KEBERSIHAN DIRI DAN LINGKUNGAN ( Personal Hygiene/PH and Environment Sanitation ) I.

Pendahuluan Kebersihan diri maupun lingkungan merupakan hal yang fu ndamental , dan tidak terlepas darikehidupan kita sehari ± hari , begitupula kita seringkali diingatkan dengan slogan ³Kebersihansebagian dari pada iman ³ yang berarti bahwa kebersihan mencerminkan kekuatan imanseseorang , kembali lagi hal tersebut merupakan hal dasar yang perlu kita pahami dan kitalakukan secara berkesinambungan dari kita lahir sampai kita tutup usia pada nantinya.Dalam kehidupan sehari ± hari kebersihan merupakan hal yang sangat penting dan harusdiperhatikan karena kebersihan akan mempengaruhi kesehatan dan psikis seseorang.Kebersihanitu sendiri sangat dipengaruhi oleh nilai individu dan kebiasaan.Hal ±hal yang sangat berpengaruh itu diantaranya kebudayaan , social , keluarga ,

kemudian bagaimana dengankebersihan diri dan lingkungan yang mempengaruhi hygiene klien di Rumah Sakit ?Pasien atau klien adalah individu yang tidak terlepas dari adanya masalah kesehatan. dapat kita simpulkan bahwa Kebersihan diri dan lingkungan merupakan bagian yang sangat penting dalam kehidupan kita sehari-hari.Dari pernyataan di atas . persepsi seseorangterhadap kesehatan . hal ini terjadi karena kita menganggap masalah kebersihanadalah masalah sepele . padahal jika hal tersebut dibiarkan terus dapat mempengaruhi kesehatansecara umum. Watonah .(Tarwoto . Bagi pasienyang mengalami masalah kesehatan . serta tingkat perkembangan. 2006 :78). maka dimungkinkan kebutuhan dasarnya menjadi terganggusalah satunya adalah masalah dalam hal kebersihan diri atau Personal . biasanya masalahkebersihan kurang diperhatikan .pendidikan . Jika seseorang sakit .

Macam-Macam Personal Hygiene . makalah ini akan memaparkan tentang konsep kebersihan diri dan lingkungan . Pengkajian pada klien berhubungan dengan kebersihandiri (PH) . Watonah . (Tarwoto . Faktor ± Faktor yang mempengaruhi PH . Proses keperawatan adalah metode pengorganisasian yang sistematis dalam melakukan asuhankeperawatan pada individu . kelompok dan masyarakat yang memfokuskan pada identifikasi dan pemecahan masalah dari respons pasien terhadap penyakitnya. . Kebutuhan dasar manusia merupakan focus dalam asuhan keperawatan . 2006 : 2).Untuk itu .Hygiene. Faktor lingkunganyang mempengaruhi hygiene klien di RS . dalam hal ini perawat harus mempunyai pengetahuan dalam memberikan asuhan keperawatan kepada pasien melalui proses keperawatan .

Diagnosa Keperawatan dan Tindakan Keperawatannya . baik di Rumah Sakit . serta dapat membantumahasiswa dalam belajar pada mata kuliah Kebutuhan Dasar Manusia pada kompetensi PERSONAL HYGIENE/ PH. sebagai bekal untuk merawat dirinya sendiri juga untuk merawat orang lain dalam hal iniadalah pasien . Perawathendaknya mempunyai pengetahuan yang memadai mengenai kebersihan diri dan lingkunganini . oleh karena itu sudah seharusnya kita sebagai manusia untuk selalu memperhatikankebersihan diri dan lingkungan kita agar terhindar dari berbagai macam penyakit. 2 . Keluarga maupun di masyarakat Personal Hygiene berasal dari bahasa Yunani yaitu p ersonal yang artinya perorangan dan .Konsep Dasar Kebersihan Diri dan lingkungan Kebersihan diri atau p ersonal hygiene dan lingkungan merupakan bagian dari kehidupan kitaseharihari .

Perawatan kulit seluruh tubuhh. . 2006 : 78). Perawatan kulit kepala dan rambut b. Wartonah .hygiene yang berarti sehat. M acam ± M acam Personal Hygiene a. (Tarwoto . Kebersihan perorangan adalah suatu tindakan untuk memelihara kebersihan dan kesehatan seseorang untuk kesejahteraan fisik dan psikis. Perawatan kuku dan tanganf. Perawatan matac. Perawatan telingae. Perawatan hidungd. Perawatan genetaliag.

Memperbaiki p ersonal hygiene yang kurangd. B ody image . Meningkatkan percaya diri seseorangf. Menciptakan keindahan F aktor ± factor yang mempengaruhi p ersonal hygiene a. Pencegahan penyakite.Perawatan tubuh secara keseluruhan T ujuan Perawatan Personal Hygiene a. Meningkatkan derajat kesehatan seseorang b. Memelihara kebersihan diri seseorangc.

Praktik socialPada anak ± anak selalu dimanja dalam kebersihan diri . sampo . alat mandi yang semuanya memerlukan uang untuk menyediakannya. misalnya pada pasien penderita Diabetes Melitus ia harus selalumenjaga kebersihan kakinya . PengetahuanPengetahuan personal hygiene sangat penting karena pengetahuan yang baik dapatmeningkatkan kesehatan . sikat gigi . b. Status Sosial EkonomiPersonal hygiene memerlukan alat dan bahan seperti sabun . maka kemungkinan akan terjadi perubahan pola p ersonal hygiene .d.Gambaran individu terhadap dirinya sangat mempengaruhi kebersihan diri misalnyakarena adanya perubahan fisik sehingga individu tidak peduli terhadap kebersihannya. pasta gigi .c.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful