MAKALAH “TATA SURYA”

DISUSUN OLEH : NAMA KELAS : MUH. ADIN SEPTIAN KALENGGO : IX. 7

Sholawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada Nabi Muhammad SAW. Amin. Kami berharap makalah ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan bagi kami khususnya.KATA PENGANTAR Puji syukur kami haturkan kehadirat Allah SWT yang mana telah memberi kita taufiq danhidayah-Nya sehingga kami dapat menyusun makalah ini yang berjudul ³BUMI DAN TATA SURYA´. Tak lupa kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yangtelah bersusah payah membantu hingga terselesaikannya penulisan makalah ini. . Semoga semuabantuan dicatat sebagai amal sholeh di hadapan Allah SWT. olehkarena itu kritik dan saran dari berbagai pihak sangat kami harapkan untuk menuju kesempurnaan makalah ini. Kami menyadari bahwa paper ini masih jauh dari sempurna.dan segenap pembaca umumnya. besertakeluarga dan para sahabatnya yang telah membimbing kita dari jalan kegelapan menuju jalan yangterang benderang.

A. Matahari merupakan anggota Tata Surya yang paling besar. Suhu di fotosfer diperkirakan rata-rata 6.000 oC. karena 98% massa Tata Surya terkumpul pada matahari. Inti merupakan bagian yang paling dalam dari matahari. Lapisan inilah yang memancarkan cahaya sangat kuat. b. matahari juga merupakan pusat sumber tenaga di lingkungan tata surya. Oleh karena itu. . Matahari termasuk bintang karena dapat menghasilkan energi cahaya sendiri. Terdapat lidah api berwarna merah dan bentuknya tidak tetap. Berpijarnya bola gas tersebut disebabkan oleh adanya reaksi fusi di bagian inti matahari. planet planet yang mempunyai orbit berbentuk elips. Wujud matahari adalah bola gas berpijar yang sangat besar. meteor.I. Fotosfer merupakan permukaan matahari yang tebalnya kurang lebih 350 km. Berdasarkan letaknya. Hal itulah yang menyebabkan pada waktu siang hari kita tidak dapat melihat bintang selain matahari. susunan lapisan matahari dapat dibedakan menjadi empat macam ( mulai dari yang terdalam ). komet. asteroid. Anggota Tata Surya Tata Surya terdiri atas matahari ( pusat tata surya ). Kromosfer merupakan lapisan gas yang sangat panas yang menyelubungi matahari. yaitu: a. Suhu di lapisan ini diperkirakan mencapai l6 juta oC. inti matahari mempunyai suhu yang paling tinggi dibandingkan bagian-bagian yang lain. dan satelit alami yang mengelilinginya. Untuk lebih jelasnya berikut beberapa sifat yang dimiliki oleh anggota tata surya. Matahari Pada dasarnya matahari merupakan salah satu bintang yang berada di tata surya dan menjadi pusatnya. c. Di samping sebagai pusat peredaran. Cahaya matahari dibandingkan bintang yang lain terasa lebih cemerlang.

Beredar mengelilingi matahari dalam waktu 88 hari . Korona merupakan lapisan gas yang renggang disekeliling matahari di luar kromosfer dan berwarna putih berkilau kilauan. Venus Dikenal sebagai bintang timur atau bintang senja. Untuk mengetahui ciri ciri kedelapan planet anggota tata surya kita. Planet Ciri Ciri Planet: Mengorbit ke matahari. telah menyingkirkan obyek obyek lain di sekitar orbitnya. Topografinya berupa pegunungan dengan formasi tua dan muda.d. dan memiliki satelit. perhatikan keterangan berikut: 1. Merkurius Planet terdekat jaraknya dengan matahari ( 58 Juta Km dari matahari ). Rotasinya memerlukan waktu 59 hari. yang tidak terkena sinar matahari suhunya 200 derajat C. B. Permukaan planet tersebut penuh dengan kawah kawah dan cekungan cekungan. Muncul menjelang matahari terbit ( jam 4 pagi ) dan terbenam ( jam 5 sore ). tidak memiliki sumber cahaya. Suhu rata rata 477 derajat C. . Atmosfernya memiliki sifat rumah kaca yaitu panas yang diterima dari matahari tidak dapat membias keluar dari atmosfernya . 2. Hanya dapat dilihat waktu gerhana matahari total. Temperatur bagian yang disinari matahari mencapai 400 derajat C.

. Jupiter Merupakan planet paling besar di dalam tata surya. Mempunyai 2 satelit yaitu Deimos dan Phobos. Bumi Planet yang di dalamnya terdapat kehidupan. Revolusi: 687 hari. hal ini disebabkan karena atmosfernya sangat tipis. Satelit terbesarnya bernama Ganymade dengan diameter 130. Mempunyai 16 satelit. Rotasi Mars: 24 jam 37 menit. 5.Susunan atmosfernya terdiri dari karbondiosikda dan sejumlah kecil nitrogen serta uap air. jurang. 4. Rotasinya: 10 jam.000 Km. Suhu rata rata dingin. Rotasi bumi adalah 23 jam 56 menit dan memiliki masa revolusi sekitar 365 hari 6 jam. Bumi mempunyai satu satelit yaitu bulan . revolusi: 12 tahun. Mempunyai gunung berapi. dan kawah yang luas. Kutubnya berteras teras dan diselimuti oleh es. Mars Dikenal dengan nama bintang merah. 3.

Revolusinya 30 tahun. . metana dan helium. Rotasinya: 10. Titania. 8. serta mengandung es.5 jam. Revolusi: 84 tahun. revolusi: 165 tahun. Planet ini mempunyai 5 satelit. Cincin tersebut merupakan gumpalan es. Saturnus Merupakan planet terbesar kedua setelah Jupiter dan salah satu planet yang memiliki cincin. Uranus Terdiri atas gas utama yang berupa hidrogen. permukaannya hanya berupa gas helium dan hidrogen cair yang terbungkus awan yang bergerak. Rotasinya: 16 jam. rotasinya: 11 jam. Oberon dan Umbriel. Satelit terbesarnya bernama Titan. Neptunus Berbentuk sebuah cakram yang berwarna kehijauan yang tidak terlihat oleh mata telanjang. Ariel. Mempunyai 10 satelit. 7. Rotasinya berlawanan dengan arah rotasi bumi membuat salah satu sisinya seperti sebuah gasing yang rebah. yaitu: Miranda. 6.Planet ini lembek.

yaitu Triton dan Neroid. tahun 1897. Contoh: Meteorit dengan masa 34. Meteorit Arizona. C.000 Kg. mempunyai bentuk hampir bulat. . Meteor adalah meteoroid yang masuk ke dalam atmosfer bumi. Bintang jatuh inilah yang disebut meteor. yaitu meteor ahnitudo yang ditemukan di Green Land. belum menyingkirkan obyek obyek lain di sekitar orbitnya. Meteor Ada beberapa istilah yang perlu kita pahami: 1. kedalaman tempat jatuhnya mencapai 190 m dengan diameter 1400 m.Mempunyai 2 satelit. Planet Kerdil Ciri Ciri: mengorbit matahari.000 ton. 2. Meteoroid yang jatuh ke bumi dengan laju tinggi menembus atmosfer dan terbakar sehingga menimbulkan cahaya. ceres dan xena. batuan. 3. D. Nyala tersebut tampak dari bumi sebagai bintang jatuh. gas amonia dan metana. Meteoroid adalah anggota tata surya yang diperkirakan berasal dari potongan komet dan pecahan pecahan asteroid. Planet ini terdiri atas air. Meteorit adalah meteor yang jatuh sampai ke permukaan bumi. Contoh planet kerdil: plutp. Meteoroid ini berterbangan tak beraturan di ruang angkasa. Masa mencapai 50. bukan satelit. yaitu sebuah meteor yang sangat besar yang jatuh di Arizona sehingga membentuk kawah yang dikenal sebagai kawah Baringer.

026. Asteroid Asteroid atau planetoid atau planet minor adalah planet planet kecil yang sangat banyak dan beredar pada orbitnya diantara orbit Mars dan Yupiter.Matahari Sebagai Bintang Pada dasarnya matahari merupakan salah satu bintang yang berada di tata surya dan menjadi pusatnya.5 tahun.E. Cahaya matahari dibandingkan bintang yang lain terasa lebih cemerlang. besi dan batu. Matahari serta kedelapan buah planet (yang sudah diketahui/ditemukan oleh manusia) membentuk Tata Surya. Komet Komet ialah benda langit yang mengelilingi matahari dengan lintasan lonjong. Ukuran asteroid bervariasi ada yang hanya berdiameter 1 km dan yang lainnya kebanyakan sebesar bulan.000 kilometer (93. Bagian komet terdiri atas kepala komet dan ekor komet. Kepala komet tampak lebih cemerlang dan lebih besar dari ekor komet. Sekalipun jarak antar asteroid sekitar 1 juta meter. Tiap tiap asteroid memiliki orbit yang berbeda. permukaannya menguap dan keluarlah ekor gas yang besar. Jika terjadi tabrakan maka asteroid itu akan hancur menjadi meteoroid. Arah ekor komet selalu menjauhi matahari. II . F. Asteoroid yang terbesar ialah Ceres yang bergaris tengah 480 Mil dan beredar mengelilingi matahari dalam waktu 4. Asteroid terdiri atas nikel. hal ini disebabkan ketika komet mendekati panas matahari.724 mil). Panjangnya bisa mencapai 100 juta km. . Matahari termasuk bintang karena dapat menghasilkan energi cahaya sendiri. Benda langit ini disebut bintang berekor atau lintang kemukus. namun tidak tertutup kemungkinan terjadi tabrakan diantara sesamanya. Matahari dikategorikan sebagai bintang kecil jenis G. Terdapat asteroid yang sangat banyak dalam tata surya. Hal itulah yang menyebabkan pada waktu siang hari kita tidak dapat melihat bintang selain matahari. Selain itu unsur karbon yang banyak akan mengakibatkan warnanya gelap kehitam hitaman. Matahari adalah bintang terdekat dengan Bumi dengan jarak rata-rata 149.680.

757 km) lebih panjang daripada garis tengah kutub (12. kromosfer dan korona. Matahari merupakan anggota Tata Surya yang paling besar.6 miliar tahun lalu.000 mil. yaitu agak pepat di kedua kutubnya dan agak menggembung di sekitar khatulistiwa. Untuk terus bersinar. Jumlah tenaga matahari yang sampai ke permukaan Bumi yang dikenali sebagai konstan surya menyamai 1. Matahari dipercayai terbentuk pada 4. masing-masing fotosfer. Oleh karena itu garis tengah khatulistiwa (12. Kepadatan massa matahari adalah 1. III. sedangkan garis tengah antar kutubnya 43 mil lebih pendek. dengan itu kehilangan empat juta ton massa setiap saat. bahwasanya alam semesta ini terbentuk oleh ledakan big bang sekitar 14. melainkan mirip seperti jeruk besar.Bumi Sebagai Planet Apakah bumi berbentuk bulat sempurna ? Hasil pengukuran yang teliti menunjukkan nahwa bumi tidak berbentuk bulat sempurna seperti bla.370 watt per meter persegi setiap saat. karena 98% massa Tata Surya terkumpul pada matahari. matahari. Matahari terdiri dari inti dan tiga lapisan kulit. yang terdiri dari gas panas menukar zat hidrogen dengan zat helium melalui reaksi fusi nuklir pada kadar 600 juta ton. Material dari matahari terbentuk dari ledakan bintang generasi pertama seperti yang diyakini oleh ilmuwan. Matahari sebagai pusat Tata Surya merupakan bintang generasi kedua.Matahari adalah suatu bola gas yang pijar dan ternyata tidak berbentuk bulat betul. Garis tengah ekuatorialnya 864. matahari juga merupakan pusat sumber tenaga di lingkungan tata surya.000 juta tahun lalu. Matahari mempunyai katulistiwa dan kutub karena gerak rotasinya. Di samping sebagai pusat peredaran.41 berbanding massa air.714 km) .

Berdasarkan analisis massa jenis disimpulkan bahwa bumi sebagian besar terdiri dari gabungan batuan dan bahanbahan logam. Arah rotasi bumi adalah “arah timur” yaitu dari barat ke timur Dapatkah kamu merasakan rotasi bumi ? Kamu telah mengetahi bahea bumi berotasi terhadap porosnya.000 kg/m3).000 sampai dengan 4. Prinsip Rotasi Bumi dan Akibatnya Rotasi adalah perputaran bumi mengelilingi porosnya. Jika kita anggap bumi berbentuk bola. maka volum bumi dapat kita hitung dengan rumus volum bola 4/3 )R2 .500 kg/m3 atau 5. misalnya logam besi murni adalah 7. Massa jenis rata-rata bumi kita peroleh dengan membagi massa bumi dengan volum bumi. massa jenis rata-rata bumi kira-kira 5. Kebanyakan batuan memiliki massa jenis 2.000 kg/m3. Diperoleh hasil.Massa Jenis Bumi Ciri bumi dapat juga ditunjukkan oleh nilai massa jenisnya.dengan R adalah jari-jari bumi.dan massa jenis logam. Kita telah mengetahui massa dan jari-jari bumi.5 massa jenis air (1.000 kg/m3.09 detik). Waktu yang diperlukan bumi untuk berotasi satu kali mengitari porosnya adalah 1 hari atau 24 jam (tepatnya adalah 23 jam 56 menit 4. Dengan mengetahui masa jenis bumi kita dapat memperkirakan bahan-bahan penyusun bumi. khususnya bagian dalam bumi. Mengapa .

kamu tak merasakan rotasi bumi ? Kamu dan benda-bemda di sekitarmu termasuk udara dan air laut di tahan oleh gravitasi bumi.25 hari (tepatnya 365 hari 6 jam 9 menit 10 detik) Akibat revolusi bumi Revolusi bumi mengitari matahari menyebabkan : 1. yaitu berlawanan denga arah jarum jam. Gerak semu tahunan matahari 4. Pergantian siang dan malam hari 2. Arah revolusi sama dengan arah rotasi. Terlihatnya rasi bintang yang berbeda dari bulan ke bulan . Pergantian musim 2. Penggembungan di khatulistiwa dan pemepatan di kedua kutub bumi 4. yaitu gerak dari timur ke barat. Perbedaan waktu untuk tempat-tempat yang berbeda derajat bujurnya Prinsip Revolusi bumi dan Akibatnya Revolusi bumi adalah gerak bumi mengitari matahari. Gerak semu harian benda langit 3. Akibat rotasi bumi Rotasi bumi terhadap porosnya menyebabkan : 1. sehingga kamu tidak merasakan rotasi bumi. Satu kali revolusi bumi (disebut periode revolusi bumi) memerlukan waktu 365. Arah revolusi bumi ini ditetapkan sebagai “arah timur”. Ini menyebabkan kamu dan bendabenda di sekitarmu turut bergerak bersama bumi. Perubahan lamanya siang dan malam 3.

Jika keluar dari tubuh bumi. yaitu batuan beku dalam. Contoh batuan beku dalam adalah batu granit. Batuan Beku Gambar:beku. Berdasarkan tempat terjadinya proses pembekuan. 2) Batuan Beku Luar . batuan dapat dibedakan menjadi batuan beku.IV. Magma adalah bahan liat dan panas yang terdapat di bagian dalam tubuh bumi. dan batuan beku korok. magma akan membeku.Proses Di Litosfer Pembentukan Batuan Berdasarkan cara terjadinya. endapan (sedimen). Hal ini terjadi karena suhu di bagian kulit bumi jauh lebih rendah dibandingkan dengan suhu di dalam tubuh bumi.jpg Batuan beku adalah batuan yang terbentuk karena pembekuan magma. batuan beku luar atau leleran. dan malihan (metamorf). Batu ini berwarna putih sampai abuabu (kadang-kadang jingga) sehingga banyak digunakan untuk menghias taman atau bangunan. batuan beku dapat dibedakan menjadi tiga macam. l) Batuan Beku Dalam Batuan beku dalam terjadi dari pembekuan magma secara perlahan-lahan di dalam kulit bumi yang jauh dari permukaan bumi.

Oleh karena itu. Batuan Endapan (Sedimen) Gambar:sedimen. Contoh yang lain adalah batu basal. Pendinginan cairan magma itu menyebabkan terbentuknya batuan. Batu ba sal terbentuk dari pendinginan magma yang gasnya telah menguap. hijau. 3) Batuan Beku Korok Pembekuan yang terjadi di bagian dalam bumi berjalan lambat. Hasil pelapukan tersebut berupa butiran-butiran yang bermacammacam ukurannya. Batu pasir berasal dari endapan pasir yang mengeras. butiran-butiran tersebut menyatu dan terbentuklah batuan endapan.Batuan beku luar terjadi dari pembekuan magma secara tiba-tiba di permukaan bumi. yaitu konglomerat dan breksi. batuan endapan dapat dibedakan menjadi dua macam. Contoh batuan beku korok adalah granit posfer dan diorit. terdiri atas kristal-kristal yang sangat kecil. . masih ada beberapa batuan yang termasuk batuan endapan. serpih. antara lain hitam. dan berlubanglubang. terjadilah pendinginan cairan magma di sela-sela saluran magma. Butiran-butiran hasil pelapukan ada yang menumpuk di tempatnya dan ada yang terangkut oleh air atau angin. Warna batu serpih bermacam-macam. Batuan beku luar seperti ini disebut batu kaca atau obsidian. Batuan seperti ini disebut batu apung atau batu timbul. berwarna hijau keabu-abuan. antara lain batu pasir. Berdasarkan bentuk butirannya. Batu pasir mempunyai wama beraneka ragam bergantung pada warna endapan pasir penyusunnya. Selain konglomerat dan breksi. abu-abu. kuning. Batu serpih berasal dari endapan mineral yang halus dan licin sehingga sangat mudah retak. Batuan seperti itu disebut batuan korok.jpg Batuan endapan terbentuk karena adanya peristiwa pelapukan (perombakan) batuan di permukaan bumi. Konglomerat adalah batuan endapan yang butirannya kasar dan bundar. sedangkan breksi adalah batuan endapan yang butirannya kasar dan bersudut-sudut tajam. dan kapur. Setelah mengendap cukup lama. Ada juga batuan beku luar yang mengandung rongga-rongga yang berisi banyak gas.

Pelapukan Batuan Batuan penyusun kerak bumi dapat berubah menjadi tanah setelah mengalami pelapukan. Contoh batuan endapan yang malih menjadi batuan metamorf. Batuan Malihan (Metamorf) Gambar:malihan. antara lain: batu pualam atau marmer. berasal dari batu pasir. kerang. Rangka hewan banyak mengandung kapur. berasal dari batu bara. Batu serpih disebut juga batu lempung karena terbentuk dari endapan lempung. kuarsit. Batuan endapan atau beku dapat berubah menjadi batuan malihan. berasal dari batu gamping. Batu kapur terbentuk dari organisme-organisme yang telah mati.dan merah. sabak atau batu tulis.jpg Batuan malihan terjadi karena metamorfosis (proses malih) batuan dalam kerak bumi. dan hewan lainnya. sedangkan suhu yang tinggi disebabkan oleh kedekatan atau persentuhan dengan magma. berasal dlari karbon. berasal dari serpih grafit (bahan pensil). Tekanan yang tinggi disebabkan oleh tindihan batuan di atasnya. batuan ini dapat terjadi dalam waktu yang lama akibat tekanan dan suhu yang. tetapi memadat membentuk batu kapur. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa batuan merupakan balran . tinggi. Jika mati. rangka hewan tidak musnah. antrasit. Organisme tersebut antara lain siput.

dan batuan keras. batuan lunak. Peristiwa pengikisan tanah disebut erosi tanah. Lapisan tanah humus (lapisan paling atas) merupakan lapisan yang paling subur karena tanahnya gembur dan terdapat mineral-mineral yang diperlukan oleh tanaman. kelembapan udara. dan sinar matahari. lapisan tanah humus akan terkikis lebih dulu jika terjadi hujan. aliran air. Tubuh tanah terdiri dari beberapa lapisan. cuaca. Selain mengikis lapisan tanah humus. antara lain lapisan tanah humus. batuan-batuan dapat melapuk menjadi tanah. Dalam proses tersebut. gerak angin. tanah lempung dan pasir. Pelapukan batuan terjadi sebagai akibat perubahan iklim.dasar tanah. Proses ini berlangsung sangat lama. Akibatnya. bahan-bahan penyusun tanah mengalami pelapukan atau penguraian sehingga terbentuk tubuh tanah. . Karena letaknya paling atas. aliran air pada daerah yang miskin tumbuhan juga mengikis tanah.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful