Metode Gravitasi

Metode survey geofis yang mengukur densitas batuan bawah permukaan yg didasarkan pada prinsip gravitasi. Perbedaan densitas dlm bumi menyebabkan perbedaan percepatan gravitasi di permukaan. Hk. Newton Dalam Metode gravitasi, jika suatu batuan berbeda tipe dengan batuan lainnya, makan akan berbeda pula densitasnya, dan jika suatu batuan yang mempunyai densitas lebih tinggi akan mempunyai daya gravitasi yang lebih besar. Untuk mengukur kekuatan gravitasi dari suatu tempat ke tempat yang lain telah diciptakan suatu instrumen gravitasi yang dinamakan Gravitimeter.

Faktor yang mempengaruhi harga gravitasi di suatu tempat di muka bumi : - lintang - elevasi - topografi - efek pasang surut (efek tidal) - densitas batuan    Metode gravitasi cocok digunakan dalam pemetaan Salt Dome, karena secara keseluruhan, garam mepunyai densitas yang lebih rendah dibandingkan dengan formasi yang berada disekitarnya. Metode gravitasi jufga dapat digunakan dalam mempelajari air tanah, dan untuk mendeteksi mineral-mineral berat, seperti Chromites ,dll. Metode gravitasi yang menggunakan gravitimeter yang sangat sensitif dapat digunakan untuk mendeteksi terowongan bawah tanah, dan lokasi dari pemakaman-pemakanman di Pyramid. Kelebihan Relatif lebih murah Bersifat nondekstruktif Instrumen yang ideal (gravimeter kecil dan portable) Kekurangan Metode dengan tingkat anomali yang tinggi Perlu adanya survei geologi yang mendalam dibanding metode lainnya.

1. 2. 3. 1. 2.

resistivity probing dan lain-lain. Pada cara ini kita alirkan suatu arus listrik ke dalam lapisan batuan kemudian mencatat perbedaan potensial yang timbul dari dua elektrode yang berbeda letaknya. Sementara metoda resistivity sounding juga dikenal sebagai resistivity drilling. yaitu metoda resistivity mapping dan sounding (drilling). Metoda elektrik ini dimaksudkan untuk mendapatkan informasi tentang lapisan batuan berdasarkan perbedaan harga tahanan jenis (resitivity) lapisan batuan. Setelah itu baru dibuat kontur isoresisitivitasnya.Arus bolak-balik dimasukkan ke dalam permukaan bumi. medan elektromagnetik dan arus listrik yang mengalir di dalam bumi baik secara alamiah (metoda pasif) maupun akibat injeksi arus ke dalam bumi (metoda aktif) dari permukaan. yaitu dengan mempelajari sifat aliran listrik pada batuan di bawah permukaan bumi. Oleh karena itu. konduktivitas listrik batuan. Magnetotelurik merupakan cara pemantauan arus elektromagnetik alamiah yaitu arus alam tersebut melalui material lapisan bumi yang berbeda komposisi dan sifat kelistrikannya. Berdasarkan pada tujuan penyelidikan.Metode Elektrik (Geolistrik) Pemakaian metoda elektrik dalam geofisika eksplorasi sering pula disebut sebagai metoda geolistrik atau resistivity sounding dan mempunyai berbagai metoda yang satu sama lain agak berbeda dalam teknik operasionalnya. pada metoda ini digunakan konfigurasi elektroda yang sama untuk setiap titik pengamatan di permukaan bumi. Metoda resistivity mapping merupakan metoda resistivitas yang bertujuan untuk mempelajari vareiasi tahanan jenis lapisan bawah permukaan secara horizontal. Potensial listrik batuan. Metode Potensial diri untuk mendeteksi adanya mineral-mineral tertentu yang bereaksi dengan elektrolit akibat aliran arus listrik shg menimbulkan peristiwa potensial elektrokimia Metoda resistivitas dan magnetotelurik salah satu metoda geofisika untuk menyelidiki kondisi bawah permukaan. Pemanfaatan Sifat kelistrikan batuan. metoda ini dapat dibagi menjadi dua kelompok besar. Metoda ini telah cukup lama digunakan untuk pemetaan batas lapisan. Penyelidikan ini meliputi pendeteksian besarnya medan potensial. . Hal ini disebabkan metoda ini bertujuan untuk mempelajari variasi resistivitas batuan di bawah permukaan bumi secara vertical Metode Elektromagnetik -Mendeteksi sifat reduksi dari batuan yang terdapat di bawah permukaan . dengan bantuan jaringan koil kemudian amplitudo dan perbedaan fase potensial yang terjadi dapat diukur di permukaan Metode Telurik.

Metode CSAMT ini merupakan perluasan dari metode MT (Magneto-telluric) yang menggunakan sumber alami. adalah salah satu metoda geofisika untuk menggambarkan kondisi bawah permukaan untuk kedalaman yang dangkal dengan memamfaatkan penjalaran dari gelombang elektromagnetik yang ditembakkan oleh transmitter dan direkam pada receiver. • tidak merusak • Extremely portable and environmentally neutral. Ground Penetrating Radar (GPR) Ground Probing/Penetrating Radar. jangkauan luas • • Metode Elektromagnetotelurik. Mendeteksi penghalang besi dan baja. merupakan salah satu metode survai geofisika dengan menggunakan sistem induksi elektromagnetik. geologi regional. Manfaat Mencari tank baja dikuburkan dan drum limbah. Mengevaluasi ukuran dan bentuk tubuh bijih logam. Teknik pengukuran: Aktif. Menemukan mineshafts tanpa tanda. Untuk penelitian panas bumi. . Metode elektromagnet ini digunakan untuk penelitian geologi regional. • On-site real time data allows some pre information. untuk memetakan struktur bawah permukaan. panas bumi. puluhan meter. Kelebihan tidak merusak lingkunagn. mineral. Pemetaan fitur arkeologi. Tujuan dari dilakukannya metode ini adalah pada pemanfaatan dari perubahan komponen-komponen medan akibat variasi konduktivitas. Pasif. Prinsip : Survei geofisika elektomagnetik adalah mengukur variasi lokal medan magnet bumi atau permeabilitas magnetik tubuh cebakan dari daerah di sekelilingnya.Metode Elektromagnetik Merupkan suatu metode geofisika non-seismik yang biasanya digunakan untuk eksplorasi bendabenda konduktif atau benda-benda yang mampu menghantarkan listrik serta mampu memberikan respon terhadap gaya magnet. lebih efektif. dan geohidrologi. pencarian benda-benda konduktif. diperoleh dngan sengaja. Kelebihan : • Cost effective – mencakup area yang luas cepat dan mudah. hidrogeologi Metode CSAMT. Pemetaan Intrusi batuan beku dan batuan dasar. diperoleh dg tidak sengaja. Keurangan jangkauan dangkal.

Metode GPR (Ground Penetrating Radar) GPR merupakan metode yang memiliki spesialisasi untuk eksplorasi dangkal (nearsurface geophysics) dengan ketelitian yang amat tinggi sehingga mampu mendeteksi benda sasaran bawah permukaan tanah. GPR juga dapat digunakan untuk menentukan keberadaan pipa. prosedur pengerjaan mudah. bendungan. GPR merupakan salah satu metode geofisika yang tidak merusak. jalan aspal dan permukaannya Dalam penerapannya GPR dapat dibagi menjadi: • Untuk Pemetaan geologi: menggunakan antenna < 500 MHz untuk Rekayasa (Uji tidak merusak): menggunakan antenna > 500 MHz. dan bom. Kelebihan lainnya adalah biaya operasionalnya yang redah. . Keuntungan : GPR adalah bahwa antena tidak harus bersentuhan secara langsung dengan permukaan tanah Pengoperasian mudah Tidak merusak lingkungan Kekurangan Mudah terhalang pori batuan. ledakan mercon. daya tembusnya hanya puluhan meter. dan ketelitian yang tinggi.terowongan. lantai. Berbeda dengan metode seismik yang menggunakan sumber gelombang mekanik (getaran medium) seperti pukulan palu.struktur beton pada dinding. Oleh sebab itu metode ini cocok diterapkan untuk pencarian bahan-bahan mineral. kabel listrik. khususnya emas. Sayangnya.

inconnect wire.Metode Self-Potential (SP) Metode potensial diri (SP merupakan salah satu metode geofisika yang prinsip kerjanya adalah mengukur tegangan statis alam (static natural voltage) yang berada di kelompok titik-titik di permukaan tanah. Mengetahui sumber yang dapat menyebabkan terjadinya perbedaan potensial sangat penting untuk mengurangi noise. . Rover dipindah ke titik-titik pengukuran secara berurutan sepanjang lintasan yang telah ditentukan dengan jarak perpindahan elektroda konstan. misalnya melihat delineasi zona geser. dimana dua elektroda dihubungkan dengan voltmeter melalui kabel sebagai base (elektroda tetap). patahan dekat permukaan dan anomali dibawah permukaan tanah. Aplikasi Metode Self Potensial banyak diaplikasikan sebagai surver air geothermal dan digunakan untuk membantu pemetaan geologi. Pengolahan data biasanya dilakukan dengan membuat peta potensial dengan antara elektroda base dengan elektroda rover. Prinsip kerja pada metode self potensial yaitu dengan memanfaatkan empat elektroda. sehingga panjang lintasan akan mempengaruhi besarnya nilai rover. Peralatan : rover electrode. dan elektroda lainnya dihubungkan dengan voltmeter sebagai rover (elektroda bergerak). voltmeter.

. Tujuannya adalah untuk mengidentifikasi keberadaan akuifer paling potensial diantara yang kurang potensial dan memperkecil risiko kegagalan pemboran. Metode teknik nuklir yang diterapkan adalah metode pengukuran radioaktivitas soil/batuan dan metode survey gas radon yang selama ini hanya digunakan dalam eksplorasi mineral radioaktif.Metode Nuklir  Eksplorasi Air Tanah Dengan Metode Nuklir  Metode Gamma Ray Log  Pelacakan Air Tanah  Pengukuran Radioaktivitas Soil / Batuan  Pengukuran Intensitas Gas Radon Metode teknik nuklir pada eksplorasi airtanah-dalam bersifat mempertajam hasil eksplorasi yang diperoleh dengan metode geofisika konvensional yaitu geolistrik.

low resistivity daerah panas bumi. Jika batuan mengandung air akan lebih rendah lagi. Porositas dan permeabilitas batuan dan kandungan salinitas air pada batuan Hubungan antara nilai tahanan jenis dengan jenis batuan dapat dipengaruhi beberapa faktor yaitu Batuan sedimen yang lepas akan mempunyai resistivity yang lebih rendah dibandingkan dengan batuan sedimen yang lebih kompak. Tahanan jenis dapat berbeda mencolok . dll Nilai reistivity pada batuan dipengaruhi oleh kekompakan batuan. tidak saja dari satu lapisan ke lapisan yang lain. permebilitas dan porositas batuan.Metode Resistivity Resistivity test adalah suatu metode eksplorasi geofisika untuk penyelidikan keadaan batuan bawah permukaan dengan menggunakan sifat-sifat kelistrikan Sifat kelistrikan batuan antara lain: • Tahanan jenis • Daya hantar listrik • Kemampuan menimbulkan potensial sendiri • Kemampuan menimbulkan medan induksi • Sifat menyimpan potensial dan lain-lain Kegunaan resistivity • Membantu pembuatan Geologi regional untuk mengetahui struktur dan sedimentasi • Di bidang geologi teknik untuk mengetahui struktur. apalagi jika air mengandung kadar garam yang tinggi Batuan yang berporous akan mempunyai nilai resistivity lebih renadah daripada batuan yang tidak berporous Ph rendah menunjukan batuan yang asam dengan nilai resistivity rendah Tahanan jenis batuan akan bervariasi dari satu tempat ke tempat lain dan tergantung pada lingkungan pengendapan setempat. Temperatur air tinggi mempunyai nilai tahanan jenis rendah dibandingkan dengan temperaturair lebih rendah • • • • • . stratigrafi. tetapi dalam sayu lapisan batuan. penyebaran. pondasi batuan konstruktif • Dibidang tambang untuk mengetahui penyebaran endapan mineral. bahan dasar. struktur • Dibidang panas bumi untuk mengetahui kedalaman. stratigrafi.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful