KURANGNYA PENYEDIAAN BUKU PAKET MATEMATIKA DALAM PROSES PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SD NEGERI 7 MEGANG SAKTI

1 KECAMATAN MEGANG SAKTI KABUPATEN MUSI RAWAS Laporan Penelitian Individu KKN ke 59 TEMATIK POSDAYA Tahun 2012 IAIN Raden Fatah Palembang Oleh NAMA NIM KELOMPOK DESA KECAMATAN :V : RANTAU JAYA : KARANG JAYA : BETARIA : 0822022

Mengesahkan Tanggal, 28 Maret 2012 DPL,

FATURRAHMAN, M.Ag NIP : 19730929 200701 1 012

1

untuk itu kami banyak menyampaikan rasa terima kasih kepada: 1. maka kami membuat laporan individu hasil kegiatan pelaksanaan KKN tersebut mulai dari pengkajian sampai evaluasi. Yang telah memberikan rahmat dan pertolonganya. 3. MA Selaku Ketua LPM IAIN Raden Fatah Palembang. 6. Kami menyadari bahwa dalam pembuatan laporan ini banyak terdapat kekurangan disana sini. Sehubungan dengan pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) IAIN Raden Fatah Palembang angkatan 59 tahun 2012 yang dilaksanakan pada tanggal 6 Februari sampai dengan 21 Maret 2012 di Kelurahan Megang Sakti 1 Kecamatan Megang Sakti Kabupaten Musi Rawas.KATA PENGANTAR Puji syukur kepada Allah SWT. Muhajirin. maka dari itu kami mengharapkan kritik dan saran dari semua pihak untuk perbaikan penulisan dikemudian hari. Shalawat serta salam kami sampaikan kepada Nabi Muhammad SAW yang telah membawa kebenaran kepada umat manusia. Dr. 5. H. sehingga kami dapat menyelesaikan laporan individu KKN. Untuk menyelesaikan kelompok KKN ini kami banyak mendapat dukungan dan bantuan serta bimbingan dari berbagai pihak. Bapak Prof. Bapak Dr. Rekan-rekan KKN yang saya cintai 2 . Megang Sakti Kab. 4. Bapak Edward Dodi selaku . selaku rektor IAIN Raden Fatah Palembang 2. Bapak kepala pusat pengabdian masyarakat IAIN Raden Fatah Palembang. Musi Rawas. Megang Sakti 1 Kec. Bapak sebagai dosen pembimbing lapangan KKN kelompok 5 Kel. Aflatun Muchtar MA. Megang Sakti 1 Kec. Megang Sakti Kabupaten Musi Rawas.

28 Maret 2012 Penulis Erna Wati 08 22 006 LAPORAN HASIL PENELITIAN A.Palembang. PENDAHULUAN 3 .

Megang Sakti 1 Kec. Kami terdaftar kedalam Kelompok 5 yang mendapat lokasi di Kel. Megang Sakti Kabupaten Musi Rawas. Institute Agama Islam negeri Raden Fattah Palembang sampai saat ini telah mengirim mahasiswanya sudah 58 angkatan ke pelosok-pelosok desa dan saat ini adalah angkatan yang ke. Megang Sakti 1 Kec. maka tahun ini 2012 IAIN Raden Fattah Palembang menyelenggarakan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Angkatan ke. pengajaran. terbuka dan jujur dalam rangka meningkatkan kualitas kehidupan beragama dan bermasyarakat. objekti. Jumlah KKN kali ini kurang lebih berjumlah 430 orang dan dibagi dalam beberapa desa di kabupaten Musi Rawas dan Kabupaten Lubuklinggau. adapun kegiatan pokok yakni sebagai berikut: 4 . Megang Sakti Kabupaten Musi Rawas. Kuliah Kerja Nyata (KKN) tahun 2012 ini dimulai dari tanggal 6 Februari s/d 21 Maret 2012. sehingga nantinya lulusan IAIN Raden Fattah Palembang mampu berperan aktif dalam membangun bangsa serta senantiasa dapat menyesuaikan diri dengan tuntutan kemajuan. mulai tanggal 6 Februari s/d 21 Maret 2012. melakukan kegiatan KKN (Kuliah Kerja Nyata). penelitian dan pengabdian masyarakat. Untuk memenuhi dan merealisasikan. namun dalam pelaksanaanya kami semua bergerak dan bekerjasama satu sama lainnya saling melengkapi dan saling bahu-membahu.59. kegiatan pokok dan kegiatan penunjang. Segala kegiatan yang kami lakukan itu telah terprogram terlebih dahulu sebelum kami berangkat kelokasi yang terbagi dalam 2 (dua) kegiatan.Institut Agama Islam Negeri Raden Fattah Palembang ialah suatu Lembaga Pendidikan islam di Sumatera Selatan yang mengemban amanat pendidikan mahasiswa menjadi masyarakat yang mampu mengemban nilai-nilai keilmuan serta mengamalkanya atas landasan akhlakul karimah.59. Mahasiswa IAIN Raden Fattah Palembang mempersiapkan diri maupun peralatan untuk melaksanakan program pendidikan yang telah dirancang oleh pemerintah yakni. IAIN Raden Fattah Palembang melaksanakan berbagai kegiatan dalam bidang pendidikan. perkembangan ilmu pengetahuan dan perubahan sosial budaya serta kebutuhan masyarakat yang akan datang. yang bertempat di Kel. Dalam KKN ini diharapkan mampu menerapkan teori-teori yang didapat dari bangku perkuliahan kedalam kehidupan nyata. yang semuanya berjumlah 11 (sebelas) orang terdiri dari 5 laki-laki dan 6 perempuan.

Kebanyakan dari mereka masih duduk di bangku SDN 7 Megang Sakti 1. TPA. Mengajar TPA di Megang Sakti 1 6. Mengajar di SDN 7 Megang Sakti 1 sebagai guru bantu 11. Mengajar BTA (Baca Tulis Al-Quran) anak-anak di posko 9. penulis akan membuat laporan hasil Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Keluarahan Megang Sakti 1 Kecamatan Megang Sakti Kabupaten Musi Rawas yang membahas tentang “ Kurangnya penyediaan buku paket matematika dalam proses belajara mengajar”. bahkan guru matematikanya bukan guru yang menekuni bidang itu sendiri.1. Irmas. 3. Mengahadiri dan mengisi pengajian ibu-ibu dan bapak-bapak 7. Menghadiri dan mengisi pengajian Remaja masjid di Megang Sakti 8. Observasi struktur kegiatan kependidikan yaitu. SMP. Mengajar Seni Tari Tanggai 12. Mengajar di SDN Rantau Jaya sebagai guru bantu 10. RUMUSAN MASALAH 5 . penulis dapat melihat bahwa pengetahuan masyarakat mengenai pelajaran matematika masih kurang karena terkendala dengan tenaga pengajarnya masih amat sedikit yang menekuni bidang matematika. Observasi struktur kegiatan kemasyarakatan yaitu. Mengaktifkan Les di Posko 5. SD. 4. Pada saat melakukan observasi di lapangan. Observasi lokasi KKN 2. Pengajian. Karang Taruna. Pembinaan orang dewasa dalam wadah pengajian dan majelis ta’lim mingguan Kelurahan Megang Sakti 1 merupakan desa yang memiliki penerus yang memiliki semangat tinggi dalam belajar matematika. PKK. B. Berdasarkan hal tersebut. Masih banyak penduduk dengan usia produktif yang belum melanjutkan pendidikan kejenjang yang lebih tinggi mengingat fasilitas pendidikan yang masih kurang.

6 . Apakah dengan tidak adanya buku paket pada mata prlajaran Matematika dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa. Di hari minggu. dan lingkungan 5. lingkungan 3. HASIL PENELITIAN Kelurahan Megang Sakti I cukup ramai. buruh tani.Megang Sakti 1 kec. D. C. Bagaimana proses belajar mengajar pada mata pelajaran matematika di SDN 7 kel. Megang sakti Kabupaten Musi Rawas 2. Dengan luas sekitar 2 km2. yakni lingkugan I.Megang Sakti 1 kec. desa ini dihuni sekitar 6. yang berlangsung selama satu setengah bulan. dan PNS ada juga sebagian dari mereka yang bekerja di PT sebagai buruh sawit dan karet.Megang Sakti 1 kec. mereka beristirahat dan pergi ke pasar ‘kalangan’ di Desa Megang Sakti. penduduk mulai pergi ke kebun guna mengolah ladang.Berdasarkan hal tersebut di atas maka dalam penelitian ini diperoleh rumusan masalah sebagai berikut: 1. Megang sakti Kabupaten Musi Rawas 2. Wilayah desa terbagi dalam 20 RT dan terbagi atas 5 lingkungan. Sejak pagi. PELAKSANAAN PENELITIAN Penelitian ini dilaksanakan di kel. TUJUAN PENELITIAN Penelitian ini dilakukan dengan tujun: 1.penduduk pergi berkebun dari hari Selasa hingga sabtu. E. dengan menggunakan sepeda motor atau berjalan kaki. Mereka baru kembali kerumah masing-masing sore harinya. lingkungan 4. lingkungan II. Untuk mengetahui bagaimana efektivitas dalam proses pembelajaran Matematika apakah dengan tidak adanya buku paket pada mata prlajaran Matematika dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa. Mayoritas penduduk bekerja sebagai petani di perkebunan kelapa sawit dan karet. Sebagian kecil penduduk lainya adalah wiraswasta.000 warga dengan 325 kepala keluarga. Megang sakti Kabupaten Musi Rawas pada tanggal 6 februari sampai dengang 21 maret 2012. Untuk mengetahui proses belajar mengajar pada mata pelajaran matematika di SDN 7 kel.

Tingginya minat belajar mereka sangat mempengaruhi prestasi belajarnya di sekolah. Pada saat saya mengajar di SDN Megang Sakti. PENUTUP Dari uraian latar belakang diatas dapat disimpulkan bahwa yang menjadi permasalahan utama adalah tingginya minat belajar siswa tetapi tidak didiringi dengan 7 . tetapi di sekolah SDN Megang Sakti siswanya sangat menggemari pelajaran matematika mereka menyukai berhitung. tapi sebagian juga tidak bisa menjawab. Kurangnya tenaga pengajar dalam bidang matematika disekolah itu sangat memepengaruhi prestasi belajar siswa. saya memberikan tes kepada anak-anak sebagian dari mereka bisa menjawab. Ada sebagian dari anak yang sudah menduduki kelas 3 (tiga) tetapi belum bias membaca. serta didorong dengan tingginya minat belajar siswa juga mempengaruhi prestasi belajarnya di Sekolah. Secara umum. F. Yang tidak bias menjawab mereka bilang belum paham dengan materi tersebut. mungkin guru mereka tidak menjelaskan materi dengan jelas dan yang mudah dipahami oleh anak-anak. selama saya mengajar di sekolah tersebut terkadang ada beberapa guru tidak hadir di sekolah. sarana pendidikan di SDN Megang Sakti sudah cukup memadai mereka memiliki perpustakaan. Selain itu. Pelajaran matematika terkadang tidak di sukai oleh siswa. bahkan abjad pun ada yang mereka tidak tahu. Dari pelajaran yang tidak mereka mengerti menjadi mengerti setelah kami menjelaskannya di tempat Les (diposko KKN kami maupun di sekolahan). Umumnya siswa-siswa SDN Megang Sakti memiliki minat belajar yang amat tinggi mereka sangat senang mengikuti Les yang kami aktifkan selama KKN ini. dapat kami lihat bahwa sarana pendidikan sangatlah penting untuk menunjang kecerdasan siswa pada saat belajar. Setelah saya mengaktifkan les selama KKN ini kami memberikan pelajaran yang sesuai dengan tingkat kelas mereka. sehingga prestasi belajarnya sangat baik. Alhamdulillah selama ada Les mereka sudah bisa membaca sedikit demisedikit.Berdasarkan hasil survey di lapangan yang kami lakukan selama mengikuti kegiatan KKN saya berkonsentrasi terhadap social keseharian masyarakatnya. Kebanyakan dari mereka anakanak yang masih berumur 5 tahun sampai dengan 10 tahun.

prestasi belajar nya di sekolah. sehingga roda perekonomian dapat berjalan dengan lancer dengan mempelajari matematika. Tujuan pembelajaran matematika adalah menjadikan siswa mampu mengamalkan ilmu yang didapatnya dalam kehidupan sehari-hari. Jadi menurut kesimpulan saya. G. LAMPIRAN 8 . Jika ada tenaga pengajar yang membuka les mungkin siswa yang tidak mengerti pelajaran disekolah akan ia mengerti pada saat belajar di tempat les. Oleh karena itu sudah sewajibnya apabila para perangkat desa memberikan fasilitas belajar siswa yang memadai agar terciptanya masyarakat yang cerdas serta kreatif. factor penghambat dapat diminimalisir dengan menumbuhkan rasa kesadaran masyarakat tentang pentingnya pendidikan matematika.

9 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful