PERAN INDONESIA ( SEBAGAI KETUA ASEAN ) DALAM PENYELESAIAN KONFLIK THAILAND-KAMBOJA

A. Alasan Pemilihan Judul Kuil Preah Vihear dari abad ke-11 dianugerahi status WarisanDunia (World Heritage) oleh salah satu badan PBB, UNESCO.Kuil ini ditetapkan sebagai milik Kamboja oleh Mahkamah Internasional pada 1962.Penganugerahan ini memicu kemarahan kaum nasionalis Thai yang mengklaim situs budaya itu adalahmilikThailand Kemudian Thailand mencoba merebut Kuil ini dan mengakui menjadi milik wilayah Thailand. Sehingga menilmbulkan konflik dikedua negara mengenai perbutan Kuil Preah Vihear ini.Hal yang menarik dalm kepemimpinan Indonesia yang kebetulan dalm permaslahn ini ini terjdi Indonesia adalah pemimpin ASEN sehingga sangat menarik jika kit adapt melihat peran yang dilakaukan dalm melakukan perdamain pada anggotanya sesame anggota ASEAN sehingga cita-cita pendirian ASEAN tidak ternoda oleh perlakukan yang terjadi sekarng ini senhingga menjadi salah satu pilar utama dan dapat mengambil peran yang cukup banyak dalam perdamaian dunia Dalam hal ini juga akan menjadi pembuktian di mana Indonesia sebagai pemimpin ASEAN dapat mendamaikan anggotanya yang berselisih sehingga perdamian asia tenggara dapat terwujud yang diman perdamian adalah salah satu dalm UUD 45 yang di junjung tinggi oleh bangsa Indonesia Konflik Yang terjadi antara Thailand dan Kamboja ini masuk kedalam Konflik Regional ASEAN. Jadi sebaiknya konflik ini diselesaikan melalui penyelesaian Forum Regional yakni ASEAN dalam hal ini merupakan Organisasi Regional di Asia Tenggara. Dalam hal ini Indonesia sebagai Ketua ASEAN setidaknya bisa mengambil peran dalam penyelesaian konflik ini.

Bangkok merasa berhak mempersoalkan keputusan itu mengingat Thaksin dianggap buron yang lari dari jeratan hukum. Latar Belakang Thailand dan Kamboja terlibat ketegangan yang dipicu oleh klaim masing-masing pihak akan kepemilikan kuil PreahVihear perbatasan kedua negara. Aksi saling tarik duta besar pun terjadi. penulis member judul: “Peran Indonesia ( sebagai ketua ASEAN dalam penyelesaian konflik Thailand-Kamboja“dalam penulisan skripsi ini.Candi berusia delapan abad itu memicu ketegangan setelah UNESCO menetapkan nya sebagai Warisan Dunia. kedua Negara kembali terlibat ketegangan setelah Perdana Menteri Kamboja Hun Senmelantik mantan Perdana Menteri Thailand Thaksin Shinawatra sebagai penasehat seniornya di bidang ekonomi.Tindakan serupa juga dilakukan Kamboja.Thailand memprotes sikap Kamboja dengan memanggil pulang duta besarnya dari Negara itu.Tentara kedua negara di perbatasan bahkan sempat terlibat aksi saling tembak yang menjatuhkan korban jiwa.Terdengar kabar bahwa Thailand kemungkin anakan meninjau ulang seluruh . ketegangan akhirnya bias diredakan setelah Thailand mengakui bahwa kuil itu memang masuk dalam bagian wilayah Kamboja. B. Ketenangan dalam hubungan kedua Negara bertetangga di Asia Tenggara ini tak berlangsung lama.Untuk mengetahui peranIndonesia menjadi mediator dan fasilitator penyelesaian konflik Thailand -Kamboja.Beberapa hari terakhir.Namun berkat upaya sejumlah pihak.

tetapi dalam hal ini penulis akan membahas secara lebih mendalam tentang peranan Indonesia yang nota bene adalah Pemimpin ASEAN pada saat terjadi konflik sehingga dapat kita lihat bagaimana Indonesia mengambil peran dengan tujuan perdamaian dunia yang sesuai dengan tujuan UUD 45 dimana Indonesia sebagai pemimpin ASEAN harus mengambil langkah dan emulai perdamian di regional sendiri sebelum menghadapi dunia internasion sehingga dapt memperkuat posisi Indonesia di mata internasional . Terbukti bahwa Jepang juga pernah melontarkan ide mengundang Thaksin mengajar di perguruan tinggi negara itu. Jika di Bangkok kebijakan Hun Sen itu dipandang sebagai campur tangan dan pelecehan. Takhan yaitu. Dalam hal ini tindakan yang dilakukan oleh Thailand sangat menarik untuk di perhatika karena Thailand mulai mempermasalahkan keberadaan kuil ini pada saat setelah diakui sebagai warisan dunia oleh UNESCO menarik untuk di teliti karena ada factor apa yang melatar belakangi Thailand. Karena itu. di Phnom Penh justeru Hun Sen didukung. Di mata Kamboja. secara prinsip memanfaatkan kebolehan dan keahlian seseorang bukan tindakan yang patut dipersalahkan. Tak ada yang memungkiri kepandaian Tahksin Shinawatra dalam soal ekonomi.pemerintah Phnom Penh inginmemanfaatkan kebolehan mantan Perdana Menteri Thailand itu untuk memajukan perekonomian Kamboja.kesepakatan kerjasama dengan Kamboja. kemarahan Thailand jelas tak beralasan. terlepas dari siapa Thaksin dan vonis pengadilan Thailand terhadapnya. Alasannya. PerdanaMenteri Thailand Abhisit Vejjajiva bahkan mengancam akan memutuskan hubungandenganKamboja lantaran Phnom Penh telah melakukan intervensi dalam urusan internalnya.

Thailand dan Kamboja sepakat mengadakan patroli bersama di wilayah yang disengketakan menyusul bentrok maut sebelumnya. Kuil ini ditetapkan sebagai milik Kamboja oleh Mahkamah Internasional pada 1962. Kedua negara menarik sebagian pasukannya di perbatasan dengan meninggalkan sekitar 40 tentara di masing-masing pihak.Perdana Menteri Kamboja Hun Sen mengingatkan Thailand bahwa pasukan mereka akan menghadapi pertempuran jika berusaha menyeberangi perbatasan. Seorang anggota pasukan khusus Thailand dari kesatuan Ranger kehilangan kaki setelah menginjak ranjau darat sekitar situ. Penganugerahan ini memicu kemarahan kaum nasionalis Thai yang mengklaim situs budaya itu adalah milikThailand. UNESCO.Kronologi konflik kedua negara : Kuil Preah Vihear dari abad ke-11 dianugerahi status Warisan Dunia (World Heritage) oleh salah satu badan PBB. Kamboja menyatakan sekitar 100 serdadu Thailand menyeberangi perbatasan dekat kuil kuno itu. Para juru runding Kamboja dan Thailand bertemu di Kamboja dalam satu pertemuan yang berlangsung selama tiga hari. Perdana menteri kedua negara bertemu di Beijing dan setuju menghindari bentok bersenjata di masa depan. Pemerintah kedua negara menyatakan dua tentara Kamboja dan seorang . Insiden ini memicu penggelaran ratusan serdadu dari kedua belah pihak. Tentara Thailand kehilangan kakinya akibat menginjak ranjau darat yang ditanam di sekitar kuil.Pasukan Kamboja dan Thailand untuk pertamakalinya terlibat kontak senjata selama sepuluh menit dan melukai seorang tentara Kamboja. Pasukan kedua negara kembali terlibat kontak senjata yang merenggut nyawa tiga serdadu Kamboja dan seorang tentara Thailand.Tentara Kamboja dan Thailand kembali bentrok di wilayah perbatasan ituDua tentara Thai terluka akibat ranjau yang meledak di wilayah perbatasan untuk kemudian menjadi alasan bagi Thailand untuk mengeluarkan tuduhan bahwa Kamboja telah menanam ranjau di kawasan yang disengketakan itu. Thailand membantah tuduhan ini.Tiga orang demonstran Thailand ditangkap Kamboja karena melompati pagar kawat berduri untuk mencapai kuil.

Kedua. menjadi sinyal bahwa Indonesia sebagai ketua ASEAN 2011 dituntut untuk bias membuktikan pengaruh dan kepemimpinannya di kawasan Asia Tenggara.Jika hal ini dibiarkan. Pada awal tahun 2011 Indonesia terpilih menjadi Ketua ASEAN . belumdisepakatinya kerangka acuan kerja pengiriman tim pemantau yang merupakan usulan Indonesia oleh keduanegara yang berkonflik. atau dibawake level internasional seperti yang pernah dilakukan Kamboja. maka bukan mustahil bahwa konflik ini akan kembali dibawa dalam level bilateral tanpa campurtangan ASEAN seperti yang selama ini diinginkan Thailand. Sebelumnya bentrok sempat terjadi di hari ini juga. Prinsip non intervensi yang dianut ASEAN kemudian sering dijadikan alasan atas ketidak mauan/ ketidakmampuan Indonesia untuk menekan Thailand danKamboja secara lebih tegas. .serdadu Thailand tewas dalam pertempuran hebat di perbatasan kedua negara. setidaknya ada dua hal yang menunjukkan peran Indonesia yang masih dianggap lemah. Belum tercapainya solusi nyata dalam pertemuan Joint Border Committee (JBC) antara Thailand dengan Kamboja pada awal April 2011 dan pecahnya kembali pertempuran antar militer kedua Negara pada akhir April 2011. namun kontak senjata pertama itu tidak meninggalkan korban pada kedua pihak. ketidakhadiran Menteri Luar Negeri Thailand dalam pertemuan tersebut.Pertama. Dalam pertemuan yang berlangsung di Istana Bogor pada 7-8 April 2011 yang lalu. jadi dalam hal ini diharapkan Indonesia bisa mengambil perannya sebagai ketua ASEAN sebagai mediator dalam penyelesaian konflik dikedua negara yang berkonflik.

ketidakpuasan relatif terhadap pihak atau pihakpihak lain dan tujuan.kelompok yang bermusuhan. Konflik yang terjadi antara satu pihak dengan lainnya. Titik tekan dari resolusi konflik berusaha menangani sebab-sebab konflik dan membangun hubungan baru yang bisa tahan lama di antara kelompok. konstruksi teoritik atau asumsi dasar tentang sifat manusia dan proses sosial: internal misalnya agresif. Resolusi konflik merupakan terminologi ilmiah yang menekankan kebutuhan untuk melihat perdamaian sebagai suatu proses yang terbuka. Kemunculan konflik disebabkan karena terdapat rasa atau kesadaran kolektif. Pertama. Rumusan Masalah Berdasarkan latar belakang masalah diatas . . mendeeskalasi. Kedua. bersumber pada dua hal. Resolusi pada dasarnya adalah setiap upayaintervensi (untuk mencegah aktualisasi. kondisi-kondisi laten dan aktual yang memproduksi keyakinan atau kepercayaan tentang adanya tujuan-tujuan yang tak selaras. • Konsep Mediasi dan Resolusi Konflik.tujuan yang saling berlawanan. maka penulis dapat mengemukakan permasalahan pokok yang akan dibahas yaitu Apa peran Indonesia yang dalam hal ini sebagai Ketua ASEAN dalam menyelesaikan konflik Thailand-Kamboja ? D. misalnya disintegrasi sistem atau proses sosial. frustasi dan interaksional. Kerangka Teori Penulis menggunakan konsep Mediasi dan Resolusi Konflik sebagai dasar teori.C. menghentikan dan menyelesaikan konflik) dalam salah satu atau lebih tahap konflik.

Dalam konflik Thailand – Kamboja . Mediasi dapat dijelaskan ke dalam beberapa pengertian. Untuk menyiasati hal ini. Kenetralan dari seorang mediator dibutuhkan dalam menciptakan sebuah suasana yang bisa menimbulkan perasaan yang nyaman sehingga masing-masing pihak bisa lebih saling percaya satu sama lain. Indonesia tidak terlibat dalam konflik ini. Selain itu. Dalam hal ini.Dalam resolusi konflik ada saat dimana konflik berada di puncaknya sehingga tidak memungkinkan bagi pihak yang berkonflik untuk duduk secara bersama-sama di sebuah meja perundingan dalam rangka menyelesaikan konflik yang terjadi karena hal itu akan semakin menambah kacau suasana karena masing-masing pihak dapat dipastikan tidak akan ada yang mengalah. tidak merupakan bagian dari Thailand dan bukan pula. yaitu: 1. Dan proses dimana seorang mediator memainkan perannya adalah disebut dengan mediasi. . Indonesia dipilih sebagai mediator. Saling percaya dapat menghasilkan sebuah kebijakan yang bersifat win-win solution bagi masing-masing pihak. mediator adalah pihak yang tidak memihak terhadap pihak manapun (netral). Pihak yang netral itu disebut sebagai mediator. akan tetapi lebih kepada pengertian bahwa seorang mediator adalah pihak yang tidak punya kepentingan terhadap konflik yang sedang terjadi (pihak ) yang tidak terlibat di dalam konflik). Pihak luar yang dimaksud tidak diartikan secara sederhana sebagai orang yang berasal dari negara lain. jalan satu. Mediasi sebagai sebuah aksi dari seorang pihak luar (netralitas) Mediator di dalam sebuah resolusi konflik didefinisikan sebagaipihak luar.satunya adalah dibutuhkannya pihak yang netral dan bisa memfasilitasi pertemuan antara pihak yang bertikai dengan harapan masing-masing pihak dapat mencapai sebuah kesepakatan yang bersifat menguntungkan bagi pihak-pihak yang bertikai.

Sebuahmediasibukanlahmerupakan proses yang singkatdimanahanyamemfasilitasipihak-pihak yang berkonflik di dalamsebuahperundingan. Solusi yang ditawarkan haruslah yang bersifat win-win solution. mediator akanberusahamembawapembicaraankepadasebuahsolusidanberusahamenghindarikesalahpaha man. Mediator masih bertugas dalam mengontrol pengimplementasian kebijakan tersebut. Jika sudah ada keterbukaan. Dengan netralitas seorang mediator dalam menjadi penengah di dalam proses penyelesaian konflik. yaitu negosiasi. gagasan-gagasan di dalam sebuah konflik. . Mediasimembutuhkanwaktu yang sangat lama sampaikepadaposisipihak-pihak yang berkonflikduduk di sebuahmeja perundingan yang sama. Jawa Barat. masing-masing pihak akan percaya dalam menyampaikan kepentingan-kepentingan. 2. Dirumuskannya sebuah kebijakan bukan merupakan akhir dari tugas seorang mediator. apakah sesuai dengan perjanjian sebelumnya atau tidak dengan tidak melupakan prinsip netral seorang mediator di Istana Bogor.Indonesia tidak mempunyai kepentingan di dalam konflik maupun terhadap salah satu pihak yang berkonflik. Kamis tanggal 7 dan 8 april 2011. Mediator mendampingi pihak-pihak yang bertikai untuk mencapai sebuah kesepakatan dalam menyelesaikan konflik yang terjadi (peran fasilitasi). 3. Dalamhalini. sebuah perasaan saling percaya akan tercipta. dimana semua pihak tidak akan merasa dirugikan. Di saat itulah. maka seorang mediator akan mendampingi dalam menuju ke sebuah proses.

JikaPerdanaMenteri (PM) Kamboja. Hun Sen. Kala itu. Thailand danKambojasebenarnyasudahmaududukbersamadalampertemuan yang difasilitasi ASEAN seperti yang yangdilakukanpada 22 Februari 2011 di Jakarta. Indonesia tidak memiliki agenda politik yang langsung berkaitan dengan konflik Thailand Selatan. Hasilpertemuaninijugamenyepakatipertemuan JBC di Bogor pada April 2011 yang seharusnyajugamelibatkanmenteripertahanankeduanegara. 25 Maret 2011).MenteriPertahanan Thailand. Indonesia memiliki keunggulan mengenai kenetralitasan Indonesia dalam konflik Thailand . Hal inimenunjukkanbahwaterjadiperbedaanpandangandalamdomestik Thailand sendiriantarakementerianluarnegeridengankementerianpertahanan. menyatakantidakakanmenghadiri JBC tersebutdanmenolakkehadirantimpemantaudari Indonesia di wilayah yang disengketakankarenadianggapsebagaiwujudcampurtanganpihakluar (The Nation. makasikap yang berbedaditunjukkanpihak Thailand. Secara formal. . menteriluarnegerikeduanegarasepakatuntukmenerimatimpemantaudari Indonesia. menyatakandukungannyaataskeputusanini. PrawitWongsuwan.Dalam hal ini.Kamboja .

penulis mempunyai hipotesa bahwa Peran Indonesia dalam penyelesaian konflik Thailand Kamboja yakni Indonesia sebagai ketua ASEAN berperan sebagai mediator dan fasilitator penyelesaian konflik Thailand Kamboja dimana Indonesia berupaya menemukan kedua pihak yang berkonflik dimeja perundingan agar mendapatkan jalan penyelesaian untuk konflik ini.Dalam hal ini Indonesia pun kurang menekan Thailand dan Kmboja untuk menyelesaikan konflik yang terjdi sebelum kedu Negara yang bertikai membawa permasalahan ini ke dunia internasionl yang dima nama baik Indonesia akan rusak karena kurangnya kepemimpinan Indonesia dalm penyelesaian konflik internal ASEAN Indonesia harus melakukan tindakn dengan cepat dan akurat jika tidak nama baik Indonesia yang dimana sebaigai pemimpin ASEAn akn dikatakan dan di pandang oleh dunia internasioanl kurang cakap dalm memimpin ASEAN ini menjadi dilemma tersendiri untuk Indonesia yang sebenarnya di kawasan asia tenggara adalah salh satu Negara yng memiliki nama besa dan pengaruh yang kuat.Di sisi yang lain kita dapat melihat akan kekurangan dalm ASEAN tersebut yang mempunyai kebijakan tidak akn mengintervensi kepentingan internal para anggotanya sehingga akan membawa dampat yang buruk. Hipotesa Berdasarkan permasalahan yang telah diuraikan di atas.kemungikan konflik akn terjadi di kawasan Asia Tenggara akan menjadi sangat besar karena tidak adanya kekompakan dalm penyelesaian masalah bersama sehingga kestabilan Asia tenggara akan terganggu dan membuat Asia tenggara dapat dengan mudah di intervensi oleh pihak asing karena kekurangan kekompakan Dapat kita lihat persaiangan yang kuat terdi dalm keanggotaan di ASEAn sehingga dapt mengganggu kestabilan di kawasan Asia Tenggara .E. Indonesia tidak masuk campur di konflik yang terjadi secara mndetail karena Indonesia disini hanya berperan sebagai Mediator atau Fasilitator pada konflik antara Tailand dan kamboja yang memperebutkan kuil Preah Vihear.

aseansec.sg/asean/index.php/in/kolom/politik-internasional/451-menantidiplomasi-tingkat-tinggi-indonesia-dalam-konflik-thailand-kamboja.com/read/2011/05/08/20431670/Ini.13theaseansummit.politik.Indonesia.php/web/documents/documents/aseaneconomi c_blueprint.Konflik. diaksestanggal 28 Juni 2011 .DAFTAR PUSTAKA http://www. diaksestanggal 27 Juni 2011 http://internasional.Kamboja.Rekomendasi.Thaila nd.htm.id/index.yahoo.org/10371.dari.com/ktt-asean-pemimpin-asean-dukung-indonesia-fasilitasipenyelesaian-061609539. diaksestanggal 20 Juni 2011 http://www. diaksestanggal 20 Juni 2011 http://www.kompas.com/2011/05/19/konflik-kamboja-thailand. diaksestanggal 17 Juni 2009 http://id.go. diaksestanggal 20 Juni 2011 http://batamcyberzone.html.berita.lipi.

TugasProposal SEMINAR HI Oleh : RufersonSunde HI/151080268 FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL ‘VETERAN’ YOGYAKARTA 2011 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful