RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Satuan Pendidikan : SMA Negeri 3 Surakarta Mata Pelajaran : Fisika Kelas/Semester : XII

/2 Alokasi Waktu : 6 jam pelajaran STANDAR KOMPETENSI 4. Menerapkan konsep kalor dan prinsip konservasi energi pada berbagai perubahan energi. KOMPETENSI DASAR 4.1 Menganalisis pengaruh kalor terhadap suatu zat. A. Indikator Kognitif: a. Produk 1. 2. 3. 4.
Menginterpretasi grafik hubungan antara suhu dan pemuaian Menjelaskan pengaruh perubahan suhu terhadap ukuran benda (pemuaian) Menentukan koefisien muai panjang 3 jenis logam berbeda pada percobaan pemuaian panjang Membuat laporan percobaan pemuaian panjang secara tepat dan sistematis

b. Proses 1.
Melakukan dan memodifikasi percobaan tentang pengaruh perubahan suhu terhadap perubahan ukuran benda (pemuaian) 2. Melakukan pengamatan, pengelompokan, pengukuran, dan menggunakan alat dalam percobaan

3.
1.

Mengkomunikasikan hasil percobaan melalui presentasi dan diskusi

Afektif: Karakter: Berpikir kreatif, kritis, dan logis; bekerja teliti, jujur, dan bertanggungjawab; serta berperilaku santun
2. Keterampilan sosial: bekerjasama, menyampaikan pendapat,

menjadi pendengar yang baik, dan menanggapi pendapat orang lain

Contoh RPP

3

Disediakan bahan. 3. Disajikan permasalahan tentang peristiwa pemuaian panjang. Psikomotorik: 1. Proses 1. pengelompokan. Bekerjasama dalam kegiatan praktik dan aktif menyampaikan pendapat. siswa dapat melakukan dan memodifikasi percobaan tentang pengaruh perubahan suhu terhadap perubahan ukuran benda (pemuaian) 2. kritis. dan menanggapi pendapat orang lain dalam diskusi d. menjadi pendengar yang baik. Secara mandiri. siswa dapat menjelaskan pengaruh perubahan suhu terhadap ukuran benda (pemuaian) 3. pengukuran. siswa dapat menentukan koefisien muai panjang logam b. 2. siswa dapat Membuat laporan percobaan pemuaian panjang secara tepat dan sistematis 5. Secara mandiri. Materi Pembelajaran Contoh RPP 4 . Afektif: 1. siswa dapat melakukan pengamatan. dan logis. Melalui percobaan. dan menggunakan alat dalam percobaan Dilakukan metode diskusi siswa dapat mengkomunikasikan hasil percobaan melalui presentasi dan diskusi c. Tujuan Pembelajaran Produk: 1.B. Trampil dalam menyusun alat dan menggunakan bahan dalam percobaan pemuaian panjang 2. siswa dapat menginterpretasi grafik tersebut untuk berbagai suhu. Terlibat aktif dalam pembelajaran dan menunjukkan karakter berpikir kreatif. bekerja teliti. siswa dapat koefisien muai panjang 3 jenis logam berbeda pada percobaan pemuaian panjang 4. Disajikan gafik hubungan antara suhu dan perubahan panjang. Secara mandiri. Mampu berkomunikasi dengan baik dalam kegiatan diskusi dan presentasi C. jujur. dan berperilaku santun 2.

LKS 2 dan Kunci LKS 2 F. Tangki pemanas 7. Termometer 3. Tanya Jawab Metode Pembelajaran Model Pembelajaran Percobaan/Eksperimen : Kooperatif . Pipa penyalur uap 4. (Fase-2) Guru menjelaskan aturan pembelajaran kooperatif TPS (Think-Pair-Share). Dialmeter 5. Kalor dan Perubahan Wujud b.Suhu. dan volum? (Fase-1) Prasyarat pengetahuan: Apakah yang dimaksud koefisien muai panjang? Bagaimana terjadinya proses pemuaian? (Fase-1) Kegiatan Inti (60 menit) 1 2 3 Guru memberikan LKS 01: Mengukur prior knowledge siswa terkait dengan materi di SMP. kalor dan perubahan wujud D. Pemanas G. luas. DI : - Diskusi- E. (Fase-2) Setiap siswa diminta menemukan jawaban LKS 01 dengan membaca buku siswa sub bab pemuaian halaman 1-6. Batang Logam 2. Statif 6. Buku Siswa Bab Suhu. Kegiatan Belajar Mengajar Pertemuan I (2 x 45 menit) No a 1 Aktivitas Pembelajaran Pendahuluan (10 menit) Motivasi dan Apersepsi: Apakah koefisien muai panjang merupakan sifat spesifik dari suatu zat? Adakah hubungan antara koefisien muai panjang. kira-kira selama 10 menit. Sumber Belajar a. Alat/Bahan 1. (Fase-3 5 Penilaian 1 2 3 4 2 b Contoh RPP .

Guru membagikan LKS-02: Percobaan Pemuaian Panjang kepada setiap kelompok beserta alat/bahannya. (Fase-1) Guru menyampaikan tujuan pembelajaran 4 dan 5 atau kompetensi yang akan dicapai. Hasil kerja kelompok akan dipresentasikan pada pertemuan berikutnya. (Fase-4 dan 6) Setelah percobaan selesai. dan meluruskan pendapat atau jawaban-jawaban siswa yang belum benar. (Fase-1) 2 Contoh RPP 6 . (Fase-3) Setiap kelompok melakukan percobaan.4 5 6 7 8 dan 4) Kemudian setiap 2 siswa (sebangku) diminta mendiskusikan jawaban mereka hingga ditemukan jawaban yang mereka anggap paling benar. (Fase-5) Guru memberikan penguatan pada konsep-konsep yang sudah benar. guru membimbing sambil melakukan penilaian kinerja menggunakan LP-02A dan LP-02B.01. guru meminta setiap kelompok mengemasi dan mengembalikan alat/bahan ke tempat semula. Penutup (10 menit) 9 10 c 1 2 Setiap kelompok diminta mendiskusikan jawaban pertanyaan-pertanyaan yang ada dalam LKS-02 di rumah. (Fase-5) Siswa diminta membentuk kelompok dengan anggota 3-4 siswa secara heterogen. hingga terjawab semuanya. dalam waktu ± 5 menit. Pasangan yang lain boleh bertanya atau menanggapi. (Fase-3 dan 4) Secara acak beberapa pasangan siswa diminta menjawab pertanyaan-pertanyaan dalam LKS. (Fase-3 dan 4) Guru memberikan penilaian terhadap jawaban atau tanggapan setiap anggota kelompok. Penilaian 1 2 3 4 Pertemuan II (2 x 45 menit) No a 1 Aktivitas Pembelajaran Pendahuluan (10 menit) Guru mengecek apakah semua kelompok telah melaksanakan tugas yang diberikan pada pertemuan sebelumnya. Guru memberikan waktu kepada siswa untuk bertanya atau menyampaikan usulan agar kegiatan pembelajaran lebih baik.

dan meluruskan pendapat atau jawaban-jawaban siswa yang belum benar. (Fase-6) Mengumumkan bahwa jam ke-1 pada pertemuan berikutnya digunakan untuk ulangan. terlampir H. Penilaian Teknik : Penilaian Produk (LP-01) Penilaian Kinerja (LP-02A dan LP-02B) Penilaian Afektif (LP-03) Lembar Observasi (LP-04) Pustaka Contoh RPP 7 . Pertemuan III (1 x 45 menit) Ulangan Bab Gejala Kuantum. hingga semua siswa jelas. dan diajak mengerjakan soal di LKS-02. (Fase-5) Siswa diminta duduk di bangkunya masing-masing. (Fase-5) Guru memberikan penilaian terhadap jawaban atau tanggapan setiap anggota kelompok. (Fase-5) Guru memberikan penguatan pada konsep-konsep yang sudah benar. (Fase-1 DI) Guru mencontohkan langkah-langkah penyelesaian soal. (Fase-2 DI) Siswa mengikuti langkah-langkah yang dicontohkan dan guru membimbingnya bila ada kesulitan. menggunakan instrumen penilaian produk LP-2.b 1 2 3 4 5 6 7 8 9 Kegiatan Inti (60 menit) Guru meminta beberapa kelompok mempresentasikan hasil kerja kelompoknya. (Fase-4 DI) Siswa diminta mengerjakan soal latihan nomor 2dan 3 (halaman 7). (Fase-3 DI) Guru mengecek pemahaman siswa dengan menanyakan hal-hal yang sering salah terkait dengan soal yang dibahas. Penutup (10 menit) c 1 2 Guru mengumumkan kelompok dengan kinerja terbaik. dan kelompok lain menanggapi atau bertanya. (Fase-5 DI) Guru memberikan penguatan pada konsep-konsep yang sudah benar. dan meluruskan pendapat atau jawaban-jawaban siswa yang belum benar. dengan menjawab soal latihan LP-01 di depan kelas.

2008.Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan dasar dan Menengah. KTSP SMA BINAAN FMIPA UNY Contoh RPP 8 . M. Surabaya: PSMS Unesa. Pengajaran Langsung. M. 2008. Nur. cetakan kedua. Surabaya: PSMS Unesa. Nur. Pembelajaran Kooperatif.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful