Laporan Pertanggung Jawaban Departemen Kesenian dan Olahraga Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan

UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

A. Latar Belakang

Departemen Kesenian dan Olahraga merupakan salah satu departemen dalam Kepengurusan Badan Eksekutif Mahasiswa FKIK. Tujuan utama dari departemen ini adalah menjadi sebuah media pembentukan karakter mahasiswa, media silaturahmi antar mahasiswa, dosen, dan masyarakat, hingga dapat menjadi media hiburan yang menyenangkan untuk mahasiswa melalui kegiatan-kegiatan kesenian dan olahraga.

Untuk menjadi seorang manusia Indonesia yang unggul dibutuhkan fisik yang sehat serta pemikiran yang kreatif. Sebagai media pembentukan karakter mahasiswa, departemen ini mengajak mahasiswa FKIK untuk senantiasa aktif dalam bergerak dan kreatif dalam berfikir, yang dapat disalurkan melalui kegiatan-kegiatan kesenian dan olahraga.

B. Visi dan Misi Departemen
Visi : Mewadahi minat dan bakat mahasiswa FKIK dalam bidang kesenian dan olahraga dalam rangka menjadikan mahasiswa FKIK sebagai pribadi yang sehat, aktif, dan kreatif dalam bertindak maupun berfikir.

Misi :    Menjadi Fasilitator dalam penyaluran minat dan bakat mahasiwa FKIK Meningkatkan apresiasi terhadap seni dan budaya di kalangan mahasiswa FKIK Menumbuhkan sportifitas dan sikap saling menghargai di kalangan mahasiswa FKIK

: Wensil Okta Promalia : Abu Syairi Cut Firza H. Susunan Kepengurusan Ketua Departemen Sekretaris Departemen Bendahara Departemen Staf Ahli : Ade Sulistyawan : Nurul Rabiatul A. Deskripsi Kegiatan FKIK league adalah lomba futsal antar jurusan internal FKIK yang diadakan dalam rangka milad FKIK dan terhimpun dalam rangkaian acara Olimpiart 2011. FKIK League a. Program Kerja 1. Lilik Muizzah Nanik Sulistyarini Mar’atush Salihah Tintin Farihati Vinasuri Oktora M. Menjalin silaturahmi yang menyehatkan dan menyenangkan antar mahasiswa FKIK melalui kegiatan –kegiatan seni dan olahraga  Memperkenalkan FKIK kepada masyarakat melalui kegiatan-kegiatan seni dan olahraga C. D. Lomba ini berlangsung dengan format awal liga yang dibagi menjadi 2 grup. Tujuan Kegiatan . lalu setelah itu juara dan runner up dari masing-masing grup dipertemukan di semi-final lalu final. b.

Waktu dan Tempat Pelaksanaan f. Hambatan-Hambatan    Dana operasional sangat terbatas Jadwal sewa lapangan yang sering tidak sesuai Sempat terjadi perselisihan antar pemain pada saat pertandingan g. Jumlah yang hadir/ikut serta 120 mahasiswa e. Saran (untuk pengurus selanjutnya)    Manfaatkan lapangan FKIK sebagai tempat lomba Koordinasi jadwal dengan tim yang akan bertanding Edukasi yang maksimal tentang sportifitas saat pertandingan .  Memperingati Milad FKIK ke-7 Ajang silaturahmi yang menyehatkan antar mahasiswa FKIK c. Sasaran/Target  Semua Mahasiswa Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta d.

2. yang terdiri dari 31 perserta internal FKIK dan 28 peserta ekternal (umum) e. Tujuan Kegiatan    Menjadi ajang kreasi yang menyenangkan dan mendidik bagi masyarakat pada umumnya. peserta lomba ini adalah kalangan internal antar mahasiswa FKIK dan masyarakat umum. b. 10 poster terbaik pada lomba ini di pamerkan pada saat peresmian gedung FKIK. Waktu dan Tempat Pelaksanaan . Jumlah yang hadir/ikut serta Jumlah peserta 59 peserta. Lomba Poster Kesehatan a. Sasaran/Target   Semua Mahasiswa Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Masyarakat Umum d. dan mahasiswa pada khususnya Megintegrasikan seni dengan rasa kepedulian terhadap kesehatan melalui media poster Sarana promosi kesehatan independen c. Deskripsi Kegiatan Sebuah kompetisi mendisain poster yang bertemakan ‘Sehat itu Mudah’.

Website Pameran : Waktu Waktu : 4-6 November 2010 : Gedung FKIK f. tempat pameran baru bisa dipastikan H-1 acara. berhubung tingginya minat peserta dari dalam maupun dari luar FKIK. Pada saat pameran. Pada penjurian kami tidak bias menghubungi pihak Depkes. lt. Saran (untuk pengurus selanjutnya)  Sebaiknya lomba ini dijadikan acara tradisi yang digelar tiap tahunnya. . Hambatan-Hambatan    Kendala teknis yang terdapat pada lomba ini adalah saat penjurian dan pameran.3 Gedung FKIK Pengumuman : Waktu Tempat : 1 November 2010 : Sekretariat BEM FKIK. g.Pendaftaran : Waktu Tempat : 1-23 Oktober 2010 : Sekretariat BEM FKIK Pengumpulan Karya : Waktu Tempat : 16-23 Oktober 2010 : Sekretariat BEM FKIK Penjurian : Waktu Tempat : 30-31 Oktober 2010 : Ruang 308.

tim futsal FKIK dapat terbentuk dan beranggotakan pemain-pemain terbaik dari tiap jurusan. b. Sasaran/Target  Semua Mahasiswa Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Jumlah yang hadir/ikut serta 40 mahasiswa e. Hambatan-Hambatan   Dana operasional sangat terbatas Publikasi yang kurang maksimal terkendala masalah banyaknya mahasiswa yang sedang PBL . Namun pada tahun ini. karena kendala gedung yang terpisah-pisah antar jurusan. Pembentukan Tim Futsal FKIK a. Deskripsi Kegiatan Pembentukan tim futsal FKIK merupakan agenda lama yang sempat tertunda beberapa tahun sebelumnya. yang terpilih berdasarkan seleksi. yang berminat dan berbakat dalam olahraga futsal d. Tujuan Kegiatan   Menyatukan mahasiswa dari empat jurusan dalam 1 tim futsal fakultas Perwakilan fakultas untuk mengikuti lomba-lomba futsal diluar fakultas c. Waktu dan Tempat Pelaksanaan f.3.

Deskripsi Kegiatan Pembinaan dan Koordinasi LSO yang sudah terbentuk di FKIK. Pembinaan dan Koordinasi Saman dan Pasifik FKIK a. Saran (untuk pengurus selanjutnya)  Kembangkan kepengurusan tim futsal ini agar dapat menghasilkan prestasi-prestasi diluar. yaitu LSO Saman dan Pasifik FKIK dimaksudkan untuk mempermudah alur komunikasi antar BEM. LSO. yang berminat. b. d. Waktu dan Tempat Pelaksanaan . berbakat. Tujuan Kegiatan     Mewadahi minat dan bakat mahasiswa FKIK di bidang kesenian Menjalin koordinasi yang baik antar BEM dan LSO Mengembangkan kesenian di FKIK bersama-sama dengan lebih terstruktur Meningkatkan antusiasme seluruh mahasiswa FKIk terhadap kesenian dan budaya c.g. Sasaran/Target  Semua Mahasiswa Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. 4. dan Dekanat dalam rangka mengembangkan kesenian yang ada di FKIK. Jumlah yang hadir/ikut serta Seluruh anggota LSO dan Mahasiswa FKIK e. dan terlibat aktif dalam kepengurusan LSO terkait.

Hambatan-Hambatan   Komunikasi yang terjalin kadang sering terhambat karena kurangnya koordinasi antar perwakilan LSO yang ada di BEM dengan pengurus LSO terkait Tidak tersedianya tempat khusus untuk LSO g. Sasaran/Target -- d. Pembentukan Klise (Klinik Seni) FKIK a. Deskripsi Kegiatan -- b. Saran (untuk pengurus selanjutnya)   Bentuk forum khusus dan berkala untuk membahas keberlangsungan serta kebutuhan yang diperlukan LSO Sediakan tempat khusus untuk secretariat LSO 5. Tujuan Kegiatan -- c. Jumlah yang hadir/ikut serta .Kondisional f.

Senam Sehat FKIK a. Saran (untuk pengurus selanjutnya)  -- 6. Sasaran/Target -- d. Tujuan Kegiatan -- c. Deskripsi Kegiatan -- b. Waktu dan Tempat Pelaksanaan -- f. Jumlah yang hadir/ikut serta -- . Hambatan-Hambatan  -- g.-- e.

FKIK Cup a. Jumlah yang hadir/ikut serta -- . Sasaran/Target -- d. Waktu dan Tempat Pelaksanaan -- f. Saran (untuk pengurus selanjutnya)  -- 7. Hambatan-Hambatan  -- g. Deskripsi Kegiatan -- b. Tujuan Kegiatan -- c.e.

Deskripsi Kegiatan -- i. Tujuan Kegiatan -- j. Waktu dan Tempat Pelaksanaan . Hambatan-Hambatan  -- g. Saran (untuk pengurus selanjutnya)  -- 8. Pekan Seni dan Olahraga FKIK (Olimpiart) h. Jumlah yang hadir/ikut serta -- l. Sasaran/Target -- k.e. Waktu dan Tempat Pelaksanaan -- f.

Hambatan-Hambatan  -- n. Saran (untuk pengurus selanjutnya)  -- .-- m.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful