TEKNIK AUDIO VIDEO

CARA PEREKAMAN DAN PLAYBACK PADA PESAWAT VIDEO

Disusun Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Teknik Audio Video

Disusun oleh :

Puput Septiana Sari Panghegar Ashari Muhammad Ivan Nurizal Sakti

5301409066 5304109063 5301409056

FAKULTAS TEKNIK

UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG 2012

(VCR) Video Cassette Recorder Video Cassette Recorder merupakan peralatan elektronik yang bisa dipakai untuk merekam suara dan video dalam suatu kaset pita magnetik yang bisa dimasukkan dan dikeluarkan dengan mudah seperti halnya pita kaset suara biasa (Audio Cassette Recorder atau Cassette Recorder). Secara umum.VCR dibuat pertama kali oleh Charles Ginsburg dan Ray Dolby pada 1956. Prinsip Kerja VCR Prinsip kerja yang dilakukan dalam sistem ini antara lain: .CARA PEREKAMAN DAN PLAYBACK PADA PESAWAT VIDEO A. dan pita format V2000. pita format Betamax. perekam kaset video (VCR) ini menggunakan pita kaset (tape) dengan 3 macam format: pita format VHS. sekarang jenis format yang paling populer dipakai adalah pita kaset dengan format VHS. karena video yang ditayangkan dapat diputar kembali pada waktu yang lain. Alat ini populer digunakan dalam rangka pengembangan sistem penyiaran televisi. Di antara ketiga macam format ini. Block Diagram VCR B.

VCR memiliki dua tipe flying erase head. PERBEDAAN MEDIA REKAM VCD DAN DVD VCD (Video Compact Disc) atau MPEG1 atau DAT menggunakan media rekam CD (Compact Disc) biasa sebagai alat atau media untuk memutar kembali/playback. Gabungan empat head ini akan menyajikan sebuah sistem kerja yang lebih baik pada pemutaran dalam kecepatan yang lebih rendah. sejauh 0. Sebuah masalah timbul. Dalam LP mode.44 inci (11. dan EP settings. Sedangkan. kaset bergerak melampaui kepala perekam dalam 1. DVD Video (Digital Versatile Disc Video) atau . EP mode sejauh 0.35 mm) per detik. Untuk itu kebanyakan VCR memiliki dua head pemutar untuk SP mode dan dua head yang lebih kecil digunakan untuk pemutaran kecepatan lebih lambat. LP.31 inci (33. mampu menghapus memori dalam pita dengan melakukan pembersihan diantara segment tersebut. SP mode. kasetnya terdiri dari sebuah pengaturan track linear yang membantu VCR sebagai penyeimbang putaran rotasi dengan pita perekam pada kaset.  SP.  End-of-tape sensing. akan tampak sebuah cahaya melalui kaset dan mengidentifikasikan bahwa tugas telah selesai. sebuah VCR membutuhkan dua head untuk menyimpan atau memainkan kaset pada mode SP. pada saat LP dan EP mode. karena kaset akan bergerak jauh lebih lambat. Tracking Control. mengurangi kemampuan pencitraaan tapi menambah jumlah materi yang cocok untuk kaset  Four-head vs Two-head. pita dalam kaset akan bergerak semakin dekat satu sama lain. ini merupakan tiga macam kecepatan yang di set dalam sebuah VCR yang akan melakukan pengaturan kecepatan pada kaset yang berhubungan dengan pemutar.66 inci (16.  Flying Erase Head.7 mm) per detik. C. saat VCR sudah tidak beroperasi.12 mm) per detik. Selama kecepatan kaset bertambah.

Pit adalah lubang (galian) kecil atau tekanan yang sedikit di atas permukaan disc yang mengijinkan pickup laser untuk membedakan antara kondisi digital berlogik 0 dan 1. Sebagian besar tambahan ini berasal dari pit dan track pada DVD lebih kecil. untuk VCD dan DVD-Video yaitu media rekam CD dan DVD.830 nanometers layer DVD) Minimum Pit Length (double. jenis laser yang digunakan berbeda karena menghendaki cahaya dengan berkas yang lebih sempit. Perbedaan antara CD dan DVD dalam ukuran 440 nanometers 2. Perbedaan Media Rekam VCD dan DVD 1. DVD sisi tunggal. Spesifikasi Track Pitch CD 1600 nanometers DVD 740 nanometers 400 nanometers Minimum Pit Lenght (single. untuk DVD lapisan tunggal adalah 2. . lapisan tunggal dapat menyimpan sekitar tujuh kali lebih banyak dari pada CD.16 kali lebih kecil dan panjang pit minimum. Dilihat dari Track space / spasi tiap track Jalur track pada DVD 2.MPEG2 atau VOB menggunakan media rekam DVD sebagai alat untuk memutar kembali/playback. Ini merupakan satu dari sebagian besar alasan mengapa CD player tidak dapat membaca DVD. sementara DVD player mampu membaca CD audio). Dalam susunan demikian DVD player membaca format DVD dengan ukuran pit lebih kecil dan spasi track lebih tipis.830 nanometers layer DVD) Table. Fitur spasi track antar pit spiral pada DVD lebih tipis. Dilhat dari hal ukuran Track dan Pitch DVD memiliki ukuran pit lebih kecil dari CD.08 kali lebih kecil dari pada CD.

semakin kecil titik fokus yang bisa dibuat oleh lensa.6. Semakin besar nilainya. Dilihat dari kapasitas lapisan pada single side – single layered Sebagaimana telah diketahui DVD-5. 4. 5. .3. sedangkan DVD menggunakan sinar laser merah ber-panjang gelombang 650 nm.45 dan untuk DVD nilainya 0. Dilihat dari NA/Diafragma atau pengatur lensa Fokus Besarnya NA atau Diafragma untuk CD Nilainya 0. Bedanya ada di panjang gelombang. sedangkan kapasitas CD hanya 650 MB. Sinar laser merah pada CD panjang gelombangnya adalah 780 nm. Dilihat dari Panjang Gelombang Sinar Laser (ƛ) Keduanya sama-sama pakai sinar laser merah untuk pembaca datanya. Besarnya diafragma mempengaruhi jarak lapisan data dengan mata laser.7 GB data digital. Angka 5 dalam DVD-5 signifikan dengan mendekati kapasitas data 5 GB. atau 74 menit untuk musik DVD audio resolusi tinggi. Informasi digital ini mendekati dua jam video digital dan audio video. merupakan konstruksi yang paling sederhana format ini mampu menyimpan 4.

Penemuan perekaman magnetik adalah disebabkan berbagai JA O'Neill (b. .1909). seperti catatan. dan insinyur Jerman Fritz Pfleumer. tapi dunia memperhatikan sedikit tentang teknologi baru pada saat itu. seperti yang disebut. menyimpan. dan lebih murah untuk diproduksi. lapisan datanya juga ikut terkelupas. Pada tahun 1935. Ketika digores labelnya. yang dikatakan telah membuat versi kertas pada tahun 1927 di Amerika Serikat. telegraphone itu.2 mm. Sejarah perekaman magnetik Perekaman magnetik adalah teknik menyimpan sinyal-sinyal listrik sebagai pola magnetis pada permukaan magnetik bergerak. Itu Pfleumer yang mengajukan paten rekaman pertama tahun 1929.sedang dikerjakan secara teoritis dalam artikel 1888 oleh penemu Oberlin Inggris Smith (1840-1926). coba gores labelnya dengan uang logam ato benda lain yang mirip. Sedangkan lapisan data DVD terletak di tengah-tengah keping. dan mengedit. Pada CD Lapisan data terletak di lapisan bawah sendiri dan bersentuhan langsung dengan lapisan label. penemu Denmark 20 tahun dan fisikawan Valdemar Poulsen menciptakan sebuah alat yang direkam dan direproduksi oleh magnetisasi sisa suara dari kawat baja. bila digores labelnya. Perekaman magnetik 1. yang pada tahun 1928 mengembangkan tape dibuat oleh ikatan lapisan tipis oksida untuk strip dari baik kertas atau film. berdasarkan ide Pfleumer. Tidak ada keraguan Namun. Rekaman tersebut lebih mudah untuk menggunakan.6 mm dari lapisan atas. anggap saja lapisan yang mengkilap adalah lapisan atas dan lapisan yang berlabel adalah lapisan bawah. disebutmagnetophon. lapisan datanya akan tetap hidup tenang ditengah keping. perusahaan elektronik Jerman AEG menghasilkan prototipe catatan / mesin pemutaran. rekaman yang lebih baik dari metode yang ada. Bila digores semuanya maka akan menghasilkan keping CD yang bening. Pada tahun 1898. D. atau 0. Konsep merekam suara pada pita magnetik . tetapi menggunakan pita plastik. Coba ambil keping cd yang sudah tak terpakai.dan dengan demikian prinsip tape recorder .Ketebalan keping adalah 1. Berbeda dengan DVD. telah ditunjukkan di tahun 1900 World Fair diParis. untuk merekam dan menyimpan suara.

membangun sebuah perekam magnetik kawat.BASF terus menyempurnakan AEG tape telah digunakan. Rekaman kaset pertama publik dibuat oleh LondonPhilharmonic Orchestra di pabrik BASF di Ludwigshafen. Dia menciptakan lapisan magnetik pertama yang pita rekaman modern didasarkan pada pelapis ini digunakan dalam rekaman video. seorang penemu Amerika Serikat. Camras terus mengembangkan teknik merekam untuk digunakan di rumah.perekam Nya menggunakan rekaman magnetik revolusioner kepala untuk merekam di sekitar kawat simetris. . atau 1938 Marvin Camras. penyajian pita magnetik pertama digunakan di pameran Berlin pada tahun 1935. menggunakan variasi pada karya awal Poulsen. Pada tahun 1937. Jerman. seperti untuk mensimulasikan suara pertempuran di lokasi noninvasion dan karena itu menyesatkan musuh. Versi awal perekam nya digunakan selama Perang Dunia II untuk pelatihan dan tujuan strategis. alat perekam lainnya juga sedang dikembangkan secara bersamaan. pada tahun 1936. dan disket untuk komputerpribadi. pita komputer.

TAPE BLANK Head menghasilkan medan magnet bervariasi sesuai dengan sinyal yang diterima piranti perekam Informasi magnetik “dibekukan” dalam lapisan tape magnetik pada saat melalui head recording Informasi magnetik “dibekukan” dalam lapisan tape magnetik pada saat melalui head recording .Perekaman Menggunakan Pita Magnetik Pada VCR Perekam kaset video atau vcr (video cassette recorder) adalah peralatan elektronik yang bisa dipakai untuk merekam suara / audio dan gambar/ video dalam suatu kaset pita magnetik yang bisa dimasukkan dan dikeluarkan dengan mudah seperti halnya pita kaset suara biasa (audio cassette recorder atau cassette recorder). Kebanyakan jenis vcr dilengkapi dengan rangkaian penala tv (tv-tuner) atau penerima yang dapat menerima siaran tv secara langsung.

DIAGRAM BLOK DASAR DARI SISTEM PLAYBACK PIRINGAN OPTIK Berikut ini kita berikan sebuah gambar prinsipkerja VCD/DVD Player. Gambar ini kita peroleh dari modul Reparasi VCD/DVD Player yang diterbitkan BLPT Semarang hanya saja kita gambar ualang. Rangkaian MPEG adalah bagian pengolah sinyal. Keterangan: 1. Semoga gambar prinsip kerja VCD/DVD Player berikut ini mudah dipahami. . Perangkat ini akan memberikan sinyal pada motor slider maupun spiner seperti yang ditunjukkan alur anak panah pada gamabr. Selaian itu perangkat ini juga akan mengolah sinyal pembacaan dari bagian optik yang akan dilanjutkan ke out put audio maupun video.

pembagi optical. kemudian dipantulkan kembali ke komponen opto-electronic yang bertugas mendeteksi setiap perubahan cahaya yang . cermin dan lensa obyektif.2. sehingga titik fokusnya juga tidak sama. Setiap sorotan laser akan langsung mengenai lapisan pemantul bahan polycarbonate dari piringan dvd. 3. diameter laser juga harus mampu menembusnya ketika membaca data pada layer inti yang berada di lapis kedua. Bagian mekanik optik terdiri dari beberapa bagian seperti pembangkit laser. karena titik kerjanya harus dapat terfokus pada setiap permukaan bidang pantul. dioda peka cahaya. Servo focus berguna untuk memfocuskan lensa obyektif sehingga data bisa terbaca dengan baik 4. Untuk lapis pertama dibuat sebagai bidang reflektif semi-transparan. Ini sangat menentukan terutama waktu menjalankan jenis piringan dvd yang memiliki jarak yang berbeda. Power supply berfungsi sebagai sumber tegangan DC ke bagian mekanik maupun MPEG Prinsip Kerja Pembacaan Optik Pada DVD/VCD Prinsip kerja dvd player terletak pada pemfokusan dari laser ketika melakukan pembacaan pit-pit di jalur trak.

Digital Camera dan Handycam sebagai alat rekam gambar. sehingga akan terjadi pergeseran laser dari arah dalam bergerak keluar secara linier.insideit.files. F.wordpress. kelebihan dan kekurangan alat rekam gambar tersebut antara lain : Kamera Ponsel Sumber foto : www. Tugas ini dibebankan pada tracking system yang selalu bergerak kontinyu dari tengah ke pinggir piringan. 2. Kecepatan dari pembacaan datanya juga berlangsung konstan. MACAM-MACAM ALAT REKAM GAMBAR Alat rekam saat ini yang terkenal adalah Kamera Ponsel.com Kelebihan menggunakan Kamera ponsel adalah : 1. 3. . Ringan dan simple. Menggunakan media SD Card/Memory Stick dan/atau internal memory. Jadi opto-elektronic tersebut kemudian diterjemahkan menjadi kodekode binary yang biasa disebut bit. Mudah digunakan.dipantulkan. Pekerjaan paling berat dalam sistem pembacaan dari piringan dvd adalah pada saat menjaga posisi sorotan laser yang harus tetap fokus ditengah-tengah jalur trak data. ini dapat kita buktikan melalui gerakan motor spindle yang berputar semakin lambat ketika mata laser mulai menuju ke pinggir piringan dvd.

Tidak semua ponsel mempunyai fungsi-fungsi kamera standar seperti manual focus.com Kelebihan menggunakan Digital Camera adalah 1.wordpress. Agak rumit untuk mengedit Sample video menggunakan Digital Camera . Untuk beberapa tipe kamera. Mudah ditransfer ke computer. Sedang kekurangannya adalah : 1. Format yang digunakan adalah 3GP 2. white balance.4.mmyeddy. Sample video menggunakan kamera ponsel adalah : 1. 4. resolusi masih rendah. 2. Frame rate 15fps Digital Camera Sumber foto : www. Editing sulit. Mudah digunakan. Transfer data mudah. Harga relatif terjangkau. Sedang kekurangannya adalah : 1. 3. 3. Terdapat fasilitas optical zoom. Ringan. 5. 2. 2.files. Resolusi kurang bagus 3. Audio mono 4. Mempunyai resolusi yang tidak terlalu bagus.

2. 2.264). Mempunyai fitur-fitur standart sebuah camcorder seperti manual focus. 5. Harga relatif mahal. . Format tergantung jenis camcorder.com Keuntungan menggunakan handycam adalah : 1. Sample video menggunakan Handycam 1.1. Pada jenis tertentu dapat merekam sampai resolusi HD (1920×1080). Resolusi 680×480 3. Untuk camcorder yang menggunakan media tape. Frame rate 15fps Handycam Sumber foto : www. P2 Slot. 3. Data dapat diedit dengan mudah di berbagai macam software video editing.uncrate. Audio mono 4. Menggunakan berbagai macam media penyimpanan (tergantung jenisnya) seperti MiniDV. Hard Disk. misalnya MPEG-2. 3. DVD dll. Menggunakan format standart broadcast (PAL. NTSC). digital zoom dll. 2. 4. Sedangkan kelemahannya adalah : 1. Menggunakan format Quicktime. diperlukan waktu realtime untuk capture ke computer. Untuk capture hasil shooting. white balance. diperlukan software dan/atau interface lain seperti firewire. MPEG-2 part 10 (AVC/H. cable analog.

2. Resolusi sampai HD 3. . 24 (HD).1 4. 29.97 (NTSC). Audio stereo – Digital 5. Frame rate 25fps (PAL).

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful