KENAKALAN

A. Pengertian Kenakalan
Kenakalan biasanya dilakukan oleh remaja-remaja yang gagal dalam menjalani proses-proses perkembangan jiwanya, baik pada saat remaja maupun pada masa kanak-kanaknya. Masa kanakkanak dan masa remaja berlangsung begitu singkat, dengan perkembangan fisik, psikis,dan emosi yang begitu cepat. Secara psikologis, kenakalan remaja merupakan wujud dari konflikkonflik yang tidak terselesaikan dengan baik pada masa kanak-kanak maupun remaja para pelakunya. Seringkali didapati bahwa ada trauma dalam masa lalunya, perlakuan kasar dan tidak menyenangkan dari lingkungannya, maupun trauma terhadap kondisi lingkungan, seperti kondisi ekonomi yang membuatnya merasa rendah diri, dan sebagainya.

B. Macam-macam kenakalan
Kenakalan yang dimaksud di sini adalah perilaku yang menyimpang dari atau melanggar hukum, yang cenderung lebih sering dilakukan oleh anak usia remaja. Jensen (1985), membagi kenakalan ini dalam 4 jenis yaitu: 1. Kenakalan yang menimbulkan korban fisik pada orang lain;  perkelahian,  perkosaan,  perampokan,  pembunuhan  dan lain-lain. 2. Kenakalan yang menimbulkan korban materi;  perusakan,  pencurian,  pencopetan,  pemerasan  dan lain- lain.

Menyeret remaja pada sebuah pergaulan buruk memang relatif mudah. atau mengabaikan perkataan orang tua adalah contoh kenakalan remaja dalam keluarga. tidak mau mendengarkan guru. Kenakalan dalam pendidikan: Kenakalan dalam bidang pendidikan memang sudah umum terjadi. berbicara kasar pada orang tua. Kebiasaan melakukan hal yang buruk seperti kenakalan-kenakalan yang telah disebutkan di atas akan membentuk kepribadian atau akhlak yang buruk bagi .  pelacuran.  Hubungan seks sebelum menikah (free sex). Kenakalan dalam keluarga: Remaja yang labil umumnya rawan sekali melakukan hal-hal yang negatif. tidur dalam kelas. mereka akan memberontak dengan banyak cara. 7. Kelebihan dan Kekurangan Kenakalan Suatu kenakalan pasti menimbulkan suatu kelebihan dan kekurangan. Namun. 5.3.  penyalahgunaan obat-obatan terlarang (narkoba). kenakalan itu sendiri lebih bayak bersifat negatif.  Mengingkari status orang tua dengan cara minggat dari rumah atau membantah perintah mereka dan sebagainya. Akibatnya. dll. membolos sekolah. bagi sebagian anak remaja. Orang tua yang cenderung mengontrol dan mengawasi putra-putri mereka dengan melarang hal-hal tertentu. Tidak menghormati. melanggar disiplin sekolah. C. larangan-larangan tersebut malah dianggap hal yang buruk dan mengekang mereka. 4. Kenakalan dalam hal pendidikan misalnya. Kenakalan yang melawan status. dimana remaja sangat mudah dipengaruhi oleh hal-hal negatif yang menawarkan kenyamanan semu. Kenakalan sosial yang tidak menimbulkan korban difihak orang lain. Untuk lebih jelasnya di bawah ini saya jabarkan mengenai kekurangan dan kelebihan dari kenakalan : Kekurangan 1. Kenakalan dalam pergaulan: Mulai dari pemakaian obat-obatan terlarang sampai seks bebas. namun ada pula yang positif walau tidak sebanyak hal-hal negatifnya.  mengingkari status anak sebagai pelajar dengan membolos. 6.

selalu duduk di samping sudut kelas. cara menghormati. 5. bahkan membenci orangorang disekitarnya. hidup mereka perlahan akan kacau yang akhirnya dapat menyebabkan kehancuran bagi masa depan mereka dan tidak sempat memperbaikinya. Kelebihan 1. cara mengendalikan diri untuk berada di tengah-tengah masyarakat. Sayangnya biasanya seorang anak remaja yang sudah terjebak kenakalan remaja tidak akan menyadari tentang beban keluarganya. yang akhirnya ia akan merasa sangat sedih. Tidak menuntut kemungkinan para remaja yang telah terjerumus ke dalam pergaulan bebas akan terjangkit suatu penyakit yang mematikan seperti HIV/AIDS dan sebagainya. dan tidak pandai berbicara sehingga orang menganggapnya "Geek" atau "Nerd". kebanyakan dari mereka yang sudah terlanjur terjerumus ke dalam pergaulan bebas. Hal ini terjadi karena. 7. Dengan pergaulan bebas juga.pelakunya yang dikhawatirkan kebiasaan tersebut akan sangat sulit untuk diubah kedepannya. kamu akan melihat remaja yang selalu minder. Remaja yang melakukan tindakan menyimpang akan dihindari bahkan dikucilkan oleh banyak orang. dan tidak menuntut kemungkinan dia akan dianggap sebagai pengganggu serta bisa saja kehadirannya tidak diharapkan lagi bagi orang-orang disekitarnya. 4. 2. Kriminalitas bisa menjadi salah satu akibat dari kenakalan remaja. Akibat kenakalan remaja yang terjadi. Yang dimaksud dengan gangguan jiwa disini bukanlah gila. Masa depannya suram. Dengan adanya pergaulan bebas remaja. remaja tersebut bisa mengalami gangguan jiwa. tapi ia akan merasa terasing dari kehidupan bersosialisasi yang ada disekitarnya. misalnya mencuri demi mendapatkan uang atau barang-barang berharga lainnya. remaja dapat mempelajari berbagai hal. 6. Akibat adanya tindakan dikucilkan dari oarang-orang disekitarnya. tak sedikit keluarga yang harus menanggung malu. 3. Bukan tidak mungkin bagi mereka akan memiliki keberanian dalam melakukan tindakan yang lebih berbahaya seperti halnya tindakan kriminal yang merugikan orang-orang disekitanya. . 2. remaja dapat berani berbicara di depan umum (dan contohnya sangat banyak murid yang pinter berbicara di sekolah). dari mulai cara berkomunikasi. jika kamu melihat remaja yang sedikit bergaul dan hanya bergaul dengan orang yang sama.

Kenakalan orangtua dalam masyarakat . sehingga mereka lebih percaya diri jika berinteraksi dengan orang lain. 2.Menciptakan suasana tidak produktif . Sebagai orang tua mereka memiliki kapasitas. dsb. . melakukan dan melanggengkan kenakalan tanpa ada yang berani menggugat.Mengajarkan hal-hal yang buruk kepada anak-anaknya dari perbuatan yang dilakukannya. 3. justru malah melakukan perbuatan yang tidak baik untuk dicontoh murid-muridnya. .Menyediakan sarana maksiat. Hal diatas disebabkan orang tua memiliki segalanya untuk menciptakan. Dapat mengatasi masalah psikologis pada remaja.Korupsi . Kenakalan orangtua dalam ikatan keluarga . karena pemilik dari tempat-tempat maksiat pastilah orang yang sudah dewasa. atau hidup. kapabilitas dan otoritas. Dengan kekuasaan ini memungkinkan para orang tua bertindak jauh lebih merusak ketimbang kenakalan para remaja. Mengapa Kenakalan Orang Dewasa Jarang Dibicarakan Sebagaimana diketahui bahwa kenakalan orang dewasa (orang tua) sebenarnya tidak kalah dahsyatnya dibandingkan kanakalan para remaja. sekolah.3. Oleh karena itu pula kenakalan orang dewasa jarang dibicarakan oleh masyarakat luas. Kenakalan orang dewasa dapat dibagi menjadi beberapa bagian : 1.Lalai dalam mendidik anak yang berakibat timbul kenakalan pada anak.Suap. Dapat menimbulkan kepercayaan diri yang tinggi karena dengan pergaulan bebas si remaja mengenal banyak orang dengan berbagai karekteristik mereka. Kenakalan orangtua dalam pemerintahan .Tidak mendidik murid dengan benar. . D. 4. karena si remaja dapat mencurahkan hatinya jika si remaja mempunyai masalah di keluarga.

ILMU SOSIAL BUDAYA DASAR Oleh : Naufal Makarim Labib (I0111077) JURUSAN TEKNIK SIPIL FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA 2012 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful