ARTIKEL PRAMUKA

DISUSUN OLEH : ARUMI FILIANDA XI IPA 3

MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) NGLAWAK KERTOSONO NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2011-2012

Gerakan Pramuka atau Kepanduan di Indonesia telah dimulai sejak tahun 1923 yang ditandai dengan didirikannya (Belanda) Nationale Padvinderij Organisatie (NPO) di Bandung. Berdasarkan UU ini. agara mereka bias: . Pramuka Penggalang.Pengertian Parmuka Indonesia adalah nama organisasi pendidikan nonformal yang menyelenggarakan pendidikan kepanduan yang dilaksanakan di Indonesia. Dewan Perwakilan Rakyat mengabsahkan UndangUndang Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka. Pramuka Siaga. intelektual dan fisiknya. di Jakarta didirikan (Belanda) Jong Indonesische Padvinderij Organisatie (JIPO). Sedangkan yang dimaksud "Kepramukaan" adalah proses pendidikan di luar lingkungan sekolah dan di luar lingkungan keluarga dalam bentuk kegiatan menarik. yang meliputi. [2] Tujuan Kepramukaan Gerakan Pramuka sebagai penyelenggara pendidikan kepanduan Indonesia yang merupakan bagian pendidikan nasional. sehat. yang sasaran akhirnya pembentukan watak. akhlak dan budi pekerti luhur. bernama (Belanda) Indonesische Nationale Padvinderij Organisatie (INPO) di Bandung pada tahun 1926. maka Pramuka bukan lagi satu-satunya organisasi yang boleh menyelenggarakan pendidikan kepramukaan. Korps Pelatih Pramuka. Organisasi profesi juga diperbolehkan untuk menyelenggarakan kegiatan kepramukaan.[1] Sedangkan di tahun yang sama. terarah. Kepramukaan adalah sistem pendidikan kepanduan yang disesuaikan dengan keadaan. "Pramuka" merupakan sebutan bagi anggota Gerakan Pramuka. yang memiliki arti Rakyat Muda yang Suka Berkarya. Pamong Saka Pramuka. Staf Kwartir dan Majelis Pembimbing Pramuka. bertujuan untuk membina kaum muda dalam mencapai sepenuhnya potensi-potensi spiritual.[1] Pada tanggal 26 Oktober 2010. kepentingan dan perkembangan masyarakat dan bangsa Indonesia. Kata "Pramuka" merupakan singkatan dari Praja Muda Karana.[1] Kedua organisasi cikal bakal kepanduan di Indonesia ini meleburkan diri menjadi satu. Andalan Pramuka. praktis yang dilakukan di alam terbuka dengan Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan. social. menyenangkan. Sejarah Lambang identitas dari INPO yang berupa bendera merah dan putih berukuran 84 cm X 120 cm. Kelompok anggota yang lain yaitu Pembina Pramuka. Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega. teratur.

Sedangkan untuk putera. menjadikannya gerakan pramuka terbesar di dunia. kebutuhan dan kepentingan masyarakat.103. Denmark.   Membentuk. yang berarti bahwa organisasi kepanduan di negara manapun di dunia ini harus membina dan mengembangkan rasa persaudaraan dan  . Emblem lokasi wilayah Gerakan Pramuka (berdasarkan provinsi) dikenakan pada lengan sebelah kanan baju Pramuka. Lambang Gerakan Pramuka (menurut Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga) adalah Tunas Kelapa. Internasional. bangsa dan negara. Berdasarkan resolusi Konferensi Kepanduan Sedunia tahun 1924 di Kopenhagen. dikenakan pada kerah kiri baju pramuka dan Lambang WOSM yang dikenakan pada kerah kanan baju pramuka puteri. serta menjdai calon pemimpin bangsa yang handal pada masa depan. sedangkan Lambang WOSM pada kantung sebelah kanan kemeja. Metode Kepramukaan Metode Kepramukaan merupakan cara belajar interaktif progresif melalui:         Pengamalan Kode Kehormatan Pramuka Belajar sambil melakukan Sistem berkelompok Kegiatan yang menantang dan meningkat serta mengandung pendidikan yang sesuai dengan perkembangan rohani dan jasmani peserta didik Kegiatan di alam terbuka Sistem tanda kecakapan Sistem satuan terpisah untuk putera dan puteri Kiasan Dasar Keanggotaan Gerakan Pramuka Indonesia memiliki 17. cinta tanah air dan bela negara bagi kaum muda Meningkatkan keterampilan kaum muda sehingga siap menjadi anggota masyarakat yang bermanfaat. Sifat Orgnasasi Pramuka Indonesia di seputaran tahun 1920-an. Lambang Gerakan Pramuka dikenakan pada kantung sebelah kiri. yaitu :  Nasional.793 anggota (per 2011)[3] . kepribadian dan akhlak mulia kaum muda Menanamkan semangat kebangsaan. patriot dan pejuang yang tangguh. yang berarti suatu organisasi yang menyelenggarakan kepanduan di suatu negara haruslah menyesuaikan pendidikannya itu dengan keadaan. maka kepanduan mempunyai tiga sifat atau ciri khas.

dan istilah “cikal bakal” di Indonesia barartu penduduk asli yang pertama. c. Bentuk Lambang Gerakan Pramuka adalah gambar bayangan (sihouelte) Tunas Kepala. yang menurunkan generasi baru. seorang Pembina Pramuka yang aktif bekerja sebagai pegawai negeri Departemen Pertanian.persahabatan antara sesama Pandu dan sesama manusia.nilai dan norma yang dimiliki oleh tiap anggota Gerakan Pramuka.  Universal. golongan. tertanggal 311-1972. tanpa membedakan kepercayaan/agama.serta bertekad besar dalam menghadapi tantangan hidup dalam menempuh ujian dan kesukaran untuk mengabdi tanah air dan bangsa Indonesia. Jadu lambang buah nyiur yang tumbuh itu mengkiaskan bahwa setiap Pramuka merupakan inti bagi kelangsungan hidup bangsa Indonesia. b. Buah nyiur dalam keadaan tumbuh dinamakan “CIKAL’’ (atau tusana). keadaan. . Jadi lambang itu mengkiaskan setiap PRAMUKA ialah seorang yang sehat jasmani dan rohaninya. Nyiur Dapat tumbuh dimana saja. Lambang tersebut diciptakan oleh Almarhum Bp. yang membuktikan besarnya daya upaya dalam menyesuaikan dirinya dengan keadaan sekelilingnya. yang berarti bahwa kepanduan dapat dipergunakan di mana saja untuk mendidik anak-anak dari bangsa apa saja ARTI LAMBANG GERAKAN PRAMUKA ARTI LAMBANG GERAKAN PRAMUKA Lambang gerakan pramuka adalah Tanda Pengenal tetap yang mengkiaskan sifat. Pada Janji Gerakan Pramuka. Arti dan makna Lambamg Gerakan Pramuka adalah sebagai berikut : a. Buah Nyiur Dapat bertahan lama dalam keadaan bagaimanapun juga. suku dan bangsa. Soenarjo Atmodipuro. tingkat. Jadi lambang itu mengkiaskan bahwa setiap Pramuka dapat menyesuaikan diri dengan masyarakat dimana ia berada dan dalam keadaan bagaimanapun. Lambang Gerakan Pramuka ini dugunakan sejak tanggal 14 Agustus 1961.kuat dan ulet. sesuai dengan keputusan Kwatir Nasional Nomor 06/KN/72.

kuat dan ulet. kuat dan teguh batinnya.Mengkiaskan tekad dan keyakinan Pramuka yang berpegang pada dasar dan landasan yang baik.berbudi luhur.serta umat manusia. Dengan sistem ini peserta didik dibawa setingkat demi setingkat menuju tujuan Gerakan Pramuka.sigap.sederhana. Arti Lambang Secara Keseluruhan Lambang Gerakan Pramuka merupakan tanda kebesaran jiwa Pramuka.Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia. jujur dan tanggung jawab. Nyiur ialah pohon serbaguna.berpengharapan penuh. Lebih jelasnya sebagai berikut : Untuk peserta didik Sistem pendidikan untuk tahapan ini diatur melalui Syarat Kecakapan Umum (SKU) dan Syarat Kecakapan Khusus (SKK) serta Pramuka Garuda.benar.yang mengandung makna Pramuka itu tangkas. f. e.mulia dan jujur. Akar Nyiur tumbuh kuat dan erat dalam tanah.mampu menyesuaikan diri dimanapun berada dalam keadaan apapun. .mampu dan tanggung jawab dalam mengabdikan diri pada Negara Kesatuan Republik Indonesia Tingkatan dalam Pramuka February 2.dari ujung atas hingga akar. fisik dan kemampuan tiap individu.besar tekad dan keyakinan dalam menghadapi tantangan hidup. ialah ttekad dan keyakinan untuk memperkuat diri guna mencapai cita-cita.Sehingga dapat menjadi pewaris dan penerus bangsa yang lebih sanggup.mengkiaskan bahwa Pramuka ialah manusia berguna dan membaktikan diri dan kegunaannya pada kepentingan tanah air. Sistem Pendidikan ini dibagi menjadi 2 bagian yaitu untuk peserta didik dan untuk dewasa. 2007 Pendidikan dalam Gerakan Kepramukaan disesuaikan dengan umur.kuat dan nyata.mengkiaskan bahwa Pramuka memiliki cita-cita yang tinggidan lurus. Nyiur tumbuh menjulang lurus keatas dan salah satu pohon yang tertinggi di Indonesia.sehat jasmani dan rohani.berwatak satriya. dan tetap tegak tidak mudah diombang-ambingkan tanah. Jadi apabila umurnya sudah melamoui batas tertinggi dari suatu golongan usia harus pindah ke golongan usia lainnya. psikologi.d.bercita-cita tinggi.

Pramuka Penggalang. Apabila telah mencapai siaga tata dan memenuhi persyaratan tertentu dapat mencapai Siaga Garuda. Untuk SKU terdiri dari : 1. untuk usia 16 – 20 tahun atau tingkat SMU sampai Universitas. Penegak Laksana Baik Penegak Bantara maupun Laksana seorang pramuka dapat mencapai SKK sesuai pilihannya. Andalan. Untuk orang dewasa Untuk umur diatas 25 tahun dan mempunyai tujuan dapat mengabdikan diri secara sukarela dan aktif menjalankan kewajiban sebagai Pembantu Pembina. Penggalang Terap Sejak Penggalang Rakit seorang pramuka dapat mencapai SKK sesuai pilihannya. Pembantu Andalan. Apabila telah mencapai Penegak Laksana dan memenuhi persyaratan tertentu dapat mencapai Penegak Garuda. . untuk usia 7 – 10 tahun atau tingkat SD. Apabila telah mencapai Pandega dan memenuhi persyaratan tertentu dapat mencapai Pandega Garuda. Untuk SKU terdiri dari satu tingkat saja yaitu Pandega. Pelatih.Pramuka Siaga. Pramuka Penggalang. Majelis dan staf kwartir. Penggalang Rakit 3. Penggalang Ramu 2. Untuk SKU terdiri dari : 1. Penegak Bantara 2. untuk usia 21 – 25 tahun atau tingkat Universitas. Siaga Tata Untuk SKK hanya ada satu tingkat terdiri atas bermacam-macam. Apabila sudah dilantik Pandega seorang pramuka dapat mencapai SKK sesuai pilihannya. Pramuka Pandega. Untuk SKU terdiri dari : 1.Pendidikan ini bersifat kursus baik di luar maupun didalam gerakan Pramuka. Apabila telah mencapai penggalang terap dan memenuhi persyaratan tertentu dapat mencapai Penggalang Garuda. Pembina Pramuka. Siaga Mula 2. untuk usia 11 – 15 tahun atau tingkat SD sampai SMP. Siaga bantu 3.

selama 90 jam 2. Kursus orientasi sedang 3. Kursus Pelatih Pembina Pramuka 1. Kursus orientasi singkat 2. Kursus orientasi lengkap b. Kursus Pembina Pramuka Mahir tingkat lanjutan. Kursus Pengelola Kwartir 2. Kursus Instruktur 6. Kursus Ketrampilan Penyediaan Air bersih 9. Kursus Peningkatan Mutu Makanan Rakyat dan sebagainya . Kursus Pembina Pramuka Mahir 1. Kursus Kader Koperasi 8. Kursus Perlebahan 5. Kursus Pembina Pramuka Mahir tingkat dasar. Kursus Pamong Satuan Karya 4. selama 100 jam c. Kursus Ketrampilan Perumahan Sehat 10.a. Kursus untuk petugas Gerakan Pramuka 1. Kursus Pelatih Dasar atau KPD selama 1 minggu 2. Kursus Pendidikan dan Kependudukan 7. Kursus Pelatih Lanjutan atau KPL selama 1 minggu d. Kursus Andalan 3. Kursus Orientasi 1.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful