Cara Menggunakan GPS

GPS atau singkatan dari Global Positioning System merupakan suatu teknologi pemantau posisi dibumi yang memanfaatkan teknologi satelit. Untuk menjalankan sistem ini, selain satelit GPS juga dibutuhkan perangkat penerima sinyal GPS (GPS receiver). GPS receiver inilah yang berfungi sebagai titik tujuan yang menentukan lokasi bumi. Cara Kerja : Cara kerja GPS terbilang cukup sederhana, pertama kali harus terjadi koneksi antara GPS receiver dan satelit. dalam hal ini GPS receiver akan mencari sinyal dari beberapa satelit yang mengorbit di sekeliling bumi. Satelit yang mengitari bumi pada orbit pendek ini terdiri dari 24 susunan satelit, dengan 21 satelit aktif dan 3 buah satelit GPS bisa diterima di seluruh permukaan bumik. Biasanya GPS receiver dapat menangkap 4 sampai 8 buah satelit. Untuk mengetahui posisi suatu GPS receiver dengan akurat, diperlukan minimal 3 sateli yang terhubung. Pengukuran posisi GPS receiver didasarkan oleh sistem pengukuran matematika yang disebut dengan triliterasi. Yaitu pengukuran suatu titik dengan bantuan 3 titik acu. Fungsi GPS : Kini GPS dengan aplikasi peta digital terbaru, memiliki fungsi yang semakin menarik : - Mengetahui koordinat suau titik - Penunjuk arah jalan (navigasi) Fungsi Penting GPS : - simulasi routing (mencari dan menunjukan arah jalan dari suatu lokasi ke lokasi yang lain dengan panah bergerak) - mencari alamat (menampilkan peta digital, alamat yang ditentukan) - menshare lokasi orang lain (mencapture suatu lokasi yang kemudian disa dikirim via sms, mms, atau bluetooth) - city guide (mencari lokaasi menarik suatu daerah dengan informasi yang lebih lengkap) - foto satelit (menampilkan foto satelit suatu daerah hasil pemotretan pada waktu tertentu) - mencari tempat-tempat penting (point of internet) (menapilkan peta point of interest : SPBU, bandara, stasiun kereta, hotel, restoran dll) Sumber: http://id.shvoong.com/internet-and-technologies/search-engine-and-seo/2013341-caramenggunakan-gps/#ixzz1bhASr71w

jika anda melakukan sesuatu dan tidak akan melanjutkan anda dapat berhenti dengan menekan tombol PAGE. tersedia sebuah mini tutorial GPS yaitu sebuah panduan cepat cara menggunakan GPS Garmin seri eTrex. semoga bermanfaat untuk para pengguna GPS pemula. Saya posting disini.Berikut dibawah ini. Tombol ENTER · Konfirmasi masukan data atau memilih menu · Menampilkan menu pada halaman utama · Tekan dan tahan tombol ENTER untuk mengaktifkan menu mark waypoint 3. TOMBOL eTREX 1. Tombol PAGE Untuk kembali ke halaman sebelumnya. Tutorial ini sebelumnya digunakan untuk sebuah pelatihan GPS. 4. Tombol UP/DOWN · Digunakan untuk memilih menu dan pages · Mengatur tampilan kontras pada satelite page · Zoom in dan zoom out pada map page · Melihat seluruh data perjalanan pada pointer page 2. Tombol POWER .

Tekan tombol PAGE dan pilih halaman menu. PEMASANGAN BATERAI eTrex dioperasikan dengan 2 baterai jenis AA. Ketika dinyalakan tekan tombol PAGE untuk memilih halaman-halaman tersebut. LANGKAH PERTAMA Sebelum anda dapat benar-benar menggunakan E Trex untuk navigasi. dan menu. . Tekan dan tahan tombol POWER untuk menyalakan GPS anda akan melihat halaman muka selama beberapa detik sebelum E Trex melakukan pengujian secara otomatis. MENENTUKAN WAYPOINT Waypoint adalah lokasi dimana anda dapat mengeplot (menyimpan dalam memori) sebagai arah untuk navigasi nantinya. tekan dan kemudian lepaskan tombol POWER pada layar. pertama anda harus menentukan posisi pasti anda saat ini. Halaman-halaman ini antara lain satelit. E Trex memerlukan sekurang-kurangnya 3 sinyal satelit yang kuat untuk mementukan posisi anda. Tutup kembali tutup baterai dengan memutar kunci D seperempat putaran searah jarum jam. Masukkan baterai dengan memperhatikan polaritas yang telah ada. LAMPU LAYAR DAN TINGKAT KEJELASAN GAMBAR Untuk menyalakan lampu layar. Lampu layar sudah ditentukan untuk menyala selama 30 detik untuk menghemat tenaga baterai. pointer.· Menghidupkan dan mematikan GPS · Menghidupkan dan mematikan lampu layar. bawalah eTrex anda keluar ke tempat terbuka yang cukup luas. Tekan tombol UP atau DOWN dan pilih bagian “MARK”. Setelah anda melihat READY TO NAVIGATE pada halaman satelit. peta. dan tekan tombol DOWN untuk membuat layar lebih terang. Untuk menentukan waypoint 1. eTrex telah menemukan lokasi anda dan siap untuk digunakan. Untuk melakukan ini. Untuk menyesuaikan tingkat kejelasan gambar pada layar. MEMILIH HALAMAN Semua informasi yang dibutuhkan untuk mengoperasikan eTrex dapat ditemukan dalam empat halaman utama (layar tampilan). Untuk memasang baterai. diikuti dengan halaman satelit. yang dipasang dibagian belakang GPS. buka bagian tutup baterai dengan memutar kunci D pada bagian belakang GPS seperempat putaran berlawanan arah jarum jam. tekan tombol UP untuk membuat layar lebih gelap.

Halaman MARK WAYPOINT akan muncul dengan kata „OK?‟. Halaman waypoint akan muncul. Tekan tombol ENTER. Tekan ENTER. Karenanya anda perlu untuk membersihkan layar dengan membersihkan track log (barisan di sebelah kiri pada halaman peta) 1. 2. . 3. 2. pergilah ke kiri. Jalan ke arah yang ditunjukkan panah hingga panah menunjuk ke arah atas dari kompas. Tekan tombol PAGE dan pilih halaman MENU. Tekan tombol UP atau DOWN dan pilih „WAYPOINT‟. Lalu tekan ENTER. Tekan tombol UP atau DOWN untuk memilih nama waypoint yang diinginkan dan tekan ENTER. berarti anda telah berada pada jalur yang benar! MENYELESAIKAN GOTO Menyelesaikan GOTO : 1. tampilan peta akan menjadi penuh karena menyimpan trek/jalur yang telah anda lalui. Jika panah telah menunjuk tepat ke atas pada kompas. DASAR HALAMAN POINTER Setelah anda memilih GOTO. Tekan tombol UP atau DOWN dan pilih tab yang berisi nama waypoint yang diinginkan dan tekan ENTER. Tekan tombol PAGE dan pilih halaman POINTER. 2. dan tekan ENTER. Tekan ENTER. Tekan tombol PAGE dan pilih halaman MENU.2. Jika panah menunjuk ke arah kanan. Sekarang waypoint telah tersimpan dalam eTrex‟s memori. Jika panah menunjuk kea rah kiri. Pointer (panah) akan menunjukkan anda arah ke waypoint tujuan anda. Tekan tombol UP atau DOWN dan pilih „TRACKS‟. Untuk memulai GOTO: 1. Halaman REVIEW WAYPOINT untuk melihat waypoint yang ada/muncul. Pilih „STOP NAVIGATION‟ dalam halaman OPTIONS dan tekan ENTER. MEMBERSIHKAN TRACKLOG Setelah anda menggunakan eTrex untuk beberapa kali perjalanan. MASUK KE MENU WAYPOINT eTrex membantu anda ke waypoint dengan menggunakan GOTO (GOTO artinya GOing TO (menuju ke) sebuah tujuan dalam garis yang terarah). Tekan tombol UP atau DOWN untuk memilih „GOTO‟. berarti anda harus berjalan ke kanan. eTrex akan memandu anda ke tujuan dengan menggunakan halaman pointer (pointer page).

Gunakan tombol UP dan pilih „CLEAR‟. Tekan ENTER. Sekarang anda berada di halaman TRACK LOG. Tekan tombol PAGE untuk memilih halaman . Gunakan tombol DOWN dan pilih „yes‟. Tekan ENTER.3. Tekan ENTER. 4.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful