Pengaruh tata letak pemecah gelombang terhadap kolam pelabuhan

MAKALAH

diajukan sebagai prasyarat dan nilai tugas Mata Kuliah Perencanaan Pelabuhan

oleh DWI WILUJENG S. NIM 091910301037

JURUSAN S1 TEKNIK SIPIL FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS JEMBER 2012

Kolam pelabuhan adalah lokasi tempat dimana kapal berlabuh. TUJUAN 1. Untuk mengetahui pengaruh gelombang yang terjadi dari tata letak pemecah gelombang terhadap kolam pelabuhan? 3. melakukan aktivitas bongkar muat. mengisi perbekalan yang terlindung dari ombak dan mempunyai kedalaman yang cukup untuk kapal yang beroperasi dipelabuhan itu. Agar terlindung dari ombak biasanya kolam pelabuhan dilindungi dengan pemecah gelombang. pelabuhan harus bisa memberi kemudahandan keamanan kapal – kapal yang masuk dan keluar ke dan dari pelabuhan. berolah gerak. Untuk mengetahui tata letak pemecah gelombang yang baikuntuk kolam pelabuhan? DASAR –DASAR KEPUSTAKAAN Kolam pelabuhan adalah bagian dari sarana dan fasilitas pelabuhan yang berbentuk perairan yang mempunyai kedalaman yang disyaratkan. Fungsi kolam pelabuhan adalah untuk menampung kapal dalam melakukan berth time (waktu sandar) selama dalam pelabuhan. Oleh . agar kapal dapat dengan mudah melakukan bongkar muat tanpa terganggu oleh gelombang. Kolam pelabuhan adalah lokasi tempat dimana kapal berlabuh. Agar terlindung dari ombak biasanya kolam pelabuhan dilindungi dengan pemecah gelombang. melakukan aktivitas bongkar muat. Untuk mengetahui pengaruh sedimen yang terjadi dari tata letak pemecah gelombang terhadap kolam pelabuhan? 2.ALASAN PENGAMBILAN JUDUL / TOPIK Kolam pelabuhan merupakan salah satu komponen penting untuk beroperasinya pelabuhan. Dalam perencanaan pelabuhan. mengisi perbekalan yang terlindung dari ombak dan mempunyai kedalaman yang cukup untuk kapal yang beroperasi dipelabuhan itu. berolah gerak.

Pada umumnya. Kedalaman kolam pelabuhan harus memperhitungkan gerak kapal akibat pengaruh alam. lebar kolam di antara dermaga adalah sama dengan panjang kapal (LOA).5 LOA. Kolam pelabuhan mempunyai bentuk memanjang yang biasanya dipakai untuk pelabuhan Petikemas. kali draft kapal pada muatan penuh di bawah elevasi air muka rencana. Apabila dermaga digunakan untuk tambatan tiga kapal atau kurang. Sedangkan dermaga untuk empat kapal atau lebih. dapat dibuat bila garis pantai mempunyai kedalaman terbesar menjorok ke laut dan tidak teratur khususnya dibangun untuk melayani kapal dengan muatan umum (general cargo). angin dan pasang surut.sebab itu kolam pelabuhan seharusnya berada di dalam wilayah yang terlindung. . Kedalaman kolam pelabuhan diberikan pada tabel berikut. seperti gelombang. lebar kolam adalah 1. kedalaman kolam pelabuhan adalah 1. dan kolam yang mempunyai bentuk jari. Panjang kolam tidak kurang dari panjang total kapal (Loa) ditambah dengan ruang yang diperlukan untuk penambatan yaitu sebesar lebar kapal.1.

.

Pada prinsipnya pemecah gelombang dibuat sedemikian rupa sehingga mulut pelabuhan tidak menghadap ke arah gelombang dan arus dominan yang terjadi di lokasi pelabuhan. sehingga perairan pelabuhan tidak banyak dipengaruhi oleh gelombang besar di laut.Tinjauan gelombang Pemecah gelombang adalah bangunan yang digunakan untuk melindungi daerah perairan pelabuhan dari gangguan gelombang. Gelombang yang datang dengan membentuk sudut dengan garis pantai dapat menimbulkan arus sepanjang pantai. . Kecepatan arus yang besar akan bisa mengangkut sedimen dasar dan membawanya searah dengan arus tersebut. Mulut pelabuhan yang menghadap arus tersebut akan memungkinkan masuknya sedimen ke dalam perairan pelabuhan yang berakibat terjadinya pendangkalan. Gambar berikut menunjukkan contoh pemecah gelombang. Daerah perairan dihubungkan dengan laut oleh mulut pelabuhan dengan lebar tertentu. Dengan adanya pemecah gelombang ini daerah pelabuhan menjadi tenang dan kapal bisa melakukan bongkar muat barang dengan mudah. Bangunan ini memisahkan daerah perairan dari laut bebas. dan kapal keluar/masuk pelabuhan melalui celah tersebut.

. yaitu transpor sedimen menuju dan meninggalkan pantai (onshore . Kecepatan arus yang besar akan bisa mengangkut sedimen dasar dan membawanya searah dengan arus tersebut. dari daratan yang terbawa oleh sungai. 3.Tinjauan sedimen Sedimen adalah material atau pecahan dari batuan. dan dari laut dalam yang terbawa oleh arus ke daerah pantai. maupun yang dikumpulkan di dasar sungai atau laut oleh pembawa atau perantara alami lainnya. Gelombang yang datang dengan membentuk sudut dengan garis pantai dapat menimbulkan arus sepanjang pantai. Mulut pelabuhan yang menghadap arus tersebut akan memungkinkan masuknya sedimen ke dalam perairan pelabuhan yang berakibat terjadinya pendangkalan. Sedimen pantai dapat berasal dari erosi pantai. 2002): 1. Mampu memperkecil sedimentasi di mulut dan kolam pelabuhan. Pemecah gelombang harus mampu menahan gelombang rencana. Pada prinsipnya pemecah gelombang dibuat sedemikian rupa sehingga mulut pelabuhan tidak menghadap ke arah gelombang dan arus dominan yang terjadi di lokasi pelabuhan. Transpor sedimen pantai inilah yang akan menentukan terjadinya sedimentasi atau erosi di daerah pantai. Transpor sedimen dapat dibedakan menjadi dua. Bisa meredam energi gelombang. mineral dan material organik yang melayang-layang di dalam air. Dalam ilmu teknik pantai dikenal istilah pergerakan sedimen pantai atau transpor sedimen pantai. Bambang Triatmodjo (1999) menjelaskan bahwa definisi dari transpor sedimen pantai adalah gerakan sedimen di daerah pantai yang disebabkan oleh gelombang dan arus yang dibangkitkannya. maupun bongkar muat ikan/ barang.sehingga aman untuk manuver kapal masuk maupun keluar. baik di mulut maupun di kolam pelabuhan.offshore transport) yang memiliki arah rata-rata tegak lurus pantai dan transpor sepanjang pantai (longshore transport) yang memiliki arah rata-rata sejajar pantai. udara. 2. Dasar pertimbangan bagi perencanaan breakwater (pemecah gelombang) adalah (Ditjen Perikanan Tangkap.

namun juga pelabuhan tidak banyak mengalami sedimentasi. Ramah lingkungan. Tipe konstruksi mempertimbangkan kemudahan pelaksanaan. ketersediaan bahan dan harga. 5. Demikian juga mulut pelabuhan yang menghadap datangnya gelombang dan arah arus sepanjang pantai juga menyebabkan sedimentasi di pelabuhan. mulut pemecah gelombang sebiknya mengarah ke datangnya gelombang. Ditinjau dari sisi pelayaraan. Oleh karena itu diambil kompromi sehingga didapat pelabuhan yang andal dan memungkinkan kapal – kapal dapat berlabuh dengan mudah dan aman.4. Pertimbangan pemilihan tata letak Tinjauan Pelayaran Ketenangan pelabuhan Sedimentasi Tata letak a Baik jelek jelek Tata letak b Jelek Baik Baik Tata letak a : Mulut pelabuhan menghadap arah datangnya gelombang Tata letak b : Mulut pelabuhan tidak menghadap arah datangnya gelombang . khususnya terhadap morfologi pantai. Penentuan tata letak pemecah gelombang yang baik Telah dijelaskan didepan bahwa arah gelombang dan angin dominan sangat berpengaruh terhadap kolam pelabuhan. 6. sehingga mengganggu kapal yang sedang melakukan bongkar muat barang. namun mulut pelabuhan yang menghadap arah datangnya akan menyababkan masuknya energi gelombang besar ke pelabuhan. Kegiatan kapal dalam bongkar berada pada kolam pelabuhan yang aman terhadapgangguan gelombang. diharapkan kapal – kapal yang masuk ke mulut pelabuhan tidak menerima serangan gelombang dan angin dari sisi kapal yang dapat membahayakan gerak kapal. Di tinjau pelayaran.

Hasil dan Pembahasan Hasil dari penelitian ini adalah berupa laporan penelitian yang berisi kelemahan dan kelebihan dari bangunan pemecah gelombang di pelabuhan Tanjung Priok. penelitian di lakukan di pelabuhan Tanjung Priok. layout bangunan pemecah gelombang. Bagaimana tata letak bangunan pemecah gelombang dan apa saja pengaruh yang diberikan pada kolam pelabuhan. Pengambilan Data Penelitian di fokuskan pada reaksi-reaksi yang muncul pada kolam pelabuhan. . 4. Data-data tersebut meliputi tipe bangunan pemecah gelombang. Tempat Penelitian Penelitian dapat dilaksanakan di salah satu pelabuhan yang terdapat di Indonesia. Misal. Hasil tersebut dapat menjadi masukan apakah bangunan pemecah gelombang di pelabuhan tersebut perlu di revisi atau masih dapat di prtahankan bentuk dan layout (tata letak) nya. 5. Bahan dan Alat Untuk bahan penelitian bangunan pemecah gelombang yang terdapat di pelabuhan Tanjung Priok. Arah datangnya gelombang juga menentukan reaksi yang muncul pada kolam pelabuhan. Surabaya. Analisa Data Data-data yang diperoleh. 2. arah gelombang yang dominan dan luas kolam pelabuhan.RANCANGAN ANALISIS 1. dianalisa dan dipakai sebagai acuan pembuatan laporan hasil penelitian. 3.

IDENTITAS DIRI NAMA NIM NO HP : DWI WILUJENG SUKMANINGRUM : 091910301037 : 085749308714 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful