You are on page 1of 9

Cecak Cecak Cecak merupakan reptilia (hewan melata) yang hidup di pohon atau di rumah.

Makanan cecak ialah serangga, seperti nyamuk. Nyamuk merupakan serangga yang dapat terbang, sedangkan cecak tidak dapat terbang. Bagaimana cecak dapat menangkap nyamuk? Ternyata, cecak telah memiliki ciri khusus, sehingga cecak dapat bertahan hidup di lingkungannya Cecak tersebut dapat merayap tanpa jatuh. Bahkan, cecak dapat merayap di langit- langit rumahmu tanpa jatuh. Seolah-olah badan dan kakinya menempel pada dinding atau langit-langit.

Telapak kaki cecak ada bagian menonjol yang berbentuk garis. Bagian itu berfungsi sebagai alat pelekat sehingga cecak dapat merayap untuk mendekati serangga yang sedang hinggap di dinding atau di langit-langit.

Jika kamu perhatikan lebih teliti lagi. seperti pohon atau serangga.Kelelawar Kelelawar Kelelawar merupakan mamalia yang dapat terbang. Kelelawar tinggal di gua atau Selain memakan buah-buahan ada juga kelompok kelelawar yang memakan serangga dan mengisap madu. Sayap kelelawar berbeda dengan unggas. Pantulan gelombang bunyi itu akan ditangkap kembali oleh indra pendengarannya yang tajam. . Kemampuan yang dimiliki kelelawar untuk mengetahui arah terbang. Kelelawar memiliki cara tidur yang unik. kelelawar bergantung dengan badan terbalik. Bagaimana cara kelelawar tidur? Ketika tidur. kelelawar tidur. Ketika gelombang bunyi itu mengenai benda. Bagian yang mirip cakar itu sebenarnya ibu jari kelelawar. Sayapnya dilipat dan kakinya dikaitkan pada tempat bergantungnya sehingga kelelawar tidak jatuh. Kulit tersebut membentang di antara tulang-tulang jari dan lengannya. Pada saat terbang. kamu akan melihat ada bagian yang mirip cakar pada sayapnya. Sayap kelelawar memiliki kulit yang lentur. Pada siang hari. yaitu kepala berada di bawah. dan keadaan lingkungannya dengan menggunakan bunyi disebut ekolokasi. Ibu jari tersebut berfungsi untuk mendaki di bebatuan atau di pohon. kelelawar sesekali mengeluarkan bunyi. kelelawar telah dilengkapi dengan sepasang sayap. gelombang bunyi akan memantul.Dengan cara seperti itulah kelelawar dapat terbang pada malam hari tanpa menabrak benda-benda yang ada di sekitarnya. Untuk mendapatkan makanannya. makanan.

Pertama adalah kakinya. Pernahkan kamu melihat mata kucing dalam gelap? Mata kucing sangat tajam sehingga bisa melihat dalam gelap.Kucing kucing memiliki dua ciri khusus. sehingga musuh tidak mendengar ketika didekatinya. Ciri kedua adalah matanya. Kaki kucing memiliki lapisan empuk dan tebal yang berguna untuk menyembunyikan kukunya. Pada saat berjalan kukunya ditarik masuk sehingga tidak bersuara. .

merah atau cokelat. Kepanikan musuh tersebut memberikan waktu yang cukup bagi cumi-cumi untuk segera meloloskan diri. Selain itu.Cumi-cumi Seekor cumi-cumi dapat menghindar dari pemangsanya dengan gesit melalui pengerutan otot yang cepat. Sistem perubahan warna ini juga digunakan cumi-cumi sebagai sarana komunikasi. awan tinta pekat dan gelap akan dikeluarkan dari dalam tubuhnya. sehingga sel-sel pigmen menjadi besar dan mengakibatkan warnanya lebih jelas. . cumi-cumi juga memiliki sistem perlindungan dengan cara mengubah-ubah warna kulit tubuh dengan cepat. Sel-sel pigmen yang elastis ini dikelilingi oleh ikatan sel-sel otot yang dapat berkontraksi dengan cepat. kadang-kadang kebiruan. putih. Mekanisme ini mengakibatkan cumi-cumi dapat berubah warna dengan cepat bila mendapat rangsangan dari luar. Jika gerakan cepat saja tidak cukup. Perubahan warna ini terjadi karena adanya kromatofor yang merupakan kantong elastis berisi pigmen merah atau kuning. sehingga musuh terkejut untuk beberapa saat.

memudahkan bebek berjalan di atas permukaan tanah berlumpur. Makanan bebek ialah cacing. kaki bebek pendek dan pada sela-sela kakinya dilengkapi dengan selaput kulit yang dapat membantunya ketika berenang di air. itu dengan bentuk seperti ini. Bagaimana bebek dapat menangkap cacing dari balik lumpur? Ternyata. Bentuk paruh seperti itu membantu bebek untuk mencari cacing yang ada di balik lumpur. terutama di perairan yang dangkal. . Oleh karena itu. Bebek merupakan jenis unggas yang hidup di air.bebek telah dilengkapi dengan bentuk paruh yang pipih dan lebar.Bebek Perhatikanlah bentuk kaki bebek. Selain.

19 Alasan mereka membawa potongan daun tentu saja bukan untuk perlindungan dari matahari. Semut ini juga tidak memakan potongan daun. Semut ini bersembunyi di bawah daun. yang sangat besar dibandingkan ukuran tubuh mereka. Oleh karena itu. Orang yang melihatnya akan merasa seolah lantai hutan menjadi hidup dan berjalan. pekerjaan mereka mengambil sekitar 15 persen produksi daun. perjalanan pulang semut pekerja setelah bekerja seharian memberi pemandangan sangat menarik.Semut Ciri-ciri khusus semut pemotong daun. yang juga di-sebut "Atta". Daun ini mereka tahan dengan dagu yang terkatup rapat. adalah kebiasaan mereka membawa potongan daun yang mereka potong di atas kepalanya. Di hutan hujan. .

Punuk berfungsi untuk menyimpan cadangan makanan. Bahkan cairan yang keluar dari hidung pun dimasukkan lagi ke dalam mulutnya. Perut unta yang besar mampu menyimpan rumput dan air yang sangat banyak. Unta sangat berhemat dalam mengeluarkan air dari dalam tubuhnya. Ada unta yang memiliki satu punuk ada juga yang mempunyai dua punuk. Rambut unta yang tebal melindungi dari sengatan panas matahari. dan membuang kotoran dalam jumlah yang sangat sedikit. Punuk unta berisi lemak dan air. Bila lemak dan air habis terpakai. . Unta memiliki punuk pada punggungnya. punuk menjadi mengkerut dan lemas. Unta hampir tidak mengeluarkan keringat. Unta mampu berjalan dalam waktu yang lama tanpa makan dan minum.Unta Unta hidup di padang pasir yang kering dan gersang.

Jikamangsa memungkinkan untuk dicapainya. bunglon melontarkan lidahnya yang lengket. bunglon dapat memperkirakan ukuran jarak dengan mangsanya. tiap matanya dapat melihat pada arah yang berbeda. Lidah yang panjangnya hampir sepanjang tubuhnya itu untuk menangkap mangsanya.Bunglon Bunglon dapat mengubah warna kulit tubuhnya menyamai sekelilingnya sehingga sukar dikenali. Dengan menggunakan matanya yang tajam. Selain itu. kemudian menarik serangga tersebut ke dalam mulutnya . Kemampuan bunglon mengubah warna kulit sesuai dengan tempatnya berada disebut mimikri. Jika salah satu matanya melihat seekor serangga.

memiliki sedikitnya 4 jenis landak. Laos. Sumatran Porcupine (Hystrix sumatrae).Landak Landak atau dalam bahasa Inggris disebut Porcupine adalah nama untuk sejenis mamalia yang unik dengan bulu-bulu keras (biasa disebut duri) yang menutupi tubuh bagian atas mereka. Pada umumnya seekor landak mampu berlalri kencang untuk menghindari pemangsa. yang saya ketahui. Sunda Porcupine (Hystrix javanica) endemik Jawa. dan Bornean Porcupine (Thecurus crassispinis). India. dapat ditemui juga di Malaysia. Padahal secara taksonomi merupakan spesies yang berbeda. dan Banglades. Myanmar. Bulu Landak ini berfungsi sebagai alat pertahanan diri. Keempat jenis landak tersebut adalah Malayan Porcupine (Hystrix brachyura). Brunei Darussalam. Terdapat puluhan jenis Landak di seluruh dunia. Nepal. Sunda Porcupine (Hystrix javanica). Dalam bahasa Indonesia ketiganya hanya dikenal dengan satu nama yaitu “Landak”. Namun jika terdesak. Landak akan berhenti dan mendirikan bulu-bulunya yang menyerupai duri yang terdapat di klit bagian atas. Sedangkan ketiga jenis lainnya merupakan endemik. . Thailand. China. Indonesia saja. Vietnam. Malayan Porcupine (Hystrix brachyura) adalah salah satu jenis Landak yang selain di Indonesia (Sumatera dan Kalimantan). dan Bornean Porcupine(Thecurus crassispinis) endemik Kalimantan. Bahkan dalam bahasa Inggrispun disebut dengan nama yang berbeda. Sumatran Porcupine (Hystrix sumatrae) endemik Sumatera.