Mengenal Intrumen Bedah Minor

Dalam artikel berikut kami akan menjelasakan sedikit tentang instrumen bedah minor : 1. Nald vooder/Needle Holder/Nald Heacting Gunanya adalah untuk memegang jarum jahit (nald heacting) dan sebagai penyimpul benang.

2. Gunting • Gunting Diseksi (disecting scissor) Gunting ini ada dua jenis yaitu, lurus dan bengkok. Ujungnya biasanga runcing. Terdapat dua tipe yabg sering digunakan yaitu tipe Moyo dan tipe Metzenbaum. • Gunting Benang Ada dua macam gunting benang yaitu bengkok dan lurus, kegunaannya adalah memotong benang operasi, merapikan lukan. • Gunting Pembalut/Perban Kegunaannya adalah untuk menggunting plester dan pembalut.

3. Pisau Bedah Pisau bedah terdiri dari dua bagian yaitu gagang dan mata pisau (mess/bistouri/blade). Kegunaanya adalah untuk menyayat berbagai organ atau bagian tubuh manusia. Mata pisau disesuaikan dengan bagian tubuh yang akan disayat.

Sifatnya mempunyai gigi pada ujungnya seperti pinset sirugis.4. • Klem Allis Penggunaan klem ini adalah untuk menjepit jaringan yang halus dan menjepit tumor. Kegunaannya adalah untuk menjepit jaringan. • Klem Kocher Ada dua jenis bengkok dan lurus. US Army Double Ended Retraktor dan Retraktor Volkman penggunaannya adalah untuk menguakan luka. Retraktor (Wound Hook) Retraktor langenbeck. • Klem Babcock Penggunaanya adalah menjepit dock atau kain operasi. . Klem (Clamp) • Klem Arteri Pean Ada dua jenis yang lurus dan bengkok. 5. Kegunaanya adalah untuk hemostatis untuk jaringan tipis dan lunak.

menjepit jaringan yang dan lunak. tanda pada kulit sebelum memulai insisi. Penggunaannya Deschamps adalah untuk Aneurysm mengikat pembuluh darah Needle besar.6. Pinset Splinter adalah untuk mengadaptasi tepi-tepi luka ( mencegah overlapping). Pinset Anatomis adalah untuk menjepit kassa sewaktu menekan luka. 8. Penggunaannya dalah untuk Wound mengeruk luka kotor. • Penggunaannya memberi • Penggunaannya tipis • Penggunaannya Pinset Pinset Sirugis adalah untuk menjepit jaringan pada waktu diseksi dan penjahitan luka. mengeruk ulkus Curet kronis. 7. .

10. Korentang Penggunaannya adalah untuk mengambil instrumen steril. doek. Sonde (Probe) Penggunaannya adalah untuk penuntun pisau saat melakukan eksplorasi. mengambil kassa. jas operasi.9. dan laken steril. . dan mengetahui kedalam luka.

Demikian sedikit artikel mengenai intrumen bedah minor. Jarum Jahit Penggunaanya adalah untuk menjahit luka yang dan menjahit organ yang rusak lainnya. . semoga bisa menjadi tambahan materi pembelajaran dalam perkuliahan maupun praktikum. Sedangkan untuk menjahit otot dipakai yang berpenampang bulat ( rounde nald ). Untuk menjahit kulit digunakan yang berpenampang segitiga agar lebih mudah mengiris kulit (scharpe nald).11.

Arrow Remover (1500s) Tidak banyak yang diketahui tentang alat ini. dan hal ini dapat menyebabkan tempat berkembang biak bagi kuman. Amputation Knife (1700s) Pisau ini digunakan untuk amputasi pada abad ke-18. bentuk yang melengkung dikarenakan ahli bedah pada waktu itu cenderung membuat potongan melingkar melalui kulit dan otot sebelum tulang dipotong dengan gergaji. tetapi dari bentuknya dapat diketahui kalau alat ini digunakan dengan cara dimasukkan ke dalam luka dan mengangkat sesuatu dari luka . Amputation Saw (1600s) Gergaji ini dibuat dengan ukiran ukiran yang rumit.Kumpulan Peralatan bedah old school yang mengerikan Berikut adalah kumpulan alat alat bedah pada tahun 1500an – 1900an yang sadis jika dibayangkan kalau pasien pada jaman itu dioperasi menggunakan peralatan bedah berikut ini.

sedangkan tabung silinder akan digunakan untuk menghasilkan udara vakum dan dapat menyedot darah.tersebut. Artificial Leech (1800s) Alat ini digunakan untuk menyedot darah Pisau yang berada di tengah dan dapat diputar digunakan untuk memotong luka di kulit pasien. Bullet Extractor (1500s) Alat ini merupakan alat pengambil / extractors peluru dari dalam tubuh pasien. dan bagian pinggir yang berbentuk gunting adalah untuk membuka area luka lebih lebar. Alat ini dimasukkan ke dalam luka pasien dan mengambil peluru meskipun tertanam sangat dalam .

Cervical Dilator (1800s) Alat ini digunakan untuk melebarkan leher rahim perempuan selama persalinan.karena memiliki ujung yang ber ulir sehingga dapat menembus daging dengan mudah. . dengan jumlah pelebaran dapat diukur pada skala yang ada pada gagangnya.

.Circumcision Knife (1770s) Circumcision Knife atau pisau sunat. Ecraseur (1870s) Ecraseur ini digunakan untuk memotong wasir dan tumor ovarium atau rahim.

Hirtz Compass (1915) Alat ini digunakan untuk menentukan secara akurat di mana peluru berada dalam tubuh . Hernia Tool (1850s) Alat unik ini digunakan setelah pemulihan hernia. Itu dimasukkan ke dalam tubuh di dekat daerah yang terkena dampak dan ditinggalkan di sana selama satu minggu untuk menghasilkan bekas luka yang akan membantu menutup hernia.Hemorrhoid Forceps (1800s) Tang ini digunakan untuk menangkap wasir antara bilah pisau dan memberikan tekanan untuk menghentikan aliran darah.

Poros tsb berisi sebuah pisau yang tersembunyi yang dimasukkan ke dalam kandung kemih dan .sehingga kemudian bisa diangkat dengan presisi. Lithotome (1740-an-1830) Lithotome ini digunakan untuk memotong kandung kemih untuk menghilangkan batu. Hysterotome / Metrotome (1860s-90s) Hysterotome atau metrotome ini digunakan untuk mengamputasi leher rahim selama histerektomi.

Mouth Gag (1880-1910-an) Alat ini digunakan untuk menyumbat mulut pasien yang telah dibius untuk menjaga jalan napas tetap terbuka. . Scarificator (1910s-20s) Scarificators digunakan untuk penyedotan darah.kemudian dilepaskan dengan menggunakan pegangan pegas. Pisau pegas yang ada dalam alat ini akan memotong kulit dan membuat luka. dan yang berbntuk gelas khusus ditempatkan diatas luka.

Skull Saw (1830s-60s) Alat ini digerakkan secara manual menggunakan tangan untuk memotong bagian tengkorak Tonsil Guillotine (1860s) Alat untuk menghilangkan amandel. .Dan ketika dihangatkan akan membantu untuk memercepat darah keluar.

Trephine (1800s) Alat bor tengkorak Vaginal Speculum (1600) .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful