LETAK SUNGSANG (PRESENTASI BOKONG) Pengertian Letak sungsang adalah janin yang letaknya memanjang membujur dalam rahim

kepala berada difundus dan bokong dibawah.(siniopsis obstetri , 1998 ) presentasi bokong adalah letak janin yang memanjang dengan bagian terendahnya adalah bokong, atau kombinasi keduanya.denga n insidensi 3-4% dari seluruh kehamilan tunggal pada umur kehamilan cukup bulan ( kurang dari 37 minggu ) presentasi bokong merupakan malpresentasi yang sering dijumpai (ilmu kebidanan 2008 ) Klasifikasi 1. Letak bokong (frank brech) Letak bokong dngan kedua tungkai terangkat keatas 2. Letak sungsang sempurna (complete brech) Letak bokong dimana kedua kaki ada disamping bokong 3. Letak bokong tidak sempurna (incomplete brech ) Adalah letak sungsang dimana selain bokong bagian terendah juga kaki atau lutut.terdiri dari Kedua kaki : letak kaki sempurna Satu kaki : letak kaki tidak sempurna Kedua lutut : letak lutut sempurna Satu lutut : letak lutut tidak sempurna Etiologi 1 Fiksasi kepala pada pintu atas panggul tidak baik/ tidak ada,misalnya pada panggul sempit, hidrosefalus, anensefali, plasenta previa, tumor pelvis dll.

tuber ischiadikum. bikornis dan mioauteri. dan melenting b. lunak dan tidak melenting 2. keras. Pemeriksaan Auskultasi Pada pemeriksaan ini. seperti pada hisramnion. Pemeriksaan dalam Teraba sacrum. Pemeriksaan paslpasi leopold a. Kematian janin/infrauteri fetaldeath (IUFD) yang sudah lama terjadi. agak bulat. bulat. Leopold II : bagian kanan atau kiri teraba punggung dan bagian kecil janin c. multipara. Gameli (hamil kembar) Kelainan uterus. Leopold I : fundus teraba kepala. janin kecil. seperti uterus arkuatus. anus. Pemeriksaan foto rontgen dan USG Apabila di rontgen/USG akan terdapat bayangan kepala di fundus .2 3 4 5 Janin mudah bergerak. Leopold III : teraba bokong. puntum maksimum/letak DJJ yang paling jelas terdengar diatas pusat 3. kadang-kadang kaki atau lutut 4. Diagnosis 1.

MANAJEMEN ASUHAN KEBIDANAN PADA NY “M” GII PI A0 HI USIA KEHAMILAN 30-31 MINGGU DI RB PANCA PUTRI Nama Umur Tanggal Subjektif      Ibu mengatakan ingin memeriksakan kehamilannya Ibu megatakan ini kehamilan Ke -2 nya Ibu mengatakan tidak pernah Abortus Ibu mengatakan HPHT : Ibu mengatakan perut terasa kebih keras. dibagian ulu hati. uu hati terasa sakit. gerakan janin lebih banyak dirasakan dibawah. Objektif     k/u : baik kesadaran : Composmentis bentuk tubuh : Lordosis ukuran :  TB : 145 cm  BB Sebeum Hamil : 45 kg  BB sekaran : 50 kg  Kenaikan BB selama hamil : 5 kg  LILA : 26 cm  TTV :  TD : 110/70 MmHg  ND : 80 x/i  RR : 20 x/i : Ny “M” : 22 Tahun : 24 Maret 2012 . keluhan ibu kadang-kadang sesak nafas. perut terasa penuh.

7 0C   Inspeksi : dalam batas normal Palpasi :  L 1 : TFU 4 Jari diatas pusat. lunak dan tidak melenting berarti bokong janin  L IV : tidak dilakukan  Mc.intra uterin . keras dan memapan berarti punggung janin dan pada sisi kanan perut ibu teraba benjolan-benjolan kecil berarti ekstermitas janin. 145 x/i. Planning .395 gr  Auskultasi  DJJ : ( + ).janin hidup tunggal .keadaan jalan lahir baik. irama terutur  Punktum maksimum : 6 cm : kiri atas pusat   Perkusi  Reflek Patella : Ka (+) Ki (+) Pemeriksaan labor  HB : 11 gr %  Protein :  Glukosa : - Assisment Ibu GII PI A0 HI. Donald : 22 cm  TBBJ : (22-13) x 155 = 1. SH : 30.letsu .keadaan ibu dan janin baik.diagnosa masalah potensial BBLR. usia kehamilan 30-31 minggu . pada fundus teraba bulat. keras dan melenting berarti kepala janin  L II : pada perut ibu sebelah kiri teraba panjang.  L III : pada bagian bawah perut ibu teraba bagian bulat.

 Beri informasi tentang tanda-tanda bahaya kehamilan  Berikan terapy fe 1x1 tablet/hari.seperti menganjurkan ibu untuk tidur minimal 6-8 jam pada malam hari.dan anjurkan ibu untuk banyak mengkonsumsi sayur dan buah-buahan.kalsium 1x1 tablet/hari dan vit c 1x1 tablet/hari  Jelaskan cara mengkonsumsi terapy yang diberikan dan jelaskan efek samping dari fe.dan 30 menit pada iang hari. Membna hubungan baik dengan ibu.seperti menganjurkan ibu untuk mengurangi porsi makan.  Menganjurkan ibu untuk melakukan kunjungan ulang 2 minggu lagi atau apabila ada keluhan dalam kehamilan.dan sujud selama 5 kali sehari selama 10-15 menit.  Anjurkan ibu untuk istirahat yang cukup dan mengurangi aktivitas yang berlebihan. .  Melakukan informed consent dengan menjelaskan prosedur pemeriksaan yang akan dilakukan  Menginformasikan pada ibu bahwa posisi janin ibu dengan letak sungsang.  Memberitahu ibu agar selalu membersihkan payudaranya  Ajarkan ibu tentang tehnik senam hamil untuk kehamilan sungsang .serta memberi dukungan pada ibu agar tidak cemas.  Anjurkan ibu untuk diit karbohidrat pada trimester III .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful