You are on page 1of 3

1. Jelaskan pengertian a.

teknik kompilasi adalah suatu metode atau cara menggambungkan serta menterjemahkan sesuatu (source program) menjadi bentuk lain. b. Interpreter adalah merupakan salah satu jenis dari translator dimana hasil translasinya tidak berbentuk object code melainkan hanya dalam bentuk internal, source code dan data di proses pada saat yang sama. c. Token adalah simbol terminal pada teori bahasa.

d. White space adalah pemisah yang dibaikan di dalam program, seperti spasi, karakter enter (Carriage Return), ganti baris(Line Feed), akhir file (End Of File).

2. Tuliskan dan jelaskan secara singkat tujuan bahasa pemrograman
a. Komunikasi dengan manusia, yaitu karena adanya keterbatasan kemampuan pikiran manusia sehingga dibuatlah bahasa pemrograman yang dimengerti manusia dan komputer. b. Pencegahan dan Deteksi Kesalahan, yaitu untuk mampu mendeteksi error dan deteksi kesalahan yang mungkin terjadi. c. Usability, yaitu bahasa pemrograman harus mudah dipelajari dan diingat. d. Efektivitas Pemrograman, yaitu pemrograman sebagai bagian dari rekayasa perangkat lunak. e. Compilability, sebuah bahasa pemrograman harus lebih kompleks agar tidak sulit dalam pembuatan kompilator. f. Efisiensi, yaitu untuk membuat sebuah program harus diukur dari berbagai sudut termasuk harga yang harus dikeluarkan user untuk memperoleh sebuah program. g. Machine Independent, hal ini berarti jika dan hanya jika sebuah program yang telah sukses input/outputnya, bila di pindahkan hasilnya akan tetap sama. h. Kesederhanan (simplicity), yaitu bahasa pemrograman haruslah mudah dimengerti tanpa mengurangi kualitas dari program tersebut. i. Uniform, bisa didefinisikan sebagai mengerjakan hal yang sama dengan cara yang sama. j. Orthogonality, maksudnya setiap fungsi bekerja tanpa perlu mengetahui struktur dari yang lain. k. Generalisasi dan spesialisasi, yaitu jika sebuah program menerapkan sebuah statement untuk menyelesaikan sebuah program, maka akan digunakan statement yang sama untuk masalah yang lainnya.

T3 ) T3 = T1-T2 (/. Bebas Konteks B CdeFG D BcBe A CDef C Ad E Bc c. T2. T4. bebas konteks.T1. F. T3. Buat kode antara untuk notasi di bawah ini (( A+B ) – ( C * D )) + E/F (+. Konteks Sensitif Ab CdF A Ba Cde FgHi Cd Fgh C Ab d. konteks sensitif. D. B. A. C. Bahasa regular A e A efg A efgH C D B cD b. Berikan masing-masing 5 contoh untuk bahasa regular. E. T5) T5 = T3+T4 . T1) T1 = A+B (*. Bahasa Alami B CdeFG D BcBe Ab CdF A Ba Cde FgHi 4. T4) T4 = E/F (+. dan bahasa alami a.3. T2) T2 = C*D ( -.

5.Pohon sintaks dengan aturan produksi seperti di bawah ini untuk memperoleh untai ‘ aaaaabbbbb’  B  S  A b bS aBB aB bA a aS bAA S a B a B a B b B b b B B a B a B B b b .Buat diagram sintaks untuk notasi dibawah ini :  T F*I–T F/T F T F * I - / 6.