Nama : Ana Noviana Rihanatul Zannah NPM : 220110080137 Resume Usaha Kesehatan Sekolah Sekolah : Salah satu upaya

yang strategis untuk meningkatkan kualitas manusia di Indonesia adalah upaya pendidikan dan kesehatan dan upaya ini paling tepat dilakukan melalui institusi pendidikan. Sekolah sebagai tempat berlangsungnya proses belajar mengajar proses belajar mengajar harus menjadi “Health Promoting School” artinya “sekolah yang dapat meningkatkan derajat kesehatan warga sekolahnya”. Sekolah memiliki lingkungan kehidupan sekolah yang mencerminkan hidup sehat. Untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang optimal, semuanya akan tercapai bila sekolah dan lingkungannya dibina dan dikembangkan antara lain melalui Usaha Kesehatan Sekolah(UKS). Uks ( Usaha Kesehatan Sekolah ) : UKS atau usaha kesehatan sekolah adalah upaya terpadu lintas program dan lintas sektor untuk meningkatkan kemampuan hidup sehat dan selanjutnya terbentuk perilaku hidup sehat dan bersih baik bagi peserta didik, warga sekolah maupun warga masyarakat.

Surat Keputusan : UKS pertama kali dirintis tahun 1956 melalui pilot project UKS Perkotaan di Jakarta dan UKS Pedesaan di Bekasi yang merupakan kerjasama antara Departemen Kesehatan, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan serta Departemen Dalam Negeri. Tahun 1980 dikeluarkan keputusan bersama antara Departemen Kesehatan dan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan tentang kelompok kerja UKS, puncaknya terbit Surat Keputusan Bersama antara Menteri Dalam Negeri, Menteri Agama, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dan Menteri Kesehatan pada tanggal 3 September 1980 tentang Kebijaksanaan dan Pengembangan UKS, yang kemudian disempurnakan pada tahun 1984 dan tahun 2003 seiring perubahan sistem pemerintahan. Undang-undang pokok kesehatan tahun 1960 Bab 1 pasal 3 : 1. Pertumbuhan anak yang sempurna dalam lingkungan yang sehat adalah penting untuk mencapai generasi yang sehat dan bangsa yang kuat. 2. Pengertian dan kesadaran rakyat tentang pemeliharaan dan perlindungan kesehatan adalah sangat penting untuk mencapai derajat kesehatan yang setinggi-tingginya. Bab II pasal 9 ayat 2 : Pemerintah mewujudkan usaha-usaha khusus untuk keturunan dan pertumbuhan anak yang sempurna, baik dalam lingkungan keluarga maupun dalam lingkungan sekolah, serta lingkungan masyarakat remaja dan keolahragaan.

Melaksanakan pencegahan penyalahgunaan narkotika. Kekeluargaan. 74/Th/1984. dgn struktur organisasi. tentang Pembinaan dan Pengembangan UKS. psikotropika. sbb. Keterbukaan).Undang-undang pokok pendidikan tahun 1954 no. dan 26 Tahun 2003. Kebersihan. dan 60 Tahun 1984. Meningkatkan kesehatan reproduksi remaja. Menkes. minuman keras. dan 4415-404 Tahun 2003. guru. Menag dan Mendagri) No. Kemudian diperbarui pada tanggal 23 Juli 2003 dgn SKB 4 Menteri (Mendiknas. Melaksanakan hidup aktif Melaksanakan pengamanan jajan anak sekolah SDM MEMBENTUK TIM PELAKSANA UKS Kepsek mengundang unsur terkait termasuk lurah/kepaladesa untuk pembentukan Tim Pelaksana UKS. dan HIV-AIDS. Menag dan Mendagri) No. Melaksanakan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS). tentang Pokok-pokok Kebijakan Pembinaan dan Pengembangan UKS. dan SKB 4 Menteri (Mendiknas. 12 Membentuk manusia sosial yang cakap dan warga negara yang bertanggung jawab tentang kesejahteraan masyarakat dan tanah air Untuk lebih memantapkan pembinaan UKS secara terpadu. 048a/U/1984. Ketertiban. 1067/Menkes/SKB/VII/2003. . merokok. Petugas Puskesmas. Keteladanan. Kesehatan. 1/U/SKB/2003. Peraturan menteri pendidikan nasional republik Indonesia Nomor : 39 Tahun 2008 tentang Pembinaan Kesiswaan Melaksanakan kegiatan 9 K (Keamanan. 319/Menkes/SKB/VI/1984. Menkes. Keindahan. 2/P/SKB/2003. Pembina: Kades/Lurah Ketua:Kepala sekolah Sekretaris:Guru Pembina UKS Anggota:komite sekolah. Menkes. Menag dan Mendagri) No. Kepsek membuat SK dan disampaikan kepada Tim Pembina UKS Kecamatan sekaligus lapor. 1068/Menkes/SKB/VII/2003. MA/230A/2003. Melaksanakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). diterbitkanlah : SKB 4 Menteri (Mendikbud. MA/230B/2003. Tim Pembina UKS Pusat. Unsur siswa (Kader Kesehatan Remaja/ KKR/ DokterKecil/ PMR). dan zat adiktif (narkoba). Kerindangan.

mulai dari persiapan sampai dengan evaluasi. Perlengkapan P3K dibutuhkan pada saat perjalanan untuk menghindari masalah yang lebih serius jika terjadi kecelakaan. 2. 2002). plester. 5. karena menguraikan tentang biaya-biaya yang diperlukan untuk pelaksanaan kegiatan. Sarana & Prasarana Perlengkapan PPPK (P3K)  Pertolongan pertama adalah suatu perawatan yang diberikan sementara menunggu bantuan datang atau sebelum dibawa kerumah sakit atau puskesmas. untuk menuju kearah sasaran yang telah ditetapkan.Menurut Munandar ( 2001 : 10 ). Untuk bisa penaksiran secara lebih akurat. peniti Sabun antiseptik Snake bite kit untuk mengantisipasi gigitan ular Obat antimalaria  1.Dana Kegunaan Anggaran Anggaran disusun untuk membantu manajemen dalam kegiatan perencanaan dan pengawasan. saling bekerja sama dengan baik. diperlukan sebagai data. Sebagai pedoman kerja Anggaran berfungsi sebagai pedoman kerja dan memberikan arah serta sekaligus memberikan targettarget yang harus dicapai oleh perusahaan/organisasi di waktu yang akan datang. 3. kapas steril. kasa steril. 3. 4. Berikut beberapa perlengkapan P3K : Plester luka (band aid) Obat antiseptik (obat merah atau betadine) dan alkohol Kain pembalut. informasi dan pengalaman yang merupakan faktor-faktor yang harus dipertimbangkan dalam menyusun anggaran Anggaran adalah suatu hal sangat penting. 8. anggaran mempunyai kegunaan pokok yaitu : 1. 7. Sebagai alat pengkoordinasian kerja Anggaran berfungsi sebagai alat untuk pengkoordinasian kerja agar semua bagian-bagian yang terdapat di dalam perusahaan/organisasi dapat saling menunjang. 6. perban plastik. Pertolongan pertama pada dimaksudkan untuk menentramkan dan menyenangkan si korban sebelum ditangani oleh orang yang lebih ahli. . Manajemen yang baik tidak ingin menghadapi periode yang akan datang dengan ketidakpastian. Biasanya anggaran dikelompokkan menjadi :     Anggaran Personalia Anggaran Operasional Anggaran Sarana dan fasilitas Anggaran Penilaian 2. perban kain. sebagai pembanding untuk menilai (evaluasi) realisasi kegiatan perusahaan. Sebagai alat pengawasan kerja Anggaran berfungsi sebagai tolok ukur. Bidai atau spalk Gunting. Diharapkan dengan keadaan yang lebih tenang dan tenteram dapat mengurangi rasa sakit si korban (Yudiawan. pisau kecil.

batuk. murid. melakukan bimbingan dan pengawasan pelaksanaan UKS di seluruh Indonesia. kursus UKS bagi guru. memupuk kerjasama baik pihak-pihak yang ada hubungannya dengan pelaksanaan UKS. Sebab. seksi kesehatan anak-anak luar biasa. Krim antisinar matahari (sunscreen) 11. Untuk memperlancar usaha pembinaan dan pengembangan. Tingkat Kota / Kabupaten Penanggung jawabnya adalah UKS pada Dinas Kesehatan Kabupaten/ Kota. menyelenggarakan lokakarya. Obat-obatan pribadi Unsur-unsur yang terlibat dalam UKS Menurut Adik Wibowo dkk. 125/IV/Kab/B. Direktorat Kesehatan Masyarakat terdiri dari beberapa seksi yaitu : seksi kesehatan anak sekolah dan mahasiswa. Fungsi dan tanggung jawabnya meliputi : membuat rencana kerja harian.9. demam. 10. dan petugas kesehatan setempat. diperlukan organisasi yang baik. seksi pengembangan metode. dan lain-lain). sakit perut. mengusahakan bantuan teknis dan materiil. membuat bimbingan teknis.U/1975 tertanggal 29 April 1975 yaitu : Tingkat Pusat Sub Direktorat Kesehatan Sekolah dan Olahraga. (1983 : 27-29) struktur organisasi UKS mengikuti struktur organisasi Departemen Kesehatan RI. Krim untuk luka bakar (bioplacenton). rapat kerja diskusi penataran dan lain-lain. Usaha Kesehatan Sekolah di tingkat Puskesmas Berdasar ketentuan yang ada maka Usaha Kesehatan Sekolah merupakan salah satu unit dari puskesmas dimana kegiatan-kegiatan kesehatan dilaksanakan di wilayah kerjanya. melakukan koordinasi dan pengawasan. Kerangka kerjasama pengorganisasian sistem kerja operasional UKS harus dipahami sebaik-baiknya. seksi olahraga kesehatan. tidak sedikit sekolah atau guru yang beranggapan bahwa UKS merupakan tugas dari petugas kesehatan saja atau . seminar. memberi bantuan materi dan keuangan ke daerah tingkat II dan lain-lain usaha yang dianggap perlu. melaporkan kegiatan ditingkat provinsi. serta mencegah terjadinya tumpang tindih dari berbagai kegiatan UKS sebaiknya diwujudkan dalam satu wadah atau badan. sesuai dengan Keputusan Menteri Kesehatan No. menyelenggarakan kursus-kursus kesehatan. influenza. sakit kepala. melakukan pengawasan pelaksanaan UKS di sekolah. Usaha Kesehatan Sekolah di tingkat Sekolah Usaha Kesehatan Sekolah di tingkat sekolah merupakan wilayah kerja dimana kegiatan tersebut dilaksanakan. alergi. Fungsi dan tanggung jawabnya : membuat program kerja melakukan koordinasi. Tingkat Provinsi Fungsi dan tanggung jawabnya adalah sebagai koordinator pelaksana UKS di tingkat provinsi yang meliputi : membuat rencana program kerja. maag. bersama-sama dengan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan menyusun kurikulum tentang kesehatan pada umumnya dan Usaha Kesehatan Sekolah pada khususnya. serta 12. Obat-obatan yang umum digunakan (obat penghilang rasa sakit. Dari tingkat pelaksanaan UKS di sekolah-sekolah hingga tingkat pusat. melakukan koordinasi kegiatan-kegiatan kesehatan yang ditujukan kepada anak didik dan masyarakat sekolah. menerima laporan kegiatan dari tingkat Kabupaten/ kota melaporkan kegiatan ke tingkat pusat.

Dinas Pekerjaan Umum. Pelayanan Kesehatan Pelayanan kesehatan sekolah meliputi pemeriksaan kesehatan. dan sosial. ilmu pengetahuan alam dan sebagainya. Memperhatikan kenyataan di lapangan. bahaya narkoba dan sebagainya. Kepramukaan. sampah.sebalikya petugas kesehatan menganggap UKS merupakan tanggung jawab jajaran pendidikan sekolah atau guru semata-mata. Kegiatan ekstrakurikuler berupa pendidikan kesehatan yang disisipkan dalam kegiatan-kegiatan ekstrakurikuler untuk menanamkan perilaku sehat peserta didik. Kegiatan intrakurikuler atau pendidikan kesehatan merupakan bagian dari kurikulum sekolah. dan kebersihan lingkungan sekolah. telinga. kebersihan kulit dan kuku. Departemen Pendidikan Nasional 3. RUANG LINGKUP UKS Kegiatan meliputi : (TRIAS UKS) 1. pengobatan sederhana. psikis dan sosial. pertolongan pertama serta rujukan bila menemukan kasus yang tidak dapat ditanggulangi di sekolah. Berbagai instansi dan badan-badan seperti :  Dinas Pendidikan Dasar. Pembinaan lingkungan kehidupan sekolah yang sehat Lingkungan sekolah yang dimaksud dalam program usaha kesehatan sekolah meliputi lingkungan fisik. keberhasilan dalam pelaksanaan UKS melibatkan berbagai instansi dari Departemen. pemeliharaan bangunan yang sehat. Departemen Dalam Negeri 2. Pendidikan Kesehatan Pendidikan kesehatan di sekolah dapat berupa kegiatan intrakurikuler. pemberian imunisasi. atau pun mengenai kesehatan reproduksi. dapat berupa mata pelajaran yang berdiri sendiri seperti mata pelajaran ilmu kesehatan atau disisipkan dalam ilmu–ilmu lain seperti olah raga dan kesehatan. segitiga melambangkan Trias UKS. pencegahan pencemaran lingkungan tanah. Dinas Kesehatan. air limbah. Kegiatan yang termasuk dalam pembinaan lingkungan fisik antara lain berupa pengawasan terhadap sumber air bersih. air dan udara di sekitar sekolah.Peternakan.  Berbagai perusahan swasta yang ada hubungannya dengan usahakesehatan dan kesejahteraan masyarakat. instansi.  POGM (Persatuan Orang Tua Murid dan Guru)  Badan-badan/organisasi non pemerintah seperti PMI. Makna dari logo UKS. pengawasan terhadap kantin sekolah. serta tulisan UKS bermakna pelaksanaannya harus didukung secara vertikal dan horizontal yaitu oleh pembina maupun pelaksana. pemeriksaan perkembangan kecerdasan. lingkaran melambangkan program pembinaan dilakukan terus menerus dan terpadu oleh seluruh sektor terkait. pengendalian binatang serangga dan pengerat yang ada di lingkungan sekolah. 7. kegiatan ekstrakurikuler dan penyuluhan kesehatan dari petugas kesehatan Puskesmas. HIV/AIDS. tempat pembuangan tinja. 3. 2. mata. penemuan kasus-kasus dini yang mungkin terjadi. Departemen Kesehatan 4. seperti : 1. dan badan-badan. Kegiatan . Departemen Agama 5. Pertanian . mungkin juga LSM. Penyuluhan kesehatan dari petugas puskesmas misalnya mengenai higiene personal yang meliputi pemeliharaan gigi dan mulut.

MA. tempat cuci tangan/ wastapel.75 m2 Memiliki ruang dan peralatan UKS yang edial (Tempat tidur. poster-poster. peralatan gigi. KMS. kepedulian. kotak P3K dan obat. tanggung jawab. lemari obat.yang dilakukan dalam pembinaan lingkungan psikis sekolah antara lain memberikan perhatian terhadap perkembangan peserta didik. dan SMK Program UKS harus dapat menimbulkan : Kesadaran. dan SMK Strata Pembinaan Lingkungan Sekolah Sehat Paripurna di SMP & MTs Memenuhi strata optimal Ada menu gizi seimbang di kantin dan petugas kantin yang terlatih Ada air bersih yang memenuhi syarat kesehatan Sampah langsung diangkut dan dibuang di tempat pembuangan sampah di luar sekolah/ umum Ratio WC : siswa 1 : 20 Saluran pembuangan air tertutup Ruang kelas memenuhi syarat kesehatan (Ventilasi dan pencahayaan cukup) Ada halaman/ kebun sekolah dimanfaatkan/ ditanami dan diberi label (untuk sarana belajar) dan pengelolaan hasil kebun Ratio kepadatan siswa 1 : 1. PPL Pertanian dan lain-lain) Strata Pelayanan Kesehatan Paripurna di SMP dan MTs Memenuhi strata optimal Ada kegiatan Forkum/ disko terarah dari “Pendidik sebaya/ ”Konselor sebaya Jumlah KKR yang sudah dilatih > 10%  SMA.      Rencana kegiatan tahunan UKS disusun oleh pengurus TP UKS yang mencakup seluruh kegiatan dalam satu tahun dan merupakan bagian dari RKS/RAPBS Dalam menyususn rencana perhatikan jenis kegiatan. guru dengan peserta didik. murid. model organ tubuh. unit gigi. pemberdayaan  perubahan perilaku  akhlak mulia meningkat PENYUSUNAN RENCANA KEGIATAN UKS 1. serta membina hubungan kejiwaan antara guru dengan peserta didik. Strata pendidikan kesehatan paripurna di SMP dan MTs Dilaksanakan strata optimal Memiliki guru pembina UKS terlatih dengan jumlah memadai Adanya program kemitraan pendidikan kesehatan dengan instansi terkait (Puskesmas.5 – 1. yaitu : Program pembinaan lingkungan sekolah sehat Pengadaan sarana prasarana Peningkatan mutu ketenagaan seperti TOT Guru Pembina UKS dan dokter kecil. MA. alat ukur TB. 2. jadwal piket. Program Pendidikan kesehatan Program Pelayanan Kesehatan Beberapa masalah kesehatan yang dapat dikurangi melalui UKS 1) Masalah Sanitasi dan Air Bersih 2) Kekerasan dan kecelakaan . peserta didik dengan peserta didik. karyawan sekolah serta masyarakat sekolah.)  SMA. 3. data angka Siswa sakit. memberikan perhatian khusus terhadap anak didik yang bermasalah. waktu dan sumber daya yang ada. snellen chart. rangka/ torso. Kepolisian. serta membina hubungan yang harmonis antara guru.obatan. buku rujukan. Sedangkan kegiatan yang berhubungan dengan pembinaan lingkungan sosial meliputi membina hubungan yang harmonis antara guru dengan guru. Ada 5 kegiatan pokok yang sebaiknya jadi prioritas. PMI. struktur organisasi. timbangan BB.

ac.com/2011/07/15/uks-sebagai-media-kesehatan-siswa/ http://kenikwno.blogspot.wordpress.files.ub.3) Masalah Kesehatan Reproduksi Remaja 4) Kecacingan dan kebersihan diri maupun lingkungan 5) Masalah gizi dan anemia 6) Immunisasi 7) Merokok.google.php?option=com_content&view=article&id=52:geliatuks-di-tengah-pusaran-perubahan&catid=39:subdit-4&Itemid=82 http://dr-suparyanto.slideshare. 4.ppt&ei=EXSRT5-6AcbprQekxPiGBQ&usg=AFQjCNHBdtpB5dqGuNpeP_TH9szX9J1JPg&cad=rja http://www. 3. Dapus : 1.com/2010/08/panduan-pelaksanaan-uks-sd2. .depkes.html http://edukasi. 10) HIV/AIDS dan IMS lainnya 11) Gangguan kesehatan mental.id/index.pdf http://www. 5.id/url?sa=t&rct=j&q=tim+pelaksana+usaha+kesehatan+sekolah++smp&source= web&cd=7&ved=0CEcQFjAG&url=http%3A%2F%2Ftridewanti. 2.id%2Ffiles%2F2012%2F03%2 Fuks. Alkohol dan Penyalahgunaan Narkoba 8) Kesehatan Gigi 9) Penyakit infeksi (malaria.kompasiana.go.lecture.com/2010/10/usaha-kesehatan-sekolah-uks.co.net/alunand350/pengembangan-program-uks 6.gangguan saluran nafas). http://www.kesehatananak.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful