Di Indonesia Penyebab Utama Disentri Adalah Shigella

Di Indonesia penyebab utama disentri adalah Shigella, Salmonela, Campylobacter jejuni, Escherichia coli (E.

coli), dan Entamoeba histolytica. Disentri berat umumnya disebabkan oleh Shigella dysentery, kadang-kadang dapat juga disebabkan oleh Shigella flexneri, Salmonella dan Enteroinvasive E.coli (EIEC). (Siti at all, 2004) (PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP PENYAKIT SHIGELLA (DISENTRI) DI JAKARTA UTARA Siti Sapardiyah Santoso, I.B. Indra Gotama, Imam Waluyo. Media Litbang Kesehatan Volume XIV Nomor 3 Tahun 2004).

Disentri merupakan suatu infeksi yang menimbulkan luka yang menyebabkan tukak terbatas di colon yang ditandai dengan gejala khas yang disebut sebagai sindroma disentri, yakni: 1) sakit di perut yang sering disertai dengan tenesmus, 2) berak-berak meperet, dan 3) tinja mengandung darah dan lendir. Adanya darah dan lekosit dalam tinja merupakan suatu bukti bahwa kuman penyebab disentri tersebut menembus dinding kolon dan bersarang di bawahnya1-3. ltulah sebabnya pada akhir-akhir ini nama diare invasif lebih disukai olch para ahli. Disentri dianggap hanya terdiri dari dua jenis yang didasarkan pada penyebabnya, yakni disentri basiler yang disebabkan oleh basil Shigella spp. dan disentri amuba yang disebabkan oleh parasit Entamoeba histolytica. Akan tetapi berkat perkembangan pesat pengetahuan kita tentang mikrobiologi, sindroma disentri di atas temyata disebabkan oleh berbagai mikroba, bakteri dan parasit, yakni: Shigella spp., Salmonella spp., Campylobacter spp., Vibrio parahaemolyticus, I'leisomonas shigelloides, EIEC (Enteriinnasive E. coil), Aeromonus spp., Entamoeba histolytica atau Giardia lambha.. 1. Shigella spp.

2. sonnei. Dysentriae dan 15 tipe colisin Sh. Jlexneri. yaitu: Sh. sebagai penyebab disentri basiler merupakan kuman yang unik di antara enteropatogen lainnya. Kedua hal yang bertentangan ini akan lebih nyata lagi karena hospes alami (tuan rumah) penyakit ini adalah manusia. walaupun kuman ini dapat diisolasi dari tinja primate yang hidup dekat dengan habitat manusia. Dapatlah dimengerti bahwa penyakit ini akan menimbulkan epidemi yang sulit dicegah di daerah yang kesehatan perorangannya rendah. Kedua sifat yang kontradiktif yaitu ambang infeksi yang rendah dan sifat rapuh ini mewarnai epidemiologi penyakit ini. cepat rnati di luar tubuh hospesnya). 10 serotipe Sh. Inilah sebabnya penyakit ini disebut hand washing disease. menyebabkan penyakit ini lebih banyak tertular dengan cara kontak langsung (person to person). Shigella spp merupakan penyebab terbanyak dari diare invasif (disentri) dibandingkan dengan penyebab lainnya. Dikenal ada empat spesies dari Shigella berdasarkan reaksi biokimia dan serologi. Salmonella sp. Sh. . sulit dicegah. 15 serotipe Sh. Shigella spp. Ambang infeksinya rendah yakni 10--100 kuman sudah cukup untuk menularkan penyakit tersebut dari penderita ke orang lain. sedang di daerah dengan kesehatan perorangan cukup baik penyakit ini akan lebih cepat menghilang. dysentriae dan Sh. boydii. Manusia sendiri merupakan surnber penularan dan hospes alami dad penyakit ini. Ketiga spesies pertama masih dibagi lagi dalam serotipe sedang Sh.faecal. yang cara penularannya adalah secara oro. Dengan demikian dapatlah dimengerti mengapa epidemic penyakit ini bagi penduduk yang kesehatan perorangannya sangat buruk. Sh.Shigelloides terdapat di mana-rnana tapi yang terbanyak terdapat di negara dengan tingkat kesehatan perorangan yang sangat buruk. boydii. sonnei. Jlexneri. sonnei dibagi menurut tipe colisin. Hingga sekarang sudah dikenal ada 8 scrotipe Sh. Hal lain yang juga unik ialah sifat basil ini yang rapuh (fragile.

Pada akhir-akhir ini Campylobacter jejuni (dulu disebut "vibrio lainnya" (related vibrio) mulai muncul sebagai penyebab penting penyakit diare. Sekarang telah diketahui bahwa serotipe dari I. Susu terkontaminasi melalui kontak langsung dengan tinja sapi. 0124. Selain itu telur juga memegang peran penting dalam. Penyakit ini umumnya adalah zoonosis walaupun penularan dari orang melalui air yang terkontaminasi. 029. telah berhasil diisolasi dari tinja penderita anak dan dewasa yang menderita diare invasif. diare yang ditimbulkannya biasanya lebih dari 7 hari walaupun dengan gejala yang tidak terlalu berat. Infeksi Campylobacter terutama terdapat pada masa kanak-kanak dan. Campylobacter spp. unggas dan telur. hewan dan unggas merupakan reservoir penyakit ini. Hal ini amat penting karena Indonesia penduduknya lebih senang makan daging unggas daripada daging sapi. para peneliti di Jepang. coli). coli selain dari yang dinamakan EPEC (serotipe tertentu lainnya dari E. 4. 3. jejuni akan dapat bertahan selama 22 hari dalam susu yang disimpan pada 4°C tapi segera mati apabila dipasteurisasi. Diperkirakan unggas merupakan reservoir yang paling potensial. coli) Sejak 1967. typhi. Amerika Serikat dan Canada telah dihubungkan dengan susu yang tidak dipasteurisasi. . Brazil dan negaranegara lain telah membuktikan bahwa serotipe tertentu dari E. 0112ac. S.Beberapa spesies Salmonella yang bukan S. paratyphi A dan B dapat menyebabkan diare invasif. Maka dapat dimengerti bahwa Salmonellosis menjadi problem kesehatan yang lebih besar di negara yang telah maju dibandingkan dengan negara yang sedang berkembang. Seperti diketahui Salmonella merupakan penyaldt zoonosis. Penyakit ini lebih sering terdapat di negara yang penduduknya pemakan daging. Berbagai letusan penyakit ini di Inggris.penularan penyakit ini.dan manusia tertular melalui makanan. C. EIEC (Entero Invasive E. daging. coli yang invasif ialah: 028ac. .

Simanjuntak Pusat Penelitian Penyakit Menular.. Cyrus H.. Dulu dikenal hanya dua macam disentri berdasarkan penyebabnya. Adanya darah dan lekosit dalam tinja merupakan suatu bukti bahwa kuman penyebab disentri tersebut menembus dinding kolon dan bersarang di bawahnya. EIEC sangat menyerupai Shigella karena sifat biokimia yang sering sama yaitu laktosa negatif. Campylobacter spp. dan tinja mengandung darah dan lendir. I'leisomonas shigelloides. EIEC (Enteriinnasive E. yakni disentri basiler yang disebabkan oleh Shigella spp. Serotipe 0124 merupakan EIEC yang paling sering menimbulkan letusan epidemi. Dengan begitu reaksi biokimia dan serologi dari isolat E. Tapi sekarang telah diketahui banyak penyebab lain berupa parasit dan bakteri. selain itu mempunyai antigen somatik 0 yang bersamaan10 Kesulitan yang timbul dalam isolasi EIEC dari penderita diare invasif ialah cara membedakannya dari If. Karena dari 85% orang normal maupun yang diare dapat diisolasi E. Disentri merupakan suatu infeksi yang menimbulkan luka yang menyebabkan tukak terbatas di colon yang ditandai dengan gejala khas yang disebut sebagai sindroma disentri.0136. Aeromonus spp. Vibrio parahaemolyticus. coil lainnya. 0152.. Jakarta. ltulah sebabnya pada akhir-akhir ini nama diare invasif lebih disukai oleh para ahli. Salmonella spp. 0164 dan 0167. 1991) (Epidemiologi Disentri Dr. 0143. dan disentri amuba yang disebabkan oleh Entamoeba histolytica. seperti yang terjadi di Hongaria dan USA.I. dekarboksilase lysin juga negatif. Entamoeba histolytica atau Giardia lambha. Penentuan EIEC secara Sereny testil yaitu dengan mempergunakan minimal dua marmut untuk tiap isolat E. coil). yakni: sakit di perut yang sering disertai dengan tenesmus. coil yang cukup besar tak mungkin dilakukan secara rutin. (Cyrus. Rattan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Departemen Kesehatan R.. akan memakan biaya yang sangat besar. tidak bergerak. coli. berak-berak. . yaitu Shigella spp. coli dari satu penderita. 72 1991).. Cermin Dunia Kedokteran No. 0144.

http://fkuii. Koloninya konveks. bulat.org/tiki-index. Habitat alamiah Shigella terbatas pada saluran pncernaan manusia dan primata lainnya dimana sejumlah spesies menimbulkan disentri basiler. Shigella mempunyai susunan antigen yang kompleks. Klasifikasi Kingdom : Bacteria Phylum : Proteobacteria Class : Gamma Proteobacteria Order : Enterobacteriales Family : Enterobacteriaceae Genus : Shigella Species : Shigella dysentriae Morfologi Batang ramping. Bentuk cocobasil dapat terjadi pada biakan muda. Kuman ini sering ditemukan pada perbenihan diferensial karena ketidakmampuannya meragikan laktosa. Klasifikasi Shigella didasarkan pada sifat-sifat biokimia dan antigenic. Kekhususan serologiknya tergantung pada polisakarida. 2006) (Ayuw. (Ayuw. Shigella adalah fakultatif anaerob tetapi paling baik tumbuh secara aerobic. transparan dengan pinggir-pinggir utuh mencapai diameter kira-kira 2mm dalam 24 jam. gram negatif. Antigen somatic O dari Shigella adalah lipopolisakarida. bersifat fakultatif anaerobik yang dengan beberapa kekecualian tidak meragikan laktosa tetapi meragikan karbohidrat yang lainnya. gram negatif. Terdapat lebih dari 40 serotipe.php?page=Shigellosis9. diakses tanggal 11 Mei 2008) . tidak bergerak. Shigellosis. menghasilkan asam tetapi tidak menghasilkan gas. Terdapat banyak tumpang tindih dalam sifat serologic berbagai spesies dan sebagian besar kuman ini mempunyai antigen O yang juga dimiliki oleh kuman enteric lainnya.SHIGELLA Shigella adalah binatang tidak bergerak. 2006. tidak berkapsul. tidak membentuk spora.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful