SISTEM OPERASI DAN KEUNGGULAN SERTA KELEMAHAN MASING”

1.WINDOWS
Microsoft Windows

Keunggulan
1 GUI

yang familiar 2 Dukungan driver yang lebih banyak MS Windows memiliki dukungan driver hardware yang lebih banyak dibandingkan Linux. 3 Banyak aplikasi berbasis MS Windows lebih mudah untuk menginstal aplikasi pada MS Windows dibandingkan pada Linux, yang terkadang harus di-configure terlebih dahulu dan Banyak gratisan GPL dan Freeware ditawarkan untuk Windows kelemahan windows 1 Harga yang mahal Anda harus mengeluarkan uang sekitar $100 atau lebih untuk membeli sistem operasi MS Windows. 2. Rentan virus dan hacking banyak virus komputer yang menyerang sistem operasi ini 3. Tidak ada sistem keamanan yang tangguh Kecuali MS Windows 2000 dan XP, pada MS Windows 9.x/Me, hampir tidak memiliki sistem keamanan yang dapat membuat komputer Anda aman dari tangan-tangan jahil, 4. Pada MS Windows (kecuali MS Windows 2000 yang lebih baik dibandingkan Win 9.x/Me) semakin banyak aplikasi yang Anda instal, maka kemungkinan besar akan terjadi ngadat. karena hal ini pekerjaan Anda akan terganggu.

Data Solaris 7 (Unix) berikut beserta keuntungan dan kelemahannya. Sedikit software untuk kantor.UNIX UNIX adalah sebuah sistem operasi komputer yang dikembangkan oleh AT&T Bell Labs pada tahun 1960 dan 1970-an. Driver hardware yang kurang menyenangkan pada versi “hampir” gratisnya. BSD adalah salah satu turunan (varian) Unix yang dikembangkan oleh Universitas California. Penawaran sistem operasi Unix versi “hampir” gratis tak sebaik sistem operasi Unix komersial. multi-tasking dan multi-user. Kecepatan inovasi Linux lama kelamaan mendesak sistem Unix komersial. Stabilitas yang terkenal dan kinerja yang lebih baik dibandingkan dengan Windows NT. Kelemahan : Harga sistem operasi komersial yang mahal. Telah tersedia sistem operasi Unix versi “hampir” gratis. . Berkeley.2. server Internet. Intranet. Internet-client pengembangan Java. Kelebihan : Sistem file stabil untuk database. file-server. UNIX didesain sebagai sistem operasi yang portable.

Stabilitas yaitu stabil digunakan sebagai apa saja. Kebal virus tidak terserang virus apapun seperti yang terjadi pada Windows Dapat menggunakan TCP/IP Mendukung File System 32 Bit Multi User dapat menggunakan User yang sama berulang kali tanpa harus menutup sesi yang sebelumnya di buka. Multitasking memungkinkan mengakses data secara bersamaan tanpa terjadinya hang pada komputer.3. sehingga diperlikan trik tersendiri untuk menggunakannya. Penggunaan WYSYWYG (What You See is What You Get) belum bisa secara menyeluruh. baik Server maupun Client Shared Libraries tidak merusak sistem lainnya jika di install dengan versi yang lainnya.   . Pemanfaatan memory secara optimal dengan membuat virtual memory Login User tanpa batas Mendukung 34 madan Akses Sistem File yang berbeda Menyediakan Emulator Partition Mounting yaitu dapat membagi partisi seperti MS Windows Linux dilengkapi juga dengan Proxy Server Local yang biasa digunakan oleh ISP dan juga kampus-kampus di seluruh dunia Dapat digunakan sebagai Web Server Dapat digunakan sebagai FTP Server Dilengkapi dengan Firewall Shell Programmable menyediakan semua Program dan aplikasi networking yang di butuhkan dalan satu CD kelemahan Sistem operasi yang digunakan sama sekali berbeda dengan Windows sehingga perlu waktu dan tenaga untuk belajar menggunakannya. Sistem yang digunakan dapat berjalan seperti biasanya.Linux Kelebihan linux                       Linux adalah sistem yang Open Source Freeware yaitu software yang bersifat free tanpa ada tuntutan dari hak cipta Minimal hardware yaitu tidak begitu membutuhkan hardware yang terlalu besar kapasitasnya maupun biayanya.

Proses instalasi software / aplikasi yang tidak semudah di Windows. 3. dipasarkan oleh Apple Inc. Hirarki File. MAC OS merupakan Sistem Operasi pertama yang menggunakan antarmuka pengguna grafis (Graphical User Interface/GUI). dan MAC OS X memiliki memori ala-Unix dan Pre-Emptive Multitasking. MAC OS X adalah garis komputer Sistem Operasi yang dikembangkan. Multitasking. karena menggunakan UNIX. Sistem Operasi Macintosh dibagi menjadi 2 jenis : 1. One Step.   . Aman dari Malware. 2. Instalasi software di Linux. 4. Bila tidak. maka kita harus men-download satu per satu package yang dibutuhkan beserta dependencies-nya 4.MAC OS Klasik Tidak memiliki sembarang Command Line (Baris perintah). Format File-nya sangat berbeda dengan MS Windows Dukungan perangkat keras dari vendor-vendor tertentu yang tidak terlalu baik pada Linux. dengan fasilitas standar Unix tersedia dari antarmuka baris perintah  Kelebihan Mac OS Stabil.MAC OS X MAC OS X memasukkan unsur-unsur BSD Unix. . MAC OS X dibangun di atas XNU kernel. menggunakan User Interface (UI) sepenuhnya dan menggunakan Cooperative Multitasking 2. Sulit bagi pengguna awam untuk beradaptasi Anda telah menggunakan MS Windows sejak tahun 1995 hingga kini? Maka Anda akan mengalami kesulitan saat mengoperasikan Linux. Hak Akses. akan menjadi lebih mudah bila terkoneksi ke internet atau bila mempunyai CD / DVD repository-nya.MAC OS (MACINTOSH OPERATING SYSTEM) MAC OS atau Macintosh Operating System adalah Sistem Operasi yang dibuat oleh Apple Computer khusus untuk komputer Macintosh dan tidak kompatibel dengan komputer berbasis IBM. 1. MAC OS X adalah penerus dari MAC OS (Klasik). Tampilan (UI) sangat bagus. File System.

 Kekurangan Mac OS tidak multitasking. proses sertifikasi untuk aplikasi baru sangat ketat. 6.Open Source. browser web terbaik saat ini. entry teks kurang nyaman.Masih sedikit yg memakai OS ini .Pemakaiannya mudah alias ga ribet (menurut orang yg sudah memakai Ponsel G1 dengan OS Android) . tidak seperti iPhone atau WinOS yg bejibun aplikasinya . ANDROID  OS Kelebihan . responsif dan intuitif. . aplikasi dan game hanya bisa didownload dari App Store.Bagi orang yg belum pernah memakainya mungkin akan sedikit membingungkan . koleksi game yang tersedia sangat banyak dengan kualitas hampir mendekati konsol game yang sesungguhnya serta ditunjang kualitas grafis yang diatas standar level. sistem operasi sangat tertutup dan tidak bisa dipersonalisasi. 6. sistem operasi stabil dan mudah digunakan bagi orang awam sekalipun.Stabil dan aman. 9. 5. Sehingga dapat dibilang sistem operasi ini terlalu protect dalam hal penyediaan aplikasinya dan hanya berpedoman dengan satu penyedia aplikasi.Karena masih baru. 5. . pemutar musik sangat bagus dari segi antarmuka maupun kualitas suara. 1. Browser Safari yang dimiliki sistem operasi ini juga merupakan yang terbaik sekarang. alias gratis. 3. sehingga para developer aplikasi Android OS tidak perlu bayar untuk membuat aplikasi untuk Android. adanya toko aplikasi online App Store yang menyediakan ribuan aplikasi dan game yang siap didownlod secara langsung. 2. 8. 4. sehingga tidak perlu bayar untuk men-donwnload dan menginstall aplikasi di Android. bluetooth tidak bisa untuk proses pengiriman file.Karena pengembangannya gratis.  Kekurangan .5. maka aplikasinya pun rata2 gratis. 7. maka belum banyak aplikasi yg tersedia untuk android. 7. tidak seperti windows yg terkadang lag atau bahkan terkena virus. Tidak seperti iPhone atau Windows Mobile yg mengharuskan pada developer membayar untuk membuat aplikasinya.

Di lain pihak. diperoleh Google Inc. Open Handset Alliance dibentuk untuk mengembangkan Android yang notabene nya adalah OS OpenSource pertama untuk Mobile Phone. Sekedar informasi Android Inc. Intel. Saat itu banyak yang menganggap fungsi Android Inc. Para pendiri Android Inc. California Amerika Serikat. dll. Di perusahaan Google. Google merilis kode–kode Android di bawah lisensi Apache. Nick Sears. Pertama yang mendapat dukungan penuh dari Google atau Google Mail Services (GMS) dan kedua adalah yang benar– benar bebas distribusinya tanpa dukungan langsung Google atau dikenal sebagai Open Handset Distribution (OHD). Hal ini menunjukkan indikasi bahwa Google sedang .. software. Di dunia ini terdapat dua jenis distributor sistem operasi Android. dan telekomunikasi. HTC. dan Chris White. yang kemudian mengembangkan kembali sistem Android. Qualcomm. Pada mulanya. namun Google mengakuisisi Android Inc. T-Mobile. Rich Miner. bekerja pada Google. Kemudian dibentuklah Open Handset Alliance. Android bersifat open source yang source codenya diberikan secara gratis bagi para pengembang untuk menciptakan aplikasi mereka agar dapat berjalan di Android. Android adalah salah satu produk besutan dari Android Inc. hanyalah sebagai perangkat lunak pada telepon seluler. Nvidia.. sebuah lisensi perangkat lunak dan standar terbuka perangkat seluler. Motorola. dirilislah Android versi awal dimana Android bersama Open Handset Alliance menyatakan mendukung pengembangan standar terbuka pada perangkat seluler. di antaranya Andy Rubi. tim yang dipimpin Rubin bertugas mengembangkan program perangkat seluler yang didukung oleh kernel Linux. dan semua kekayaan intelektual milik Android Inc. Pada tanggal 5 November 2007.Android adalah sistem operasi Mobile Phone berbasiskan Linux. Sejak saat itu muncul rumor bahwa Google hendak memasuki pasar telepon seluler. konsorsium yang terdiri dari 34 perusahaan hadware. termasuk Google. adalah pendatang baru dalam hal membuat software untuk ponsel yang berada di Palo Alto.

dimulai dari Google Nexus One. Linux Kernel Tumpukan paling bawah pada arsitektur Android ini adalah kernel. artinya Android menyertakan satu set library-library dasar yang menyediakan sebagian besar fungsi-fungsi yang ada pada library-library dasar bahasa pemrograman Java. Sony Ericcson Xperia X10. hingga sekarang telah banyak ponsel ber-OS Android yang hadir dipasaran. anda bahkan dapat mengubah program untuk memutar nomor. Kesamaan aplikasi Untuk Android ada perbedaan antara telepon utama aplikasi dan perangkat lunak lain. 4. HTC Legend. Libraries . Berikut ini susunan dari lapisan – lapisan tersebut jika di lihat dari lapisan dasar hingga lapisan teratas: a. b. atau data pada lokasi geografis untuk mendapatkan kesempatan baru. 2. seperti informasi kontak. dan alat debugging maju. 3. Setiap lapisan dari tumpukan ini menghimpun beberapa program yang mendukung fungsi-fungsi spesifik dari sistem operasi.Android Runtime ini berisi Core Libraries dan Dalvik Virtual Machine. Android Runtime Lapisan setelah Kernel Linux adalah Android Runtime. atau screen saver. Core Libraries mencakup serangkaian inti library Java. Google mengibaratkan Android sebagai sebuah tumpukan software.bersiap menghadapi persaingan dalam pasar telepon seluler. Penghancuran perbatasan Anda dapat menggabungkan informasi dari Internet ke dalam telepon. Keterbukaan Android menyediakan akses ke fungsi dasar perangkat mobile menggunakan standar panggilan ke API. Keunggulan Android : 1. Cepat dan mudah perkembangan Dalam SDK memiliki semua yang anda butuhkan untuk membuat dan menjalankan aplikasi Android. Samsung Galaxy S dan masih banyak lagi. termasuk simulator ini instrumen. c.

menjalankan web browser. akan selalu ada notifikasi di Home Screen Ponsel Android. akan terasa „beda‟ dibandingkan dengan iOS. HTC sampai Samsung. aplikasi telepon. Ada banyak ribuan aplikasi dan games yang siap untuk Anda download di ponsel Android. Android menyertakan satu set library. mengakses daftar kontak. Kelebihan Handphone Android Multitasking – Yups. jangan khawatir ada banyak Costum ROM yang bisa Anda pakai di ponsel Android. Dan setiap pabrikan ponsel pun menghadirkan ponsel Android dengan gaya masing-masing. Email. dan pelacakan lokasi fisik telepon. Mereka mengakses fungsi. Application Framework Lapisan selanjutnya adalah application framework. dan lain-lain. Di lapisan inilah anda menemukan fungsifungsi dasar smartphone seperti menelepon dan mengirim pesan singkat. atau bahkan artikel terbaru dari RSS Reader. Bisa menginstal ROM yang dimodifikasi – tak puas dengan tampilan standar Android. dengan adanya Widget di homescreen. seperti Motorola dengan Motoblur-nya. ponsel Android bisa menjalankan berbagai aplikasi. lapisan inilah yang paling sering mereka akses. Kemudahan dalam Notifikasi – Setiap ada SMS. Bagi rata-rata pengguna. . sehingga Anda tidak akan terlewatkan satu SMS. pergantian antar – proses atau program. jika iOS hanya terbatas pada iPhone dari Apple. Motorola. Pilihan Ponsel yang beranekaragam – Bicara ponsel Android. Akses Mudah terhadap Ribuan Aplikasi Android lewat Google Android App Market – Kalau Anda seneng install aplikasi ataupun games. Jadi Anda bisa leluasa memilih ponsel Android sesuai dengan „merk‟ favorite. tak ketinggalan Lampu LED Indikator yang berkedip-kedip. e. Anda bisa dengan mudah mengakses berbagai setting dengan cepat dan mudah.library dalam bahasa C/C++ yang digunakan oleh berbagai komponen yang ada pada sistem Android. itu artinya Anda bisa browsing. Application Di lapisan teratas bertempat pada aplikasi itu sendiri. Facebookan sambil dengerin lagu.fungsi dasar tersebut melalui user interface. yang mencakup program untuk mengatur fungsi-fungsi dasar smartphone. lewat Google Android App Market Anda bisa mendownload berbagai aplikasi dengan gratis.Bertempat di level yang sama dengan Android Runtime adalah Libraries. mulai dari Sony Ericsson. maka Android tersedia di ponsel dari berbagai produsen. Widget – benar sekali. Application Framework merupakan serangkaian tool dasar seperti alokasi resource smartphone. Email ataupun Misscall sekalipun. Sony Ericsson dengan TimeScape-nya. d.

Google Maniak – Jika Anda pengguna setia layanan Google mulai dari Gmail sampai Google Reader. Iklan – Aplikasi di Ponsel Android memang bisa didapatkan dengan mudah dan gratis. Penulis sendiri menggunakan Motorola Milestone. dan koneksi internet GPRS selalu aktif setiap waktu. 2. dengan tidak mengaktifkan data enabeled maka koneksi internet nya akan terputus jadi hanya bisa untuk Telp dan SMS.2 keatas koneksi data bisa diatur lewat seting data enabled pada settingan mobile networks. FreeBSD berjalan di atas sistem intel x86.  1. Relatif sulit penggunaannya.) SOLARIS Sistem Operasi Solaris adalah sebuah Sistem Operasi yang berdasarkan UNIX system yang diperkenankan oleh Sun Microsystems oada tahun 1992 sebagai pendukung SunOS. entah itu bagian atas atau bawah aplikasi 6. FreeBSD sendiri dikembangkan dari 386BSD sebuah proyek pengembangan BSD OS yang berjalan di atas Chip Intel. akan selalu Iklan yang terpampang.Tetapi di seri android 2. ponsel Android telah terintegrasi dengan layanan Google.. Koneksi Internet yang terus menerus – Yups. sehingga Anda bisa dengan cepat mengecek email dari gMail. 3. namun konsekuensinya di setiap Aplikasi tersebut. Bagi para gamers. Solaris . FreeBSD sendiri kali pertama muncul pada tahun 1993 oleh David Greenman.. GUI pada FreeBSD masih kurang 3. Dibandingkan Windows. itu artinya Anda harus siap berlangganan paket GPRS yang sesuai dengan kebutuhan. kebanyakan ponsel Android memerlukan koneksi internet yang simultan alias terus menerus aktif. Tujuan dari FreeBSD adalah menyediakan software yang dapat digunakan untuk berbagai kepentingan.  Kelebihan Virus/Spyware yang menyerang sedikit Banyak terserdia aplikasi dan program gratis Relatif mudah dikustomisasi (diutak-atik) secara bebas Multiuser Kekurangan 1. Kekurangan Android Tak bisa dipungkiri disamping kelebihan tentu saja ada kekurangan dari sistem operasi Android ini. karena masih text base dalam meng-command 2. 4. game system operasi ini sangat sedikit 7.) FREE BSD FreeBSD adalah Sistem Operasi bertipe UNIX bebas yang diturunkan dari UNIX AT&T.

Di Desain agar kompatibel dengan Sistem Operasi terdahulu seperti MS-Dos. 4. . Konsep Open Solaris adalah sebagai berikut : 1.Free Redistribution : Didistribusi secara bebas. 2.Source Code : Sumber (Source) harus tersedia untuk semua distribusi. Kelebihan dan Kekurangan System Operasi Windows dan Linux Kelebihan : 1. Desktop. Bebas dari Kode 16 Bit milik MS-Dos.No Discrimination : Kode harus disediakan untuk seseorang untuk dikembagkan.mendukung operasi 32 bit dan semua Fitur yang ditawarkan oleh Microprosesor 32 bit seperti dapat mengamati memori hingga 4 Gb dan Terproteksi. 4.terkenal karena kestabilannya. 3. khususnya pada sistem SPARC (Scalable Processor Architecture). Peningkatan Kapasitas Server untuk melayani lebih Simultan Koneksinnya.Derived Works : Setiap orang bisa mengubah kode dan mendisrtibusikan kembali. ZFS : System Rstore.IBM OS/2. DTrace L : Dapat mengamati dimana aplikasi banyak menggunakan waktunya dan berapa lama. Manajemen Kegagalan : Mencegah.  Kelebihan 1. dan kebanyakan kode dasarnya sekarang ini merupakan Software OpenSource yang biasa dikenal dengan OpenSolaris. Solaris disertifikasi dalam Spesifikasi UNIX walaupun pada awal pengembangannya berdasarkan kepemilikan pribadi. OpenSolaris adalah OpenSource versi Sistem Operasi Sun Solaris. 3. Software. tetapi Sun Solaris terdiri dari lebih beberapa kode yang tidak hanya inti dari Sistem Operasi misalnya : Source untuk Installer. Driver disk yang fault toleran yang mendukung disk mirroring dan disk stripping dengan parity (RAID 1 dan RAID 5) 3. 2. mendiagnosa dan memperbaiki error. 4. Open Solaris memiliki banyak fitur yang menjadikan OpenSolaris bisa digunakan untuk skala penggunaan yang besar dari penggunaan untuk desktop pC atau Mobile PC. 2. Zona : Mengimplementasikan sebuah abstraksi Sistem Operasi yang memungkinkan beberapa aplikasi berjalan secara terisolasi satu dengan lainnya di perangkat keras fisik yang sama.

yang praktis tidak diperlukan. Tool untuk mengintegrasikan Netware dan memonitoring Jaringan. 3. . Aplikasi yang dijalankan pada system Windows XP dapat dijalankan oleh komputer lain melalui internet. 3. Terdapat Layanan untuk Macintosh. 4. Bisa Membooting jarak jauh untuk client. Banyak sotware yang stabil berjalan di operating sistem ini. 2. 5.5. Banyak software yang kompatibel. . . 6. ternyata mengakibatkan proses sangat lambat. 10. Model keamanan berbasis Domain penuh. 8. Kelemahan dalam fitur Multimedia Windows XP : Keunggulan : 1. Terdapat Network Client Administrator. yang dapat dikatakan sangat sulit dan merepotkan sekali. hingga sistem keseluruhan berjalan sebagaimana mestinya. Peningkatan kemampuan layanan server TCP/IP seperti DHCP. ketika sistem keamanan tertinggi Active X telah dipilih menyebabkan strategi keamanan yang kurang baik pada IIS. Dari pihak administrator berpendapat kegiatan perubahan file Registry adalah pekerjaan yang relatif berat untuk sistem yang menggunakan Windows NT sebagai sistem operasinya. 5. Administrator dalam hal ini harus melakukan pekerjaan yang tak perlu. maka dibutuhkan pengubahan konfigurasi yang sangat kompleks untuk ISS Server. 7. Pengubahan konfigurasi yang mendasar jarang dapat dilakukan dengan berhasil. yang kesemuanya secara standar selalu harus disimpan pada drive C. . Browser yang digunakan sebagai sistem dasar pada sistem perangkat bantu administrasi banyak menggunakan Javascript dan Active X. 9. Hal yang sama dengan PC yang menggunakan processor 300 MHz AMD dan 128 MB SDRAM serta 100 MHz Bus tidak bisa diharapkan bekerja dengan lancar seperti yang diharapkan. sebelum dapat melakukan perubahan. Windows XP dapat digunakan untuk berbagai aplikasi secara real time ke seluruh dunia 4. Kekurangan : 1.WNS dan DNS. 6. 2. Dokumentasi online. Hal ini berlaku untuk nilai default. Dari kasus tersebut diatas. Tidak akan ada masalah antara software dan hardware. Microsoft Windows XP memiliki stabilitas yang tinggi terhadap sistem yang dimilikinya. Format file Log yang bersifat propritary dan juga pilihan default-indeks.

Banyak feature baru yang tidak ada di XP . Gampang terkena virus 5. 2. Lebih aman. Kekurangan : 1. Makin banyak type file yang dibuka dengan berbagai macam aplikasi dan telah terinstall aplikasi sesuai dengan kebutuhan sesuai Windows Vista : Kelebihan : 1.Kekurangan : 1. Persyaratan hadware yang sangat tinggi 5. hardware pun terlihat tidak terbebani. Cantik Memukau Hal yang pertama yang kita lihat pada OS Windows 2003 standard edition adalah tampilan server yang sangat indah dan mirip windows xp versi pro maupun home edition. Kemanan yang kurang tangguh 6. Proses rebooting ini terjadi sangat cepat. mudah dalam akses 4. 5. Konfigurasi DHCP Windows Server 2003 adalah mudah. Fungsionalitas dan Skalabilitas Ketakjuban yang kedua terjadi saat OS Windows 2003 ini di restart. Lebih keren. seakan bekerja pada sebuah mesin desktop ringan. seakan kita tidak sedang menggunakan OS dengan title server. Penggunaan DHCP memudahkan pengurusan sesuatu rangkaian komputer di dalam suatu organisasi yang besar.0 2. dan merupakan pengganti dari Windows NT4 Server Enterprise Edition/ Windows 2000 Advanced Server. 4. Video dapat menjadi wallpaper 5. yang terasa tidak memadai di tengah kemajuan Web 2. karena bersifat closed-source 4. Lebih cepat dalam menjalankan program ( bila menggunakan memori besar karena system di vista dimutakhirkan dengan algoritma efisien dalam menjalankan aplikasi) 6. Mendukung partisi harddisk secara virtualisasi 7.bahkan mungkin dibandingkan dengan dengan windows NT yang sangat rumit. Kadang jika kita tidak teliti dalam mengginstall. Windows Server 2003. Windows Server 2003 DataCenter Edition : didisain untuk kebutuhan bisnis yang sangat penting dimana skalabilit. 3. Tidak adanya Java Virtual Machine seperti generasi-geerasi windows sebelumnnya 3. Sangat cocok untuk organisasi/perusahaan besar Didesain untuk kebutuhan harian perusahaan dan merupakan pengganti dari Windows NT4 Server/ Windows 2000 Server. menarik dan memukau dalam penampilan serta grafis lebih keren 2. Harga lisensinya cukup mahal 2. Pengalaman baru menjelajah PC dengan model 3D yang canggih berkat AERO 3.error selalu ditemui 3. Tidak semua Produk aplikasi ( bahkan buatan Microsoft sendiri ) bisa berjalan diatasnya 4. Sistem yang kurang stabil Windows Server 2003 : Kelebihan: 1. Komunitasnya terlalu sedikit. Pengoperasiannya Mudah Cara menginstall windows server 2003 tidaklah terlalu sulit . Windows Server 2003 Enterprise Edition : didisain untuk kebutuhan konsumen skala besar.

Belum dibarengi dengan diluncurkannya software yang secara eksklusif mendukung dan bersinergi dengan feature-feature vista Windows Server 2008: Kelebihan : 1. Built-in Support Option yang memberika keleluasaan lebih kepada user 10. administrator tetap dapat memantau komputer di jaringan dari jarak jauh. contoh : game² jman skarang.8. . kcuali udah disertakan . ato malahan perlu download lagi yg versi 64bit.. 8. 4. Windows Server 2008 juga sanggup mengontrol keamanan jaringan dengan fitur Network Access Protection. Perbaikan dan penambahan feature yang lebih canggih seperti Clear. 1. maka butuh ram lebih banyak pula. pasti kbnyakan minimum specnya: 1GB of RAM for XP. Server juga dapat mengatur setiap akses identitas ke jaringan agar aman dan praktis dengan adanya fitur read only domain controller. Pengguna dapat memilih fungsi-fungsi yang dibutuhkannya saja atau menambah fungsi lainnya jika membutuhkan sewaktu-waktu tanpa melakukan instalasi ulang. Lebih aman dalam mengendalikan laju informasi. Windows Server 2008 dapat beroperasi tanpa tampilan grafis atau graphical user interface (GUI) dengan adanya teknologi powershell. 7. 3. biasanya dapat digunakan pada Komputer dengan spec yang cukup tinggi bila spec Komputer minim akan terasa berat 2. Peningkatan Kapasitas Server untuk melayani lebih Simultan Koneksinnya. Melalui powershell.5GB for Vista Banyak / beberapa driver ga compatible. Kemampuan virtualisasi bahkan embedded (menyatu) dengan Windows Server 2008. driver XP 32 bit gag bakal bisa jalan di driver vista 64 bit. 2. Mode pencarian file yang lebih mudah / live search 11. Membutuhkan virtual memori yang besar. 9. 6. Ada beberapa aplikasi yang belum support di Vista (gak Compitible) 3. Biasanya digunakan pada PC dengan spec yang cukup tinggi Kekurangan Windows Vista 64 bit : Makan virtual memory cukup besar. sehingga lebih membebani komputer. 10. 5. Driver disk yang fault toleran yang mendukung disk mirroring dan disk stripping dengan parity (RAID 1 dan RAID 5). Beberapa aplikasi grafis 32 bit / yg cuma pake dirrectX 9 ke bawah juga ada yg ga compatible jalan di vista. Karena butuh virtual memory cukup besar. Confident and Connected 9. Security lebih baik Kekurangan : Kekurangan Windows Vista secara umum adalah : 1. shingga kmu perlu menginstall ulang driver. Windows Server 2008 mampu mengatur besar bandwidth yang dapat dipakai setiap aplikasi maupun komputer yag terhubung ke jaringan.exe 64 bit didalamnya.

konsumsi daya CPU. 17. yang praktis tidak diperlukan. ketika sistem keamanan tertinggi Active X telah dipilih menyebabkan strategi keamanan yang kurang baik pada IIS. Terintegrasi Paket Back Office.IBM OS/2. Kekurangan : . Yaitu fitur yang dapat membuat perusahaan memegang kontrol yang lebih terhadap server mereka. 19. Dokumentasi online. Pengubahan konfigurasi yang mendasar jarang dapat dilakukan dengan berhasil. ternyata mengakibatkan proses sangat lambat. Hal ini berlaku untuk nilai default.mendukung operasi 32 bit dan semua Fitur yang ditawarkan oleh Microprosesor 32 bit seperti dapat mengamati memori hingga 4 Gb dan Terproteksi. 12. 2. Hal yang sama dengan PC yang menggunakan processor 300 MHz AMD dan 128 MB SDRAM serta 100 MHz Bus tidak bisa diharapkan bekerja dengan lancar seperti yang diharapkan. Format file Log yang bersifat propritary dan juga pilihan default-indeks. Fitur sekurity yang benar-benar ketat. Dibutuhkan pengubahan konfigurasi yang sangat kompleks untuk ISS Server.WNS dan DNS. 3. Mengoptimisasi prefetching baik untuk HD maupun SSD 4. sebelum dapat melakukan perubahan. hard disk (HD) dan memori yang dibutuhkan system service lebih sedikit 3. Fitur pengendalian yang lebih baik (more control). Peningkatan kemampuan layanan server TCP/IP seperti DHCP. 18. Bebas dari Kode 16 Bit milik MS-Dos. 4. 16. 15. Terdapat Layanan untuk Macintosh. 13. Kekurangan : 1. Browser yang digunakan sebagai sistem dasar pada sistem perangkat bantu administrasi banyak menggunakan Javascript dan Active X. yang dapat dikatakan sangat sulit dan merepotkan sekali. yang kesemuanya secara standar selalu harus disimpan pada drive C. proses boot/shut down lebih cepat 2. 20. Administrator dalam hal ini harus melakukan pekerjaan yang tak perlu. Tampilan Lebih bagus dari segi 3 demensinya yang menonjol 5. Model keamanan berbasis Domain penuh. 14.11. Dari pihak administrator berpendapat kegiatan perubahan file Registry adalah pekerjaan yang relatif berat untuk sistem yang menggunakan Windows NT sebagai sistem operasinya. Terdapat Network Client Administrator. Bisa Membooting jarak jauh untuk client. Di Desain agar kompatibel dengan Sistem Operasi terdahulu seperti MS-Dos. Windows 7 : Kelebihan : 1. Tool untuk mengintegrasikan Netware dan memonitoring Jaringan. hingga sistem keseluruhan berjalan sebagaimana mestinya.

Tidak memerlukan memori yang besar. Space (ruang yang bebas dalam hardisk) yang dibutuhkan DOS tidak terlelu besar. juga dipasang di Windows 7 7. Kelemahan : 1. 3. . Bug pada Windows Player 12 3. 4. Kelebihan : 1. tapi tidak di Windows 7 4. Kelebihan : 1. 2. Mode operasinya dalam teks. 4.DOS Sistem operasi yang merupakan cikal bakal dari Microsoft Windows. Perangkat besar (space disk.1. Manajemen jaringannya mudah. Kalau mau mencobanya bisa lewat Start Windows – Run. 8. Novell Operating Sistem Dibuat oleh Novell Corporation. Ada hardware yang bisa langsung dikenali di Vista. Ciri khasnya yaitu berupa teks putih dengan latar belakang hitam. memori) hanya pada computer yang digunakan sebagai server. Tidak kompatibel pada beberapa program yang beroperasi dalam mode grafis. Pengoperasiannya mudah. Sebagai software jaringan. Susah memaksa software yang sebelumnya bisa dipaksakan diinstall di Vista. Kecepatan komunikasi antar PC dalam sebuah LAN (Local Area Network). 2. 2. lalu ketik cmd. 3. Kompatibel pada hamper semua jenis software dan hardware.Berbasis DOS sehingga mode operasinya tidak grafis. Sistem operasi yang dulu pernaha digunakan oleh Fakultas MIPA UGM untuk Entry Key-In KRS mahasiswa. Kelemahan : 1. Beberapa aplikasi belum bisa beroperasi di Windows 7 2.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful