You are on page 1of 9

PERAN NILAI PANCASILA DALAM MENGEMBANGKAN TEKNOLOGI KHUSUSNYA DI BIDANG INFORMASI DAN KOMUNIKASI DI INDONESIA

Ilmu pengetahuan dan teknologi sangat dibutuhkan untuk melakuakan perubahan dan perbaikan untuk menjadi negara maju karena dengan ilmu pengetahuan dan teknologi dapat mempengaruhi beberapa aspek untuk menjadi lebih baik dan lebih maju. semuanya ada caranya sendiri-sendiri yaitu dengan ilmu pengetahuan di bidangnya masing-masing dan penerapannya yaitu dengan teknologi. Sekarang Indonesia membutuhkan para ilmuwan dan ahli teknologi untuk mengembangkan negara kita ini di berbagai bidang. Akan tetapi yang perlu digaris bawahi adalah bahwa ilmu pengetahuan dan teknologi akan terus berkembang seiring perkembangan jaman. Jepang dapat berevolusi dengan cepat dengan mengembangkan teknologi dan ilmu pengetahuan yang maju seperti sekarang ini. karena untuk dapat memajukan dan melakukan perbaikan di berbagai aspek itu tidaklah mudah. Indonesia sekarang masih mengalami proses perrkembangan untuk menuju negara maju. Sebagai seorang warga Indonesia. Salah satu tolok ukur negara maju di dunia adalah bagaimana suatu negara dapat menerapkan dan mengembangkan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi untuk meningkatkan taraf hidup masyarakatnya. Kondisi Indonesia sekarang teringgal jauh dengan Jepang dalam hal teknologi dan ilmu pengetahuan. dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi harus sesuai degan nilai-nilai pancasila supaya nilai luhur pancasila tidak luntur dan teknologi yang berkembang dapat bermanfaat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. yaitu salah satunya dengan cara melakukan perbaiakan-perbaikan di berbagai aspek kehidupan. Latar Belakang Masalah Saat ini Indonesia merupakan negara berkembang. Proses perkembangan menjadi negara maju harus melalui beberapa cara dan tahapan. Salah satu negara yang patut dicontoh dalam mengembangkan negara melalui teknologi yang bagus adalah negara Jepang. Akan tetapi yang perlu kita perhatikan adalah bagaimana menyaring ilmu pengetahuan dan teknologi yang digunakan di Indonesia yang berasal dari luar agar sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung di dalam pancasila. .I.

Banyak sekali teknologi yang telah berkembang di Indonesia salah satunya adalah teknologi di bidang informasi dan teknologi di bidang kedokteran. Tetapi tak selamanya dunia internet dan teknologi informasi bermanfaat bagi masyarakat. masih banyak teknologi dibidang informasi digunakan oleh para pelaku tindak kejahatan untuk melakukan aksi kejahatannya dan sasarannya adalah masyarakat Indonesia sendiri dan memanfaatkan untuk merusak moral bangsa dengan berbagai cara seperti persebaran berita. video dan film yang tidak pantas untuk dilihat melalaui internet. Bagaimana cara mengembangkan teknologi yang sesuai dengan Pancasila ? . II. Rumusan Masalah Adapun rumasan masalah yang akan dibahas adalah sebagai berikut : 1. transaksi uang secara online dan lain sebagainya. Apa solusi yang dapat dilakukan untuk menguragi penyimpangan tersebut menurut pancasila ? 5. Teknolgi informasi yang telah berkembang diantaranya adalah di bidang dunia internet yang sanagt membanntu memperoleh informasi yang lebih cepat yang sangat di butuhkan oleh masyarakat tak terkecuali mahasiswa dan kaum akademisi. Bagaimana bentuk pelanggaran penggunaan teknologi yang terjadi khususnya di bidang informasi dan komunikasi terhadap pancasila ? 3. Bagaimana perkembangan teknologi dan pemanfaatannya di Indonesia khususnya di bidang teknologi Informasi dan komunikasi ? 2. Bagaimana pandangan Pancasila terhadap penyalahgunaan teknologi tersebut ? 4. Penggunan teknologi Informasi dan komunikasi tidak hanya untuk berkomunikasi jarak jauh dan mencari informasi melalui internet akan tetapi teknologi ini sering digunakan di berbagai bidang misalnya bidang perbankan contohnya adalah kemudahan penggunaan mesin ATM.

. Teknologi internet sekarang sudah masuk ke desa-desa di seluruh Indonesia dan mulai di gunakan baik oleh orang dewasa. Teknologi ini sering digunakan oleh masyarakat untuk mencari berita dan informasi. Selain internet kemudahan teknologi informasi dan komunikasi juga dapat dirasakan oleh masyarakat di bidang perbankan dengan menggunakan mesin ATM. ataupun dengan situs jejaring sosial seperti facebook dan twitter. selain itu untuk mencari berita. Teknologi di bidang informasi dan komunikasi dapat berkembang seiring dengan perkembangan jaman dan meningkatnya kebutuhan masyarakat dalam mengetahui suatu informasi dan berita dengan cepat. Pembahasan Perkembangan Teknologi di bidang Informasi dan Komunikasi di Indonesia Teknologi adalah rangkuman dari penerapan ilmu pengetahuan yang dapat memungkinkan nilai dari sesuatu ditingkatkan. teknologi ini juga sering digunakan sebagai media berkomunikasi jarak jauh melalui surat elektronik (e-mail). video dan main game. mudah dan juga dapat dilakukan kapan saja.III. Tak jarang pula masyarakat menggunakan internet untuk brsenang-senang seperti mencari lagu. Teknologi dapat dikembangkan sesuai dengan ilmu pengetahuan terapan yang mendukungnya dan ilmu pengetahuan terapan datangnya dari ilmu pengetahuan dasar. Dengan mesin ATM ini dapat mempermudah nasabah bank untuk mengambil uang di manapun tempatnya tanpa harus ke bank dan kapan saja selama 24 jam. Manfaat dari sebuah teknologi secara umum adalah dapat memepermudah pekerjaan manusia dan meningkatkan nilai dari sesuatu barang atau yang lainnya. Di Indonesia kini telah banyak dikembangkan teknologi di bidang informasi dan komunikasi misalnya yang paling sering kita jumpai di masyarakat adalah penggunaan internet. teknologi ini juga dapat digunakan untuk transaksi keuangan secara online dengan cepat. film. Selain pengambilan uang. remaja maupun oleh anak-anak dengan berbagai keperluan.

biasanya dengan mencuri data di internet. Artinya konsumen Indonesia tidak diperbolehkan belanja di situs itu. 2.000. Menurut riset Clear Commerce Inc. 1. laptop dijual seharga Rp 1. dengan melakukan penipuan melalui ruang-ruang chatting di mIRC. Setelah ada yang berminat. Uang didapat. Sebutan pelakunya adalah Carder. CRACKING Cracking adalah hacking untuk tujuan jahat. Akibatnya. banyak situs belanja online yang memblokir IP atau internet protocol (alamat komputer internet) asal Indonesia. Seperti misalnya penggungaan internet. Sebutan untuk cracker adalah hacker bertopi hitam (black hat hacker). tapi barang tak pernah dikirimkan. Berikut beberapa contoh pelanggaran yang marak terjadi di Indonesia berhubungan dengan penggunaan internet. Menurut pengamatan ICT Watch. perusahaan teknologi informasi yang berbasis di Texas – AS . Caranya para carder menawarkan barangbarang seolah-olah hasil carding-nya dengan harga murah di channel. Kalau kita belanja online. cracker mengintip simpanan para nasabah di berbagai bank atau pusat data sensitif lainnya untuk keuntungan diri sendiri.000. Sebutan lain untuk kejahatan jenis ini adalah cyberfroud alias penipuan di dunia maya. Misalnya. sekedar untuk kepentingan pribadi. CARDING Carding adalah berbelanja menggunakan nomor dan identitas kartu kredit orang lain. Berbeda dengan carder yang hanya mengintip kartu kredit. lembaga yang mengamati dunia internet di Indonesia.Bentuk Penyalahgunaan Teknologi di Bidang Informasi dan Komunikasi Banyak sekali pelanggaran yang dilakukan oleh para pengguna teknologi khususnya teknologi informasi dan komunikasi. carder meminta pembeli mengirim uang ke rekeningnya. para carder kini beroperasi semakin jauh. formulir pembelian online shop tidak mencantumkan nama negara Indonesia. Indonesia memiliki carder terbanyak kedua di dunia setelah Ukrania. yang diperoleh secara ilegal. Meski sama-sama menerobos . Sebanyak 20 persen transaksi melalui internet dari Indonesia adalah hasil carding.

dan belakangan tak ada kabarnya lagi.8 triliun. Cracker 18 tahun yang masih duduk di bangku SMA itu tertangkap setelah aktivitas kriminalnya di dunia maya diselidiki sejak 2006. dengan janji bagi hasil. Phising biasanya diarahkan kepada pengguna online banking. tentunya dalam mata uang dolar AS. Meski demikian. minta bantuan netters untuk mencairkan. FBI pernah bekerja sama dengan polisi Belanda dan polisi Australia menangkap seorang cracker remaja yang telah menerobos 50 ribu komputer dan mengintip 1. Isian data pemakai dan password yang vital yang telah dikirim akhirnya akan menjadi milik penjahat tersebut dan digunakan untuk belanja dengan kartu kredit atau uang rekening milik korbannya. Tindakan deface ada yang semata-mata iseng. pamer kemampuan membuat program. 3. Sedangkan cracker lebih fokus untuk menikmati hasilnya. 4. unjuk kebolehan.keamanan komputer orang lain. Yang paling banyak adalah pengiriman e-mail dapat hadiah. . untuk mencuri data dan dijual kepada pihak lain. 5. PHISING Phising adalah kegiatan memancing pemakai komputer di internet (user) agar mau memberikan informasi data diri pemakai (username) dan kata sandinya (password) pada suatu website yang sudah di-deface. SPAMMING Spamming adalah pengiriman berita atau iklan lewat surat elektronik (e-mail) yang tak dikehendaki. Spam sering disebut juga sebagai bulk email atau junk e-mail alias “sampah”. atau orang yang mengaku punya rekening di bank di Afrika atau Timur Tengah. dan mengirim uang/dana sebagai pemancing. hacker lebih fokus pada prosesnya. lotere. Dengan aksinya.Kemudian korban diminta nomor rekeningnya. DEFACING Defacing adalah kegiatan mengubah halaman situs/website pihak lain. banyak yang terkena dan menjadi korbannya.3 juta rekening berbagai bank di dunia. tapi ada juga yang jahat. cracker bernama Owen Thor Walker itu telah meraup uang sebanyak Rp1.

7. yaitu: virus. HACKING Hacking adalah kegiatan menerobos program komputer milik orang/pihak lain. worm. video dan film-film yang yang tidak panats untuk dilihat seperti video yang mengandung unsur kekerasan dan pornografi. dan terobsesi mengamati keamanan (security)-nya. trojan horse. MALWARE Malware adalah program komputer yang mencari kelemahan dari suatu software.6. dll. Persebaran video dan film tersebut tidaklah sesuai dengan nilai luhur pancasila dan hukum yang berlaku di Indonesia. agar segera diperbaiki. video atau film yang berbau kekerasan dan pornografi memang tidak boleh ditonton. Di pasaran alat-alat komputer dan toko perangkat lunak (software) memang telah tersedia antispam dan anti virus. . Umumnya malware diciptakan untuk membobol atau merusak suatu software atau operating system. Selain tindak kejahatan seperti di atas. hal ini merupakan sebuah penyalahgunaan teknologi karena di Negara kita. dan anti malware . Meski demikian. Indonesia norma kesopanan sangat dijunjung tinggi. hacker pencoleng. apalagi disebarkan melalui media publik seperti internet. Karena pembuat virus dan malware umumnya terus kreatif dan produktif dalam membuat program untuk mengerjai korban-korbannya. Apabila ditinjau dari bangsa kita yaitu bangsa Indonesia. Malware terdiri dari berbagai macam. ada yang budiman ada yang pencoleng. sehingga bisa “bocor”. bagi yang tak waspadai selalu ada yang kena. Hacker Budiman memberi tahu kepada programer yang komputernya diterobos. teknologi khususnya internet sering digunakan sebagai media penyebaran gambar. menerobos program orang lain untuk merusak dan mencuri datanya. Hacker memiliki wajah ganda. adware. karena di Indonesia sudah ada hukum yang mengaturnya tentang hal tersebut yaitu dalam bentuk perudang-undangan seperti contohnya undang-undang anti pornografi dan pornoaksi. akan adanya kelemahan-kelemahan pada program yang dibuat. Sedangkan. memiliki keahlian membuat dan membaca program tertentu. browser hijacker. Hacker adalah orang yang gemar ngoprek komputer.

Penggunaan dan penerapan teknologi khususnya di bidang teknologi informasi dan komunikasi di Indonesia belum sepenuhnya berjalan dengan baik dan tepat guna. maka yang korban akan merasa dirugikan oleh para pelaku tindak kejahatan. Nilai kerakyatan di sini sangat berperan karena sesuai nilai kerakyatan. Pandanagan dari nilai Keadilan adalah bahwa semua rakyat dalam kehidupan bermasyarakat diberlakukan sama dan adil dalam memanfaatkan dan menikmati fasilitas umum dan teknologi yang berkembang. Hal ini sangat merugikan bagi .Berikut ini adalah beberapa contoh kasus penyalahguanaan teknologi di Indonesia beberapa waktu lalu : Pandangan Pancasila terhadap penggunaan teknologi yang tidak tepat khususnya di bidang informasi dan komunikasi Pancasila merupakan nilai luhur bangsa Indonesia. hal ini tidak sesuai dengan nilai pancasila khusunya nilai kerakyatan dan keadilan. apabila ada kejahatan ini maka berarti bahwa teknologi yang mereka terapkan hanya untuk kepentingan mereka pribadi. bahwa semua teknologi untuk kepentingan rakyat. Penjabaran nilai sila-sila dalam pancasila dituangkan dalam bentuk perundang-undangan. apabila para pelaku kejahatan melakukan aksinya untuk mencuri dan menipu orang lain. Masih banyak pelanggaran-pelanggaran dan tindak kejahatan khususnya di bidang teknologi informasi dan komunikasi seperti yang telah disebutkan diatas yang tidak sesuai dengan nilai luhur bangsa Indonesia yaitu nilai pancasila. Dalam pancasila terdapat nilai luhur bangsa yang semuanya adalah tindakan dan perbuatan yang baik dan bermanfaat bagi kehidupan bangsa Indonesia. Pelanggaran-pelanggaran dan tindak kejahatan melalui dunia internet itu tentunya tidak sesuai dengan nilai-nilai pancasila. Pancasila merupakan ideologi bangsa sekaligus mengandung norma-norma dasar dan sebagai dasar hukum di Indonesia. Tindakan kejahatan di dunia internet sangat merugikan bagi bangsa Indonesia khusunya bagi para korban tindak kejahatan. Misalnya saja pencurian dan penipuan melalui internet dan pembobolan ATM.

apabila ditiru maka akan merugikan bagi bangsa kita sendiri karena. Hal ini tidak sesuai dengan nilai pancasila dan ideologi pansasila.korban karena hak keadilan yang seharusnya mereka peroleh untuk menggunakan kemudahan teknologi dirampas oleh para pelaku kejahatan. Di dunia internet sangat banyak beredar film-film dan video-video yang tidak pantas dilihat oleh masyarakat. karena moral anak bangssa telah terpengaruhi oleh tindakan-tindakan yang tidak bagus. Kita ketahui bahwa video dan film yang mengandung adegan kekerasan tetrsebut tidak sesuai dengan pancasila khususnya sila kedua. yang mengandung nilai kemanusiaan. Solusi menurut Pancasila dalam mengurangi penyimpangan teknologi khususnya di bidang mInformasi dan Komunikasi Cara mengembangkan teknologi yang sesuai dengan Pancasila . seharusnya masyarakat hidup sesuai nilai pancasila akan tetapi moral bangsa malah dirusak karena meniru video dan gaya hidup yang tidak sesuai dengan Pancasila. Seharusnya HAM dijjunjung tinggi. akan tetapi malah dirampas dan dibatasi Hak nya sebagai manusia. hak untuk merdeka dan lain sebagainya. dan pengainayaan. Film-film yang beradegan kekerasan dan penganiayaan tidak pantas ditonton apalagi oleh anak kecik karena anak kecil cenderung memiliki sifat untuk meniru. Banyak sekali film dan video yang tidak pantas dilihat masyarakat yang mengandung unsur kekerasan dapat mudah didownload dan ditonton oleh berbagai elemen masyarakat bahkan anak kecil dan para remaja sehingga hal ini dapat merusak moral bangsa Indonesia. misalnya saja film atau video dengaan adegan kekerasan. yaitu hak untuk hidup.