FLUIDA STATIS

LAPORAN TETAP PRAKTIKUM FISIKA
10 Februari 2012

Dwi Kusumaningrum Fausania Hibatullah Firsty Swastika Sari Irmada Rizky Amalia Nadia Adani Peny Nurmaraya M. Putu Ayu Winnie Q.

(11) (14) (15) (18) (21) (24) (25)

XI IPA 2

“FLUIDA STATIS” .

permukaan zat cair dalam bejana-bejana itu terletak pada sebuah bidang mendatar”. . Wadah semacam itu misalnya teko/ceret. yaitu “Bila bejana-bejanaberhubungan diisi dengan zat cair yang sama. maka zat cair dikedua pipa mempunyai tinggi yang sama. berarti mengikuti hukum bejana berhubungan.Tujuan Percobaan :  Menentukan massa jenis minyak tanah  Membuktikan hukum utama hidrostatis Alat dan Bahan      : Pipa U Penggaris Botol Fluida Air Minyak Goreng Rumusan Masalah :  Berapa massa jenis air?  Berapa massa jenis minyak?  Bagaimana cara mencari massa jenis minyak dengan menggunakan massa jenis air? Landasan Teori : Zat cair selalu memenuhi hukum bejana berhubungan manakala ditempatkan dalam wadah yang memilliki beberapa saluran ke atas. Tinggi permukaan air di tiap-tiap tabung selalu sama. dalam keadaan setimbang. Bila pipa U diisi oleh sejenis zat cair tertentu.

Variabel : : Air.8. Semua titik yang terletak pada suatu bidang datar dalam zat cair yang sejenis memiliki tekanan yang sama. Papan. Prosedur :  Masukkanlah air pada pipa U kemudian masukkan minyak goring pada salah satu mulut pipa U  Berilah tanda pada perbatasan air dengan minyak sebagai titik A dan B  Ukurlah titik ketinggian dari titik A  Ukurlah ketinggian minyak goring dari titik B  Ulangi langkah 1 – 4 dengan menambah sedikit demi sedikit minyak goring AIR MINYAK . Minyak : Ketinggian air dari minyak : Pipa U. Penggaris  Variabel Manipulasi  Variabel Respon  Variabel Kontrol Hipotesis : Massa jenis minyak berkisar 0.

5cm dan ketinggian minyak 14cm dengan gr/ maka diperoleh . sehingga gr/ air 1 Jadi diperoleh rata-rata nilai massa jenis minyak adalah 0. Pada ketinggian air 5cm dan ketinggian minyak 6cm dengan maka diperoleh .Hasil Pengamatan : No ha (cm) Hm (cm) (gr/ 1 5 6 1 2 9 10.5 1 0.5cm dengan gr/ maka diperoleh .85 3 12. Pada ketinggian air 9cm dan ketinggian minyak 10. sehingga gr/ 3.5 14 1 0. sehingga gr/ air 1 air 1 gr/ 2.89 Analisis data : 1. Pada ketinggian air 12.86 gr/ .

8. Semua titik yang terletak pada suatu bidang datar dalam zat cair yang sejenis memiliki tekanan yang sama.Kesimpulan : Dari hasil penelitian diperoleh bahwa hipotesis yang sebelumnya kami buat terbukti benar yaitu Massa jenis minyak berkisar 0. .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful