You are on page 1of 4

SOP warnet

JAM OPERASI WARNET DAN JAM KERJA KARYAWAN
1. Jam operasi warnet, buka pk 09:00 WIB hingga pukul 24:00 WIB. 2. Jam kerja karyawan dibagi menjadi 3 shift, shift pertama mulai pk 00:00 s.d 08:00, Shif Kedua muali 08:00 s.d 17:00, Shif ketiga mulai 17:00 s.d 24:00 3. Karyawan beda shift harus sudah datang 30 menit sebelum jam kerja dimulai untuk koordinasikan kelanjutan tugas. 4. Operator Warnet diwajibkan mengenakan pakaian Seragam Jaga Operator, rapi dan sesuai dengan lingkungan, wajib hadir dan mulai bekerja pada waktu yang telah ditetapkan. 5. Keterlambatan dan ketidak hadiran akan mendapat sanksi sesuai peraturan atau bahkan mendapat skorsing dan atau teguran hingga adanya pemberhentian dari pekerjaan untuk sementara waktu hingga operator dianggap perlu untuk mulai bertugas jaga. 6. KUALITAS PELAYANAN atau mutu pelayanan harus sesuai dengan standarisasi perusahaan. Keramahan, kecepatan pelayanan, tertib, teratur serta kebersihan yang didapat pelanggan harus sama dari setiap petugas warnet yang berbeda. 7. TATA TERTIB : BAGI KARYAWAN, DILARANG:

a. Meninggalkan meja petugas warnet dalam terbuka walaupun
sesaat. Meja petugas harus diawasi. Laci harus dalam keadaan terkunci. Karyawan bertanggung jawab penuh jika terjadi kehilangan atas inventaris atau barang hak milik warnet

b. Melakukan hal2 yang tidak berhubungan dengan pekerjaan di
masa jam kerja, seperti main game, bahkan membiarkan beberapa temannya bermain game tanpa billing (Gratis).

c. Menggunakan internet tanpa izin Operator yang bersangkutan di
luar jam operasi/jaga hal ini dilakukan untuk menghemat biaya, mencegah kerusakan dan memperpanjang umur komputer.

d. Membiarkan pelanggan duduk di kursi operator, Mengeluarkan
catatan, buku, data tentang rahasia perusahaan

e. Mengambil barang2 milik pelanggan yang tertinggal di dalam
warnet untuk kepentingan pribadi, 8. MELARANG PELANGGAN AGAR TIDAK :

a. Mengambil gambar / foto tanpa izin , untuk mencegah publisitas
atau penyebaran informasi yang tidak diinginkan.

b. Berbuat hal2 yang tidak pantas / asusila

scanner. kalkulator. Menyalakan / mematikan / menyetel sendiri komputer. b. selebaran yang ditempel tanpa izin akan dibuang. d. pihak perusahaan sangat menaruh perhatian besar terhadapnya. Menempel brosur. Ruang bilik. Lantai di sapu. Keyboard. Tempat yang tidak bersih selalu dijauhi pelanggan. tembok. (c) Tempat parkir disapu agar terlihat bersih Karena kebersihan adalah ciri suatu tempat usaha yang sukses. scanner. bersih dan rapih. PROSEDUR PELAYANAN WARNET PERSIAPAN FASILITAS PENDUKUNG : Sebelum buka. f. (komputer. . tukarkan. Petugas berhak untuk memberhentikan dan mempersilakan keluar pelanggan yang tidak mematuhi peraturan 10. printer. e. dipel. printer. Meminta kembali uang dan mengembalikan barang setelah transaksi. Merubah setting komputer. kertas catatan (notes). petugas membersihkan fasilitas pendukung. (b) Botol2. hal2 detil yang menunjang kegiatan operasional. Brosur. Berhubung interior warnet harus terlihat indah di mata pelanggan. dicopot karena berikan kesan jorok. seperti: (a) Membersihkan ruang tunggu. Pastikan operator warnet yang bertugas sudah berpenampilan baik. dll) bisa bekerja dengan baik e. Pastikan semua instrumen. c. scanner. Pastikan uang kecil tersedia untuk kembalian. Penampilan petugas adalah cerminan dari bisnis warnet yang sedang dikembangkan. printer. serta membuang sampah baik didalam maupun diluar ruang warnet. kaca dibersihkan jika diperlukan gunakan pengharum ruangan. Monitor dan mouse. dsb. alat tulis. Hal2 tersebut bisa dikerjakan oleh petugas yang bertanggung jawab atas alat tersebut. jam penunjuk waktu. PERSIAPAN DI WARNET a. dsb untuk menghindari resiko kerusakan. kaca. sticker di dinding. tata ruang harus ditata dg baik. Pastikan semua buku. cermin atau dimanapun di lingkungan warnet tanpa seizin pemilik/Operator. monitor. Jika tidak ada. selebaran. speaker. tersedia d. kaca.c. gelas2 dibereskan..

diucapkan oleh petugas disaat pelanggan pembayaran ke operator dan hendak meninggalkan warnet c) Pembayaran diterima dalam bentuk kas dan kontan. pelanggan yang tiba dipersilakan menunggu di ruang tunggu...dsb. silakan hubungi saya. Pelanggan yang datang disambut dengan senyum dan ucapkan “selamat (pagi. nama pelanggan. b) Kata2 terimakasih pak/bu/mas telah menggunakan layanan warnet kami.. lama waktu penggunaan. Jika ingin mengetik. d) Petugas wajib menyediakan uang kecil untuk kembalian dan harus diusahakan untuk didapat segera. MEMPERSILAKAN MENUNGGU DI RUANG TUNGGU Jika tempat penuh.” c.. e) Menyerahkan laporan kerja pada akhir waktu kerja karyawan yang bersangkutan .” 5. Warnet tidak melayani pembayaran tertunda atau hutang. sikap. kata2. Hak pelanggan yang tertunda terlalu lama akan berpengaruh ke nama baik perusahaan. serta jumlah total biaya yang harus dibayar oleh pelanggan. rusak. Pelayanan. tidak berfungsi seharusnya. pak/mas/mbak. PEMBAYARAN OLEH PELANGGAN a) Petugas mencatat pada buku transaksi. biaya lain2 seperti snack.. sore. harus konsisten / sama untuk setiap pelanggan. jika ada masalah. Jika ingin menggunakan internet.PENERIMAAN / PENYAMBUTAN PELANGGAN a. silakan hubungi saya. d... malam) Ada yang bisa kami bantu? ” b. . pelanggan di antar ke tempat nya dan katakan “ Silakan.…. PEMERIKSAAN INSTRUMEN TIAP PERGANTIAN JAM PENGGUNAAN Petugas memeriksa tiap “bilik” apakah ada barang milik warnet yang hilang. pelanggan di antar ke tempat nya dan katakan “ Silahkan Gunakan Bilik Nomor .. Nama saya …. Nama saya . Kepuasan yang ada di benak pelanggan adalah kunci dari bisnis kita. softdrink. jika ada masalah.. Persiapan dilakukan untuk pengguna internet berikut.

manajer. Prospek Pemasaran/gagasan2 dsb. Materi yang akan di bahas adalah masalah intern teknis operasional dari warnet dan sejauh mana upaya perencanaan strategis dijalankan 2. Pertemuan mingguan diadakan setiap minggu antara karyawan dengan manajer. PERTEMUAN INTERN PERUSAHAAN 1. Pada akhir jam operasi. petugas membersihkan ruangan. komputer.AKHIR JAM OPERASIONAL 1. Pertemuan bulanan diadakan setiap bulannya antara karyawan. operator menutup pembukuan dg mencatat total pendapatan atau biayanya pada transaksi jam jaganya pada LAPORAN PERSONAL untuk diserahkan ke bagian administrasi dan keuangan. pembelanjaan modal. dan pemilik usaha Materi yang dibahas adalah pertanggung jawaban biaya. . perencanaan strategis bulanan. Pada akhir jam operasi. target penjualan. 2. semua komponen komputer dengan mengecek semua bilik.