ARTIKEL TENTANG PROTEIN

Artikel ini di susun untuk memenuhi tugas mata kuliah Gizi dan Kecantikan Dosen Pengampu : Dr. Sus Widayani, M.Si

Disusun Oleh : Nurjanah (5402411008)

PENDIDIKAN TATA KECANTIKAN FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG 2012

Si Disusun Oleh : Disca Violita (5402411011) PENDIDIKAN TATA KECANTIKAN FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG 2012 . M.ARTIKEL TENTANG KARBOHIDRAT Artikel ini di susun untuk memenuhi tugas mata kuliah Gizi dan Kecantikan Dosen Pengampu : Dr. Sus Widayani.

dan pada umumnya unsur Hidrogen dan Oksigen dalam komposisi menghasilkan H2O. Pada tumbuh-tumbuhan. sirup jagung. Karbohidrat Sederhana Karbohidrat Sederhana terdiri atas :  Monosakarida ( yang terdiri dari 1 sakarida )        Glukosa terdapat luas di alam yaitu di dalam sayur. dan sari pohon. nektar bunga dan sayur. karbohidrat di bentuk dari hasil reaksi CO2 dan H2O melalui proses foto sintese di dalam sel-sel (klorofil). Maltosa (gula malt) tidak terdapat bebas di alam. madu.  Disakarida ( terdiri dari 2 sakarida ) Sukrosa (gula tebu) terdapat dalam buah. sayuran dan madu. Galaktosa tidak terdapat bebas di alam tetapi terdapat dalam tubuh sebagai hasil pencernaan laktosa. terutama sumber bahan makan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan. Definisi Karbohidrat adalah senyawa organik yang mengandung atom Karbon (C). tumbuh-tumbuhan yang mengandung hijau daun .KARBOHIDRAT A. Hidrogen (H) dan Oksigen (O). Fruktosa juga terdapat luas di alam yaitu di dalam madu. Sumber karbohidrat nabati dalam glikogen bentuk glikogen. buah. Karbohidrat dalam ilmu gizi di bagi dalam 2 golongan yaitu : 1. Manosa jarang terdapat dalam makanan. buah. Biasanya terdapat di dalam manna untuk membuat roti. Akan tetapi sebagian besar karbohidrat diperoleh dari bahan makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Pentosa merupakan bagian sel-sel semua bahan makanan alami. karbohidrat dapat dibentuk dari beberapa asam amino dan sebagian dari gliserol lemak. Di dalam tubuh. hanya dijumpai pada otot dan hati dan karbohidrat dalam bentuk laktosa hanya dijumpai di dalam susu.

Terdapat dalam serangga.  Oligosakarida ( 2 – 10 monosakarida ) Rafinosa.  Laktosa (gula susu) terdapat dalam susu sapi (6. . mukilase.8 g / 100 ml ) . asparagus. Glikogen / Pati Hewan merupakan bentuk simpanan glukosa di hati & otot (350 g)  Serat / Fiber   Serat yang larut dalam air adalah pektin. Trehalosa (2 mol glukosa) dikenal sebagai gula jamur. glukan dan algal. gum. biji-bijian dan umbi.8 g / 100 ml ). ASI (4. Manitol dan Dulsitol terdapat dalam nanas. Fruktan terdapat dalam serealia. Serat yang tidak larut dalam air adalah selulosa. 2. Dekstrin dibentuk melalui hidrolisis pati. ubi jalar dan wortel Inositol terdapat dalam sekam serealia. Karbohidrat Kompleks Karbohidrat Kompleks terdiri atas :  Polisakarida (lebih dari 2 ikatan monosakarida)    Pati (homoglikan) terdapat dalam padi-padian. bawang merah dan bawang putih. Stakiosa dan Verbaskosa terdapat dalam biji-bijian dan kacang-kacangan.  Gula Alkohol terdapat di dalam alam      Sorbitol terdapat dalam beberapa jenis buah. asparagus. Hemiselulosa dan Lignin.

mie.7 68.3 Nilai KH 94.5 87. kacang-kacang kering.0 76.2 . Sayur umbi-umbian seperti wortel dan bit serta sayur kacang-kacangan lebih banyak mengandung karbohidrat. talas dan sagu. roti.3 Bahan Makanan Kacang Tanah Tempe Tahu Pisang Ambon Apel Mangga Harumanis Pepaya Nilai KH 23. dsb.4 4.3 55.9 12. sirup.8 0. ubi.7 78.8 14.0 78.0 9.6 82.9 59. selai.0 34.0 64.2 Daun Singkong Wortel 13.0 0.5 5. Sumber karbohidrat yang banyak di makan sebagai makanan pokok Indonesia adalah beras. umbi-umbian. dan gula.B.7 4. Tabel Nilai Karbohidrat (KH) berbagai bahan makanan (gram/100gram) Bahan Makanan Gula Pasir Gula Kelapa Jelli Pati Bihun Makaroni Beras Setengah Giling Jagung Kuning Kerupuk Udang dengan Pati Mie Kering Roti Putih Ketela Pohon Ubi Jalar Merah Kentang Kacang Ijo Kacang Merah Kacang Kedelai 50.2 62. singkong.8 Bayam Kangkung Tomat Masak Hati Sapi Telur Bebek Telur Ayam Susu Sapi Susu Kental Manis 6. Sumber Pangan & Gambar Sumber karbohidrat adalah padi-padian atau serealia.6 12.7 27.2 6.7 1.5 34.9 11.9 19.0 50. tepung.6 25.0 73. Hasil olahan bahan-bahan ini adalah bihun. jagung.

Contoh Gambar Bahan Makanan yang mengandung Karbohidrat Gambar kandungan karbohidrat di dalam bahan makanan .

Manfaat dan Fungsinya Manfaat dan Fungsi Karbohidrat yaitu : 1. Sumber Energi 1 gr karbohidrat menghasilkan 4 kkalori.C. Keadaan ini menimbulkan ketosis / asidosis. ada yang disimpan sebagai glikogen serta ada yang di ubah menjadi lemak untuk disimpan sebagai cadangan energi dalam jaringan lemak. 2. 4. Penghemat Protein Bila karbohidrat makanan tidak mencukupi. Ribosa merupakan merupakan komponen yang penting dalam asam nukleat. Beberapa jenis karbohidrat mempunyai fungsi khusus di dalam tubuh Laktosa rnisalnya berfungsi membantu penyerapan kalsium. 6. khususnya mono dan disakarida. dan asam betahodroksi-butirat). Dibutuhkan 50 – 100 gr karbohidrat sehari untuk mencegah ketosis. . Pengatur Metabolisme Lemak Karbohidrat mencegah terjadinya oksidasi lemak yang tidak sempurna. Membantu Pengeluaran Feses Karbohidrat membantu pengeluaran feses denagn cara mengatur peristaltik usus dan memberi bentuk pada feses. Sebagian karbohidrat di tubuh berada dalam sirkulasi darah sebagai glukosa untuk keperluan energi segera. aseton. Pemberi Rasa Manis pada Makanan Karbohidrat memberi rasa manis pada makanan. dengan mengalahkan fungsi utamanya sebagai zat pembangun. sehingga menghasilkan bahan-bahan keton (asam aseto asetat. Hal ini menyebabkan ketidakseimbangan natrium dan dehidrasi serta pH cairan tubuh menurun. 3. maka protein akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan energi. 5.

Karbohidrat yang terdapat dalam darah. Apabila jumlah karbohidrat yang dimakan melebihi kebutuhan tubuh. kemudian diubah menjadi energi. Glukosa memegang peranan sentral dalam metabolisme karbohidrat. Sebagian karbohidrat diikat di dalam hati dan disimpan sebagai glikogen. Kalau energi yang diperlukan lebih banyak lagi. mendapatkan energi dari hasil pembakaran glukosa yang di ambil dari aliran darah. disusul oleh mobilisasi lemak. Jika dihitung dalam jumlah kalori. kelebihan karbohidrat akan diubah menjadi lemak dan disimpan di jaringan lemak. . sebagian besar (2/3) akan disimpan di dalam otot dan selebihnya di dalam hati sebagai glikogen.D. Bila tubuh memerlukan kembali energi tersebut. simpanan glikogen akan dipergunakan dahulu. Dalam jaringan lemak diubah ke dalam zat antara yang dialirkan ke hati. sehingga kadar gula darah dapat dipertahankan dalam batas-batas normal (80-120 mg%). dan jika penimbunan dalam bentuk glikogen ini telah mencapai batasnya. Metabolisme Peranan utama karbohidrat adalah menyediakan glukosa bagi sel-sel tubuh. Kadar gula darah akan diisi kembali dari cadangan glikogen yang ada di dalam hati. praktis dalam bentuk glukosa. Kapasitas pembentukan glikogen ini sangat terbatas (maksimum 350 gram). oleh karena fruktosa dan galaktosa akan diubah terlebih dahulu sebelum memasuki pembuluh darah. simpanan energi dalam bentuk lemak jauh melebihi jumlah simpanan dalam bentuk glikogen. timbunan lemak dari jaringan lemak mulai dipergunakan. Sel-sel tubuh yang sangat aktif dan memerlukan banyak energi.

glukosa dan glikogen diubah menjadi asam pyruvat. Asam laktat ini dapat keluar dari sel-sel jaringan dan memasuki aliran darah menuju ke hepar. Melalui deretan proses-proses kimiawi. Asam pyruvat dapat segera diolah lebih lanjut dalam suatu proses pada "lingkaran Krebs". mengisi kembali cadangan glikogen yang telah dipergunakan untuk meningkatkan kadar gula darah. . Dalam proses siklis ini dihasilkan CO2 dan H2O dan terlepas energi dalam bentuk persenyawaan yang mengandung tenaga kimia yang besar yaitu ATP (Adenosin Triphosphate). untuk dapat digunakan selanjutnya. Peristiwa oksidasi glukosa di dalam jaringan-jaringan terjadi secara bertahap dan tahap-tahap itulah energi dilepaskan sedikit demi sedikit. Asam pyruvat ini merupakan zat antara yang sangat penting dalam metabolisme karbohidrat. ATP ini mudah sekali melepaskan energinya sambil berubah menjadi ADP (Adenosin Diphos phate). Sebagian dari asam pyruvat dapat diubah menjadi "asam laktat".Skema Perubahan Karbohidrat di dalam tubuh Disini zat antara itu diubah menjadi glikogen.

tidak dapat berlangsung di dalam otot. Hal ini terdapat di dalam hepar. glikogen hati dimobilisasikan sehingga kadar glukosa darah akan menaik kembali.Di dalam hepar asam laktat diubah kembali menjadi asam pyruvat dan selanjutnya menjadi glikogen dan akan menghasilkan energi. juga diatur oleh hormon-hormon tertentu. Protein dan Lemak . Hal ini terjadi apabila kadar glukosa di dalam darah meninggi. Insulin akan mempercepat oksidasi glukosa di dalam jaringan. Sumber glikogen berasal dari glukosa dalam darah. Hormon Insulin yang dihasilkan oleh "pulau-pulau Langerhans" dalam pankreas sangat memegang perananan penting. Insulin juga merangsang glukoneogenesis. merangsang perubahan glukosa menjadi glikogen di dalam sel-sel hepar maupun otot. Sebaliknya apabila kadar glukosa darah menurun. Metabolisme karbohidrat selain di pengaruhi oleh enzim-enzim. Gambar Metabolisme Karbohidrat. yaitumengubah lemak atau protein menjadi glukosa.

Dampak Kekurangan & Kelebihan Karbohidrat  Dampak kekurangan Karbohidrat adalah : Kekurangan asupan karbohidrat dapat menyebabkan fatique. 3. penyakit akibat kekurangan glukosa dalam darah (hypoglisemia). Selalu merasa kelaparan. dan makan malam hanya sekitar 30 % dari total kalori yang dibutuhkan per harinya. lesu dan tidak berenergi. Akibat kekurangan asupan makanan yang mengandung karbohidrat akan mengakibatkan penyakit. Penyakit marasmus sangat berbahaya dan menyebabkan kematian. Penyakit marasmus akan mengakibatkan tumbuh kembang anak menjadi terhambat. dan tidak menutup kemungkinan akan berdampak pada perkembangan psikologisnya.E. metabolisme dan pencernaan tubuh menurun akibat aktivitas yang berkurang. dehidrasi. makan siang 40%. Dan dapat mengakibatkan kerusakan jaringan. Pengurangan asupan karbohidrat ini bertujuan agar karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh bisa terbakar sempurna dalam tubuh. 2. di antaranya adalah penyakit yang sering mengenai anak balita disebut juga penyakit marasmus. kekurangan gizi. perkembangan kecerdasannya menjadi lambat. Tubuh menjadi sangat kurus. tetapi dalam jumlah tidak sebanyak pada siang hari. Maka ketika malam hari. Tubuh tetap membutuhkan asupan karbohidrat. Ciri-ciri pada penyakit ini: 1. biasanya pada anak yang terkena penyakit busung lapar. Anak sering menangis. Pernapasan terganggu akibat tekanan darah dan detak jantung yang tidak stabil. Kulit menjadi keriput. mual.  Dampak akibat kelebihan karbohidrat yaitu : Jumlah asupan karbohidrat yang disarankan dalam satu hari untuk sarapan adalah sekitar 10%. nafsu makan berkurang. 4. tubuh lemah. . snack pagi 20%. dan penyakit yang sering adalah menyerang anak balita yaitu penyakit marasmus. dan tekanan darah kadang-kadang turun dengan mendadak sewaktu bangkit dari posisi berbaring (hipotensi ortostatik).

sehingga terjadi asidosis.  Karies dentis Hubungan antara konsumsi karbohidrat dengan terjadinya karies dentis ada kaitannya dengan pembentukan plaque pada permukaan gigi. Plaque terbentuk dari sisa-sisa makanan yang melekat di sela-sela gigi. Kadar gula darah yang meningkat ini akan menyebabkan produksi insulin meningkat sehingga tubuh tidak akan mencapai rasa rileks.5. akan menyebabkan keasaman rongga mulut menjadi permanen. dan juga sulit untuk tidur nyenyak.41). dan mengakibatkan rasa gelisah saat tidur. sehingga kadar gula darah meninggi. Peningkatan pemecahan asam lemak akan menghasilkan keton bodies. glukosa tidak dapat masuk ke dalarn sel-sel. . sehingga terjadi glukosuria. gula. Maka struktur email gigi akan terlarut (email tidak larut pada pH 5. Pembakaran karbohidrat tidak sempurna menyebabkan timbunan lemak pada beberapa bagian tubuh. coklat. karamel) sering.Padahal. Glukosa yang tertumpuk itu dibuang melalui ginjal ke dalam urine. maka lemak dan protein lebih banyak dipecah untuk menghasilkan enersi yang dibutuhkan. Karena glukosa tidak dapat dipergunakan sebagai penghasil enersi. sehingga bila keton bodies ini meninggi dalam darah (ketosis) akan mengakibatkan penurunan pH darah. Plaque ini akhirnya akan ditumbuhi bakteri yang dapat mengubah pH rongga mulut menurun sampai dengan pH 4. merupakan jenis karbohidrat yang paling mudah menyebabkan gula darah mudah meningkat. terlalu banyak mengonsumsi karbohidrat pada malam hari akan menyebabkan beberapa hal berikut: 1. Beberapa jenis karbohidrat yang mudah dicerna. Kelebihan karbohidrat bisa membuat kadar gula darah meningkat. Kerusakan email yang parah. sehingga semakin banyak email yang terlarut. Inilah yang menimbulkan mitos bahwa makan malam sebaiknya dihindari ketika sedang diet. Pengaruh Terhadap Kesehatan & Kecantikan  Pengaruh Karbohidrat terhadap Kesehatan  Diabetes Mellitus Pada defesiensi insulin. Konsumsi gula murni (permen. namum timbunan glukosa tidak dapat dimanfaatkan untuk rnenghasilkan enersi untuk keperluan sel-sel yang membutuhkannya. seperti kentang. disebut dengan karies dentis. dan nasi. 2. F. sehingga terjadi peningkatan glukoneogenesis.

tubuh yang tadinya hanya berisi tulang. akan berubah bentuk menjadi ukuran ideal. Lubang-lubang pada kulit tersebut dapat ditutupi dengan asupan karbohidrat yang cukup. Terutama bagi para wanita. Pengaruh Karbohidrat untuk Kecantikan Asupan karbohidrat yang sesuai dengan aturan dapat membentuk postur tubuh yang menarik. Karena dengan asupan karbohidrat yang cukup. yang selalu mendambakan tubuh yang ideal dan katanya dapat membentuk seperti “ gitar spanyol “. Ada lagi manfaat karbohidrat bagi kecantikan kulit yaitu dapat mengurangi sedikit demi sedikit bekas luka atau jerawat. .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful