LAPORAN DISKUSI KELOMPOK KE 5 BLOK BSHB T.

A 2011/2012 Judul DISKUSI KELOMPOK: KULIAH 15-18

KELOMPOK 3 Tutor: dr. Vidya Dewantari Anggota Kelompok: 1. Viny Agustiani Lestari 2. Yolanda Shinta P. 3. Alfiana Choiriyani U 4. Annisa Noor Anindyasari 5. Immanuel Jefri Paian Parulian 6. Annisa Fatimah 7. M. Savvyany Saputra 8. Desvia Ira Restiana 9. Dhea Danni Agisty 10. Astarie Bella Larasati 11. Bagas Ryan Kusuma (G1A011031) (G1A011062) (G1A011072) (G1A011109) (G1A011098) (G1A011099) (G1A011090) (G1A011012) (G1A011078) (G1A011091) (G1A011089)

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN UNIVERSITAS JENDERAL SOEDIRMAN FAKULTAS KEDOKTERAN DAN ILMU-ILMU KESEHATAN JURUSAN KEDOKTERAN 2012

Penyakit ini menyebabkan gejala kerusakan saraf seperti fungsi motorik. Multiple sclerosis. Demyelination adalah hilangnya selubung-selubung mielin isolasi saraf. atau PML.Soal 1: SISTEM SARAF—JARINGAN SARAF Bayi Bobo sedang belajar merangkak. dan Charcot Marie gigi. juga dapat merusak myelin. Peradangan Penyakit-penyakit yang menyebabkan peradangan saraf juga dapat merusak selubung mielin. Beberapa jenis peradangan ensefalitis. fungsi otak dan penglihatan. dokter menyatakan bahwa Bobo mengalami keracunan timbale yangd apat merusak selubung pembungkus saraf. Beberapa hari terakhir ibunya memerhatikan tingkah Bobo yang lain dari biasanya. bicara. termasuk multiple sclerosis. mewarisi demielinasi penyakit seperti Leukodystrophy. akut menyebarkan encephalomyelitis. myelinosis pontine tengah. kronis peradangan demielinasi polyneuropathy. juga dikenal sebagai neuromyelitis Optica. virus campak. atau otak. Mengapa kasus bayi Bobo ini perlu perhatian serius? Jawab: - Apakah istilah medis untuk kerusakan pembungkus saraf? Istilah medis untuk kerusakan pembungkus saraf adalah demyelination. dan herpes zoster. gangguan autoimun dimana sistem kekebalan tubuh menyerang saraf sendiri. melintang myelitis. juga dapat merusak myelin. adalah penyakit yang paling umum demielinasi virus. Virus Dr Seth Cinta dari Departemen neuropatologi di University of Bristol Institute of Clinical negara ilmu saraf dalam sebuah artikel di Journal of Clinical Pathology yang leucoencephalopathy multifokal progresif. Guillain-Barré Syndrome. . Dia mempunyai kebiasaan mengigiti kayu kusen jendela kamarnya. Ini mempengaruhi saraf optik dan saraf tulang belakang dan dapat menyebabkan kebutaan permanen. diantaranya adalah: 1. Dia juga senang memasukkan segala sesuatu ke dalam mulutnya. darah. 2. dan merupakan ciri khas neurodegeneratif beberapa penyakit autoimun. setelah diperiksa ke dokter dan menjalani pemeriksaan lab. Demyelination bisa disebabkan karena beberapa hal. seperti penyakit lain demielinasi inflamasi. Mayo Clinic ahli saraf Dr Jerry W. Swanson daftar penyakit Devic. adalah bentuk paling umum demielinasi penyakit. Virus lain seperti human immunodeficiency virus atau HIV. virus yang terkait dengan cacar air.

demielinasi dapat terjadi. Tekanan Ketika tumor. sesak napas.seperti rasa sakit yang memancar di atas area wajah pada sisi yang terkena. Cinta mencatat bahwa kerusakan hati dari penyalahgunaan alkohol dapat menyebabkan kondisi yang disebut demielinasi mielinolisis pontine pusat. demielinasi dapat terjadi di daerah kompresi. Namun. - Gangguan saraf apakah yang dapat terjadi akibat kerusakan pembungkus saraf? Gangguan saraf yang dapat terjadi akibat kerusakan pembungkus saraf adalah kerusakan sistem saraf tepi dimana kerusakan itu mengganggu kerusakan neuromotorik.atau dalam kasus-kasus serangan jantung. 4. sengatan listrik . Hasilnya adalah neuralgia trigeminal. Kerusakan Hati Dr. sel saraf dapat digantikan dengan sel saraf baru. kelemahan lengan dan kaki. Kondisi ini dapat terjadi pada pasien yang memiliki penyakit serebrovaskular parah --. tekanan arteri atau vena tempat di kranial kelima.setiap kondisi yang berhubungan dengan suplai darah di otak --. tetapi dapat melumpuhkan dalam keparahan mereka. 5. sebuah kondisi yang ditandai dengan penembakan. atau trigeminal saraf. - Apakah kerusakan saraf masih dapat diperbaiki? Kerusakan saraf tidak dapat diperbaiki karena pertumbuhan sel saraf bersifat irreversible. tapi kadang-kadang ketika selubung mielin tidak menerima cukup oksigen dari darah. dan pidato penurunan nilai. berlangsung dari beberapa detik hingga 2 menit. . Penyakit ini ditandai dengan onset yang cepat kebingungan. atau BPT. Tidak memadai Ketersediaan Darah Dalam kebanyakan kasus kekurangan suplai darah menyebabkan kematian jaringan di otak. overdosis obat atau keracunan karbon monoksida.3. Kondisi ini juga dapat terjadi pada pasien yang telah menjalani transplantasi hati. Merck Manual untuk menyatakan Healthcare Profesional bahwa episode nyeri yang singkat. menurut Cinta.

sehingga Hedi perlu menjalani prosedur pungsi lumbal. Dokter yang memeriksa menyatakan bahwa nyeri kepala dan gejala yang lain yang dirasakan sangat sugestif terhadap meningitis. Kulit a. stratum granulocum. Epidermis : stratum corneum. b. c. padahal yang dikeluhkan ada di kepala! Jelaskan struktur yang ditembus oleh jarum pungsi lumbal dari kulit ke profunda! Jawab: - Apakah yang dimaksud dengan pungsi lumbal? Yang dimaksud dengan pungsi lumbal adalah suatu prosedur pengambilan cairan serebrospinal (liquor cerebrospinal / LCS) dalam ruang subarachnoid yang melingkari seluruh sistem saraf pusat. - Struktur anatomis apa saja yang terlibat pada pelaksanaan prosedur pungsi lumbal? Struktur yang terlibat pada pelaksanaan prosedur pungsi lumbal adalah I.Soal 2: SISTEM SARAF—MEDULLA SPINALIS & NERVUS SPINALIS Hedi mengalami nyeri kepala hebat. Jelaskan alasan mengapa prosedur pungsi lumbal diperlukan. stratum lucidum. dan stratum basale. Dermis : stratum palilare dan stratum retikulare Hypodermis atau Subcutaneus . stratum spinosum.

edisi 9) . Subarachnoid (Martini.II. Celah interspinosus a. L4 – L5 d. M. Arachnoid mater VIII. Dura mater VI. Otot a. L3 – L4 c. Latissimus dorsi III. Subdura mater VII. Epidural Space V. L2 – L3 b. L5 – S1 IV.

edisi 22. glukosa. beberapa leukosit terutama limfosit. diantara lapisan arachnoideamater dengan lapisan piamater. karbondioksida. dan sedikit protein. Cairan cerebrospinalis menyerupai plasma darah dan cairan intersisial yang mengandung air. oksigen. Cairan ini terletak di sub arachnoid.- Spesimen apa yang diambil pada prosedur pungsi lumbal? Spesimen yang diambil pada prosedur pungsi lumbal adalah cairan serebrospinalis. elektrolit. (Sobotta. - Di manakah spesimen tersebut diproduksi? Spesimen tersebut diproduksi di plexus choroideus ventrikel cerebrii utamanya di ventrikel lateralis. 311) .

Hambatan fisiologis apa yang akan mengganggu obat anda mencapai otak? Bagaimanakah caranya agar obat dapat mencapai jaringan otak? Jawab: Struktur spesifik otak apakah yang mempunyai fungsi sebagai barier? Struktur spesifik otak yang mempunyai fungsi sebagai barier adalah BBB (Blood Brain Barrier). b. hal. c. sel Astrosit (Neuroglia) Neuroglia membentuk lapisan di sekitar pembuluh darah otak dan dapat penting dalam perkembangan BBB. yang membolehkan beberapa material untuk menembusnya. BBB adalah semi permeabel. 524) . Pada sel endotel terdapat tight junction. BBB (Blood Brain Barrier) adalah struktur membran yang secara primer berfungsi untuk melindungi otak dari bahan-bahan kimia dalam darah. anatomi and physiologi. Lamina basal Lamina basal (disekresi oleh sel-sel endotel) yang mengelilingi pembuluh kapiler otak menurun permeabilitas kapiler. yang berfungsi mencegah transpor anatara sel-sel endotel. (Saladin. tetapi menghalangi material lainnya. sel endotel pembuluh darah otak sel-sel endotel saling berhubungan dan substansi-substansi tidak dapat melewati aliran darah (beberapa molekul. Astrosit juga dapat bertanggung jawab dalam transpor ion dari otak ke darah. ada 2 mekanisme untuk mencegah difusi pasif melalui membran sel. BBB (Blood Brain Barrier) yang dibentuk oleh : a. Jaringan endotelial memiliki ruangan kecil di antara tiap sel individu sehingga substansi dapat lewat di antara bagian luar dan dalam pembuluh darah.Soal 3 : SISTEM SARAF – OTAK DAN NERVI CRANIALES Anda ingin menciptakan obat untuk mengatasi sebuah penyakit yang menyerang otak. dimana fungsi metabolik masih dapat dilakukan. Lapisan ini biasanya tidak ada dalam kapiler. ditranspor oleh darah dengan cara khusus). seperti glukosa.

.

dan Kaki-kaki astrosit yang menempel pada lapisan luar dari dinding - Bagian otak manakah yang tidak mempunyai struktur barier tersebut? Bagian otak yang tidak mempunyai struktur barier tersebut adalah organ sirkumventrikular. .- Bagaimanakah struktur histologis/ karakteristik struktur barier tersebut? 1. 3. Sel endotelial di dinding kapiler Membran basalis di luar sel endotel. 2.

Majalah Patologi Klinik. Inc Subarkah. (ed). (ed). Jakarta: EGC Seth. San Fransisco : Pearson Education. 25. Penyakit demielinasi. Jakarta: EGC .. Available at: "Majalah Patologi Klinik". 2006. 2005. dkk. Cinta. Kamus Saku Kedokteran Dorland. Patofisiologi: Konsep Proses-proses Penyakit. Jakarta: EGC Hartanto.Daftar Pustaka Martini. November 2006 Nuswantari.. Fundamental of Anatomy and Physiologi. Ed. Asep. Available at: http://klinikindonesia. Ed. (ed). H. Sobotta Atlas Anatomi Manusia.com/kamus-kedokteran-p/pungsi-lumbal.php Sugiharto L. 2006. Seth Cinta. dkk. 2012.22. D.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful