You are on page 1of 17

BAB I PROFIL PERUSAHAAN URAIAN SINGKAT PT SINAR SOSRO

I.1. Sejarah Bisnis

NAMA KELOMPOK : 1. M. ARDI ARSUWENDA (2209 030 020)

LAPORAN Study Excursion
sudah sangat terkenal di daerah Jawa Tengah

2. MAS SOSRO merupakan pelopor produk teh siap minum dalam kemasan yang FATKHURROHMAN pertama di Indonesia. Nama SOSRO diambil dari nama keluarga pendirinya yakni (2209 030 032) SOSRODJOJO. 3. RACHMAD Tahun 1940, Keluarga Sosrodjojo memulai usahanya di sebuah kota kecil DWI R (2209 030 063) bernama Slawi di Jawa Tengah. Pada saat memulai bisnisnya, produk yang dijual adalah teh kering dengan merek Teh Cap Botol dimana daerah4. I NYOMAN penyebarannya RASMIYANTO masih di seputar wilayah Jawa Tengah. (2209 030 073) Tahun 1953, Keluarga Sosrodjojo mulai memperluas bisnisnya dengan merambah ke ibukota Jakarta untuk memperkenalkan produk Teh Cap Botol yang

ELECTRONIC RASA (product sampling) ke beberapa pasar di kota melakukan strategi CICIP
Perjalanan memperkenalkan produk Teh Cap Botol ini dimulai dengan

LEARN Awalnya, datang ke pasar-pasar untuk memperkenalkan Teh Cap Botol TO
dengan cara memasak dan menyeduh teh langsung di tempat.Setelah seduhan tersebut siap, teh dibagikan orang-orang Tetapi COMPANYtersebutkarena teh kepadatelah diseduh yang ada di pasar. proses cara ini kurang berhasil yang terlalu panas dan penyajiannya terlampau lama sehingga pengunjung di pasar yang ingin mencicipinya tidak sabar menunggu. Cara kedua, teh tidak lagi diseduh langsung di pasar, tetapi dimasukkan kedalam panci-panci besar untuk selanjutnya dibawa ke pasar dengan menggunakan JURUSAN TEKNIK ELEKTRO mobil bak terbuka. Lagi-lagi cara ini kurang berhasil karena teh yang dibawa, PROGRAM STUDI D3 TEKNIK ELEKTRO sebagian besar tumpah dalam perjalanan dari kantor ke pasar. Hal ini disebabkan PT SINAR SOSRO FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI pada saat tersebut jalanan PabrikJakarta masih berlubang dan belum sebagus di kota Mojokerto INSTITUT TEKNOLOGI SEPULUH NOPEMBER sekarang. PT INDOFOODACBP 2 0 1 2 SURAB YA

Jakarta.

22 & 29

Maret 2012

BANGIL PASURUAN

Awalnya.Setelah seduhan tersebut siap. Hal ini disebabkan pada saat tersebut jalanan di kota Jakarta masih berlubang dan belum sebagus sekarang.Laporan Teknik Pengawasan Industri : ELCO (Electronic Learn to Company) 2012 Akhirnya muncul ide untuk membawa teh yang telah diseduh di kantor. Nama SOSRO diambil dari nama keluarga pendirinya yakni SOSRODJOJO. Tetapi cara ini kurang berhasil karena teh yang telah diseduh terlalu panas dan proses penyajiannya terlampau lama sehingga pengunjung di pasar yang ingin mencicipinya tidak sabar menunggu. Lagi-lagi cara ini kurang berhasil karena teh yang dibawa. Cara kedua. teh tidak lagi diseduh langsung di pasar.2. teh tersebut dibagikan kepada orang-orang yang ada di pasar. Keluarga Sosrodjojo mulai memperluas bisnisnya dengan merambah ke ibukota Jakarta untuk memperkenalkan produk Teh Cap Botol yang sudah sangat terkenal di daerah Jawa Tengah Perjalanan memperkenalkan produk Teh Cap Botol ini dimulai dengan melakukan strategi CICIP RASA (product sampling) ke beberapa pasar di kota Jakarta. Ternyata cara ini cukup menarik BAB I PROFIL PERUSAHAAN URAIAN SINGKAT PT SINAR SOSRO I. Sejarah Bisnis SOSRO merupakan pelopor produk teh siap minum dalam kemasan yang pertama di Indonesia. Tahun 1940. datang ke pasar-pasar untuk memperkenalkan Teh Cap Botol dengan cara memasak dan menyeduh teh langsung di tempat. Mahasiswa D3 Teknik Elektro FTI – ITS . sebagian besar tumpah dalam perjalanan dari kantor ke pasar. tetapi dimasukkan kedalam panci-panci besar untuk selanjutnya dibawa ke pasar dengan menggunakan mobil bak terbuka. Tahun 1953. produk yang dijual adalah teh kering dengan merek Teh Cap Botol dimana daerah penyebarannya masih di seputar wilayah Jawa Tengah. Keluarga Sosrodjojo memulai usahanya di sebuah kota kecil bernama Slawi di Jawa Tengah. Pada saat memulai bisnisnya. dikemas kedalam botol yang sudah dibersihkan.

3. Model botol untuk kemasan Tehbotol Sosro mengalami tiga kali perubahan yakni : 1. Penulisan Sosrodjojo juga disingkat menjadi SOSRO dalam logo bulat merah. Botol Versi III Pada tahun 1974. terjadi perubahan design botol yang ke-III. Ternyata cara ini cukup menarik minat pengunjung karena selain praktis juga bisa langsung dikonsumsi tanpa perlu menunggu tehnya dimasak seperti cara sebelumnya. Dengan bentuk botol yang baru dan perubahan pada penulisan merk TEHBOTOL SOSRO pada kemasannya. Jakarta.Laporan Teknik Pengawasan Industri : ELCO (Electronic Learn to Company) 2012 Akhirnya muncul ide untuk membawa teh yang telah diseduh di kantor. sehingga orang lebih membaca TEH BOTOL). Design botolnya tidak seperti botol versi I & II. dan tulisan TEH BOTOL diganti dengan warna merah putih yang menggambarkan produk asli Indonesia. dan pada tahun 1974 didirikan PT SINAR SOSRO yang merupakan pabrik teh siap minum dalam kemasan botol pertama di Indonesia dan di dunia. SINAR SOSRO yang pertama di daerah Cakung. Botol Versi I Dikeluarkan pada tahun 1970 dengan merek TEHCAP BOTOL SOFT DRINK SOSRODJOJO 2. Design botol keIII ini diperkenalkan seiring dengan didirikannya pabrik PT. dikemas kedalam botol yang sudah dibersihkan. selain itu Penulisan Soft Drink dihilangkan. Pada tahun 1969 muncul gagasan untuk menjual teh siap minum (ready to drink tea) dalam kemasan botol. Botol Versi II Dikeluarkan pada tahun 1972 dengan merek TEH CAP BOTOL (dengan penulisan ”CAP” lebih kecil. Mahasiswa D3 Teknik Elektro FTI – ITS .

) Bapak Soegiharto Sosrodjojo Bapak Soetjipto Sosrodjojo Bapak Surjanto Sosrodjojo Sejak awal tahun 1990. Teh Sadel. Fruit Tea Sosro. Produk-produknya adalah Teh Celup Sosro. TEBS. perusahaan yang memproduksi Teh Kering Siap Saji. bisnis ini telah mulai dikelola oleh cucu Bapak Sosrodjojo atau dapat juga disebut dengan Generasi Ketiga Pengembangan bisnis minuman teh selanjutnya dilakukan oleh dua perusahaan : PT. Teh Sepatu dan Teh Berko Mahasiswa D3 Teknik Elektro FTI – ITS . Teh Poci. Joy Tea Green Sosro.) Generasi Kedua Bapak Soemarsono Sosrodjojo (Alm. dan Air Minum Prim-A PT. Teh Terompet. Teh Cap Botol.Laporan Teknik Pengawasan Industri : ELCO (Electronic Learn to Company) 2012 Bisnis SOSRO sampai dengan saat ini sudah dijalankan oleh tiga Generasi SOSRODJOJO yakni : Generasi Pertama (Pendiri Grup Sosro) : Bapak Sosrodjojo (Alm. GUNUNG SLAMAT. Produk-produknya adalah Tehbotol Sosro. perusahan yang memproduksi Teh Siap Minum Dalam Kemasan. Happy Jus. SINAR SOSRO.

berkualitas. dan unggul. Peduli terhadap KEAMANAN. baik dalam volume penjualan maupun penciptaan pelanggan. dan menjadikannya pemimpin pasar dalam kategorinya masingmasing. Membangun dan memimpin jaringan distribusi. 7. 4. Mahasiswa D3 Teknik Elektro FTI – ITS . 5. 6. Profil Perusahaan Seiring dengan perkembangan bisnis perusahaan. Membangun sumber daya manusia dan melahirkan pemimpin yang sesuai dengan nilai-nilai utama perusahaan. 2. Jl. 3. Misi Perusahaan 1. PT SINAR SOSRO merupakan perusahaan minuman teh siap minum dalam kemasan botol yang pertama di Indonesia dan di dunia. Memberikan kepuasan kepada para pelanggan. Sentra Bisnis Artha Gading – Kelapa Gading Jakarta Utara. serta memberikan nilai tambah kepada semua pihak terkait (Total Beverage Company).3. Membangun merk Sosro sebagai merek teh yang alami.Laporan Teknik Pengawasan Industri : ELCO (Electronic Learn to Company) 2012 I.dimana saja. kapan saja. baik yang berbasis teh maupun non-teh. Sinar Sosro adalah Niat Baik yang di jabarkan dalam 3K dan RL yakni : Peduli terhadap KUALITAS. Dasar atau Filosofi PT. PT SINAR SOSRO dan PT GUNUNG SLAMAT bernaung dibawah perusahaan induk (holding company) yakni PT ANGGADA PUTRA REKSO MULIA (Grup Rekso) yang berkantor Pusat di Gedung Graha Rekso . 14240 Berdiri pada tahun 1974. Visi Perusahaan Menjadi perusahaan minuman yang dapat melepaskan rasa dahaga konsumen. Menyumbang devisa bagi negara. maka sejak Tanggal 27 November 2004. Menciptakan dan memelihara komitmen terhadap pertumbuhan jangka panjang. Melahirkan merk dan produk minuman baru. Boulevard Artha Gading Kav A1. Peduli terhadap KESEHATAN. Serta RAMAH LINGKUNGAN.

Tidak membahayakan kesehatan dapat dijabarkan kembali bahwa produk SOSRO tidak menggunakan bahan pengawet.4. Selain itu.1. Peta Distribusi Teh Sosro Dalam pengembangan bisnisnya. PT. tidak menggunakan pemanis buatan dan tidak menggunakan zat pewarna. PT. Mahasiswa D3 Teknik Elektro FTI – ITS . dan Amerika. Filosofi tersebut adalah “NIAT BAIK”. Niat baik ini juga diterapkan pada proses produksi SOSRO sehingga produksi yang dilakukan aman bagi lingkungan. Afrika. Filosofi SOSRO Keluarga SOSRO memiliki satu filosofi yang mulia dan selalu diterapkan pada setiap aktivitas bisnisnya. SINAR SOSRO telah memliki 10 pabrik yang tersebar di beberapa wilayah Nusantara. Sampai dengan Tahun 2008.Laporan Teknik Pengawasan Industri : ELCO (Electronic Learn to Company) 2012 I. SINAR SOSRO telah mendistribusikan produknya ke seluruh penjuru Nusantara. sebagian Timur Tengah. serta beberapa Kantor Penjualan Wilayah (KPW). melalui lebih dari 150 kantor cabang penjualan. Australia. Dengan demikian setiap produk SOSRO dapat dikonsumsi segala usia sepanjang hari. Singapura. Niat baik tersebut dijabarkan kepada produk-produk SOSRO yang tidak membahayakan kesehatan. produk PT. Brunei Darussalam. BAB II PROSES PRODUKSI III. untuk menjangkau konsumennya. SINAR SOSRO sudah merambah pasar Internasional dengan upaya mengekspor produk-produk dalam kemasan kotak dan kaleng ke beberapa Negara seperti Malaysia.

Secara lebih spesifik jenis teh yang digunakan memiliki perbandingan tertentu antara lain jenis peko. Pada mulanya Gula pasir yang digunakan sebagai bahan baku pembuatan proses produksi merupakan gula pasir terbaik yang diimpor dari Thailand karena gula tersebut memiliki keunggulan dibandingkan dengan gula lokal terutama dalam hal warna dan kesadahannya. Teh SPRR merupakan jenis teh yang dalam proses pengolahannya menjadi teh kering tidak melalui tahap fermentasi dan diberi aroma bunga melati. Hal ini dikarenakan. Pada bagian luar memakai karung goni sedangkan pada bagian dalam memakai kantong plastik. dan air. a. Sinar Sosro berasal dari Gunung Slamat Slawi. Teh SPRR yang digunakan di PT. Untuk kesadahannya.5 kg. b. meskipun standar superior sendiri berbeda untuk masing-masing perkebunan. Gula Pasir Gula berfungsi untuk memberikan rasa manis pada produk yang dihasilkan (TBS). kesadahan yang tinggi akan membuat warna sirup gula menjadi keruh dan menimbulkan endapan. Namun. Superior dalam tingkat kualitas teh menunjukkan bahwa teh tersebut adalah grade pertama.2. Teh SPRR dikemas dengan kemasan dua lapis. Hal tersebut bertujuan untuk melindungi teh kering dari air dan udara lembab. gula pasir. jikeng dan tulang. Setiap karung Teh SPRR beratnya adalah 25.Laporan Teknik Pengawasan Industri : ELCO (Electronic Learn to Company) 2012 III. yang dipetik dari perkebunan milik sendiri. Teh kering yang digunakan untuk produksi TBS adalah Teh SPRR atau lebih dikenal dengan jasmine tea. saat ini gula yang digunakan merupakan gula industri yang diproduksi secara lokal dengan kualitas yang sama dengan gula impor asal Thailand. Teh Kering Bahan baku the sosoro dipilih hanya dari 3 helai pucuk daun teh yang terbaik. gula impor memiliki kesadahan yang rendah dibanding dengan gula lokal. Untuk produk teh botol sosro misalnya. bahan baku yang digunakan adalah daun teh hijau terbaik kualitas peko yang dicampur dengan bunga melati (atau lebih dikenal dengan Jasmine Tea). yang merupakan bagian grup Sosro. Mahasiswa D3 Teknik Elektro FTI – ITS . Bahan Baku Bahan baku yang digunakan untuk pembuatan Teh Botol Sosro adalah teh kering.

Laporan Teknik Pengawasan Industri : ELCO (Electronic Learn to Company) 2012 c. III. Crown Cork Crown cork terbuat dari logam dan didalamnya dilapisi dengan PVC. Volume kemasan dalam botol untuk masing-masing produk berbeda. dengan 5 tumpukan untuk setiap palletnya. Masuk dan keluarnya crown cork dari gudang dilakukan menggunakan forklift. Botol yang digunakan terbuat dari bahan kaca yang tahan panas. b. a. Crown cork berfungsi sebagai penutup botol agar produk aman dari pengaruh udara luar dan dapat juga digunakan sebagai identitas suatu produk. dan krat. maka lantainya dilapisi dengan pallet. Air Air yang digunakan oleh PT Sinar Sosro berasal dari air bawah tanah. Setiap pallet terdapat 45 kardus crown cork. Untuk menghindari kontak langsung antara lantai dengan crown cork (mencegah kontaminasi). Botol Botol merupakan bahan pengemas yang langsung kontak dengan produk. Penyimpanannya diletakkan di gudang penyimpanan Crown cork yang luasnya setengah dari gudang penyimpanan gula. Penumpukan crown cork di dalam gudang disusun berdasarkan sistem FIFO. Bahan Kemasan Bahan pengemas yang digunakan untuk mengemas Teh Botol Sosro adalah crown cork. Kebutuhan akan air di sekitar lingkup perusahaan terlebih dahulu dilakukan pengolahan dalam unit pengolahan air (WT) agar diperoleh air yang standar. Botol. Krat merupakan bahan pengemas yang tidak langsung kontak dengan produk. melainkan hanya berfungsi melindungi botol supaya tidak pecah ketika pengangkutan. Satu Mahasiswa D3 Teknik Elektro FTI – ITS . botol disimpan dalam gudang peti botol (PB). Krat digunakan untuk memuat botol-botol baik botol kosong maupun botol isi.3. Crown cork dikemas dalam kardus dengan jumlah 10000 tiap kardus. Sebelum botol digunakan untuk proses produksi. Krat Krat terbuat dari plastik berwarna merah. c. Volume untuk produk TBS adalah sebesar 220 ml.

yaitu: Tahapan 1 : Penyeduhan Teh Teh Wangi Melati. Pada proses ini TCM dipanaskan dengan Heat Exchanger (Pemanas Tidak Langsung) hingga mencapai temperatur diatas 90° C. Dalam pengembangan bisnisnya. Sinar Sosro telah mendistribusikan produknya ke seluruh penjuru Nusantara. dilarutkan dengan air panas di tangki pelarutan gula sampai menjadi sirup gula. yang difilter dan dicampur dengan sirup gula cair berasal dari larutan gula pasir industri. melalui lebih dari 150 kantor cabang penjualan. Proses pembuatan dari teh botol sosro.Laporan Teknik Pengawasan Industri : ELCO (Electronic Learn to Company) 2012 krat memuat 24 botol. serta beberapa Kantor Penjualan Wilayah (KPW). sirup gula dipompa ke tangki pencampuran hingga kadar gula untuk Teh Cair Manis (TCM) mencapai standar yang telah ditentukan. Tahapan 4 : Pemanasan Teh Cair Manis Teh Cair Manis (TCM) adalah hasil pencampuran Teh Cair Pahit (TCP) dengan sirup gula yang kemudian dipompa ke unit pasteurisasi (Proses Pemanasan). III. kantor penjualan juga bertugas dalam penarikan kembali botol – botol kosong (returnable glass bottle). Di stasiun ini. terdiri dari 5 tahapan. Tahapan 2 : Pelarutan Gula Pasir Gula pasir putih. PT. Selain mendistribusikan. Sirup Gula ini kemudian difilter dan dipompa kedalam tangki penampungan. Selama krat masih dalam keadaan baik. TCM dengan temperatur diatas 90° C diisi kedalam botol panas yang sudah dicuci Mahasiswa D3 Teknik Elektro FTI – ITS . Proses Pembuatan Produk teh botol sosro terbuat dari seduhan teh wangi melati. Tahapan 3 : Pencampuran Dari tangki penampungan. Setelah proses penyeduhan The selesai. diseduh di dalam tangki ekstraksi dengan air mendidih yang sudah melalui proses filtrasi dan pemanasan. maka Teh Cair Pahit (TCP) hasil seduhan tersebut dilewatkan ke filter cosmos dan ditampung di tangki pencampuran (mixing tank). Tahapan 5 : Pengisian dalam botol Dari unit pasteurisasi ini TCM dipompa ke mesin pengisi botol. krat tersebut masih terus dipakai.4.

BAB III PRODUK PRODUKSI IV. pewarna dan pemanis buatan. tanpa pengawet. Oleh karena itu. Teh Botol Sosro kemasan botol kaca terbuat dari seduhan teh melati dicampur dengan gula pasir industri.Laporan Teknik Pengawasan Industri : ELCO (Electronic Learn to Company) 2012 dan steril.1. Produk Sosro Berikut ini produk-produk teh dalam kemasan yang dihasilkan oleh PT Sinar Umbrella brand (Terdapat logo Sosro dalam kemasannya) a. TBS (Teh Botol Sosro) tetap segar dan tahan lama walaupun tanpa penambahan bahan pengawet selama kerapatan botol terjamin. Teh Botol Sosro Teh Botol Sosro kemasan botol kaca atau sering disebut RGB (Returnable Glass Bottle) merupakan salah satu produk unggulan PT Sinar Sosro KPB Cakung. diangkut dan dibiarkan dingin dengan sendirinya. Untuk memenuhi kebutuhan pecintanya dimanapun berada. Produk ini merupakan produk teh siap minum yang pertama di Indonesia dan di Dunia yang sudah diluncurkan sejak tahun 1974. Teh Mahasiswa D3 Teknik Elektro FTI – ITS . sehingga bebas dari kuman. Dalam keadaan panas. Sosro adalah : 1. botol langsung ditutup.

• Kemasan pouch isi 230 ml. x-treme (apel-blackcurrant) dan fusion ( stroberi-anggur). blackcurrant. b. • Kemasan kotak (Tetra Pack) isi 1 liter. Produk Fruit Tea tersedia dalam berbagai kemasan : • Kemasan botol kaca (Returnable Glass Bottle) isi 235 ml. dan 200 ml. Adapun varian rasa buah yang ditawarkan adalah apel. stroberi. Produk ini cukup sukses dipasar sehingga pada tahun 2004 memperoleh Indonesia Best Brand Award sebagai Most Potential Brand In NonCarbonated Drink Category. Fruit Tea Fruit Tea merupakan produk minuman teh rasa buah yang mulai dipasarkan sejak tahun 1997 dengan target pasar remaja. 250 ml.Laporan Teknik Pengawasan Industri : ELCO (Electronic Learn to Company) 2012 Botol Sosro dengan inovasinya sampai dengan tahun 2008 ini telah memiliki banyak pilihan kemasan produk yaitu : • Kemasan botol kaca (Returnable Glass Bottle) isi 220 ml. • Kemasan pouch isi 230 ml. • Kemasan botol plastik atau PET (Poly Ethylene) isi 500 ml. • Kemasan kaleng (Can) isi 318 ml. • Kemasan genggam (Tetra Pack) isi 200 ml. Mahasiswa D3 Teknik Elektro FTI – ITS . • Teh Botol PET isi 500ml • Teh Botol Sosro Less Sugar kemasan botol plastik atau PET (Poly Ethylene) isi 500 ml dan kemasan kotak (Tetra Pack) isi 250 ml.

Laporan Teknik Pengawasan Industri : ELCO (Electronic Learn to Company) 2012 c. Joytea Joy Green Tea adalah produk terbaru dari PT Sinar Sosro KPB Cakung yang diluncurkan pada tanggal 26 Oktober 2007. S-Tee S-Tee merupakan produk yang dibuat pada tahun 90-an untuk mengimbangi produk pesaing yang memposisikan produknya lebih murah dengan isi lebih banyak. Mahasiswa D3 Teknik Elektro FTI – ITS . Salah satu bahan dasar produk ini adalah teh hijau atau green tea yang mengandung antioksidan yang berguna untuk kesehatan. Proses produksinya sama dengan Teh Botol Sosro. kadar Tanin dan kadar gula. perbedaannya adalah pada volume.. 2. Non umbrella brand (tidak terdapat logo Sosro dalam kemasannya) a. S-Tee dipasarkan dalam kemasan botol kaca (Returnable Glass Bottle) dengan isi 318 ml. Saat ini Joy Green Tea hadir dalam kemasan botol kaca (Returnable Glass Bottle) isi 234 ml dan kemasan botol plastik atau PET isi 500 ml dengan pilihan rasa Jasmine dan Honey Lemon.

Air SOSRO berganti nama dengan Prim-A. Keruh. 600 ml. Amonium. 1. 3. Zat-zat tersebut bersifat beracun. chlorida. mangan. Warna. Persyaratan Kimia Kandungan zat organik dan mineral tertentu harus sesuai standar yang telah ditentukan (pH. Merknya pada saat pertama kali dikeluarkan adalah “Air SOSRO”.Laporan Teknik Pengawasan Industri : ELCO (Electronic Learn to Company) 2012 b.5 liter. Prim-A Prim-A adalah produk jenis Air Minuman Dalam Kemasan (AMDK) yang dikeluarkan pada tahun 90-an. AMDK adalah air yang telah di proses. Menurut Departemen Kesehatan RI. Bau. Sulfida. Air mineral Prim-A hadir dalam kemasan cup 240 ml. Menurut SNI air harus memenuhi 3 persyaratan yaitu: 1. harus jernih. TEBS Mahasiswa D3 Teknik Elektro FTI – ITS . besi. harus bening. dll). Persyaratan Fisika Air tidak boleh mempunyai Rasa (sehingga harus tawar). dikemas dan memenuhi perrsyaratan air minum sehingga aman untuk diminum. kesadahan. dan dalam kemasan gallon. 2. kemudian pada tahun 1999. nitrat. Persyaratan Mikrobiologi Air minum tidak boleh mengandung kuman yang dapat menyebabkan penyakit. c. Zat yang tidak boleh terkandung dalam air adalah: nitrit. dan Khlor. botol plastik 330 ml.

Country Choice Country Choice merupakan produk minuman sari buah dalam kemasan Tetra Slim. d. Dengan varian rasa Apple Pulp. C. Mango. tanpa pengawet.Laporan Teknik Pengawasan Industri : ELCO (Electronic Learn to Company) 2012 TEBS merupakan minuman teh berkarbonasi yang diperkenalkan pada pasar sejak bulan November 2004 dengan kemasan botol kaca (Returnable Glass Bottle) isi 230 ml dan kemasan kaleng (Can) isi 318 ml. Orange. Guava. E dan kalsium dalam kemasan Pouch dan Tetra Wedge Aseptic (TWA). BAB IV Mahasiswa D3 Teknik Elektro FTI – ITS . Apple Fiber. e. Happy Jus Happy Jus Pouch adalah produk minuman buah siap minum dengan kandungan 10% Jus/sari buah dan kaya akan vitamin A.

Awal Februari panitia menghubungi PT Sampoerna. maka dibatalkan untuk ke PT nestle. padahal bagi mahasiswa tingkat akhir kegiatan tersebut dibutuhkan sebagai persiapan sebelum menghadapi dunia kerja secara nyata. atau kunjungan industri sebagai syarat perkuliahan. Latar Belakang Adanya Program Kerja ELCO Tahun lalu pada saat kepengurusan himpunan tahun 2010-2011. dan belum mendapatkan keputusan. kegiatan ini akan dilaksanakan secara rutin dari tahun ke tahun. ketua departemen hublu yang juga mahasiswa tahun akhir (angkatan 2009) menginginkan sebuah program kerja kunjungan industri. Program kerja ini disusun oleh departemen hublu HIMA D3 Teknik ELektro dengan nama ELCO ( Electronic Learn To Company). Kenyataan pada jurusan D3 Teknik Elektro tidak ada unsur seperti itu. dimana pengajaran memiliki program kerja kunjungan industri. maka dengan syarat yang seperti itu. dan PT Indonesian Power Grati Pasuruan. akhirnya panitia membuat keputusan untuk membatalkan kunjungan ke PT Sampoerna. Diharapkan dengan adanya nama ELCO. PT Indofood CBP Pasuruan. tidak ada program kerja mengenai study excursion ke kunjungan pabrik. Akhirnya kegiatan ELCO tidak dapat dilaksanakan pada hari libur semester ganjil. Ternyata dari pihak PT Sampoerna belum dapat memberikan keputusan mengenai ELCO. Awalnya perusahaan yang akan dikunjungi adalah PT Sampoerna dan PT Nestle. saat itu karyawan PT Sinar Sosro yang Mahasiswa D3 Teknik Elektro FTI – ITS . ternyata mendapat antusias yang tinggi.1. karena menlihat dari jurusan lain dimana kegiatan kunjungan industri dikelola oleh pengajaran. Pemilihan pabrik atau perusahaan yang ingin dikunjungi atas dasar dari kesepakatan peserta ELCO serta panitia. PT Sinar Sosro dan PT Indofood CBP menerima langsung proposal ELCO. Saat H-2 minggu sebelum kegiatan yang awalnya kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari libur semester ganjil. PT Sinar Sosro menawarkan Bis sosro pada panitia ELCO. Ketua departemen hublu menyampaikan keinginan program kerja kunjungan industri ke kahima dan mahasiswa angkatan 2009. Saat kepengurusan himpunan tahun 20112012. yaitu PT Sinar Sosro Mojokerto. Saat itu panitia berharap pada keputusan dari PT Sampoerna. PT Nestle dapat menerima proposal ELCO dan hanya menerima kunjungan maksimal 30 orang. Panitia ELCO mencari perusahaan lain.Laporan Teknik Pengawasan Industri : ELCO (Electronic Learn to Company) 2012 PEMBAHASAN IV.

Mojokerto dengan didampingi oleh dosen TKK. sehingga tidak dapat di ganggu. dan lagi-lagi minumnya teh botol sosro. dan sampai di lokasi sekitar pkul dua. Ketika di konfirmasi ulang. suhunya sangat panas. 22 maret 2012. seluruh peserta harus diberi topi untuk mencegah rambut atau kotoran mengotori produk. maka akan terjadi penurunan kualitas yang akan mengecewakan konsumen. Hari Kamis. dikarenakan diatas kita terdapat pipa uap. Selain itu suaranya sangat bising ! Yang sangat disayangkan adalah dilarang memotret. Satu jam telah berlalu. Dan menuju sebuah aula untuk diberi pengarahan dan perkenalan sekilas tentang perusahaan selama sekitar satu jam.. Bapak Djoko. Berangkat dari kampus sekitar pukul dua belas. bahwa tidak dapat menerima kunjungan industry. angkatan 2009 dan beberapa anak dari angkatan 2010 mengikuti ELCO ke pabrik PT Sinar Sosro. Setelah makan. bahwa IP sudah terlanjur menerima mahasiswa dari UI Jakarta. Mahasiswa D3 Teknik Elektro FTI – ITS mengunjungi PT Sinar Sosro Pabrik Mojokerto dengan dosen pendamping Djoko Suprajitno. Akhirnya perusahaan yang dapat dikunjungi adalah PT Sinar Sosro dan PT Indofood CBP. xx Maret 2012. Tetapi sebelumnya. Setelah tiba di pabrik PT Sinar Sosro Mojokerto. padahal sayang sekali. ….2. peserta tampaknya sudah nggak sabar ingin masuk pabrik dan melihat prosesnya secara langsung. Lalu makan bersama-sama. Seluruh peserta langsung menuju ruang auditorium untuk melihat galeri dan mendapatkan satu botol teh gratis. IV. Keingintahuan mahasiswa tersebut mengenai Proses Produksi Teh Botol Sosro merupakan satu hal yang menjadi dasar kita untuk mengunjungi pabrik Sosro di Mojokerto.Laporan Teknik Pengawasan Industri : ELCO (Electronic Learn to Company) 2012 menangani masalah kunjungan Industri sedang sakit lama. PT Indonesian Power mengirimkan surat permohonan maaf. KONDISI REAL PT SINAR SOSRO Pada hari kamis. prosesnya itu sangat menarik dan sayang sekali untuk tidak diabadikan. Akhirnya ketika mengkonfirmasi ulang kepada karyawan tersebut. Apabila itu terjadi. Didalam pabrik. ternyata Bis nya pada hari itu sudah ada jadwal pemakaian. semua peserta sholat. Mahasiswa D3 Teknik Elektro FTI – ITS . sehingga batal untuk menghemat transportasi.

dan Beracun) untuk dikembalikan kembali ke lingkungan agar tidak mengganggu keseimbangan alam. Setelah puas melihat proses. maka botol akan tersisih secara otomatis. teh botol sosro steril dan man untuk diminum.Laporan Teknik Pengawasan Industri : ELCO (Electronic Learn to Company) 2012 Tiga pucuk daun teh teratas direbus bersama gula refinasi dengan suhu tinggi. Semua semakin yakin bahwa dengan proses yang seketat itu. botol harus dibersihkan dulu dengan cairan kimia untuk menghilangkan kotoran. Yang terakhir. kami kembali ke auditorium untuk sesi tanya jawab. Setelah itu. tidak mengandung zat 3B (Berwarna. Botol yang sudah steril langsung diisi oleh teh. dijaga dengan suhu kamar dengan tingkat humiditas yang rendah. semua proses dilakukan dengan kontroller. Setiap jam. Berbau. dapat menghasilkan kurang lebih empat puluh ribu botol. Tetapi sebelumnya. lalu di masukkan kedalam setiap botol. Di dalam gudang hanya terdapat ratusan tumpukan gula pabrik. Apabila masih ada kotoran tersisa saat seleksi kebersihan. kami melihat gudang gula pabrik refinasi. dimasukkan dalam kerat-kerat dan dimasukkan ke dalam gudang untuk masa inkubasi selama tiga hari. Apabila ada volume yang kurang. kami melihat IPAL (Instalasi Pengolahan Air Limbah) yang diolah menjadi air bersih. Mahasiswa D3 Teknik Elektro FTI – ITS . Setelah melihat keseluruhan proses. Dan sebelahnya terdapat gudang daun yang daunnya telah layu. maka akan diulangi kembali.