MAKALAH LANDASAN YURIDIS PENDIDIKAN NASIONAL INDONESIA (GURU DAN DOSEN) Diajukan untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah

Landasan Pendidikan Dosen: Dr. H. Y. Suyitno, M.Pd / Ramdhan Witarsa, M.Pd

Oleh : Nurul Janah Puspita Rahayu Selim Hojayev

JURUSAN PENDIDIKAN FISIKA FAKULTAS PENDIDIKAN MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA BANDUNG 2011

masalah dalam makalah ini adalah peran guru dan dosen yang difokuskan pada undang-undang RI No. diperlukan sebuah landasan yuridis agar seluruh warga negara dapat merasakan pelaksanaan pendidikan yang adil dan merata. salah satunya adalah landasan yuridis yang mengatur perilaku manusia agar tidak melenceng dari hukum. Maka dari itu dibutuhkan sebuah dasar. Namun. Undang-Undang sistem pendidikan nasional No. Peraturan pemerintah RI No. Landasan yuridis ini bersumber dari undang-undang dasar 1945 yang telah diamandemen. 19 tahun 2005.BAB I PENDAHULUAN Dalam kehidupan ini dibutuhkan sebuah aturan yang mengikat perilaku manusia agar tidak melenceng dari yang semestinya.20 tahun 2003.14 tahun2005 tentang guru dan dosen. Begitupun dengan pelaksanaan pendidikan di Indonesia. Adapun landasan yuridis pendidikan nasional indonesia adalah sumber-sumber hukum yang dijadikan pijakan dalam pelaksanaan pendidikan.14 tahun 2005. undangundang RI No. .

cakap. Prinsip profesionalitas Guru dan dosen yang profesional memenuhi prinsip profesionalitas seperti memiliki bakat. kualifikasi akademik. B. berkeadilan. mengajar. dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal. jaminan perlindungan hukum dan organisasi profesi serta memperoleh penghasilan yang ditentukan sesuai dengan prestasi kerja. idealisme. serta menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggung jawab. dan pendidikan anak usia dini pada jalur pendidikan formal yang diangkat sesuai dengan peraturan perundangperundangan dan diakui dengan sertifikat pendidik. berilmu. melatih. kreatif. panggilan jiwa. membimbing. kompetensi. minat. fungsi dan tujuan Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik. yaitu berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. komitmen. kedudukan. Guru.BAB II LANDASAN YURIDIS PENDIDIKAN NASIONAL INDONESIA A. pendidikan dasar dan pendidikan menengah. tidak diskriminatif dan berkelanjutan dengan menjunjung tinggi hak asasi . Tujuan guru sebagai tenaga profesional adalah melaksanakan sistem pendidikan nasional dan mewujudkan tujuan pendidikan nasional. tanggung jawab. berakhlak mulia. Kedudukan guru adalah sebagai tenaga profesional pada jenjang pendidikan dasar. kesempatan untuk mengembangkan keprofesionalan. sehat. mandiri. Kedudukan guru sebagai tenaga profesional berfungsi untuk meningkatkan martabat dan peran guru sebagai agen pembelajaran berfungsi untuk meningkatkan mutu pendidikan nasional. pendidikan menengah. Pemberdayaan profesi guru dan dosen diselenggarakan melalui pengembangan diri yang dilakukan secara demokratis. menilai. latar belakang kependidikan.

tunjangan profesi. kepribadian. dan maslahat tambahan yang terkait dengan tugasnya. kesempatan untuk menentukan kebijakan pendidikan. Kualifikasi. C. Hak dan kewajiban Dalam melaksanakan tugas keprofesionalan guru berhak memperoleh penghasilan diatas upah minimum rata-rata berupa gaji pokok. kebebasan dalam memberikan penilaian. tunjangan pada gaji. perlindungan tugas. pemerintah daerah dan masyarakat. kompetensi yang meliputi kompetensi pedagogik. jaminan kesejahteraan sosial. dan sehat jasmani rohani serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional. tunjangan fungsional. dan profesionalitas yang diperoleh dari pendidikan profesi. tunjangan khusus. D. Adapun sertifikat pendidik diberikan kepada guru yang telah memenuhi persyaratan. nilai keagaamaan dan kultural kemajemukan bangsa serta kode etik profesi. memanfaatkan sarana dan prasarana. transparan dan akuntable. Setiap orang yang telah memperoleh sertifikat pendidik memiliki kesempatan yang sama untuk diangkat menjadi guru pada satuan pendidikan tertentu.manusia. meningkatkan dan mengembangkan kompetensi dan kualifikasi akademik. kesempatan untuk meningkatkan kompetensi. sosial. Program sertifikasi pendidik diselenggarakan oleh perguruan tinggi yang memiliki program pengadaan tenaga kependidikan yang terakreditasi dan ditetapkan oleh pemerintah. mendapat pelatihan dan pengembangan profesional. Pelaksanaannya dilakukan secara objektif. rasa aman dan jaminan keamanan dan keselamatan dalam tugas. kebebasan untuk berserikat dalam organisasi profesi. . Pemerintah dan pemerintah daerah wajib menyediakan anggaran untuk peningkatan kualifikasi akademik dan sertifikasi pendidik bagi guru dalam jabatan yang diangkat oleh satuan pendidikan yang diselenggarakan oleh pemerintah. hak atas kekayaan intelektual. kompetensi dan sertifikasi Guru wajib memiliki kualifikasi akademik yang diperoleh melalui pendidikan program sarjana atau program diploma empat.

menilai dan mengevaluasi hasil pembelajaran. Wajib Kerja dan Ikatan Dinas Keadaan darurat. Guru yang diangkat tersebut dapat dipindahtugaskan antarprovinsi. Pengangkatan dan penempatan guru pada satuan pendidikan yang diselenggarakan masyarakat dilakukan oleh penyelenggara pendidikan yang bersangkutan berdasarkan perjanjian kerja atau kesempatan kerja bersama. permintaan pribadi.Dalam melaksanakan tugas keprofesionalan guru berkewajiban merencanakan pembelajaran. Pemerintah dan pemerintah daerah menetapkan pola ikatan dinas bagi calon guru untuk memenuhi kepentingan pembangunan pendidikan nasional dan kepentingan pembangunan daerah. pemerintah dapat memberlakukan ketentuan wajib kerja kepada guru dan warga negara Indonesia lainnya yang memenuhi kualifikasi akademik dan kompetensi untuk melaksanakan tugas sebagai guru pada daerah khusus di wilayah NKRI. melaksanakan proses pembelajaran yang bermutu. Guru diberhentikan dengan terhormat karena meninggal dunia. F. atau berakhirnya perjanjian kerja atau kesepakatan kerja bersama antara guru dan penyelenggara pendidikan. E. sakit jasmani dan/atau rohani sehingga tidak dapat melaksanakan tugas secara terusmenerus selama 12 bulan. menjunjung tinggi peraturan yang berlaku dan memelihara serta memupuk persatuan dan kesatuan bangsa. meningkatkan dan mengembangkan kualifikasi akademik dan kompetensi. Penempatan. Pemindahan dan Pemberhentian Pengangkatan dan penempatan guru dilakukan secara obyektif dan transparan sesuai dengan peraturan perundang-undangan dan diselenggarakan oleh pemerintah dan pemerintah daerah. Dan . antarkabupaten/antarkota. Pengangkatan. objektif dan tidak diskriminatif terhadap peserta didik. mencapai batas usia pensiun (60 tahun). antarkecamatan maupun antarsatuan pendidikan karena alasan kebutuhan satuan pendidikan atau promosi dan guru dapat mengajukan permohonan pindah tugas dan karena alasan kebutuhan satuan pendidikan dan/atau promosi.

pemerintah daerah atau masyarakat. pemerintah daerah. Pemberhentian guru dilakukan setelah guru diberi kesempatan membela diri. kompetensi professional dan dilakukan melalui jabatan fungsional. Satuan pendidikan yang diselengggarakan oleh masyarakat wajib membina dan mengembangkan kualifikasi akademik dan kompetensi guru. kompetensi social. ulang tahun provinsi. I. H. melanggar perjanjian kerja atau kesepakatan kerja bersama. atau melalaikan kewajiban dalam menjalankan tugas selama 1 bulan atau lebih secara terusmenerus. Perlindungan . Dan dilaksanakan dalam memperingati hari ulang tahun kemerdekaan RI. Pembinaan dan Pengembangan Pembinaan dan pengembangan guru dan dosen meliputi pembinaan dan pengembangan profesi dan karier. Bentuk penghargaannya berupa bentuk jasa. G. kenaikan pangkat istimewa. berdedikasi luar biasa dan bertugas di daerah khusus memperoleh penghargaan dan guru yang gugur dalam melaksanakan tugas memperoleh penghargaan oleh pemerintah. kenaikan pangkat dan promosi.hari ulang tahun satuan pendidikan hari pendidikan nasional dan hari guru nasional maupun hari besar lainnya. dan/atau masyarakat. Dan pemberhentian atas permintaan sendiri akan diberi kompensasi finansial sesuai dengan perjanjian kerja. piagam dan bentuk penghargaan lain.guru diberhentikan dengan tidak hormat karena sumpah dan janji jabatan. kompetensi kepribadian. Pembinaan dan pengembangan profesi meliputi kompetensi pedagogik. finansial. Penghargaan Guru yang berprestasi. Pemerintah dan pemerintah daerah wajib membina dan mengembangakan kualifikasi akademik dan kompetensi guru pada satuan pendidikan yang diselenggarakan oleh pemerintah. hari ulang tahun kota. Pembinaan dan pengembangan karier meliputi penugasan.

Pemerintah. perlindungan profesi serta perlindungan keselamatan dan kesehatan kerja. Perlindungan hukum meliputi perlindungn tindak kekerasan. wawasan kependidikan. Perlindungannya meliputi perlindungan hukum. perlakuan diskriminasi. Cuti Ketentuan mengenai cuti untuk guru dan dosen tercantum pada pasal 40 UU RI no. masyarakat. bencana alam. J. kesejahteraan dan pengabdian kepada masyarakat. kesehatan lingkungan kerja dan resiko lainnya. K. masyarakat. pelecehan terhadap profesi. pembatasan lai yang menghambat guru dalam melaksanakan tugas. 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen yang berbunyi: 1. Perlindungan keselamtan dan kesehatan meliputi perlindungan terhadap resiko gangguan keamanan kerja. ancaman. birokrasi. pemberian imbalan yang tidak wajar.atau pihak lain. karier. Guru memperoleh cuti sesuai dengan peraturan perundang-undangan 2. Adapun tujuannya adalah . orang tua peserta didik. Organisasi profesi dan kode etik Organisasi profesi adalah organisasi independen yang dibentuk oleh para guru yang berfungsi untuk memajukan profesi.meningkatkan kompetensi. Visi umum terbentuknya organisasi profesi adalah terwujudnya tenaga kependidikan yang profesional. perlakuan tidak adil dari pihak peserta didik. Perlindungan profesi meliputi perlindungan terhadap pemutusan hubungan kerja yang tidak sesuai perundang-undangan. Ketentuan lebih lanjut mengenai cuti sebagaimana maksud pada ayat 1 dan ayat 2 diatur dengan peraturan pemerintah Adapun peraturan pemerintah yang dimaksud adalah Peraturan Pemerintah no. kecelakaan kerja. 24 tahun 1976 tentang cuti PNS. organisasi profesi dan satuan pendidikan wajib memberi perlindungan terhadap guru dalam melaksanakan tugas. Guru dapat memperoleh cuti untuk studi dengan tetap memperoleh hak gaji penuh 3. kebakaran pada waktu kerja. perlindungan profesi. intimidasi. pemerintah daerah. pembatsan dalam pnyampaian pandangan.

ada dua motif yang membangun fungsi ini yaitu dorongan para profesional untuk membentuk suatu organisasi profesi dan keinginanya mendapatkan kehidupan yang layak. KGI (Klub Guru Indonesia) . kewenangan professional. “Tenaga kependidikan dapat membentuk ikatan profesi sebagai wadah untuk peningkatkan dan mengembangkan karier. sesuai dengan profesi yang diembannya. 38 tahun 1992. kemampuan. Beberapa organisasi profesi kependidikan di Indonesia yaitu PGRI (Persatuan Guru Republik Indonesia). melakukan pembinaan dan pengembangan profesi guru. Pada fungsi pemersatu. meningkatkan dan mengembangkan kesejahteraan anggota. martabat. baik secara individu mapun kelompok dalam hal praktek professional dengan mengacu kepada standar profesi yang telah ditetapkan oleh organisasi. Sedangkan fungsi peningkatan kemampuan professional tertuang dalam PP No. Kewenangan organisasi profesi adalah menetapkan dan menegakkan kode etik guru. maka organisasi profesi guru . dan memajukan pendidikan nasional. pasal 61 yang berbunyi . melakukan evaluasi diri. mengomunikasikan pikiran dan pengalaman yang mengarah kepada pembaharuan dan perbaikan mutu pendidikan. mewujudkan perilaku dan sikap professional dalam kehidupan dan lingkungan kerja guru. Untuk menjaga dan meningkatkan kehormatan dan martabat guru dalam pelaksanaan tugas keprofesian. meningkatkan dan mengembangkan kemampuan anggota. Bentuk partisipasi anggota profesi diantaranya adalah membayar sejumlah iuran rutin. dan kesejahteraan tenaga kependidikan”. memberikan bantuan hukum dan perlindungan profesi kepada guru. Organisasi profesi memiliki fungsi sebagai fungsi pemersatu dan fungsi peningkatan kemampuan profesional. meningkatkan dan mengembangkan kewenangan profesional anggota. dan IGI (Ikatan Guru Indonesia). meningkatkan dan mengembangkan martabat anggota.meningkatkan dan mengembangkan karier anggota.

atau pemberhentian tidak dengan hormat. Ketentuan lain tentang sanksi diatur dalam PP Nomor 53 Tahun 2010 mengenai tahapan sanksi yang diberikan dimulai dari teguran lisan. Sanksi Berdasarkan UU Nomor 14 Tahun 2005. tunjangan fungsional. penurunan pangkat. tunjangan fungsional. penurunan pangkat setingkat lebih rendah selama 3 tahun. teguran tertulis. pemberhentian dengan hormat tidak atas permintaan sendiri sebagai PNS. pemberhentian dengan hormat. dan maslahat tambahan. pernyataan tidak puas secara tertulis. Selain itu guru yang terbukti memperoleh penetapan angka kredit (PAK) dengan cara melawan hukum diberhentikan sebagai guru dan wajib mengembalikan seluruh tunjangan profesi. Sedangkan menurut Peraturan Menpan dan RB Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. penundaan kenaikan gaji berkala selama 1 tahun. pemindahan dalam rangka penurunan jabatan setingkat lebih rendah.membentuk kode etik yang berisi norma dan etika yang mengikat perilaku guru dalam melaksanakan tugas keprofesian. maslahat tambahan dan penghargaan sebagai guru yang pernah diterima setelah yang bersangkutan memperoleh dan mempergunakan penetapan angka kredit tersebut. guru yang tidak dapat memenuhi kewajiban dihilangkan haknya untuk mendapat tunjangan profesi. . pemberhentian tidak dengan hormat sebagai PNS. dibentuklah dewan kehormatan guru oleh organisasi profesi guru. pembebasan dari jabatan. L. Dalam mengawasi pelaksanaan kode etik dan memberikan rekomendasi sanksi atas pelanggaran kode etik. guru yang diangkat oleh Pemerintah atau pemerintah daerah yang tidak menjalankan kewajiban dikenai sanksi berupa teguran. penundaan kenaikan pangkat selama 1 tahun. penundaan pemberian hak guru. peringatan tertulis. penurunan pangkat setingkat lebih rendah selama 1 tahun.

wajib kerja dan ikatan dinas. organisasi profesi. pembinaan dan pengembangan.14 tahun 2005 yang mencakup mengenai pengertian guru dan dosen. pemberhentian. Salah satu landasan yuridis pendidikan nasional indonesia mengenai guru dan dosen diatur dalam undang-undang RI No. penempatan. tujuan. cuti. fungsi. dan sanksi. pemindahan. kompetensi.BAB III KESIMPULAN Pendidikan memerlukan landasan yuridis dalam pelaksanaannya. kedudukan. hak dan kewajiban. . kualifikasi. perlindungan. sertifikasi. prinsip profesionalitas. kode etik. pengangkatan. penghargaan.

24Thn1976-CUTIPNS.DAFTAR PUSTAKA http://id.wordpress.pdf http://wuriantos.blogspot.lipi.com/books/dictionary/1968825-organisasi-profesiguru/#ixzz1eUckj11Q http://www.klubguru.php?subaction=showfull&id=1274172263 &archive=&start_from=&ucat=1& http://budies.id/xdata/docs/PPNo.html .go.telimek.com/2view.shvoong.com/2011/02/24/kode-etik-guru-indonesia/ http://www.com/2011/10/macam-macam-sanksi-guru.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful