakan F-105 dan F-4 Phantom untuk menghadapi pesawat Rusia yang terdiri dari MiG-17 dan MiG-21. Dua tahun kemudian. sebelum negosiasi Paris membawa hasil. Demikian pula penggunaan sistem deteksi rudal serta radarjamming countermeasures. terjadi serangan komunis. meninggalkan Vietnam. Vietnam Selatan. AS telah mengurangi pasukannya sebesar 100. Tahun 1969 di Paris. memiliki kekuatan 400. dan berakhir pada Oktober 1968. Penggunaan kapal induk sebagai pangkalan pesawat-pesawat tempur menjadi begitu berperan dibanding dengan apa yang dilakukan pada Perang Dunia Kedua. Teknologi elektronik juga menjadi sangat berpengaruh dalam perang ini dengan mulai banyak digunakannya bom laser-guided maupun yang optically-guided. pasukan terakhir Amerika. Front Pembebasan Nasional di bawah kepemimpinan komunis. persetujuan gencatan senjata ditandatangani di Paris dan mulai diberlakukan sejak hari itu.000 pasukan. Setelah serangan Tet. Vietnam Angkasa-online. angkatan udara AS melakukan pengeboman ke wilayah Vietnam Utara. Pada tanggal 27 Januari 1973. telah menyebabkan mundurnya pasukan Vietnam Utara. tepatnya tanggal 30 April 1975.com-Pada ajang perang Vietnam. yang diberi nama Vietkong oleh AS. pasukan Vietnam Utara menduduki Saigon dan mengakibatkan berakhirnya perang yang telah berlangsung selama tiga puluh tahun. Pada perang Vietnam inilah untuk pertama kali digunakan secara besar-besaran surface-to-air missile (SAM) sebagai salah satu komponen penting dalam sistim pertahanan udara. tapi bukan oleh Vietkong melainkan oleh pasukan Vietnam Utara yang melewati garis demarkasi (17 derajat garis lintang utara) melanggar wilayah Vietnam Selatan.

7 mm di ekornya. C-130 dan C-7 Trash Haulers. sementara AS mengandalkan F-4 Phantom-nya. F-111 dan B-52 sebagai pembom. Dalam ajang Perang Vietnam terlihat AS agak kewalahan dalam menghadapi keampuhan pesawat-pesawat tempur buatan Rusia. C-123.tempurnya dalam melawan pesawat-pesawat produk Rusia. Pada Perang Vietnam ini pulalah pesawat helikopter meningkat menjadi senjata tempur yang signifikan dengan pengembangan perannya dalam misi-misi observasi. OV-10 Bronco. pesawat ini dikenal kemudian dengan C-47 gun-ship. selain itu digunakan pula F-105. . Pada perang ini Rusia menggelar 2. Untuk air-to-air combat Vietnam menggunakan MIG-17 dan MiG-19. combat tactical transport dan combat medical evacuation. Pesawat AS lainnya yang banyak terlibat dalam perang Vietnam antara lain F-100. Tercatat pula dalam perang Vietnam ini.300 surface-to-air missiles. sangat banyak membantu gerakan pasukan darat di bawah. pengembangan pesawat C-47 Dakota yang dipersenjatai senapan mesin kaliber 12. ribuan penangkis serangan udara berbagai kaliber serta tidak kurang dari 180 pesawat MiG.