TUGAS MAKALAH

SEL
ANDRE WENUR 090711532 FAKULTAS HUKUM

sel dari jaringan anggrek yang sedang tumbuh . 1723) Menggunakan lensa-lensa untuk melihat beragam protista. sel polen. SEJARAH PENEMUAN SEL Galileo Galilei (Awal abad dengan alat dua lensa menggambarkan struktur tipis dari mata serangga Galilei sesungguhnya bukan seorang biologiwan Orang pertama yang mencatat hasil pengamatan biologi melalui mikroskop Robert Hook (1635-1703) melihat gambaran suatu sayatan tipis gabus suatu kompartemen atau ruang-ruang disebut dengan nama Latin cellulae (ruangan kecil) Anton van Leeuwenhoek (October 24. spermatozoa. bakteri Robert Brown (1773-1858 ) Pada tahun 1820 merancang lensa yang dapat lebih fokus untuk mengamati sel Mengamati adanya adanya titik buram yang selalu ada pada sel telur.BAB I Pendahuluan A. 1632 . Sel adalah bagian dari organisme. Latar belakang 1.August 26. Titik buram disebut sebagai nukleus Matthias Jakob Schleiden Pada tahun 1838 berpendapat bahwa ada hubungan yang erat antara nukleus dan perkembangan sel Theodor Schwann (1810-1883). .

mikrotubul. lisosom. kadang-kadang berflagela 2. sering juga dengan flagela Tidak memiliki dinding sel Sel eukariot tanaman dibatasi plasma membran dan dinding sel yang kaku Memiliki vakuola pusat. SEL EUKARIOT Ukurannya relatif besar (Ø 10-100 μm) Bagian dalam sangat kompleks dengan organelorganel yang dibatasi membran maupun yang tidak dibatasi membran Memiliki inti sejati yang dibatasi membran Organel lain yang dibatasi membran adalah endoplasmik retikulum. dan sitoskeleton Sel eukariot hewan dibatasi oleh plasma membran saja. SEL PROKARIOT Ukurannya relatif kecil (Ø 0. Tinjaun Pustaka Ada 2 jenis sel: 1. TEORI SEL Analisis mikroskopis pada tahun pertengahan abad 19 membuktikan bahawa sel adalah unit terkecil kehidupan Kehidupan yang berlangsung terus menerus berasal dari pertumbuhan dan pembelahan sel tunggal Konsep-konsep tersebut menjadi teori sel B. biasanya tidak mempunyai flagela .Rudolf Virchow (1821-1902) Seorang ahli fisiologi Menyatakan bahwa sel membelah menjadi dua sel Setiap sel berasal dari sel yang sudah ada 2. Golgi aparatus. sentriol.5-1 μm) Tidak memiliki membran nukleus (inti) DNAnya kontak dengan sitoplasmanya secara tidak langsung Dalam sitoplasmanya mengandung ribosom Sel dibungkus oleh plasma membran. flagela. dan mikrobodies. tidak mempunyai sentriol. Organel yang tidak dibatasi membran adalah ribosom. kloroplast. mitokondria. pili. dinding luar sel yang kompleks.

Tujuan Makalah Tujuan dari makalah ini agar mahasiswa dapat mengetahui tentang sel-sel makhluk hidup. .C.

Pengertian Sel merupakan unit organisasi terkecil yang menjadi dasar kehidupan dalam arti biologis. serta sejumlah fungi dan protozoa) atau dari banyak sel (multiselular). Sel tumbuhan dan sel bakteri memiliki lapisan di luar membran yang dikenal sebagai dinding sel. dan inti sel atau nukleus. Pada organisme multiselular terjadi pembagian tugas terhadap sel-sel penyusunnya. Karena itulah. Semua fungsi kehidupan diatur dan berlangsung di dalam sel. misalnya bakteri. Archaea. B. yang menjadi dasar bagi hirarki hidup. sitoplasma. . sel dapat berfungsi secara autonom asalkan seluruh kebutuhan hidupnya terpenuhi. yang pada tumbuhan menjadi bagian penting dari transportasi hara dan mineral di dalam tubuh tumbuhan. Keberadaan dinding sel juga menyebabkan terbentuknya ruang antarsel.BAB II ISI A. Dinding sel bersifat tidak elastis dan membatasi perubahan ukuran sel. Makhluk hidup (organisme) tersusun dari satu sel tunggal (uniselular). Struktur sel Secara umum setiap sel memiliki    membran sel.

D. contohnya adalah sel xilem.  Sel pendukung. disebut tonoplas. Fitur-fitur berbeda tersebut meliputi:  Vakuola yang besar (dikelilingi membran. pigmen yang memberikan warna hijau bagi tumbuhan dan memungkinkan terjadinya fotosintesis.  Kelompok tumbuhan tidak berflagella (termasuk konifer dan tumbuhan berbuga) juga tidak memiliki sentriol yang terdapat di sel hewan. terutama kloroplas yang mengandung klorofil. Sel-sel khusus  Sel Tidak Berinti. Di dalam sel darah merah.  Plastida. dalam banyak kasus lignin. dan prokariotik. Kedua ini sangatlah membantu dalam proses transpirasi pada tumbuhan. Sel tumbuhan cukup berbeda dengan sel organisme eukariotik lainnya. yang dibuat dari peptidoglikan. Ini berbeda dari jaringan hifa yang digunakan oleh fungi. dan disimpan oleh protoplasma di luar membran sel. SEL TUMBUHAN Sel tumbuhan adalah bagian terkecil dari setiap organ tumbuhan. terdapat hemoglobin sebagai pengganti nukleus (inti sel). Euglena sp adalah hewan uniseluler berklorofil. Ini berbeda dengan dinding sel fungi. contohnya euglena sp. merupakan pori-pori penghubung pada dinding sel memungkinkan setiap sel tumbuhan berkomunikasi dengan sel berdekatan lainnya. .  Dinding sel yang tersusun atas selulosa dan protein. contohnya trombosit dan eritrosit (Sel darah merah). yang dibuat dari kitin.  Plasmodesmata.   Sel Berinti Banyak. Sel tumbuhan adalah penggerak dari suatu tumbuhan itu sendiri. Sel xilem akan mati dan meninggalkan dinding sel sebagai "tulang" dan saluran air. yang menjaga turgor sel dan mengontrol pergerakan molekul di antara sitosol dan getah. contohnya Paramecium sp dan sel otot Sel hewan berklorofil.C.

Sel ini memiliki fungsi untuk menyokong berdirinya tumbuhan.berperan dalam pengangkutan di dalam tubuh tumbuhan Jaringan tanah . DNA. Kromatin.Dinding sekunder tebal. dan sitoplasma yang sangat fungsional. Kristal). Badan golgi. dan penyokong struktur.Dinding primer tipis. Mitokondrion.   Sel kolenkim Sel skelerenkim Tipe jaringan    Jaringan epidermis . penyimpanan makanan. o Sklerenkim . dapat berkembang menjadi jaringan tumbuhan yang lebih terspesialisasi. o Kolenkim . Nukleus (Membran nuclear. Tubuh mikro. Lisosom. Leukoplas. dan bertanggung jawab terhadap fungsi biokimia. Plastida (Kloroplas. tidak memiliki dinding sekunder. Pori-pori nuclear. Sel ini hidup saat dewasa. Vakuola (Tonoplas. juga merupakan dasar bagi semua struktur dan fungsi tumbuhan. RNA transpor)) . Mikrofilamen.melakukan fotosintesis. Plasmodesma. Mikrotubula. bergabung untuk menyokong bagian tumbuhan yang sedang tumbuh. o Parenkim . Ribosom. Sel parenkim memiliki dinding primer yang tipis. RNA (RNA duta.jaringan paling luar yang membungkus tumbuhan Jaringan pengangkut .Dinding primer yang tebal. Kromoplas). Dinding sel. menyokong bagian tumbuhan yang tidak tumbuhan Bagian  Membran sel.Hyaloplasma. Retikulum endoplasma.Tipe sel  Sel Parenkim .

Inti sel dalam selaputnya yang tembus air mengandung dua jenis molekul asam nukleat. Sel manusia adalah salah satu jenis sel hewan. . Sel hewan berbeda dari sel eukariotik lain. dan kloroplas. DNA memperbanyak diri. Karena tidak memiliki dinding sel yang keras. SEL HEWAN Sel hewan adalah nama umum untuk sel eukariotik yang menyusun jaringan hewan. Kloroplas memperbanyak diri dengan memisahkan diri secara bebas dari pembelahan inti sel. bahkan tidak ada. dan biasanya mereka memiliki vakuola yang lebih kecil. Dinding ini terentang selama sel tumbuh serta menjadi tebal dan kaku setelah tumbuhan dewasa. E. zat yang membuat agar-agar mengental. Kloroplas yang berkembang dalam batang dan sel daun mengandung pigmen hijau yang dalam fotositesis menyerap tenaga matahari untuk mengubah karbon dioksida menjadi gula. Kedua jenis molekul tersebut menentukan tumbuhan. Lapisan dasar yang terbentuk pada saat pembelahan sel terutama adalah pektin. karena mereka tidak memiliki dinding sel. Lapisan inilah yang merekatkan sel-sel yang berdekatan. seperti sel tumbuhan. Keterangan DNA masuk RNA dan RNA ini pindah dari nukleolus yang bulat kecil ke sitoplasma untuk mengatur semua fungsi sel Dinding sel itu tipis. Setelah pembelahan sel. sel hewan bervariasi bentuknya. tiap belahan baru membentuk dinding dalam dari serat selulosa. berlapis-lapis. Di antara pembelahan sel. serta asam ribonukleat atau RNA. dan pada tahap awalnya lentur. yakni sumber energi kimia dan makanan bagi tetumbuhan. yakni asam deoksiribonukleat yang biasanya disingkat dengan DNA. DNA dalam kromosom memuat kode genetik. Kloroplas adalah benda terbesar dalam sitoplasma.

yang ada lebih ke arah melibatkan mitokondria dan caspase proteksi diri. . kecuali kemampuan akar dalam hal menopang berat tubuh bagian atas Apoptosis untuk perkembangan jaringan.Perbedaan pertumbuhan dan perkembangan sel hewan dan sel tumbuhan Hewan Terdapat sentriol Tidak ada pembentukan dinding sel Tidak ada sentriol Terdapat sitokinesis dan pembentukan dinding sel Tidak ada perbedaan kutub embriogenik. Tidak ada "Apoptosis". yang ada semacam epigeal dan hipogeal Jaringan sel tumbuhan tumbuh menjadi bentuk yang berbeda Terdapat proses histodiferensiasi Tumbuhan Ada kutub animal dan vegetal Jaringan sel hewan bergerak menjadi bentuk yang berbeda Terdapat proses gastrulasi Tidak terdapat jaringan embrionik seumur hidup Terdapat batasan pertumbuhan (ukuran tubuh) Meristem sebagai jaringan embrionik seumur hidup Tidak ada batasan pertumbuhan. yang pada tumbuhan menjadi bagian penting dari transportasi hara dan mineral di dalam tubuh tumbuhan. Dinding sel bersifat tidak elastis dan membatasi perubahan ukuran sel. Keberadaan dinding sel juga menyebabkan terbentuknya ruang antarsel. tidak melibatkan mitokondria Sel tumbuhan dan sel bakteri memiliki lapisan di luar membran yang dikenal sebagai dinding sel.

Semua organisme tersusun atas satu atau lebih sel 2. Kesimpulan Tiga konsep mengenai sel: 1. Sel adalah unit terkecil yang memiliki semua persyaratan hidup 3.BAB III PENUTUP A. Keberlangsungan kehidupan secara langsung berasal dari pertumbuhan dan pembelahan sel .

Terima kasih juga saya ucapkan kepada dosen yang yang telah memberikan kesempatan untuk menyusun makalah ini. Makalah ini diharapkan dapat menambah wawasan kita mengenai sel makhluk hidup. Wenur .KATA PENGANTAR Puji dan syukur saya panjatkan kepada Tuhan YME. yag telah member kita kenikmatan dan kemampuan akal sehingga dapat menimba ilmu di Universitas yang kita cintai ini. Tak ada gading yang tak retak. Mei 2010 Andre A. Manado. begitu pula dengan makalah ini yang masih memiliki kekurangan baik isi maupun penyusunannya. Saran dan kritik yang membangun sangat diharapkan.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful