1. Beberapa contoh Paragraf Deduktif, Induktif dan Deduktif-Induktif.

Disini saya akan menjelskan apa itu Paragraf Deduktif, Induktif dan Deduktif-Induktif dan memberikan contoh pada masing-masing Paragraf agar dapat lebih mudah untuk dipahami :) *sebagai tambahan kalimat yang saya garis bawahi dan saya miringkan

merupakan kalimat utama.
Paragraf deduktif Paragraf dengan kalimat utama di awal, kemudian diikuti oleh kalimat penjelas. Contoh : Ini tentang gaya hidup para wakil rakyat kita di Senayan. Ya, baru-baru ini heboh beredar berita tentang gaya hidup para wakil rakyat kita. Mobil mewah yang berhaga milliaran rupiah, yang membuat rumah rakyat di Senayan itu seperti showroom mobil mewah. Ada Alphard, Hummer dan Bentley. Publikpun heboh. Saya berfikir, padahal kita lah yang diwakili mereka, dan mereka adalah wakil kita, tapi mengapa yang MERDEKA hanya mereka yang sebagai WAKIL KITA?

Paragraf induktif Kalimat utama terletak di akhir paragraf setelah kalimat-kalimat penjelas. Contoh: Pada Lebaran tahun kemarin harga sembako seperti gula, minyak, telur dan lain-lain mengalami kenaikan secara signifikan, padahal lebaran pada saat itu masih seminggu lagi. Bukan hanya makanan, pakaian muslimpun juga tak ketinggalan mengalami kenaikan harga yang cukup tinggi. Seperti halnya baju muslim untuk wanita, baju koko, kerudung, sajadah, mukena, kopiah dan lain-lain. Kenaikan harga pada barang-barang ini selalu terjadi menjelang Lebarang pada setiap tahunnya. Paragraf deduktif dan induktif Kalimat Utamanya terdapat pada awal paragraf dan akhir paragraf. Contoh: Beberapa tips belajar menjelang Ujian Akhir Nasional (UAN). Jangan pernah belajar “dadakan”. Artinya belajar sehari sebelum ujian. Belajarlah muai dari sekarang. Belajar akan efektif kalau belajar kumpulan soal. Hal ini dapat dilakukan dengan cara menjawab soal-soal di buku kumpulan soal. Mencocokannya, lalu menilainya. Barulah materi yang tidak dikuasai dicari di buku. Oleh karena itu, maka sebaiknya para guru memberitahukan tips belajar menjelang UAN. 2. Disini saya akan mengembangkan kalimat yang merupakan gagasan pokok atau kalimat utama.

bahwa menusia ini makhluk sosial. Tetapi. Pasti disuatu saat kita membutuhka bantuan atau pertolongan orang lain. karna diakhir cerita sang anak pembunuh itu mati karna ditembak oleh sang ayah dari orang yang dicintainya. Adanya sesama manusia dan prinsip kemanusiaan. Di dalam buku tersebut diceritakan bahwa seorang anak pembunuh yang mencintai anak dari seorang polisi. 3. Jika dibiarkan Tambahan penduduk yang melebihi tambahan produksi dapat menyebabkan tingkat kemakmuran menjadi berkurang. Karena dengan belajar dari pengelama-pengalaman orang lain dan perjalanan hidup orang lain yang bermanfaat. 4. membuat kita melihat aspek fundamental lain. Keragaman itu terjadi karena beranekanya keadaan dan pengalaman yang dijalani oleh komunitas pendukung sastra itu sendiri. Karena. Kekayaan nasional yang berupa Sastra Indonesia dan Sastra Daerah bermacam-macam jenisnya. 2. Tetapi saat ini malah sebaliknya. Sebagai makhluk sosial kita diharapkan dapat saling menghormati pada sesame dan saling tolong-menolong pada setiap manusia. . maka jumlah produksi apapun harus terus bertambah melebihi jumlah penduduk saat ini. Memang sastra daerah tak sepopuler dahulu. Sastra-sastra di Indonesia sebagian telah mengalami kontak satu-sama lain. Sebagai manusia kita perlu belajar dari pengalaman” orang lain. di dunia ini kita tidak hidup hanya sendiri. Di dalam cerita tersebut ada konflik-konflik yang sangat menguras emosi dan ada juga segelintir cerita yang dapat membuat ada menangis tersedu-sedu. Cinta kasih yang sejati meminta korban. Jumlah penduduk yang terus berkembang. Sastra daerah sangat erat hubungannnya dengan sastra nasional. 5. motivasi untuk kita atau inspirasi untuk kita agar dapat menggapai keberhasilan hidup .1. Itu merupakan judul dari buku yang ditulis oleh penulis novel yang terkenal itu. Penulis mempunyai inspirasi untuk menulis cerita tersebut berdasarkan kejadian yang terjadi pada salah satu sahabatnya. Pada saat ini jumlah penduduk semakin berkembang. kita dapat menjadikan suatu pengalaman orang lain itu sebagai pembelajaran bagi kita.

Contoh 2 Paragraf Induktif Analogi Demikian pula dengan manusia yang tidak berilmu dan tidak berperasaan. Ketika manusia itu meraih kepandaian.html#ixzz1lKOYMn2x Contoh Paragraf Induktif Generalisasi Setelah karangan anak-anak kelas 3 diperiksa. Anak-anak yang lain mendapat 7. Di samping itu. Ditambah lagi dengan harga pupuk yang semakin mahal dan kurangnya pengetahuan para petani dalam menggarap lahan pertaniannya. Read more: http://kafeilmu. sifatnya akan menjadi rendah hati dan dermawan. Bukan itu saja. Banyak tanaman yang mati sebelum berbuah karena diserang hama. Pengertian Paragraf Akibat Sebab Paragraf hubungan akibat sebab adalah paragraf yang dimulai dengan fakta khusus yang menjadi akibat. ia akan semakin merunduk. pohon-pohon di hutan sebagi penyerap air banyak yang ditebang. kita sebagai manusia apabila diberi kepandaian dan kelebihan. bersikaplah seperti padi yang selalu merunduk. ia akan sombong dan garang. kemudian fakta itu dianalisis untuk diambil kesimpulan. dan kekayaan. Semua itu merupakan akibat dari kurangnya pengetahuan para petani dalam pengolahan pertanian. Contoh Paragraf Induktif Akibat Sebab Hasil panen para petani di Desa Cikaret hampir setiap musim tidak memuaskan. Alex.html#ixzz1lKOh1OdL Contoh Paragraf Induktif Sebab Akibat Kemarau tahun ini cukup panjang. kebesaran.Contoh Paragraf Induktif Analogi Sifat manusia ibarat padi yang terhampar di sawah yang luas. Boleh dikatakan. Hanya Maman yang 6. irigasi di desa ini tidak lancar. Oleh karena itu. Pengertian Paragraf Sebab Akibat 1 Akibat 2 . toto. Banyak pula tanaman yang tidak berhasil tumbuh dengan baik. ia akan berdiri tegak. Begitu pula dengan padi yang semakin berisi. Apabila padi itu kosong. Read more: http://kafeilmu. tidak mengherankan panen di desa ini selalu gagal. ternyata Ali. pengairan pun tidak berjalan dengan lancar dan penataan letak tanaman tidak sesuai dengan aturannya. dan Burhan mendapat nilai 8.com/2010/11/pengertian-dan-contoh-paragrafinduktif.com/2010/11/pengertian-dan-contoh-paragrafinduktif. anak kelas 3 cukup pandai mengarang. Oleh karena itu. Sebelumnya. dan tidak seorang pun mendapat nilai kurang.

Contoh Paragraf Induktif Sebab Akibat 1 Akibat 2 Pasokan beras di pasar tradisional pun semakin lama semakin menipis sehingga masyarakat kesulitan mendapatkan beras. Contoh Paragraf Induktif Sebab Akibat 1 Akibat 2 Baru-baru ini petani Cimanuk gagal panen karena tanaman padi mereka diserang hama wereng. Akibat pertama berubah menjadi sebab yang menimbulkan akibat kedua.com/2010/11/pengertian-dan-contoh-paragrafinduktif. suatu penyebab dapat menimbulkan serangkaian akibat. Hal ini mendorong pemerintah untuk melakukan impor beras dari negara tetangga dengan harapan masyarakat dapat terpenuhi kebutuhan pangannya selama menunggu hasil panen berikutnya. Demikian seterusnya hingga timbul beberapa akibat. Peristiwa ini menelan kerugian ratusan juta rupiah.html#ixzz1lKOoCEbt .Dalam paragraf hubungan sebab akibat 1 akibat 2. Selain itu. Read more: http://kafeilmu. distribusi beras ke kota-kota besar seperti Jakarta dan Bandung terganggu.

ia merasa lebih intim dengan bahasa daerah. Seseorang yang menderita demam berdarah juga mengalami pendarahan dari lubang hidung atau mimisan. Baik waktu istirahat ataupun diantara jam-jam pelajaran. muncul bintik-bintik merah pada tubuh.Berikut ini adalah contoh-contoh paragraf induktif: # Contoh 1 dari kelok pertama sampai kelok ke-44. SEtelah anak didik meninggalkan kelas. pendidikan bahasa Indonesia secara metodologis dan sistematis bukanlah merupakan halangan baginya untuk memperluas dan memantapkan bahasa daerah. ia kembali mempergunakan bahasa daerah dengan teman-temannya atau orang tuanya. Tampak dari kejauhan nelayan dengan sampan tradisional mencari ikan di tengah danau. jam sekolah hanya berlangsung selama beberapa jam. angin sejuk selalu menyapa dengan lembut. Sampai di tepi danau Maninjau terlihat hamparan air yang dikelilingi bukit-bukit yang menjulang. Sungguh molek alam Minangkabau yang belum terjamah tangan-tangan jahil ini. unsurunsur bahasa daerah tetap digunakan. Semua gejala tersebut hendaknya diperhatikan sehingga jika terjadi gejala-gejala tersebut. Selain itu. kami masih menikmati panorama yang masih perawan. Meskipun serasa di tepi pantai. penderita bisa ditolong dan ditangani dokter . # Contoh 2 Pada waktu anak didik memasuki pendidikan formal. Ditambah lagi jika sekolah itu bersifat homogen dan gurunya penutur asli bahasa daeah itu. Faktor-faktor inilah yang menyebabkan pengetahuan si anak terhadap bahasa daerahnya akan tetap maju # Contoh 3 Panas atau demam yang tinggi selama beberapa hari dapat dicurigai sebagai demam berdarah.

bagaimanapun merupakan sasaran empuk yang paling mudah menjadi sasaran bagi suara-suara kritis yang menghendaki peningkatan kualitas pada dunia pendidikan. semisalkan dengan menetapkan angka batas minimal kelulusan UAN dengan nilai sebesar 4. dosen dengan mahasiswa. Namun demikian.Contoh Paragraf Induktif Setelah diadakan peninjauan ke Desa Pekayon Bekasi. Karena sifat Internet yang dapat dihubungi setiap saat. yang jelas-jelas dapat kita temukan sebagai suatu kecacatan ialah proses belajar mengajar konvensional yang mengandalkan tatap muka antara guru dan murid. Apabila kita melihat dari sudut pandang nasional atau alias yang umum-umum saja jadi marilah kita lihat apa yang dilakukan oleh pemerintah. TEKNOLOGI INFORMASI DAN PENDIDIKAN DI INDONESIA A. artinya siswa dapat memanfaatkan program-program pendidikan yang disediakan di jaringan Internet kapan saja sesuai dengan waktu luang mereka sehingga kendala ruang dan waktu yang mereka hadapi untuk mencari sumber belajar dapat teratasi. Sistem konvensional ini seharusnya sudah ditinggalkan sejak ditemukannya media komunikasi multimedia. di RW 02 sebanyak 95%. walau sampai saat ini kita belum melihat hasil dari usaha tersebut. Namun demikian. RW 03 sebanyak 100%. Dengan perkembangan pesat di bidang . dan campuran . Rumah penduduk yang telah menggunakan listrik.00 dengan tidak digabung dengan poin pada ujian praktek ditambah lagi tanpa ujian praktek. namun institut yang masih menggunakan sistem tradisional ini mengajar (di jenjang sekolah tinggi kita anggap memberikan informasi) dengan sangat lambat dan tidak seiring dengan perkembangan IT.induktif. mungkin jauh lebih sulit dari menggantang asap. diketahui persentase penggunaan listrik di RW 01 desa tersebut sebanyak 90%. Contoh paragraf deduktif. dalam arti dibicarakan secara luas oleh berbagai kalangan baik yang bersentuhan langsung maupun tidak langsung dengan urusan pendidikan. dan RW 04 sebanyak 85%. Boleh dikatakan. pelatih dengan peserta latihan. di Desa Pekayon 92% rumah penduduk sudah menggunakanlistrik. apa sebenarnya yang menjadi inti permasalahan pada dunia pendidikan. Dunia Pendidikan Konvensional Indonesia Secara umum Dunia Pendidikan memang belum pernah benar-benar menjadi wacana yang publik di Indonesia. (induktif) Ketidakefektifan adalah kata yang paling cocok untTuk sistem ini. Usaha yang dilakukan oleh pemerintah biasanya bersifat konstitusional demi mendapatkan lulusan dari sekolah yang kompetitif dan siap bersaing secara global. pertukaran informasi menjadi semakin cepat dan instan. Berbagai hal dapat saja dipersalahkan sebagai pokok masalah yang menghambat kemajuan dunia pendidikan di Indonesia. Upaya-upaya peningkatan kualitas mutu serta kuantitas yang membawa nama pendidikan telah dilakukan oleh pihak pemerintah. (deduktif) Apabila kita amati dengan seksama. Pada hal ini bukannya kita menemukan pemerintah berusaha untuk memperbaiki mutu pendidikan melainkan nampak sepertinya pemerintah hendak menjegal generasi kita. bukan berarti bahwa permasalahan ini tidak pernah menjadi perhatian. sebab seiring dengan perkembangan zaman.

multimedia. mendengarkan ceramah. (campuran) . dan informasi.teknologi telekomunikasi. mencatat di atas kertas sudah tentu ketinggalan jaman.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful