MAKALAH

RANGKUMAN LINGUISTIK

DISUSUN OLEH :
Nama Fakultas Jurusan : PUSPITA SARI : Fakultas Ilmu Pendidikan dan Keguruan : Pendidikan Bahasa Inggris

FAKULTAS KEGURUAN dan ILMU PENDIDIKAN

UNIVERSITAS TOMAKAKA
TAHUN AKADEMIK 2011 / 2012

04 Januari 2012 PENULIS PUSPITA SARI . Tak lupa pula penulis ucapkan terima kasih banyak kepada semua pihak yang telah membantu atas selesainya makalah ini. Oleh karena itu.KATA PENGANTAR Assalamu Alaikum Wr. Penulis menyadari bahwa masih banyak kekurangan-kekurangan baik dalam penulisan. Penulis sangat mengharapkan saran dan kritik yang sifatnya membangun demi kesempurnaan makalah kami ini. Karossa. Namun.sehingga makalah ini yang berjudul RANGKUMAN LINGUISTIK dapat terselesaikan. maupun dalam penyusunan. penulis mengharapkan semoga makalah ini dapat memberikan tambahan pengetahuan bagi pembaca serta khususnya Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidkan ( FKIP) Jurusan Bahasa Inggris. Wb Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas limpahan rahmat dan karuniaNya.

............... 1 2............... iii BAB I Pendahuluan ......... 1 4..................DAFTAR ISI Kata Pengantar ..................................................................................................................................... 1 5........................................................................................................................... 12 2........... 1 1............................ 11 BAB VI Penutup ..... Latar Belakang ....................................................................................................... 2 BAB II Linguistik sebagai Ilmu .................. 12 DAFTAR PUSTAKA ...................................................................................... 7 BAB VI Semantiks............................................................................... 3 BAB III Fonetik .................... 1 3................................................. ii Daftar isi ..................................................................... 5 BAB IV Syntaks............................................................................................................................................................ 13 .. Saran ...... 12 1.................................................................. Rumusan Masalah ............. Batasan Masalah ..... Metode Pembahasan ................................................................................................................................................................ Kesimpulan ............................ Tujuan Penulisan...............................................

Rumusan Masalah Dalam makalah ini penulis mengidentifikasi masalah sebagai berikut: 1. Syntax.BAB I PENDAHULUAN 1. Fonetik 3.Fonetik. Batasan Masalah Agar masalah pembahasan tidak terlalu luas dan lebih terfokus pada masalah dan tujuan dalam hal ini pembuatan makalah ini. Jadi Introduction to linguistik Artinya pengantar ilmu bahasa.Pada saat ini penyelidikan tentang berbagai aspek bahasa dilakukan orang secara sangat intesive. Pengertian Syntaks 4. Latar Belakang Masalah Introcduction adalah perkenalan / pengantar sedangkan Linguistik adalah ilmu tentang bahasa. 2. dan Semantiks. Banyak masyarakat yang belum memahami apa itu linguistik untuk itu dalam makalah ini penulis akan membahasnya. . sehingga linguistik berkembang sangat pesat secara meluas maupun mendalam. maka dengan ini Penulis hanya membahas secara garis besar mengenai Linguistik. Pemgertian Semantiks 3. Linguistik sebagai Ilmu 2.

Metode Pembahasan Dalam hal ini penulis menggunakan: 1. pembahasan ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang suatu masyarakat atau kelompok orang tertentu atau gambaran tentang suatu gejala atau hubungan antara dua gejala atau lebih (Atherton dan Klemmack: 1982). . 5. Penelitian kepustakaan. dan sebagainya.4. pengajaran bahasa. sebagaimana ditunjukan oleh namanya. yaitu Penelitian yang dilakukan melalui kepustakaan. penterjemah. Tujuan Penulisan Tujuan penulisan makalah ini agar para pembaca dapat membedakan pemakaian kata bahasa sebagai kata yang lazim di mengerti khusus dalam linguistik dan untuk sebagian orang ilmu tersebut dapat bermanfaat serta sebagai ilmu dasar bagi ilmu-ilmu lain seperti. mengumpulkan data-data dan keterangan melalui buku-buku. kesusastraan. 2. Metode deskritif.yang ada hubungannya dengan masalah-masalah yang diteliti.dan bahan lainnya juga sebagian data diambil melalui internet.

Kesimpulan a. c. Saran-saran Meski masih dianggap dan jauh dari kesempurnaan dalam makalah ini setidaknya dapat memberikan nuansa membangun dan iklim positif bagi perkembangan pelajaran linguistik. Atau juga dapat diartikan makna kata.Dalam bahasa yunani berarti pengaturan. Fonetik adalah ilmu bunyi atau ilmu yang mempelajari tentang bunyi bahasa.yang memberikan pemikiran serta kemudahan. Semantik adalah hubungan yang tidak bisa dipisahkan 1 dengan yang lain. d.dan dapat berguna untuk memberi gambaran tentang linguistik dan hal0hal yang dibahas dalam makalah ini. Untuk itu saya mengucapakan terimakasih kepada dosen pembimbing. Linguistik adalah ilmu bahasa atau study ilmiah mengenai bahasa. Syntax adalah tata kalimat yang merupakan study gramatikal bunyi kalimat.BAB VI PENUTUP 3. 2. b. Untuk itu saran dan krtitik saya harapakan sehingga dapat berguna dikemudian hari. .

Abdul. Ende Flores : Nusa Indah...Pateda .. (1986). Yogyakarta : Universitas Gajah Mada..(2994). . Jakarta Rineka Cipta. (1990 ).M (1993). Linguistik Umum. Pengantar Linguistik 1.Verhaar..J.W. Semantik Leksikal... . ...Chaer.. Pengantar semantik Bahasa Indonesia. Jakarta : Rineka Cipta ....Mansur..DAFTAR PUSTAKA ..

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful