Tugas IPTEKS

Kode soal Nama NIM Jurusan : : : : F1 Bumi Zulhendra Herman A 11111 251 Ilmu Ekonomi JAWABAN 1. Kelahiran domba Dolly berkat kemajuan teknologi rekayasa genetika yang disebut kloning dengan mentransplantasikan gen dari sel kambing domba ke ovum (sel telur domba) dari induknya sendiri. Sel telur yang sudah ditransplantasi ditumbuh kembangkan di dalam kandungan domba, saat masa kehamilan tercapai, maka sang domba lahir yang diberi nama Dolly lahir tanpa kehadiran sang jantan. Jika dilihat dari segi IPTEKS, teknologi sangat dibutuhkan dalam hal ini (teknologi rekayasa genetika atau kloning). Dampak positif  Jika kloning gen dilakukan pada tumbuhan dapat memberikan keuntungan yang lebih banyak, akan diperoleh tanaman baru dalam jumlah yang lebih besar dalam waktu singkat dan dengan sifat yang sama dengan induknya.  Jika kloning gen dilakukan pada hewan, bentuk agrobisnis hewan ternak juga dapat diupayakan melalui teknologi kloning gen dalam rangka peningkatan kualitas.  Melalui rekayasa genetika dapat diciptakan vaksin yang dapat menghasilkan zat kebal terdapat berbagai jenis penyakit, misalnya hepatitis, kanker hati dan lain-lain. Dampak negatif    Gangguan terhadap lingkungan. Gangguan terhadap kesehatan seperti reaksi alergi yang sudah dapat dibuktikan. Gangguan terhadap religi dan etika.

Saya berharap agar masyarakat dapat berpikir ekonomis dalam kebutuhan kehidupan dengan cara membuat kreatifitas yang bernilai dan bermanfaat. Saya sarankan agar masyarakat selalu berinovasi. Pembuatan produk komposit serbuk kayu dan plastik daur ulang merupakan salah satu alternatif pemanfaatan limbah kayu dan plastik dalam rangka meningkatkan efisiensi pemanfaatan kayu. tanpa selalu mengeluarkan dana yang lebih banyak dengan memperhatikan lingkungan sekitar sebagai bahan inspirasi. Pembuatan produk komposit merupakan pemanfaatan sampah organik menjadi barang yang berguna. kita dapat berpartisipasi dalam melestarikan lingkungan sekitar kita dengan memanfaatkan sampah-sampah yang ada di sekitar kita. 3. meskipun pilihan relatif lebih sedikit daripada kebolehjadian. b) Kemampuan memilih Dengan makin kebolehjadian yang diakibatkan oleh IPTEKS maka timbul kesukaran dalam memilih. c) Revitalisasi Perlunya upaya positif untuk mecegah distorsi biokultural yang berkelanjutan. Kesimpulan : “Pemanfaatan sampah organik dan non organik menjadi barang yang memiliki nilai ekonomi”. seperti halnya . mengurangi pembebanan lingkungan terhadap limbah plastik. serta menghasilkan produk-produk inovatif sebagai bahan pengganti kayu. Pengembangan produk ini di masa yang akan datang diharapkan akan memberikan dampak positif bukan hanya terbatas pada pengembangan industri.2. Sehingga diperlukan persiapan-persiapan yang menyeluruh. Manusia harus dipandang secara utuh baik lahir maupun batin. tetapi juga memperbaiki kualitas lingkungan hidup. Kecepatan perkembangan IPTEKS sebaiknya sesuai dengan kemampuan adaptasi populasi bersangkutan. Dengan demikian. a) Rehumanisasi Mengembalikan martabat manusia dalam perkembangan IPTEKS modern yang sangat cepat dengan berbagai cara. Pembangunan akan menuju ke suatu kebudayaan baru di masa depan.

. Sains humanistik menurut Ali Suriyati ialah arti humanisme dari sudut pandang etimologi (human atau homo = manusia. Namun teknologi itu telah berumur sangat panjang dan merupakan suatu gejala kontenporer.limbah kayu dan sampah-sampah plastik yang dapat diolah menjadi lampu tidur dan lain-lain. Ozon terdiri dari tiga molekul oksigen dan amat berbahaya pada kesehatan manusia. Holistik dalam kamus besar bahasa Indonesia mempunyai arti “ciri pandang yang menyatakan bahwa keseluruhan sebagian dari suatu organisme”. Dalam pengertian lain pengetahuan adalah sebagai gejala yang dimulai dan diperoleh manusia melalui pengetahuan akal. dengan kata lain barang atau sesuatu yang baru. 4. Definisi : Ilmu adalah sebuah usaha sadar untuk menyelidiki. isme = paham atau pandangan). Pengetahuan adalah Informasi yang diketahui atau disadari oleh seseorang. Apresiasi menurut pengertian umum adalah penghargaan atau penilaian yang positif kepada suatu karya tertentu. menemukan dan meningkatkan pemahaman manusia dari berbagai segi kenyataan dalam alam manusia. Teknologi adalah metode ilmiah untuk mencapai tujuan praktis. Ozon dihasilkan melalui pencampuran cahaya ultraviolet dengan atmosfer bumi dan membentuk suatu lapisan ozon pada ketinggian 50 km. Seni normatif adalah seni yang berdasarkan pada nilai-nilai atau norma yang berlaku.

Sedangkan dehumanisasi mempunyai arti sebaliknya. Sensibilitas berasal dari bahasa latin. serta nitrogen di udara bereaksi dengan oksigen membentuk sulfur dioksida dan nitrogen oksida. Wilayah-wilayah .6. 5. produk-produk berperforma tinggi. Hipotesis terdiri dari kata “Hypo” yang artinya “dibawah” dan “Thesa” yang artinya “kebenaran”. Beberapa wilayah di Balikpapan yang memiliki potensi kearifan lokal dan produk unggulan akan mendapatkan pendampingan. yakni proses menjadikan manusia tidak sesuai dengan kodratnya sebagai manusia. Hujan secara alami bersifat asam (PH sedikit dibawah karena Co2 di udara yang larut dengan air hujan memiliki bentuk sebagai asam lemah). Hujan asam diartikan sebagai segala macam hujan dengan PH dibawah 5. Humanisasi artinya proses menjadikan manusia sebagai manusia sesuai dengan kodratnya sebagai manusia. Dalam pengertian aslinya “nanoteknologi” mengacu pada kemampuan untuk membangun item yang diproyeksikan dari bawah ke atas dengan menggunakan teknik dan alat yang sedang dikembangkan saat ini untuk membuatnya sempurna.Nanoteknologi merupakan rekayasa sistem fungsional pada skala molekuler. Zatzat ini berdifusi ke atmosfer dan bereaksi dengan air untuk membentuk asam sulfat dan asam nitrat yang mudah larut dan bereaksi beserta air hujan. Hujan asam disebabkan oleh belerang (sulfur) yang merupakan pengotor dalam bahan bakar fosil. Rehumanisasi yaitu humanisasi dan dehumanisasi merupakan dua istilah yang bermakna sebagai lawan kata. dalam pengertian umum adalah kemampuan untuk merasa. Jadi hipotesis adalah sebuah taksiran atau referensi yang dirumuskan serta diterima untuk sementara yang dapat menerangkan fakta-fakta diamati ataupun kondisi-kondisi yang diamati dan digunakan sebagai petunjuk untuk langkah-langkah selanjutnya.

Selanjutnya. Program ini merupakan keberlanjutan dari program lingkungan bertajuk "Clean. Hal tersebut merupakan sebuah potensi besar dari kualitas wilayah dan SDM masyarakat Balikpapan. Yayasan Unilever Indonesia dan Harian Kaltim Post. Sehingga muncul sebuah program pengembangan wilayah di Balikpapan melalui penguatan Sistem Bank Sampah di daerah Balikpapan Selatan. Selama bergulirnya sosialisasi dijelaskan tahapan dan mekanisme program yang muaranya adalah menciptakan sistem bank sampah bernilai ekonomis yang mandiri dan berkelanjutan. . antusias masyarakat Balikpapan cukup besar. Diantaranya pengolahan sampah kering dan basah serta juga penghijauan. selama program Balikpapan Green and Clean ini digulirkan.tersebut juga telah menjalankan program pengelolaan lingkungan. Green and Healthy (CGH)" yang telah bergulir di Balikpapan sejak 2008 lalu. Kota ini memiliki perhatian besar dalam permasalahan lingkungan. Balikpapan merupakan salah satu kota besar di wilayah Indonesia bagian timur. Salah satu buktinya adalah digulirkannya Program Balikpapan Green and Clean dimana hasil kerjasama Pemerintah Kota Balikpapan. Adanya program ini diharapkan mampu meningkatkan reduksi sampah serta memberdayakan masyarakat sekitar untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi.

Analisis Aspek Sosial Ekonomi Pemanfaatan Limbah Plastik (Thesis) Program Pascasarjana .php/news/read/7/0/1/balikpapan .Komitmen berbagai pihak dalam mengahalangi illegal loging kongres kehutanan Indonesia .2001.co.blogspot.id/id. Jakarta Syahfihie.com Priyono Shs. Institut Pertanian Bogor http://unilevergreenandclean.2001.DAFTAR PUSTAKA o o o o o Buku panduan wawasan IPTEKS UNHAS http://domba-bunting. C.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful