TUGAS AKHIR SEMESTER SEMESTER GENAP TAHUN AKADEMIK 2012/2013

MATA KULIAH NAMA NIM

: AL ISLAM II

: ZUKIFLI AJ : 2011477043

FAKULTAS TEKNIK JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JAKARTA

ijtihad. hubungan manusia dengan manusia lainnya dalam sistem politik. Jelaskan fiqih. Jadi tingkah laku manusia menurut ajaran islam yang benar sesuai pedoman alqur’an dan hadis. • Syariat adalah syara’ artinya agama. ekonomi. ahlaq mulia dalam ajaran islam artinya perangai atau tingkah laku manusia yang sesuai dengan tuntutan kehendak Allah. mu’amalah. aqidah. pendidikan dan sistem rumah tangga lainnya dalam islam. assunah dan Bid’ah? Jawab : • Fiqih adalah ilmu yang mempelajari masalah furuiyyah yang perlu dipelajari dan paham berbagai perbedaan masalah agama dalam memhaminya para ulama mengeluarkan pendapatnya masing-masing dengan hujjahnya atas dasar pemahaman terhadap tafsir dari alqur’an dan sunnah rasul. . syariat.1. sosial budaya. ahlaq. Jadi mencari atau membuat ketentuan-ketentuan hukum yang belum ada dalam alqur’an dan hadist. • Ahlaq. menentramkan jiwa menjadi keyakinan yang tidak tercampur dengan keraguan. • Aqidah adalah perjanjian yang teguh dan kuat terpatri dan tertanam dalam lubuk hati yang paling dalam (iman). syariat islam adalah agama islam. Jadi fiqih adalah ilmu yang mempelajari peraturan-peraturan yang berlaku dalam islam dengan didasari alqur’an dan sunnah rasul. Jadi aqidah yaitu urusan agama yang wajib diyakini kebenarannya oleh hati. Jadi syariat merupakan agama yang dianut oleh penganut islam yang segala ketentuan dan peraturannya berpedoman kepada alqur’an dan hadis nabi • Ijtihad adalah segala upaya menggunakan akal dan fikiran untuk mencapai sesuatu yaitu menentukan suatu keputusan. hukum tertentu yang tidak ditetapkan secara explisit dan alqur’an dan sunnah. • Mu’amalah adalah segala yang mengatur hubungan manusia dengan ibadah.

Rumusnya adalah KA+ SS (karena Allah + sesuai dengan syariat). Jadi ibadah ini juga disebut hablum Minallah. Pengertiannya adalah penghambaan yang murni hanya merupakan hubung an antara hamba dengan Allah secara langsung. iqomat. dalam sholat semua gerak. metode. Yang termasuk ibadah ini yaitu : sholat. dalam ibadah bahasa dan ucapan kalimat sama dan ada aturannya. perbuatan dan persetujuan yang berasal dari Nabi Muhammad SAW. adzan. 2. Jadi ketentuan bid’ah ini dibuat menyimpang menyimpang dari ketentuan syariat/ agama. semua ibadah tertuju arah kiblat o Kesatuan gerak. Contoh : kegiatan-kegiatan zikir bersama. Ibadah ghairu mahdhoh adalah ibadah yang disamping hubungan dengan allah juga merupakan hubungan/interaksi hamba dengan makhluk lain atau hablum minannas.• Assunnah. mandi Hadast. membaca alqur’an. sujud sama o Kesatuan ungkapan atau bahasa.Janazah. Jawab : Ibadah mahdhoh merupakan termasuk ibadah wajib. Umrah. rukuk. Jelaskan ibadah mahdhoh dan ghairu mahdhoh. Rumusnya BB + KA (berbuat baik + karena Allah) . cara baru yang dibuat tanpa ada contoh sebelumnya atau syariat/ cara baru yang dibuat dan tidak baik yang ada dalam agama. perbedaan dan cirri-cirinya. tayamum. wudu’. Jadi artinya petunjuk. Ibadah mahdhoh ini dalam pelaksanaannya sesuai dengan syariat dan berdasarkan kepada Alqur’an dan hadist. Haji. • Bid’ah. contoh dari perkataan (Nabi). sunnah/hadist sumber kedua ajaran islam. Tajhiz al. Puasa . Hikmah ibadah mahdhoh : o Menyatukan arah pandang. menunaikan ibadah haji.

suci dan berkah. Jadi zakat itu bagian dari harta dengan persyaratan tertentu yang Allah SWT wajib kepada pemiliknya untuk diserahkan kepada yang berhak menerimanya dengan persyaratan tertentu pula. Syarat harta yang wajib dikeluarkan zakatnya apabila sudah mencapai nishab (jumlah minimal harta kekayaan yang harus dikeluarkan zakatnya).Prinsip-prinsip ghairu mahdhoh : o Tidak ada dalil-dalil yang melarang o Pelaksanaannya tidak mencontohkan dari rasul o Bersifat rasional dilaksanakan berdasarkan akal fikiran o Dilaksanakan berdasar atas azas manfaat (berguna bagi bersama) 3. Syarat-syarat harta yang harus dikeluarkan zakatnya : • • • • • Sudah mencapai nishab harta tersebut Harta didapat dengan cara baik dan halal Milik sendiri dan merdeka Yang punya harta harus beragama islam Baligh dan berakal . syarat harta yang wajib dikeluarkan zakatnya. siapa yang berhak terima zakat dan fungsi zakat untuk kehidupan umat khusus ditinjau dari sudut ekonomi. apa pengertian zakat. Zakat salah satu dari pondasi ajaran islam. Dikatakan tumbuh karena dengan melaksanakan zakat kondisi kwalitas kejiwaan seseorang akan semakin berkembang dikatakan suci karena zakat dapat mensucikan diri manusia. Jawab : Secara etimiologis bahasa artinya adalah tumbuh.

Orang yang berhak menerima zakat. Jadi zakat itu dari segi ekonomi umat sangat membantu bagi yang berekonomi lemah apalagi zakat di kelola dengan baik seperti lembaga amil zakat. para mu’allaf yang dibujuk hatinya. Ditinjau dari sudut ekonomi mempunyai makna yang sangat penting dalam kehidupan manusia baik sebagai individu maupun masyarakat. untuk (memerdekakan) budak. Bahkan . untuk jalan Allah dan untuk mereka yang sedang dalam perjalanan. hanyalah untuk orang-orang fakir. dalam alqur’an surat at-taubah ayat 60: Artinya : “Sesungguhnya zakat-zakat itu. menghilangkan sifat kikir dan tamak harta. Mengangkat derajat fakir miskin dalam membantu kesulitan hidupnya. Amil zakat berperan menghimpun zakat dari seluruh kaum muslimin kemudian didistribusikan kepada yang berhak untuk dijadikan modal usaha. sebagai suatu ketetapan yang diwajibkan Allah.• Harta yang dizakatkan harus berguna dan bisa dikembangkan bagi kehidupan sipenerima. orang-orang miskin. pengurus-pengurus zakat. berdagang dan sebagainya. Membentangkan dan membina tali persaudaraan sesame umat islam dan manusia pada umumnya. suci. dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana.” Fungsi zakat untuk kehidupan umat dari sudut ekonomi Zakat mengandung pengertian bersih. orang-orang yang berhutang. dan berkembang serta bertambah. Jadi fungsi zakat sebagai salah satu ibadah khusus kepada Allah mempunyai dampak yang sangat besar untuk kesejahteraan manusia dalam masyarakat. menjembatani jurang pemisah si kaya dan si miskin.

Puasa memiliki manfaat bagi pembentukan pribadi muslim. perbuatan bahkan hati dan pikirannya dari hal-hal negatif juga termasuk dalam arti puasa. Secara khusus arti puasa menahan diri dari makan minum dan hubungan sexual suami istri serta menahan diri dari segala yang membatalkannya mulai dari terbit fajar sampai terbenamnya matahari disertai niat dan mengharapkan keridhoan Allah SWT dan memenuhi syarat-syarat yang ditentukan. hakikat puasa. 4. perbuatan bahkan hati dan pikiran dari hal-hal yang tidak disukai Allah SWT. Jadi orang yang mengendalikan ucapan. Jawab : Firmannya Allah dalam surat Al baqarah ayat 183 : Artinya : Hai orang-orang yang beriman.dijadikan rumah tempat tinggal bagi orang-orang terlantar seperti yayasan anak yatim dan panti jompo. Pada hakikatnya puasa ramadhan wajib bagi umat islam. tujuan dan jelaskan hubungan puasa dengan iman dan contohnya.syarat diwajibkan puasa : • Beragama islam . Syarat. orang yang meninggalkannya tanpa izin syara’ dianggap murtad. perilaku. pengertian puasa. Puasa dalam bahasa arab disebut “shaum” atau “shiam” pada intinya bermakna pengendalian diri atau pengekangan diri dari segala ucapan. diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa Pengertian puasa.

Ibadah sholat salah satu dari rukun Uslam.orang berpuasa adalah meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.luruskan rasa hati dan ingatan kepadaNya. Tujuan disyariatkannya puasa adalah • • • • • Meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT Sabar dari segala hawa nafsu dan ketamakan harta Membina agar jiwa jujur.nilai pentingnya dan sholat seperti dari target dan tujuan di isyaratkan sholat.Puasa tanpa iman tidak ada gunanya dan manfaatnyaNya.puasa dengan iman sangat erat hubungannya.Dalam sholat kita focus. Hubungan antara puasa dengan iman. Mendidik sifat kasih sayang dan santun kepada fakir miskin Merupakan servis besar atas alat-alat tubuh yang sangat bermanfaat bagi tubuh dan kesehatan • Menahan diri dari perbuatan maksiat dan dosa. Jawab: Ibadah sholat merupakan rukun Islam yang kedua dan wajib hukumnya dan dilaksanakan oleh kaum muslim. Dan Iman tanpa melaksanakan puasa juga tidak ada artinya di mata Allah dan pandangan masyarakat.sebab puasa itu Syarat dari iman dan dikatakan orang itu beriman.Kita . disiplin.• • • Berakal (sudah balig) Memiliki kesanggupan berpuasa Tidak dalam perjalanan jauh. 5.Tuhan telah mensyariatkan sholat karena suatu perujudan nyata kita menyembah dan mengingat Allah.jelaskan tujuan di Isyaratkan Sholat. tabah dan sifat-sifat keutamaan lainnya.

niscaya Aku ingat (pula)kepadamu.tidak ada Tuhan selain aku. Dengan mendirikan sholat.dan bersukurlah kepadaKu dan janganlah mengingkari(petunjuk)Ku.20:14). “(Sesungguhnya) Allah melihat kamu ketika kamu berdiri(sholat) dan Dia (melihat pula)gerakgerikmu dalam bersujud. “Maka(apabila kamu sholat) ingatlah kepadaKu. .pikiranya akan tenang bersih dan jauh dari perbuatan tercela dan hina. “Dan ( yang demikian itu karena) tidaklah aku menciptakan jin dan manusia melainkan mereka supaya menyembah aku” (QS. “ Sesungguhnya aku adalah Allah. Tujuan disyariatkan sholat dan nilai penting yang terkandung dalam sholat : Sholat merupakaan syarat wajib dalam Islam guna mengingatNya Senantiasa pada kita. Sholat menandakan kita(sujud)lebih rendah dari Allah.(QS.26:218-220). Firman-firman Allah . Orang yang biasa sholat.diciptakan sempurna dari makluk lain dan sangat ironis dengan syetan yang diciptakan Tuhan Cuma untuk membuat kekacauan dan membangkang kepada perintah Allah.kita lebih beruntung di dunia dan akhirat.sesungguhnya Di a maha mendengar lagi maha mengetahui( Siapa yang kamu seru dan siapa yang kamu sembah ketika sujud. Dalam bermasyarakat orang biasa melaksanakan sholat akan dipandang.51:56).(maka kepada siapa kamu menyembah ketika sujud?).(QS 2:152). Sholat menjauhkan kita dari perbuatan keji dan mingkar. Sholat menjauhkan kita dari azab dan api neraka dan akan memasukan kita kedalam SorgaNya.maka sembahlah aku dan dirikanlah sholat untuk mengingat Aku(dan menyembahKu) (QS.dan menyadari segala kekurangan kita dariNya.jadi panutan dan dihargai orang banyak.

pahalanya besar haji Mabrur.bias menjalin satu potensi masyarakat dengan masyarakat lainnya sehingga terbentuk suatu kekuatan.tidak ada miskin kaya. Seorang Haji harus mampu merajut benang potensi yang ada pada dirinya dan kaum muslimin yang lain untuk menciptakan kedamaian dan akhirnya dia menjadi symbol dari tali potensi umat dan menggerakan kearah kebaikan dan kemajuan seorang muslim seperti ini menjadi penggerak bagi kemajuan sebuah masyarakat. 6.Bagaimanapun kondisi seorang muslim pada saat ia menunaikan ibadah haji maka ia sama derajatnya dengan yang lain. Ibadah haji.tujuannya satu mendekatkan diri kepada Allah SWT. .Tidak ada meninggikan dan merendahkan diri semua sama dan satu tujuan yaitu mendekatkan diri kepada Allah.tiada balasan yang pantas kecuali sorga. Seorang muslim dalam berhaji sudah semestinya menjalin Ukhuwah dan silaturahmi dalam persaudaraan muslim dalam bentuk apapun dan silaturahmi dalam persaudaraan muslim dalam bentuk apapun dan silaturahmi dalam persaudaraan muslim dalam bentuk apapun.Untuk melaksanakan haji harus berusaha keras agar kit’mampu.tidak ada atasan bawahan tidak ada pejabat-rakyat.persatuan dan berkorban jelaskan dan simbolnya.sehat dan berilmu’.Ia tidak saja baik bagi dirinya tapi baik pula bagi keluarga dan masyarakat.persaudaraan. Jawab: Ibadah haji merupakan ibadah yang istimewa.Semua bertawaf mengelilingi ka’bah dengan kondisi yang sama.tindak tanduk dan tingkah laku jadi pedoman bagi keluarga dan masyarakat.Kekuatan itulahyang dapat mendorong terciptanya kedamaian di atas kebenaran.makna ibadah haji yang berhubungan dengan persamaan derajat.semua derajatnya sama di mata Allah.bahkan bisa disebut merupakan klimak dari ibadah.- Orang yang mengerjakan sholat segala perbuatan. Dampak positif dan pesan-pesan moral yang didapat kita berhaji dan ketika pulang ke tanah air dapat diamalkan dan jadi teladan dalam masyarakat.Sesudah melaksanakan haji seyogyanya membawa dampak positif bagi masyarakat sekitarnya.

baik suci dari hadast maupun najis. 7.(HR. nanah. Najis 3 macam : 1) Najis mukhafafah/ringan. minuman keras serta sesuatu yang keluar dari kemaluan dan dubur. mandi serta tayamum. Benda yang terkena najis ringan cukup dengan memercikkan air pada yang terkena najis b.jelaskan cara menghilangkannya. Benda-benda yang termasuk najis menurut syara’ yaitu darah.untuk itulah Allah mengganjarnya dengan ‘sorga’amiin. Sedangkan suci dari najis caranya dengan menghilangkan najis pada badan.Merekalah haji-haji yang berjasa memperbaiki lingkungan dan dakwah Islam. Jawab. contoh : anjing dan babi 3) Najis muthawasithah/sedang. Cara menghilangkan najis : a.Sudah banyak para Hujaj yang memberi contoh-contoh terutam para pahlawan pejuang kemerdekaan yang membangun daerahnya sepulang dari menunaikan ibadah haji. contoh : air kencing laki-laki 2) Najis mugholazah/berat. .tiada balasan yang tepat kecuali sorga”. anjing dan babi. Sholat harus bebas dari najis dan hadast.Kepada merekalah kita bergantung. Suci dari hadas caranya dengan mengerjakan wudu’. Benda yang terkena najis berat dengan cara mencuci sebanyak tujuh kali dan sekali dicampur dengan alat mensuci. Setiap orang dalam menunaikan ibadah sholat haruslah dalam keadaan suci. pakaian maupun tempat yang digunakan untuk sholat. bangkai. contoh : darah dan sesuatu yang keluar dari anus dan kemaluan. “haji mabrur.jelaskan apa yang dimaksud dengan hadast dan najis.menentang penjajah dan berkorban demi bangsa dan Negara.Imam Bukhari dan Muslim).

bagaimana cara wudu’ dan hal yang membatalkannya jelaskan menurut putusan tarjih Muhammadiyah. waasyhadu anna muhammadarasulullah. Cara menghilangkan hadas kecil yaitu dengan mencuci tempat atau benda yang terkena hadas. Benda yang terkena najis sedang yaitu dengan cara mencuci dimana sifat-sifat najis tersebut. Basuh telapak tangan keduanya sebanyak 3x Berkumur sambil sikat gigi dan disemburkan sebanyak 3x Usaplah dengan air.c. Hal-hal yang membatalkan wudu’ : Keluar sesuatu dari dua lubang (kemaluan/anus) . ikhlas niat karena Allah. baik dari hadas dan najis yang terlihat maupun yang masih mengandung bau. Cara berwudu’ : Diawali dengan membaca basmalah. bau dan warnanya harus sampai hilang dan harus membasuhnya sampai 3 kali. Dalam berwudu’ harus disesuaikan dengan niat dan do’a karena Allah. 8. Jawab : Dalam menjalankan ibadah sholat kita harus suci dan bersih dari hadas dan najis. kalau orang dewasa harus mandi dan berwudu’ atau tayamum. kepala dan telinga samping sebanyak 3x Basuh muka dan sudut mata dan lebihkan digosok-gosok jenggot dengan air sebanyak 3x Basuh tangan sampai siku kanan dan kiri keduanya 3x Usap ubun-ubun dan rambut sebanyak 3x Basuh kedua kaki dan mata kaki dari kanan dan kiri menggosok-gosoknya sebanyak 3x Habis wudu’ membaca “asyhadu alla ilaha illallah wahdahula syarikalah. Wudu’ adalah satu cara menghilangkan hadas kecil.

Jawab : Cara melaksanakan sholat menurut tarjih muhammadiyah : Setelah kita berwudu’ atau bersuci lalu tegak berdiri menghadap kiblat Membaca niat sholat (niat ikhlas karena Allah) membaca Allahu Akbar sambil mengangkat kedua belah tangan selurus bahu mensejajarkan ibu jari dengan telinga. memegang kedua lutut dengan kedua belah tangan Berdo’a Berdo’a dengan salah satu do’a dari Nabi Angkat kepala untuk I’tidal kemudian angkat kedua belah tangan seperti takbirratul ihram .- Menyentuh wanita Menyentuh kemaluan sendiri Tidur nyenyak dengan miring Keluar angin atau mani 9. Download putusan tarjih muhammadiyah dan rumuskan cara melaksanakan sholat. Lalu membaca salah satu surat Al qur’an Kemudian angkat kedua belah tangan seperti takbir lalu rukuk Lalu takbir seraya meratakan pinggang dengan leher. Berdo’a memohon perlindungan dengan membaca “auzubillahi minas syaiton nirojim. bismillahirrohmanirrohim” lalu membaca al-fatihah diakhiri dengan amin. Letakkan tangan kanan pada pinggang telapang tangan kiri diatas dada lalu baca do’a iftitah.

takbir. . letakkan kedua lutut sejajar sambil membaca tahyatul Baca sholawat Nabi.- Lalu bersujud. do’a penutup Baca salam ke kanan dan kekiri memalingkan muka Akhir sholat baca do’a-do’a tambah sholawat dan zikir.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful