Pekanbaru. Februari 2012 Pemohon. RANCANGAN SISTIM INFORMASI ADMINISTRASI PENGUJIAN KENDARAAN BERMOTOR (PKB) PADA UPT-PKB DINAS PERHUBUNGAN DAN INFOKOM KABUPATEN SIAK 2. ANALISIS SISTIM REGISTRASI KENDARAAN BERMOTOR WAJIB UJI ( KBWU ) PADA DINAS PERHUBUNGAN DAN INFOKOM KABUPATEN SIAK. 3. Untuk itu saya mengajukan judul penelitian sbb : 1. . Atas persetujuan Bapak/Ibu diucapkan terima kasih. JEFRIZAL Catatan : . RANCANGAN SISTIM INFORMASI BIAYA UJI KENDARAAN BERMOTOR PADA UPT-PKB DINAS PERHUBUNGAN DAN INFOKOM KABUPATEN SIAK Demikianlah permohonan ini disampaikan dengan harapan Bapak/Ibu Ketua Program Studi dapat menyetujui judul penelitian yang saya ajukan.Hal : Pengajuan Judul PKL Kepada Yth : Bapak Ketua Prodi Sistem Informasi Universitas Lancang Kuning Di – Pekanbaru Dengan hormat : Berdasarkan peraturan akademik yang berlaku pada Fakultas Ilmu Komputer Universitas Lancang Kuning. maka dengan ini disampaikan bahwa saya yang bertanda tangan dibawah ini : Nama Nomor Mahasiswa Semester Program Studi : : : : JEFRIZAL 0910 007 57 201 021 VI Sistim Informasi Telah memenuhi persyaratan akademik untuk melakukan penelitian dan penulisan laporan PKL.Latar Belakang masing-masing judul terlampir.

dalam rangka meningkatkan pelaksanaan terhadap setiap pemakai Jasa Transportasi. mengakibatkan masysrakat enggan mengurusnya. . bahwa untuk memenuhi maksud sebagaimana tersebut diatas. belum lagi dengan antrian yang panjang. hal ini dapat mengakibatkan kendaraan tersebut tidak diperiksa apakah layak jalan ataupun tidak. keamanan dan kenyamanan.Berdasarkan pengamatan tersebut di lingkungan pengujian kendaraan bermotor dinas perhubungan dan infokom kabupaten siak. jikalau keadaan ini terus berlanjut dimana masyarakat tidak lagi mau mengurus surat uji kendaraan bermotor. Banyak kita lihat kejadian-kejadian kecelakaan yang diakibatkan oleh kendaraan tersebut. dipandang perlu untuk lebih mengoptimalkan sistim administrasi pelaksanaan Pengujian Kendaraan Bermotor ( PKB ) berdasarkan peraturan daerah Kabupaten Siak tahun nomor 30 tahun 2002 Tentang Retribusi Pengujian Kendaraan Bermotor. Dengan sejalannya perkembangan kabupaten siak perkembangan kendaraan pun makin meningkat. contohnya rem yang tidak berfungsi dan sebagainya. bahwa sesuai dengan perkembangan lajunya pertumbuhan Pembangunan dewasa ini yang semakin meningkat.LATAR BELAKANG JUDUL PKL RANCANGAN SISTIM INFORMASI ADMINISTRASI PENGUJIAN KENDARAAN BERMOTOR (PKB) PADA UPT-PKB DINAS PERHUBUNGAN DAN INFOKOM KABUPATEN SIAK Kabupaten Siak merupakan pemekaran dari Kabupaten Bengkalis pada 13 tahun yang lalu sesuai dengan undang-undang No. untuk pencapaian pelayanan yang optimal diperlukan suatu Aplikasi RANCANGAN SISTIM INFORMASI ADMINISTRASI PENGUJIAN KENDARAAN BERMOTOR (PKB) PADA UPT-PKB DINAS PERHUBUNGAN DAN INFOKOM KABUPATEN SIAK yang bisa digunakan untuk perubahan sistim yang lama menjadi lebih maksimal. sehingga terwujudnya peningkatkan mutu dan standar pelayanan menjadi pelayanan prima sehingga menjadi yang terbaik sesuai dengan visi dan misi pemerintahan Kabupaten Siak. di pandang perlu menganalisa lagi sistim administrasi pengujian kendaraan bermotor (PKB ).53 tahun 1999 dan perkembangan Kabupaten Siak sangat pesat. untuk pelayanan pengujian kendaraan bermotor di 14 kecamatan di Kabupaten Siak tempat pengujian kendaraan bermotor (PKB) hanya mempunyai satu lokasi yaitu di wijayah Kecamatan Tualang . maka kebutuhan pelayanan akan jasa transportasi Angkutan Darat dituntut untuk lebih mengutamakan keselamatan. karena itu pengujian kendaraan bermotor adalah hal yang mutlak untuk dilakukan dalam pembinaan dan pengawasan transportasi. karena selama ini pelaksanaan sistim administrasinya masih manual dan tergolong lambat. sehingga belum tercapainya pelayanan yang efektfi dan efisien. Melihat dari kondisi diatas. khususnya pada transporrtasi darat.

unsurnya yang terdiri atas jaringan prasarana. baik yang menyangkut kegiatan ekonomi maupun sosial. Selain itu transportasi berperan sebagai pendukung. Dalam kegiatan meregistrasi pengujian kendaraan tidak hanya dalam hal penomoran saja. dalam aspek pelayanan jasa perhubungan yang salah satunya merupakan pelayanan jasa pengujian kendaraan bermotor.LATAR BELAKANG JUDUL PKL ANALISIS SISTIM REGISTRASI KENDARAAN BERMOTOR WAJIB UJI ( KBWU ) PADA UPT-PKB DINAS PERHUBUNGAN DAN INFOKOM KABUPATEN SIAK Transportasi merupakan sarana yang sangat strategis dalam memperlancar roda perekonomian. yang fungsinya untuk mendata kendaraan yang sudah melekukan pengujian kendaraan pada dinas perhubungan yang selama ini masih manual bahkan rentannya kesalahan pada penomoran registrasi dan penghitungan. tetapi menyangkut semua hal diantaranya : 1. Penghitungan jumlah semua kendaraan yang wajib uji (KBWU) . Pengujian kendaraan bermotor merupakan serangkaian kegiatan menguji dan atau memeriksa bagian-bagian kendaraan bermotor. Pentingnya transportasi tersebut tercermin pada semakin meningkatnya kebutuhan akan jasa bagi mobilitas orang maupun barang keseluruh wilayah. jaringan pelayanan. Akibat dari kesalahan tersebut sehingga tidak mendapatkan jumlah kendaraan bermotor wajib uji sesuai dengan katagori dan jenis yang tepat. Penyediaan sarana dan prasarana transportasi merupakan infrastruktur dasar bagi pelaksanaan kegiatan masyarakat disegala bidang. pendorong dan penggerak bagi pertumbuhan daerah dalam upaya peningkatan dan pemerataan pembangunan dan hasilnya. memperkokoh persatuan dan kesatuan serta mempengaruhi semua aspek kehidupan masyarakat. Untuk mewujudkan suatu tatanan transportasi yang efektif dan efisien maka sistem transportasi harus ditata dalam satu kesatuan sistem yang pengembangannya dilakukan dengan mengintegrasikan dan mendinamiskan unsur. dalam pengujian kendaraan bermotor sebelum pelaksanaan pengujian kendaraan di lakukan registrasi terlebih dahulu. Untuk mengatasi permasalahan – permasalahan tersebut perlunya suatu Aplikasi ANALISIS SISTIM REGISTRASI KENDARAAN BERMOTOR WAJIB UJI ( KBWU ) PADA UPT-PKB DINAS PERHUBUNGAN DAN INFOKOM KABUPATEN SIAK yang bisa membantu kegiatan registrasi pengujian kendaraan bermotor wajib uji pada dinas perhubungan dan infokom kabupaten siak. kendaraan dan manusia serta peraturan dan prosedur yang sedemikian rupa sehingga terwujud situasi lalu lintas yang tertib. disamping keterbatasannya sumber daya manusia yang berkerja di instansi tersebut.

Pencarian kartu induk diwaktu melakukan uji berkala . Penghitungan perjenis kendaraan Mobil Bus Mobil Barang Mobil Penumpang Kereta Tempelan / Gandengan 3. Penerbitan kartu induk perjenis kendaraan 4.2.

Berdasarkan latar belakang tersebut maka penulis menyusun judul PKL yang berjudul : RANCANGAN SISTIM INFORMASI BIAYA UJI Retribusi Pengujian Kendaraan KENDARAAN BERMOTOR PADA UPT-PKB DINAS PERHUBUNGAN DAN INFOKOM KABUPATEN SIAK. agar pemilik kendaraan sebagai pengguna dan pembayar tarif pengujian tidak selalu menjadi pihak yang dirugikan. Atas dasar permasalahan tersebut. maka dari itu perlu adanya suatu sistim yang mampu menjawab semua permasalahan yang ada. pengujian juga merupakan serangkaian kegiatan menguji dan atau memeriksa bagian-bagian kendaraan bermotor. berdasarkan pengamatan diatas dipandang perlu ada nya suatu perbaikan pada sisitim administrasi selaras dengan perkembangan zaman yang mana sudah menggunakan sistim komputerisasi menggunakan aplikasi. dalam proses administrasi setiap kendaraan yang telah melakukan pengujian kendaraan bermotor diwajibkan melakukan pembayaran biaya uji kendaraan bermotor sesuai dengan Peraturan Daerah Kabupaten Siak nomor 30 tahun 2002 tentang Bermotor. Hal tersebut merupakan satu permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini.LATAR BELAKANG JUDUL PKL RANCANGAN SISTIM INFORMASI BIAYA UJI KENDARAAN BERMOTOR PADA UPT-PKB DINAS PERHUBUNGAN DAN INFOKOM KABUPATEN SIAK Pengujian kendaraan bermotor merupakan sub bagian dari bidang perhubungan yang mutlak dilakukan dalam pembinaan dan pengawasan transportasi. di mana pelayanan nya yang tergolong lambat sehingga banyak menghabiskan waktu untuk menunggu giliran. maka pertanyaan yang muncul adalah “Bagaimanakah pelaksanaan undang-undang no 22 tahun 2009. khususnya dalam penerapan pengujian kendaraan bermotor oleh Dinas Perhubungan dalam rangka untuk memberikan pelayanan yang optimal ”. sehingga tidak tercapainya pelayanan yang optimal. Selama ini pembayaran biaya uji kendaraan bermotor masih menggunakan manual. .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful